15 Curug (Air Terjun) di Sukabumi yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Sukabumi

Butuh Liburan yang Menantang? Periksa Daftar Wisata Air Terjun Curug Terbaik di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terindah, Kaya Pesona & Paling Hits yang Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Sukabumi.

Sukabumi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam yang melimpah. Tak hanya memiliki banyak pantai yang menggoda, Air terjun atau curug yang dimiliki oleh Sukabumi juga tak kalah indah. Air Terjun yang ada dijamin akan membuat anda bisa menghilangkan penat sekaligus mendapatkan pengalaman yang luarbiasa.

Untuk mengetahui keeksotisan air terjun di Sukabumi, yuk simak ulasan 10 rekomendasi curug cantik berikut ini.

1. Curug Cimarinjung

Image Credit: Kumparan.com

Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 45 meter yang dilewati Sungai Cimarinjung. Air terjun satu ini memiliki debit air yang terbilang besar karena berada di tengah lereng bukut batu tertua di Jawa. Keindahan yang ditawarkan air terjun pastinya tidak akan bisa anda lewatkan begitu saja. Hanya saja wisata satu ini harus menempuh perjalanan yang cukup terjal untuk bisa melihat kemegahannya. Aksesnya memang sudah bagus namun jalannya curam.

Namun sekalipun masih belum memiliki fasilitas yang memadai, pengunjung dari Curug Cimarinjung tidak pernah sepi. Selalu saja ada rombongan dari berbagai kalangan untuk menikmati keinahannya. Tinggi dan derasnya debit air begitu mempesona jika berpadu dengan panorama alamnya yang indah dan juga sejuk. Batuan cadas serta tebing yang tinggi menjadi daya tarik dari Curug di Sukabumi ini. Harga tiketnya juga terbilang terjangkau.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

2. Air Terjun Cikaso

Image Credit: Dakatour.com

Air terjun yang besar dan mempesona ini akan terlihat semakin cantik begitu memasuki musim kemarau. Air yang turun akan bewarna kebiruan yang membuatnya semakin indah. Suara gemuruhnya begitu menarik siapapun untuk mendekat dan mendapatkan cipratan dari airnya yang deras. Pemandangan sekitarnya juga sangat cantik sehingga sangat cocok untuk anda yang menyukai alam bebas dan butuh untuk menghempaskan penat.

Sebaiknya jika ingin mengunjungi Air Terjun Cikaso datang ketika pagi hari. Pemandangan pagi hari akan sangat bagus dengan suasana alamnya yang sejuk. Untuk sampai ke Air Terjun Cikaso pengunjung harus melakukan perjalanan di air. Nantinya menggunakan perahu yang bisa di isi hingga 13 orang. Air Terjun Cikaso menawarkan spot renang untuk anda yang ingin merasakan kesegaran airnya. Area ini cukup jauh dari air terjun namun dangkal dan juga tenang.

Lokasi: Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

3. Curug Sodong

Curug Sodong

Image Credit: Kedaipena.com

Curug Sondong memiliki air terjun yang debit airnya tidak terlalu besar namun uniknya dibagi menjadi dua pancuran. Membuat beberapa warga memberikan nama sebagai curug kembar. Air yang mengalir dari air terjun ini terbilang jernih dengan warna ke abu abuan. Pemandangannya menjadi begitu indah karena adanya batu batu besar yang membuatnya tampak eksotis. Belum lagi ada banyak pohon rindah yang membuat udara sekitarnya menjadi sejuk.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Pangandaran yang Paling Hits Dikunjungi

Menuju lokasi air terjun juga sangat mudah untuk di jangkau, karena begitu tiba di parkiran tinggal menuruni tangga. Keindahannya bisa dijangkau dengan mudah tanpa harus melakukan perjalanan yang panjang. Membuat air terjun ini menjadi yang paling banyak dikunjungi dan masuk ke dalam curug favorit. Mengingat selain pemandangannya yang keren, air terjunnya juga cantik serta mudah untuk di jangkau pengunjung.

Lokasi: Komplek Geopark Ciletuh, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

4. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika ingin singgah dan melihat keindahan dari Curug Cikanteh, anda harus siap untuk basah basahan. Hal ini dikarenakan anda harus melewati sungai terlebih dahulu untuk sampai ke air terjun. Jalur trackingnya terbilang mudah namun  juga membutuhkan tenaga ekstra dan bermandikan keringat. Hanya saja semua perjuangan tersebut akan terbayar begitu melihat keelokkan dan juga panorama dari Curug Cikanteh ini. Airnya juga terbilang jernih dan segar.

