16 Minuman & Makanan Khas Kudus yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Kudus

Berbicara mengania makanan dan minuman khas di setiap daerah yang berada di Indonesia, pastinya tak akan pernah ada habisnya. Hal ini pula berlaku pada daerah Kudus yang berlokasi di Jawa Tengah. Daerah ini pun juga menyimpan berbagai macam kuliner yang bisa untuk Anda coba ketika sedang mengunjungi tempat satu ini. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa kuliner khas Kudus yang bisa untuk Anda cicipi. Berikut simak ulasannya.

1. Wedang Coro

Wedang Coro

Image Credit by Jepara.go.id

Hidangan satu ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran gula aren, irisan kelapa yang digoreng, jahe, sereh, cengkeh dan juga tepung beras. Dengan cita rasa yang sangat khas dan manis serta sedikit pedas gurih ini tentu saja akan menghangatkan tenggorokan Anda di malam hari. Selain itu, minuman satu ini pun juga mempunyai tekstur yang lebih kental dari bubur. Sehingga ketika Anda sedang berada di Kudus, wajib untuk mencoba wedang coro ini.

2. Wedang Pejuh

Wedang Pejuh

Image Credit by Cookpad.com

Kota Kudus nampaknya memiliki beberapa minuman khas yang mungkin hanya bisa Anda temukan di kota ini. Minuman lain yang khas dari kota Kretek ini adalah wedang pejuh. Dimana sajian minuman ini merupakan singkatan dari pomelo, susu kental manis, jahe dan sereh. Untuk membuatnya pun cukup mudah yakni Anda bisa mencampur semua bahan tersebut ke dalam gelas dan Anda pun sudah siap untuk menikmatinya.

3. Kopi Jetak

Kopi Jetak

Image Credit by Bukalapak.com (Shery Shop)

Ingin menikmati kopi khas Kudus ketika berada disini? Untuk itu, Anda pun wajib mencoba kopi satu ini. Kopi ini merupakan salah satu kopi yang diproduksi sendiri oleh masyarakat Jetak yang berada di kota Kudus. Perbedaan kopi ini dengan kopi yang lain adalah perubahan warnanya ketika sudah digoreng yang akan menjadi berwarna hitam.

Saat digoreng, biji ini pun diberi tambahan air kopi sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama daripada kopi pada umumnya. Saat pengolahan, biji kopi ini pun tidak dicampur sehingga nantinya akan menghasilkan kualitas bubuk yang tetap terjaga. Untuk itu, bagi Anda yang pecinta kopi, maka wajib untuk mencicipi seduhan kopi jetak ketika sedang berada di Kudus.

4. Sayur Kangkung Santan

Sayur Kangkung Santan

Image Credit by Womantalk.com

Jika Anda sering mendapati sayur kangkung hanya ditumis biasa, maka ketika Anda sedang berada di Kudus maka Anda pun akan sering menemukan sayur kangkung yang disantan. Makanan satu ini kerap kali dijadikan meu sehari-hari bagi masyarakat Kudus. Menu tradisional yang berasal dari kota Kudus ini memiliki rasa yang lezat, apalagi jika Anda mencicipinya dengan sepiring nasi hangat. Dijamin akan ketagihan.

5. Tahu Kecap

Tahu Kecap

Image Credit by Pinterest.at

Makanan satu ini juga kerap kali ditemukan di  berbagai daerah sebagai menu tambahan ketika memasak di rumah. Akan tetapi, ketika Anda berada di Kudus Anda pun nantinya akan lebih sering untuk menemukan hidangan satu ini. Untuk di kota Kudus sendiri, hidangan ini biasanya akan lezat jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan disajikan menggunakan alas daun pisang.

6. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo

Image Credit by Travelingyuk.com

Jika sedang berkunjung ke kota Kudus, maka Anda pun jangan lupa untuk mencicipi pecel pakis colo yang terkenal ini. Makanan yang berasal dari desa Cola ini merupakan makanan wajib yang bisa Anda coba ketika Anda sedang melakukan perjalanan ziarah ke makam Sunan Muria. Untuk satu porsi pecel sendiri biasanya terdiri dari tauge, kacang panjang, kacang tanah, gula merah, cabe keriting dan tak lupa pakis.

7. Lepet

Lepet

Image Credit by Kudusupdate007.blogspot.com

Jajanan satu ini juga harus Anda coba ketika Anda sedang berwisata ke kota Kudus. Makanan satu ini biasanya kerap kali disajikan ketika momen Lebaran tiba. Untuk lepet sendiri, biasanya dibuat dari beras ketan yang telah dicampur dengan kelapa parut, dan kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa dan diolah dengan cara direbus. Selain itu, untuk isiannya sendiri, adonana dari lepet ini biasanya berisikan kacang tolo.

Akan tetapi, saat ini isi dari lepet ini sudah bisa dimodifikasikan yakni diisi dengan nangka ataupun pisang. Untuk sejarahnya sendiri, biasanya kepet dibuat sebagai simbol permintaan maaf. Hal ini dikarenkaan sesuai dengan namanya yakni lepet yang berasal dari kata lepat atau luput yang memiliki arti yakni kesalahan.

