15 Wisata Pantai di Trenggalek yang Hits & Populer

 

Wisata Pantai Trenggalek

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Trenggalek, Jawa Timur. Destinasi Wisata Pantai yang Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Menikmati Keindahan yang Menakjubkan.

Pantai menjadi salah satu tujuan wisata yang populer dan begitu ramai dikunjungi saat liburan tiba. Di Trenggalek, yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Anda bisa menemukan sederet pantai cantik yang cocok dieksplor bersama dengan keluarga maupun teman. Bahkan deretan pantai ini juga memiliki keunikannya sendiri yang patut Anda saksikan.

Penasaran dengan pantai hits yang ada di Trenggalek? Berikut daftar wisata pantai yang memiliki pesona yang mengagumkan.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Trenggalek

Image Credit: Detik.com

Saat berkunjung ke Bumi Menak Sopal (julukan daerah Trenggalek), Anda tidak boleh melewatkan wisata Pantai Pasir Putihnya. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menemukan pantai indah yang memiliki pasir putih nan lembut. Tidak sampai di situ saja daya tarik yang ditawarkan pantai ini, sebab di Pantai Pasir Putih Anda juga bisa melakukan aktivitas island hopping.

Anda dapat menggunakan perahu motor yang disewakan di tepi pantai, dan berkunjung ke beberapa lokasi. Perahu motornya sendiri biasanya disewakan dengan kapasitas 15 hingga 20 orang, dan tujuan antara lain yaitu Rumah Apung dan Jembatan Luna Maya. Pemberian nama Luna Maya dilakukan lantaran aktris papan atas Indonesia tersebut pernah syuting film di jembatan ini.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Gares Kidul, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

2. Pantai Konang

Pantai Konang

Image Credit: Instagram.com @purwa_elok

Selanjutnya ada Pantai Konang yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Trenggalek. Pantai satu ini berlokasi di kawasan Sukorejo, dan menawarkan wisata kuliner lezat di samping wisata baharinya yang mempesona. Kuliner yang paling populer dan banyak diburu oleh para wisatawan yaitu ikan bakarnya, yang diklaim sangat menggugah selera.

Pantai Konang sendiri juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, sehingga patut untuk dieksplorasi. Dimana objek wisata satu ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas, dan sejauh mata memandang Anda akan dibuat terpesona dengan keindahannya. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan spot melihat matahari terbenam, di bagian bibir pantainya.

Lokasi: Sukorejo, Nglebeng, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

3. Pantai Blado

Pantai Blado

Image Credit: Twitter.com @edhie_baskoro

Anda ingin melakukan olahraga air seperti berselancar ? Maka di trenggalek, tepatnya di Pantai Blado Anda bisa mendapatkannya. Pasalnya pantai satu ini memiliki ombak yang relatif cukup besar, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk melakukan selancar serta berbagai olahraga air lainnya yang tidak kalah seru.

Selain berselancar, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain yang lebih tenang dan damai. Seperti bersantai dan menelusuri garis pantai yang cukup panjang, bermain pasir dan merasakan sejuknya angin di pantai, dan lain sebagainya. Tidak perlu khawatir tersengat matahari dan kepanasan, sebab di Pantai Blado cukup banyak pepohonan yang tumbuh dengan subur.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Singgihan, Masaran, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

4. Pantai Pelang

Pantai Pelang

Image Credit: Ksmtour.com

Berikutnya ada Pantai Pelang, yang menjadi salah satu destinasi pantai favorit dan hits di kalangan masyarakat Trenggalek. Di pantai ini pengunjung memang tidak diperkenankan untuk berenang, karena ombak pantainya yang tidak dapat diprediksi sehingga dinilai berbahaya bila digunakan untuk berenang. Meski begitu ketenaran Pantai Pelang tidak pernah surut.

Pantai dengan hamparan luas pasir kuning kecoklatan tersebut terus didatangi oleh pengunjung dari berbagai penjuru. Terdapat dua lokasi yang selalu dipilih oleh pengunjung untuk menikmati keelokan keindahan alam setempat, yang pertama yaitu di dekat bebatuan karang dan kedua yaitu di gardu pandang yang bersebelahan dengan bukit.

Lokasi: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

5. Pantai Damas

Pantai Damas

Image Credit: Twitter.com @fotografi_ind

Pantai Damas berada di kawasan Dayung, dan masih memiliki suasana alami yang begitu terjaga. Tak heran banyak masyarakat yang datang kesini untuk berlibur di akhir pekan, atau hanya sekadar untuk menghilangkan penat. Suasana alami nan sejuk dari pantai ini sendiri tidak lepas dari banyak pepohonan yang tumbuh subur di sekitar tepi pantai.