Meskipun memiliki jalur yang cukup panjang untuk melihat keindahannya, namun semakin hari semakin banyak pengunjung dari Curug ini. Terutama di waktu waktu liburan pengunjung curug ini akan semakin membludak. Daya tarik utamanya selain air terjunnya yang memiliki aliran lebar, pemandangan sekitarnya masih sangat terjaga. Anda akan disuguhkan nuansa pegunungan yang pastinya akan membuat anda betah berlama lama.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

5. Curug Cibeureum

Air Terjun Cibeureum

Image Credit: Republika.co.id

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, membuat keindahan dari air terjun ini tidak bisa diabaikan. Bahkan bisa dikatakan jika wisata alam satu ini wajib dikunjungi ketika ke Sukabumi. Memang untuk mencapai air terjunnya harus hiking sekitar 2.8 km. Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan dan paronama yang menakjubkan. Tak heran jika banyak pecinta alam yang ingin menaklukkan untuk sampai ke air terjun ini.

Lokasi: Perbawati, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Sukabumi.

6. Curug Sawer

Image Credit: Republika.co.id

Menuju Curug Sawer ada beberapa alternatif rute yang bisa digunakan yakni lewat jembatan gantung atau lewat hutan. Jika anda ingin melihat keindahannya dengan lebih menantang, anda bisa memilih jalur bawah. Nantinya akan ada tangga berbatu yang disusun dengan rapi. Memang jalur bawah ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang, namun anda bisa merasakan suasana hutan yang masih asri dan juga masih terjaga.

Air Terjun Sawer ini terkenal dengan airnya yang dingin seperti es. Meskipun terkenal dingin, tak sedikit yang bermain air di antara bebatuannya yang alami. Udaranya yang sejuk juga membuat anda pasti betah berlama lama di curug ini. Beberapa spot alami juga bisa anda dapatkan. Bahkan jika beruntung, anda bisa bertemu dengan lutung yang bergelantungan. Fasilitas di Curug Sawer terbilang lengkap dengan adanya toilet, mushola hingga foodcourt.

Lokasi: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.

7. Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Curug ini akan menawarkan anda pemandangan yang mempesona namun berada di hutan pinus. Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk anda melepas penat, apalagi harga tiketnya juga terbilang terjangkau. Air terjun ini mengalir dengan berundak membuatnya nampak unik dan juga indah. Jika ingin berenang sebaiknya datang ketika musim kemarau. Karena jika musim penghujan akan memiliki debit air yang lebih besar sehingga harus hati hati.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut yang Memukau

Lokasi: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi.

8. Curug Batu Tapak

Image Credit: Wisatalengkap.com

Objek wisata alam air terjun ini masih satu kawasan dengan bumi perkemahan sekitarnya. Air terjun ini mengalir di lereng Gunung Salak namun memiliki ketinggian yang terbilang kecil. Sehingga di sekitar aliran akan terbentuk seperti kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Airnya yang jernih dan segar membuat siapapun untuk menceburkan diri ke air. Belum lagi pemandangan dan nuansa asri di sekitarnya yang semakin membuat pengunjung betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Raya Cangkuang Km.12 Cidahu , Sukabumi Dekat Taman Nasional Halimun Salak, Kec. Cidahu, Kab. Sukabumi.

9. Curug Pareang

Curug Pareang

Image Credit: Bubuh.id

Air terjun di Sukabumi ini memiliki keunikan yang membuat siapapun yang melihatnya akan tersihir. Jika biasanya anda melihat air terjun yang langsung menuju sungainya, anda akan melihat curug ini mengalir melewati tebing. Yang membuatnya terlihat istimewa adalah tebing yang dialiri terkesan datar dan juga tidak terlalu curam. Dan tebing ini memiliki areal yang menanjak membuat air terjun ini begitu unik dan juga eksotis.

Yang membuat anda bisa betah berlama lama di Curug Pareang karena curug satu ini masihlah asri dan tenang. Sangat cocok untuk bersantai dan juga menghilangkan penat. Sekitaran air terjun juga memiliki pepohonan yang rimbun membuat udara dan suasananya cukup asri. Untuk masuk ke dalam Curug Pareang anda juga tidak harus merogoh kocek yang dalam. Karena harga tiket masuknya bisa dikatakan terjangkau.

Lokasi: Sindangresmi, Kec. Jampang Tengah, Kab. Sukabumi.

10. Curug Sentral

Curug Sentral

Image Credit: Bubuh.id

Dahulunya Curug Sentral merupakan PLU bekas Belanda yang sekarang sudah dialihkan menjadi objek wisata. Memiliki aliran yang deras dengan air jenish dan juga bukit yang tidak terlalu pendek membuat curug in memiliki keindahan tersendiri. Perbukitan dan bebatuan alamnya menjadi kesatuan yang apik. Apalagi curug ini memiliki tujuh buah air terjun yang menawan. Hanya saja untuk mencapainya anda harus menakhlukkan rute yang menantang.