8. Parijoto

Parijoto

Image Credit by Doktersehat.com

Ketika berkunjung ke kota Kudus, ada baiknya Anda memakan buah yang hanya ada di kota satu ini, yakni buah parijoto. Buah yang berasal dari lereng Gunung Muria ini merupakan buah yang dapat dipercaya jika Anda sedang hamil dan kemudian memakan buah ini makan kelak anaknya akan memiliki paras yang rupawan. Untuk mengonsumsi buah yang asam ini biasanya akan cocok untuk drebus atau dijadikan rujak.

9. Kacang Bawang Sumber Gelis

Kacang Bawang Sumber Gelis

Image Credit by Shopee.co.id (Cvbambangmaskudus)

Cemilan satu ini merupakan salah satu makanan yang cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh ketika sedang berada di Kudus. Kuliner satu ini terbuat dari kacang yang dibumbu dengan bumbu bawang. Sedangkan untuk sumber gelis sendiri merupakan merek dari yang memproduksi jenis kacang ini. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Kudus, wajib untuk mencoba kacang dengan jenis satu ini.

10. Ayam Gongso

Ayam Gongso

Image Credit by Perpus.jatengprov.go.id

Ayam yang dimasak dengan campuran bumbu kecap dan cabai ini juga bisa untuk Anda coba ketika berada di kota ini. Dengan memiliki cita rasa yang manis dan gurih serta sedikit pedas akan membuat Anda ingin menambah lagi ketika mengonsumsinya. Untuk Anda yang ingin mencobanya, menu satu ini akan sangat cocok untuk disajikan dengan nasi putih ataupun nasi goreng yang hangat.

11. Nasi Ayam Mentog Kasmini

Nasi Ayam Mentog Kasmini

Image Credit by Perpus.jatengprov.go.id

Hidangan dengan bahan utama ayam, nampaknya menjadi hidangan populer yang menjadi favorit orang di Kudus. Salah satu yang bisa untuk Anda coba adalah nasi ayam mentog. Untuk satu porsi menu ini, biasanya akan terdiri dari campuran nasi putih dan masakan dengan bahan dasar ayam yang dicampur degan bumbu khas Kudus. Uniknya lagi, kuliner satu ini dihidangkan dengan ukuran daging yang cukup besar sehingga akan menggugah selera makan anda.

12. Nasi Opor Sunggingan

Nasi Opor Sunggingan

Image Credit by Detik.com

Satu lagi masakan dari Kudus yang bisa untuk Anda coba ketika berada di kota ini adalah nasi opor sunggingan. Nasi ini pun dibanderol dengan harga sekitar 7 ribu rupiah saja sehingga sangat terjangkau dan pas di kantong. Untuk isinya sendiri, biasnaya menu ini dilengkapi dengan suwiran ayam dan potongan tahu kecil. Jika Anda ingin menikmati nasi ini maka Anda pun akan menyantapnya menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang yang dilipat sehingga akan menambah keunikan kuliner satu ini.

13. Soto Kudus

Soto Kudus

Image Credit by Resepkoki.id

Makanan satu ini merupakan primadona ketika Anda sedang berada di kudus. Pasalnya wisatawan akan mencari hidnagan ini ketika sednag berlibur ke Kudus. Soto yang tersaji dari soto Kudus ini biasanya akan dihidangkan dengan mangkok kecil yang terdiri dari nasi putih, taoge, irisan seledri dan juga daging ayam yang disiram dengan kuah bening dan juga taburan bawang goreng.

14. Soto Kerbau

Soto Kerbau

Image Credit by Inibaru.id

Berbeda dengan soto kudus yang dihidnagkan dengan daging ayam, di kota ini pun juga terdapat soto kerbau yang didalamnya berisikan daging kerbau. Daging kerbau sendiri dijadikan olahan sebagai bentuk penghormatan kepada agama Hindu sehingga masyarakat pun menggantinya dengan daging kerbau.

15. Sate Kerbau

Sate Kerbau

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan satu ini pun nampaknya juga akan Anda temukan di kota Kudus saja. Jika sate biasanya identik dengan daging ayam atau daging sapi, maka di Kudus sendiri Anda akan menemukan daging kerbau. Untuk teksturnya sendiri, daging ini pun sekilas mirip dengan daging sapi dan mempunyai cita rasa yang elzat.

16. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung

Image Credit by Detik.com

Makanan terakhir yang wajib untuk Anda coba saat berada di Kudus adalah lentog tanjung. Makanan ini merupakan campuran dari lontong dan sayur lodeh. Biasanya Anda akan menemukan sate telur puyuh sebagai menu pelengkap dari kuliner satu ini. Pada umumnya, Anda akan mudah untuk menjumpai pedagang yang menjajakan makanan ini di seantero kota Kudus.

Untuk itu, ketika Anda sedang berada di kota satu ini maka Anda pun wajib untuk mencoba beberapa hidangan atau kuliner yang tersedia disini. Dengan mencoba minuman dan makanan khas Kudus tersebut maka Anda pun akan merasakan kelezatan yang ditawarkan yang mungkin saja tidak akan bisa untuk Anda temukan di tempat lain.