Selama berada di Pantai Damas, Anda bisa berteduh di bawah pohon sembari menikmati keindahan pantai dan segelas es kelapa segar. Selain itu dengan ombaknya yang relatif cukup besar, Anda juga bisa melakukan kegiatan surfing dan olahraga air lainnya yang mengasyikkan. Tentu pengalaman liburan di sini akan menjadi sangat berkesan.

Lokasi: Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

6. Pantai Prigi

Pantai Prigi

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Prigi berada tidak jauh dari lokasi Pantai Damas, jadi apabila berkunjung ke Pantai Damas jangan lupa untuk mampir di pantai satu ini. Sebab Pantai Prigi adalah salah satu destinasi tujuan yang sangat populer di Trenggalek. Selain menjadi tempat wisata, pantai tersebut juga dimanfaatkan sebagai kawasan pelelangan ikan dan pelabuhan nusantara.

Bahkan Pantai Prigi disebut sebagai pelabuhan nusantara yang terbesar di daerah pantai selatan Jawa. Sehingga Anda bisa menemukan cukup banyak kapal berderet di pesisir pantai, dimana deretan kapal tersebut banyak juga yang menjadikannya sebagai latar belakang foto yang keren. Hal ini membuat daerah tersebut semakin banyak mendatangkan pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Kec. Watulimo, Kab.Trenggalek.

7. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso

Image Credit: Twitter.com @liburmuluid

Pantai Karanggongso yang ada di kawasan Tasikmadu, menjadi wisata bahari yang paling terkenal dan sangat ramai akan pengunjung di akhir pekan dan ketika liburan tiba. Saat berlibur di sini, Anda akan menemukan bahwa pengunjung dari pantai tersebut tidak hanya berasal dari turis domestik tapi juga turis asing dari mancanegara.

Hal tersebut tidak mengherankan, pasalnya Pantai Karanggongso memiliki daya tarik segudang yang mampu memikat siapapun yang melihatnya. Ombak di pantai ini sangat bersahabat, sehingga Anda bisa berenang sepuasnya dengan tetap menjaga keselamatan diri. Ada juga persewaan perahu yang bisa Anda nikmati bila tidak ingin berenang.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

8. Pantai Cengkrong

Pantai Cengkrong

Image Credit: Ksmtour.com

Anda tertarik melihat sunrise di pantai ? Maka Pantai Cengkrong yang ada di kawasan Desa Karanggandu menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini sudah lama menjadi destinasi tujuan bagi pelancong yang ingin melihat sang fajar terbit dari arah timur. Pasalnya keindahan sunrise dari Pantai Cengkrong memang menakjubkan, dan mampu menghipnotis siapapun dengan keindahannya.

Di Pantai Cengkrong ini terdapat dua lokasi yang banyak digunakan untuk berburu sunrise, yaitu di jembatan jalur lintas selatan yang berjarak sekitar 50 meter dari pantai dan kedua ada di Pantai Cengkrong itu sendiri. Agar tidak ketinggalan fenomena matahari terbit ini, Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang berada tidak jauh dari pantai tersebut.

Lokasi: Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

9. Pantai Rajaan

Pantai Rajaan

Image Credit: Facebook.com @rizal-choirul-iman

Jika Anda ingin mendapat berbagai keindahan dalam satu tempat wisata, maka Pantai Rajaan adalah salah satu destinasi yang harus Anda kunjungi selama berada di Trenggalek. Pantai satu ini memiliki tiga bagian, dimana setiap bagiannya mempunyai daya tarik masing masing. Ketiga bagian ini antara lain Pantai Rajaan Kulon, Pantai Rajaan Wetan, dan Pantai Rajaan Mbulu.

Pantai Rajaan Kulon tidak mempunyai garis pantai, namun Anda bisa menikmati keindahannya dari area persawahan. Senada dengan Pantai Rajaan Kulon, Rajaan Wetan juga tidak memiliki garis pantai, namun terdapat air terjun mini yang bisa Anda nikmati dari atas tebing. Sedangkan Rajaan Mbulu merupakan primadona, terdapat laguna yang aman untuk berenang.

Lokasi: Ngulungkulon, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

10. Pantai Kili Kili

Pantai Kili Kili

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Kili Kili adalah kawasan konservasi penyu jenis penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu lekang. Konservasi ini sendiri dikelola oleh Pokmaswas atau kelompok masyarakat pengawas Pantai Taman Kili Kili. Jadi saat berkunjung ke destinasi ini, Anda bisa berdonasi secara sukarela untuk membantu kemajuan area konservasi tersebut.

