Jawa Tengah

17 Tempat Wisata di Banjarnegara

Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah adalah Banjarnegara. Daerah ini menjadi destinasi wisata alam yang cukup terkenal akan cerita sejarahnya. Seperti misalnya Candi Arjuna, Kawah Sikidang hingga Kawah Candradimuka yang cukup melegenda.

Tidak hanya Dieng dan beberapa kawahnya yang sangat terkenal tetapi Banjarnegara juga memiliki potensi wisata lain yang tak kalah menarik. Untuk menentukan dimana saja tempat wisata di Banjarnegara yang akan Anda kunjungi saat liburan nanti, berikut beberapa referensi menarik.

1. Curug Pundung Sewu

Curug Pundung Sewu

Lokasi: Petir, Kec. Purwonegoro, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Jalanjalanenak.com

Curug Pundung Sewu merupakan tempat wisata yang lingkungan sekitarnya masih begitu alai dan sedikit tersembunyi. Ada gemericik air yang jatuh yang berada di antara tebing bebatuan dan juga suasana alam pedesaan yang begitu sejuk. Ada sedikit sentuhan petualangan yang membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

Letak curug ini berada di Desa Petir, kecamatan Purwanegara. Mereka yang datang seringkali dikarenakan suasana senang dan alam yang masih begitu terjaga.

2. Curug Mrawu

Curug Mrawu

Lokasi: Giritirta, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Superadventure.co.id

Masih seputar curug yang ada di Banjarnegara yang kali ini bernama Curug Mrawu. Anda bisa memulai perjalanan dengan mengunjungi Curug Genting dan memiliki ketinggian berkisar 70 meter. Ada view yang begitu eksotis. Di sana Anda bisa menuju ke sumber mata air panas Giri Tirta yang juga tak kalah menawan.

Lokasinya ada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran. Ketinggian curug ini sekitar 50 meter. Ada air yang mengalir dan terlihat sangat jernih.

3. Bukit Asmara Situk

Bukit Asmara Situk

Lokasi: Jl. Raya Karangkobar, Dusun I, Kalilunjar, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Mgriyahotel.com

Berbeda lagi jika Anda ingin liburan dengan suasana romantis. Ada bukit asmara situk yang memiliki suasana alam sangat syahdu dan landscape pegunungan serta aliran sungai yang menawan. Nantinya dari aas gardu pandang Anda bisa melihat keindahan alam di bukit ini makin mempesona.

Bukit Asmara Situk ini ada di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu. Ada banyak spot yang foto yang bisa Anda gunakan untuk memotret.

4. Tampomas

Tampomas

Lokasi: Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara No.7, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Tampomas telah dibuka sejak tahun 2017 yang mana tempat ini menjadi salah satu spot wisata di Banjarnegara dan begitu menari. Berupa danau dengan luas sekitar 1.8 hektare dan dikelilingi oleh perbukitan batu serta pemandangan begitu eksotis.

Tampomas ada di Desa Gentansari, kecamatan Pagedongan. Ada sejumlah perahu yang siap untuk mengajak Anda berkeliling danau. Suasana alamnya juga membuat pikiran menjadi tenang.

5. Bukit Watu Sodong

Bukit Watu Sodong

Lokasi: Karang Tunon, Glempang, Kec. Mandiraja, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com @SabaLangitID

Banjarnegara menawarkan sensasi liburan dengan landscape perbukitan hijau dan elok dipandang. Menjadi tujuan wisata di akhir pekan serta bukitnya juga sering digunakan sebagai jalur offroad motor trail. Tidak hanya berfoto tetapi Anda bisa selife deck dengan bentuk hati.

Bukit Watu Sodong ini ada di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja. Anda bisa merasakan bagaimana sensasi yang cukup memicu adrenalin di tempat wisata ini.

6. Lembah Semurup Bukit Pangonan

Lembah Semurup Bukit Pangonan

Lokasi: Karangsari, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Belantaradieng.blogspot.com

Tempat wisata berikutnya adalah yang cukup tersembunyi. Destinasi ini menyajikan keindahan alam dengan petualangan yang seru. Pengunjung diharuskan untuk mendaki sekitar 30 menit dari pos pendakian Gunung Pangonan Dieng. Jalur yang dilalui juga tidak terlalu sulit. Sementara di sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang menyejukkan mata.

Lembah Semurup Bukit Pangonan ini ada di Deing Kulon, Kecamatan Batur. Suasana alami didukung dengan kicauan burung dan juga hembusan angin yang sejuk.

7. Anglir Mendung

Anglir Mendung

Lokasi: Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Kec. Karangkobar, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata di Banjarnegara berikutnya adalah di Anglir Mendung. Tempat wisata ini merupakan taman rekreasi yang letaknya sekitar 18 km dari pusat Kota Banjarnegara. Suasananya juga sangat sejuk dan pemandangan alamnya juga begitu asri karena berada di lereng bukit.

Taman wisata ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, camping ground hingga taman bermain yang seru. Letaknya ada di Kasimpar, Kecamatan Paweden, Kabupaten Banjarnegara.

8. Taman Margasatwa Seruling Mas

Taman Margasatwa Seruling Mas

Lokasi: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Budparbanjarnegara.com

Taman Margasatwa Seruling Mas merupakan kebun binatang di Banjarnegara yang cocok untuk acara piknik keluarga dan konsep wisata hiburan. Tidak hanya melihat aneka satwa tetapi Anda juga bisa melihat beberapa fasilitas menarik lainnya yang membuat momen liburan makin seru.

Ada kolam renang, taman bermain hingga flying fox. Lokasi tempat wisata berada di Kutabanjarnegara, kecamatan Banjarnegara. Tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bersama anak-anak.

9. Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Lokasi: Jl. Raya Rejasa No.KM, RW.1, Rejasa, Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Beritagar.id

Berikutnya merupakan tempat wisata yang lengkap dengan hotel, waterpark hingga area manasik haji. Konsep yang diusung adalah one step pleasure dimana tempat ini menawarkan sensai liburan seru dan lengkap dengan banyak fasilitas di dalamnya. Ada jga waterpark dan area foto 3D trick art.

Anda bsia datang ke Jalan Raya Karang Kobar Km 1, Desa Rejasa. Selain bermain, tersedia juga minatur patung ikonik dari beberapa negara yang keren untuk dijadikan background foto selfie.

10. Bukit Rumpit Bike Park

Bukit Rumpit Bike Park

Lokasi: Krajan, Salamerta, Kec. Mandiraja, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Kangfahrur.xyz

Tidak hanya sekadar tempat wisata dengan adanya spot selfie. Tetapi bukit rumpit bike ini memang cocok untuk wisata olahraga khususnya untuk yang hobby berpetualang. Pemandangan di atas bukit ini memang begitu indah dan udaranya juga masih cukup alami. Anda bisa camping dan melepas penat di bukit ini.

Bukit Rumpit Bike Park ini berada di Krajan, Salamerta Kecamatan Mandiraja. Bagi para wisatawan yang ingin melakukan downhill dan offroad, disini merupakan tempat yang tepat.

11. Watu Desel

Watu Desel

Lokasi: Semagung, Pesangkalan, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatabanjarnegara.com

Nama tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini mungkin terdengar unik. Di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi Watu Desel, Anda akan disuguhi dengan keindahan hutan yang asri serta suasananya yang sejuk. Untuk mendapat spot foto yang keren, Anda bisa naik ke puncak batu yang tinggi dengan pemandangan yang epic.

Watu Desel berada di Semagung, Desa Pesangkalan. Watu Desel memiliki deretan batu besar. Batu-batu ini tersusun rapi secara alamiah begitu saja.

12. Curug Sikopel

Curug Sikopel

Lokasi: Babadan, Kec. Pagentan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Egrebae.blogspot.com

Curug Sikopel merupakan curug yang akan memberi Anda pengalaman berbeda. Untuk menuju ke lokasi, aksesnya memang menantang. Tetapi perjalanan Anda memang tidak akan sia-sia. Ada pemandangan yang membuat pikiran menjadi dingin.

Ketinggian air terjun ini sekitar 70 meter dan nuansanya hijau alami serta sejuk dipandang. Cocok untuk mereka yang ingin menyepi atau menyingkir dari suasana kota yang ramai. Anda bisa merasakan kedamaian alami disini.

13. Curug Pitu

Curug Pitu

Lokasi: Kemiri, Kec. Sigaluh, Kab. Banjaranegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Masih soal curug yang memang dimiliki oleh Banjarnegara. Namun kali ini curug tersebut bernama Curug Pitu. Tempatnya memang begitu sejuk dan lingkungan alamnya juga masih begitu asri. Hal ini yang akan membuat Anda makin betah dan enggan untuk mengakhiri liburan di sini. Tidak hanya menikmati eksotisme air terjun, ada juga festival durian yang tak boleh dilewatkan.

Curug Pitu ini berada di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh. Nantinya Anda yang ingin ikut even festival durian bisa mencicipi durian dengan harga yang murah meriah.

14. Bukit Icika

Bukit Icika

Lokasi: Kalitengah, Gunugtugel, Kec. Purwanegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Melaluilensa.com

Nama yang lucu sebagai tempat wisata. Bukit Icika adalah area bekas penambangan pasir putih. Penambangan ini berada di perbatasan tiga desa yakni Desa Kaliajir, Desa Petir dan juga Desa Kalitengah. Meski memang akses jalan ke lokasi ini butuh perjuangan ekstra tetapi keindahannya tentu tidak mengecewakan.

Bukit Icika berada di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara. Ketika cuaca cerah, Anda bisa mendapatkan momen sunset dan sunrise terbaik di tempat wisata ini.

15. Wadas Tumpang

Wadas Tumpang merupakan tempat wisata yang menyajikan eksotisme alam dengan hawa sejuk pegunungan. Perjalanan ke lokasi memang cukup melelahkan. Tetapi Anda tidak akan menyesal karena memang view dari tempat ini adalah perbukitan.

Anda bisa datang ke Desa Majalengka, Kecamatan Bawang. Karena lokasi Wadas Tumpang yang cukup jauh maka jangan lupa untuk menyiapkan kondisi tubuh yang fit dan prima.

16. Waduk Mrica

Waduk Mrica

Lokasi: Waduk Mrica, Dusun Satu, Karangjambe, Kec. Wanadadi, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatabara.blogspot.com

Tempat wisata di Banjarnegara ini menawarkan pesona keindahan waduk kepada para wisatawan. Cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda terutama ketika libur panjang seperti libur nasional atau hari libur lainnya. Keindahan wisata di waduk ini bisa menghilangkan rasa penat anda.

Tempatnya berada di sebelah barat Kota Banjarnegara. Tepatnya ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Wanadadi dan juga Kecamatan Bawang.

17. Sungai Serayu

Sungai Serayu

Lokasi: Randegan, Kec. Sigaluh, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Superadventure.co.id

Ada yang berbeda dari tempat wisata ini. Sungai Serayu menawarkan tempat wisata arung jeram yang akan memacu adrenalin anda. Penduduk lokal daerah sigaluh ini juga ramah terhadap siapa saja yang datang. Anda bisa melakukan wisata arung jeram dengan rombongan dan cocok untuk mereka yang berjiwa petualang.

Lokasinya berada di Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan. Biasanya, para wisatawan akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam untuk berada di tempat ini. Ada suasana sejuk dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.