Lokasi: Jl. Pondok Beureum, Kabandungan, Kec. Kalapa Nunggal, Kab. Sukabumi.

11. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Image Credit: Iklantravel.com

Kota Sukabumi memang memiliki banyak wisata curug dengan keindahan yang luar biasa. Seperti halnay dengan Curug Cigangsa yang berada di perbukitan hijau dan mengalir dari bebatuan hitam yang tampak gagah. Pemandangan indah ini semakin mempesona dengan adanya 3 tingkatan pada tebingnya. Membuat Air Terjun Cigangsa terlihat lebih cantik. Tak heran jika Curug ini menarik banyak perhatian wisatawan lokal maupun asing.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

BACA JUGA:  15 Taman di Bandung yang Cocok untuk Refreshing

12. Curug Awang

Image Credit: Trivindo.com

Tidak lengkap rasanya jika berwisata Curug namun tidak mengunjungi Curug Awang. Curug Awang menjadi salah satu curug yang populer di kalangan masyarakat. Bahkan banyak yang mengatakan jika curug ini begitu mirip dengan Air Terjun Niagara. Memancar dari ketinggian 40 M membuat airnya begitu deras. Air ini akan mengalir melewati bebatuan dan juga bukit hijau yang lebat. Membuat anda bisa merasakan bagaimana asrinya udara dan nuansanya.’

Air terjun ini memiliki air yang cenderung kecolkatan namun tetap membuatnya begitu cantik. Jika mengunjungi tempat wisata satu ini, jangan lupakan untuk mengabadikan banyak sudut kecantikan dari Air Terjun Awang ini. Harga tiket untuk masuk ke wisata alam ini juga terbilang terjangkau. Tak heran jika banyak pengunjung yang ingin mengintip keindahannya terutama ketika liburan datang.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

13. Curug Gentong

Curug Gentong

Image Credit: Senengpiknik.com

Curug Gentong menjadi salah satu dari sekian banyak air terjun yang masih belum banyak dikunjungi oleh masyarakat. Meskipun begitu, jika anda ingin mendapatkan suasana yang masih asri, tenang dan juga sejuk maka bisa dijadikan alternatif. Air terjun ini berundak dan akan semakin mengesankan jika dilihat dari kejauhan. Dinamakan dengan Curug Gentong karena memiliki kolam yang mirip dengan gentong pada setiap undakan.

Curug satu ini bahkan terlihat ejlas ketika anda berada di Jalan menuju ujung genteng. Sehingga ketika diperjalanan bisa berhenti sejenak untuk melihat bagaimana keindahannya. Jangan lupakan untuk mengambil swafoto dengan latar belakang Curug Gentong yang cantik ini. Setiap kolam yang ada memiliki kedalaman yang berbeda dna juga ketinggian yang berbeda. Membuat air terjun ini semakin unik dan juga menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Waluran Mandiri, Kec. Waluran, Kab. Sukabumi.

14. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg

Image Credit: Merahputih.com

Pesona keindahan dari Kabupaten Sukabumi juga akan terpancar melalui curug satu ini. Curug Cirajeg berada di tengah sawah yang membuatnya begitu cantik dan juga mempesona. Tak hanya memiliki banyak spot untuk mengambil foto, anda juga akan menemukan gazebo untuk istirahat. Memang banyak yang belum mengetahui objek wisata alam ini. Namun akses untuk menuju lokasi bisa dikatakan sudah baik dan mudah.

Lokasi: Neglasari, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi.

15. Curug Cikaret

Curug Cikaret

Image Credit: Cintaihidup.com

Untuk melihat keindahan dari curug ini, anda memang harus melakukan perjalanan yang cukup menantang tapi terbilang mudah. Jalanan yang menanjak di perkampungan ini bisa anda tempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Namun keindahan dan juga panoramanya masih terjaga dan terbilang asri. Curug Cikaret mengalir di tebing yang tinggi dan cantik membuatnya tampak gagah dan juga kokoh. Curug satu ini dijamin bisa menghempas semua penat anda.

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Itulah 15 curug di Sukabumi yang paling hits dikunjungi Ketika liburan. Sukabumi memang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak kekayaan alam. Mulai pantai hingga air terjunnya sangat layak untuk diintip keindahannya. Sebagian juga masih belum banyak dijamah sehingga sudah dipastikan keasrian dan kealamiannya. Sehingga untuk menjaga lingkungan cantik ini, sebaiknya menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga merusak lingkungan yang indah ini.