Selain itu Anda juga bisa mencoba melepas liarkan tukik ke laut lepas, dimana aktivitas tersebut akan dikenakan biaya yang bervariasi. Pengalaman tersebut tentu akan menjadi hal yang tidak terlupakan dan berkesan. Anda dapat membawa putra putri Anda ke sini, dan menjadikan pengalaman pelepasan tukik sebagai sarana edukasi untuk anak anak.

Lokasi: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek.

11. Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai berikutnya yang tidak kalah hits dan populer di Trenggalek yaitu Pantai Ngampiran. Pantai satu ini memiliki panjang sekitar 500 meter, dengan luas kurang lebih 7 hektar. Dimana fasilitasnya bisa dibilang sudah cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat bilas, tempat parkir yang memadai, warung, hingga penginapan di sekitar pantai.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai Dekat Kediri yang Hits & Populer

Keindahannya sendiri tidak perlu Anda pertanyakan, karena Pantai Ngampiran memiliki apapun yang Anda cari dari objek wisata pantai. Dari pasir putih lembut yang berpadu dengan air biru jernih, serta suasana khas pantai lainnya. Untuk menemukan pantai ini tidak sulit, karena letaknya hanya berjarak sekitar 4 km dari kantor Kecamatan Munjungan.

Lokasi: Tawing, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

12. Pantai Ngulungwetan

Image Credit: Instagram.com @bram_9411

Pantai Ngulungwetan adalah salah satu tempat wisata yang tidak pernah sepi, baik pada hari biasa maupun ketika hari libur tiba. Ini menandakan bahwa destinasi tersebut memiliki daya tarik yang tidak main main, dimana daya tariknya mampu mendatangkan pengunjung yang tidak hanya berasal dari masyarakat setempat namun dari berbagai wilayah lain pula.

Keindahan Pantai Ngulungwetan memang tidak perlu diragukan. Dengan pasir putih bersih yang ditumbuhi oleh banyak pohon rindang, di sini Anda bisa bersantai dan merasakan kedamaian yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Ditambah dengan ombak pantai yang tidak terlalu besar, jadi memungkinkan Anda untuk berenang dan bermain air sepuasnya.

Lokasi: Ngulungwetan, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

13. Pantai Merah Ngadipuro

Pantai Merah Ngadipuro

Image Credit: Kaskus.co.id

Selanjutnya ada Pantai Merah Ngadipuro, yang berlokasi di kawasan Desa Craken. Destinasi ini juga sangat ramai meski pada hari biasa, sebab pantai tersebut memang begitu unik dan menyajikan keindahan yang tiada duanya. Panorama pantai yang masih asri dan begitu sejuk, bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh dan jernih.

Lokasi: Peden, Craken, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek.

14. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Image Credit: Twitter.com @nhazmontana

Pantai Mutiara berada di sekitaran Desa Tasikmadu, namun letak pantai ini cukup tersembunyi sehingga Anda harus sedikit berusaha untuk menemukannya. Namun setelah melihat langsung keindahan dari pantai tersebut, dijamin Anda akan betah dan berlama lama di sana. Pasalnya Pantai Mutiara menyajikan pesona yang begitu menakjubkan dan mengagumkan.

Lokasi: Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, kab. Trenggalek.

15. Pantai Mbangkoan

Pantai Mbangkoan

Image Credit: Google Maps (Maezzura Story)

Rekomendasi yang terakhir ada Pantai Mbangkoan, yang masih terbilang baru. Dari awal pembukaannya, pantai tersebut sudah berhasil memikat hati masyarakat setempat dengan berbagai keindahannya. Pantai ini sendiri dikembangkan sebagai ekowisata, karena mempunyai potensi keindahan alam yang alami serta adanya tanaman khas tepi pantai di sekitar.

Posisi dari Pantai Mbangkoan menghadap ke arah barat, jadi sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Pasir pantainya yang terasa lembut berwarna putih juga bisa memanjakan Anda selama berada di sana. Tidak lupa dengan airnya yang jernih dengan warna kebiruan yang akan menggoda siapapun untuk merasakannya.

Lokasi: Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, kab. Trenggalek.

Jawa Timur memang memiliki deretan pantai yang indah, termasuk di wilayah Trenggalek. Di area ini cukup banyak pilihan destinasi pantai yang bisa Anda kunjungi. Wisata pantai di Trenggalek memiliki pemandangan yang indah, tidak kalah dari tempat lainnya. Bahkan ada juga beberapa pantai yang unik dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain.