15 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Kebumen

Kebumen termasuk salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki beragam jenis oleh-oleh khas yang paling diburu wisatawan. Setelah puas menjelajahi Kawasan wisata, Anda bisa memilih buah tangan yang paling direkomendasikan.

Beberapa jenis buah tangan populer dari Kebumen, diantaranya makanan khas, camilan unik, hingga kerajinan tangan buatan masyarakat Kebumen. Ketika berkunjung ke kota tersebut, Anda bisa singgah ke beberapa destinasi wisata alam sembari memborong berbagai jenis oleh-oleh yang bisa dibagikan kepada keluarga dan juga sahabat. Berikut daftar oleh-oleh yang bisa dijadikan referensi.

1. Lanting

Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu jajanan khas Kabupaten Kebumen yang wajib dicicipi dan dibawa pulang yakni camilan Lanting. Jajanan yang satu ini bisa saja ditemukan di berbagai daerah seluruh Indonesia. Namun, camilan Lanting merupakan produk asli dari Kabupaten Kebumen. Lanting sendiri merupakan makanan ringan yang dibuat dengan singkong sebagai bahan utamanya.

Makanan ringan Lanting memiliki bentuk seperti angka delapan dengan warna putih khasnya. Pada mulanya Lanting hanya diproduksi dengan dua varian rasa saja, yakni rasa original dan bawang goreng. Namun, seiring berjalannya waktu penganan ini sudah berkembang mengikuti zaman. Ada berbagai varian rasa mulai dari balado hingga rasa keju.

2. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng

Image Credit: Lucymutia.blogspot.com

Berkunjung ke Kabupaten Kebumen jangan lupa untuk menikmati berbagai kudapan hasil lautnya. Salah satu kuliner hasil laut yang paling populer ialah Yutuk goreng. Yutuk sendiri merupakan jenis hewan laut yang bisa ditemukan di wilayah Pantai Kebumen. Jika dilihat dari bentuknya, Yutuk memiliki cangkang yang mirip dengan undur undur.

Biasanya, masyarakat Kota Kebumen menjadikan Yutuk sebagai peyek. Cita rasa yang dihasilkan olahan laut ini cenderung asin dan gurih. Oleh karenanya, olahan Yutuk sangat cocok bila dijadikan pelengkap hidangan bersama nasi. Buah tangan yang satu ini dijual di berbagai toko dan pusat oleh-oleh Kota Kebumen dengan harga yang ramah di kantong.

3. Golak

Golak

Image Credit: Bosmeal.com

Selain Lanting dan Yutuk, buah tangan khas Kabupaten Kebumen yang juga wajib dibawa pulang ialah Golak. Penganan yang satu ini umumnya biasa dijual saat ada pertunjukan kesenian seperti Wayang dan Kuda Lumping. Jika dilihat secara visual, Golak memiliki wujud yang hampir mirip dengan jajanan Lanting, yakni berbentuk angka 8.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bahan dasar pembuatan Golak juga terbuat dari singkong dengan warna putih kecoklatan. Camilan yang satu ini sangat nikmat apabila dikonsumsi dalam keadaan hangat. Bagi Anda yang tertarik mencicipi atau membawa pulang jajanan Golak, maka Anda perlu merogoh kocek sekitar 10 ribuan saja per bungkusnya. Harga yang sangat terjangkau bukan?

4. Satu

Satu

Image Credit: Putratravel.net

Mendengar nama makanan ini mungkin sebagian dari Anda akan merasa aneh. Satu, kata tersebut sebenarnya tak merujuk pada angka melainkan sebuah nama makanan khas Kabupaten Kebumen. Kue Satu merupakan makanan unik berbahan dasar kacang hijau dan gula pasir yang ditumbuk hingga halus. Kemudian, tumbukan tersebut dibentuk persegi atau bentuk bulatan.

Kue Satu sangat mudah ditemui di berbagai toko dan pasar tradisional yang tersebar di Kota Kebumen. Setiap kemasan Kue Satu dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp. 4.000 saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati jajanan andalan para wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

5. Kue Kethek

Kue Kethek

Image Credit: Cookpad.com

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, kethek berarti monyet kata tersebut berasal dari Bahasa Jawa. Namun, kethek yang satu ini sangatlah berbeda dan tak ada hubungannya dengan binatang. Jika mengunjungi Kabupaten Kebumen Anda akan menemukan jajanan dengan nama unik tersebut. Makanan ini terbuat dari perasan ampas minyak kelapa atau blondo.

Perasan ampas minyak kelapa dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kemudian, bungkusan tersebut dikukus dan diberi bumbu seperti gula, kencur, cabai, garam, dan bumbu lainnya. Perpaduan ampas minyak kelapa dengan tambahan bumbu yang sedap menjadikan penganan yang satu ini bercita rasa asin, gurih, dan sedikit pedas.

6. Jipang Kacang

Jipang Kacang

Image Credit: Tempatplesir.blogspot.com

Jipang kacang adalah makanan khas Kebumen yang juga tak kalah populer. Penganan yang satu ini dibuat dengan beberapa bahan, seperti kacang, gula Jawa, dan minyak sayur. Perpaduan bahan dalam satu harmoni menciptakan cita rasa unik khas yang sayang jika dilewatkan. Bahkan, jajanan ini sulit ditemukan di beberapa daerah.

Ketika digigit, Jipang Kacang akan terasa lengket di gigi. Sensasi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari camilan khas Kebumen ini. Jipang kacang sendiri bisa dijumpai dengan mudah di Desa Kalijirek, Kebumen. Berbicara mengenai harga, sebungkus jipang kacang dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis dan pas dikantong.

BACA JUGA:  Ketep Pass, Menikmati Keindahan Alam Gunung Kembar di Magelang

7. Kerajinan Batok Pandan

Kerajinan Batok Pandan

Image Credit: Inibaru.id

Tak hanya makanan saja yang bisa dibeli dan dijadikan oleh-oleh. Kebumen juga memiliki beragam souvenir dan kerajinan yang layak dibawa pulang. Salah satunya ialah kerajinan Batok Pandan. Sesuai dengan namanya, kerajinan tangan yang satu ini terbuat dari batok kelapa yang sudah diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan kerajinan bernilai jual tinggi.

8. Jenitri

Jenitri

Image Credit: Tribunnews.com

Di Kabupaten Kebumen, biji pohon Jenitri dijadikan berbagai kerajinan tangan yang banyak diburu wisatawan luar daerah. Jenitri biasanya dibeli untuk menunjang keperluan beribadah. Selain itu, kerajinan biji Jenitri juga ada yang berupa hiasan rumah dengan tampilan unik dan khas. Beberapa kerajinan tersebut diantaranya tasbih, gelang, kalung,

Beberapa wisatawan asing luar negeri yang datang ke Kabupaten Kebumen juga kerap memborong beberapa kerajinan tangan dari biji Jenitri sebagai buah tangan dan dibagikan ke keluarganya. Hal tersebut membuktikan bahwa kerajinan biji jenitri yang dibuat oleh masyarakat Kota Kebumen layak untuk dibeli dan dibawa pulang.

9. Guci Dan Gerabah

Guci Dan Gerabah

Image Credit: Uudnhudana.wordpress.com

Gerabah atau guci khas Kabupaten Kebumen dibuat dengan desain unik bermotif batik. Sebelumnya, gerabah dibentuk terlebih dahulu. Kemudian, setelah gerabah mengering, para pengrajin akan memberikan motif ke permukaan gerabah atau guci dengan cara manual dan dicanting. Harganya pun sangat variatif, bergantung dengan ukuran dan juga motif yang dimiliki produk.

10. Kerajinan Anyaman Bambu

Anyaman Bambu

Image Credit: Pricilkreatif.wordpress.com

Kabupaten Kebumen dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan anyaman bambu. Ada banyak sekali kerajinan bambu yang bisa dibawa pulang. Beberapa diantaranya, seperti tas, keranjang, topi, tikar, dan masih banyak lagi. Bahkan jika membeli kerajinan anyaman bambu, Anda bisa memilih apapun bentuk yang diinginkan.

11. Batik Khas Kebumen

Image Credit: Infobatik.id

Meskipun batik bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, di Kabupaten Kebumen Anda juga bisa menemukan batik khas dengan motif yang unik dan menarik. Umumnya, Batik Kebumen tidak memiliki falsafah yang dalam mengenai corak atau motifnya. Yang menjadi ciri khasnya ialah motif dan coraknya yang menggambarkan kondisi sehari hari dan keadaan alam.

BACA JUGA:  12 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Wajib Anda Bawa Pulang

12. Jenang Sabun

Jenang Sabun

Image Credit: Kompasiana.com

Tak seperti namanya, Jenang sabun tentu saja tidak terbuat dari sabun. Jajanan yang satu ini terbuat dari sadapan bunga kelapa yang belum mekar. Kudapan ini memiliki cita rasa yang gurih, legit, dan kenyal ketika digigit. Jenang sanbun bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Padahal para pemroduksi Jenang Sabun tak menambahkan bahan pengawet sedikitpun.

13. Gula Merah

Gula Merah

Image Credit: Kebumenkab.go.id

Pada dasarnya, gula merah sangat mudah dijumpai di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Bahkan, Anda bisa menemuinya dengan mudah di beberapa warung terdekat. Namun letak Kota Kebumen yang berada di dekat pesisir Pulau Jawa, membuatnya dikelilingi banyak tanaman pohon kelapa yang tumbuh di berbagai wilayah.

Dengan banyaknya pohon kelapa, masyarakat lokal memanfaatkannya untuk dijadikan olahan yang memiliki nilai jual. Salah satunya untuk bahan dasar pembuatan gula merah. Di pagi hari, warga Kebumen biasanya sibuk mengambil air nira dari pohon kelapa untuk campuran gula merah. Air nira tersebut kemudian diolah menjadi karamel yang dicetak dan dikeringkan dalam suhu ruang.

14. Emping Mendem

Emping Mendem

Image Credit: Adira.co.id

Satu lagi penganan khas Kebumen yang bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Namun, yang menjadi pembeda Emping Mendem dengan emping pada umumnya ialah bentuknya yang lebih kecil dan cenderung padat. Seiring dengan berjalannya waktu, para pemroduksi Emping Mendem menciptakan beragam inovasi berupa varian rasa yang sangat digemari.

Beberapa varian rasa yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yakni, rasa pedas,rasa manis, asin, balado, hingga keju. Soal harga, Anda tak perlu khawatir. Setiap kemasan Emping Mendem dibanderol dengan harga belasan ribu rupiah saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa membawa pulang oleh-oleh tersebut dan membagikannya kepada keluarga.

15. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Putratravel.net

Sesuai dengan namanya, penganan yang satu ini terbuat dari buah pisang yang diiris tipis dan dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering, pisang tersebut kemudian digoreng dengan tepung sehingga berbeda dengan sale pisang pada umumnya. Bila Anda tertarik membawa sale pisang khas Kebumen, bisa mengunjungi Desa pembuat Sale Pisang Mangli.

Itulah beberapa jajanan dan kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan setelah mengunjungi Kota Kebumen. Mulai dari kuliner unik khas hingga kerajinan tangan yang menarik bisa didapatkan hanya dengan mengunjungi kota kecil tersebut. Jangan lupa membagikan hasil buruan oleh-oleh khas dari Kebumen kepada keluarga, sahabat, dan kerabat dekat.