Pantai Anyer, Pantai Indah yang Memukau di Pesisir Banten

Pantai Anyer

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kota Serang.
MapCek Lokasi

Pantai Anyer, destinasi wisata bahari terindah di ujung barat Pulau Jawa. Berlokasi dekat dengan kota Jakarta, maka pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat. Mulai dari melihat sunset hingga bersantai di pasir putih akan menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk Anda yang ingin berlibur di pantai dengan jarak yang cukup dekat dari kota Jakarta, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk mengunjungi Pantai Anyer. Baik wisatawan asing atau lokal pun mulai melirik tempat ini sebagai daya tarik wisata yang menjadi incaran wisata di Indonesia. Ingin tahu apa saja daya tarik dari wisata satu ini? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Anyer

Sekilas Tentang Pantai Anyer

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Memiliki pemandangan yang eksotis, maka Anda pun akan bisa menikmati panorama pantai yang indah ketika berwisata di Pantai Anyer. Tak heran, jika destinasi wisata ini menjadi salah satu pantai yang diminati oleh wisatawan. Birunya air laut dan pasir pantai yang putih menjadi suguhan yang akan Anda dapatkan ketika berwisata ke tempat ini. Intuk ombaknya pun cukup bersahabat sehingga Anda akan merasa tenang ketika berada disini.

Daya tarik dari wisata ini adalah tak pernah sepi oleh pengunjung. Wisatawan sangan puas untuk menghabiskan waktu demi waktu di tempat satu ini. Terlebih lagi terdapat beberapa spot yang menarik sehingga Anda pun tidak akan bosan untuk bersantai di tempat ini. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa BelAnda mulai membangun jalan di daerah Jawa pada titik ini. Banyak korban tewas dalam kerja rodi sepanjang 1.000 km ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Anyer

Rute Menuju Lokasi Pantai Anyer

Image Credit: Limakaki.com

Berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Banten maka bagi Anda yang ingin untuk melakukan perjalanan menuju tempat satu ini dari Jakarta akan membutuhkan waktu yakni sekitar 3 hingga 4 jam. Wisatawan pun bisa memilih dua rute untuk bisa sampai ke tempat satu ini. Untuk rute pertama, para pengunjung bisa keluar dari pintu tol Serang untuk menuju Pantai Carita. Selanjutnya, Anda pun bisa memasuki wilayah Anyer.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Jakarta Paling Enak & Murah

Sedangkan untuk jalur kedua yang bisa Anda tempuh, maka pengunjung bisa keluar melalui tol Cilegon Barat. Setelah itu, pengunjung akan sampai di percabangan dua. Kemudian, Anda bisa mengambil jalur untuk menuju ke wilayah Anyer. Anda disini, hanya bisa dengan mengikuti jalan saja. nantinya wisatawan akan bisa masuk ke wilayah Pantai Anyer.

Pada umumnya, rute yang ditempuh untuk menuju Pantai Anyer ini sangatlah ramai. Terutama jika Anda ingin mengunjungi pantai ini saat weekend. Untuk Anda yang malas melewati kemacetan, maka Anda pun bisa berangkat dengan menggunakan bus untuk sampai ke tempat satu ini. Pengunjung nantinya bisa memulainya dari Terminal Pulo Gadung, Tanjung Priok maupun Kampung Rambutan.

Anda pun bisa memilih bus yang memiliki tujuan arah ke Merak. Selanjutnya, Anda bisa turun di Terminal Cilegon. Nantinya, Anda pun bisa naik dengan menggunakan angkot untuk menuju ke daerah Simang. Lalu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum untuk menuju ke wilayah Anyer. Untuk waktu tempuhnya sendiri yakni sekitar 45 menit. Wisatawan pun juga nantinya bisa menggunakan angkutan kereta api.

Untuk Anda yang ingin berangkat dengan kereta api, maka Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tanah Abang untuk menuju ke Stasiun Krenceng yang ada di wilayah Anyer. Ketika tiba di Stasiun Krenceng, maka nantinya Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju ke kawasan Anyer. Naiklah angkutan silver untuk bisa sampai ke wilayah Pantai Anyer.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Anyer

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Anyer

Image Credit: Satujam.com

Ketika sampai ke pantai satu ini, maka Anda pun akan disambut dengan mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini dapat dikatakan sebagai salah satu ikon dari Pantai Anyer dan memiliki nilai sejarah yang panjang untuk kawasan di pulau Jawa. Untuk tingginya sendiri mencapai sekitar 75.5 meter.

Awalnya, mercusuar ini dibangun pada tahun 1806, namun karena terjadi bencana alam yang cukup parah maka dibangun kembali pada tahun 1885 oleh Raja Wilem II. Mercusuar ini memiliki fungsi yakni sebagai penunjuk ketika kapal kapal besar datang untuk merapat dan berlabuh di perairan Banten. Untuk pengunjung yang ingin naik kesana, maka nantinya wisatawan perlu untuk menaklukkan anak tangga yakni sekitar 280 anak tangga.

BACA JUGA:  11 Wisata Pantai Terhits di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Ketika telah sampai puncak, maka nantinya Anda pun akan disambut dengan pesona dan pemandangan alam yang sangat memukau. Decak kagum akan keindahan laut yang apik tersebut akan menjadi nuansa yang tak terlupakan. Tentu saja, ketika kondisi cuaca yang sedang bersahabat maka nantinya Anda pun akan bisa untuk menikmati indahnya Pantai Anyer ini.

Apabila cuaca sedang bagus bagusnya, maka Anda pun nantinya akan bisa melihat pesona dari Gunung Krakatau yang tegak berdiri. Nantinya pengunjung pun akan merasakan sensasi keseruan dari mercusuar satu ini. Pasalnya, Anda bisa menikmati Anyer dari titik nol wilayah Anyer. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Anyer

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Anyer

Image Credit: Antaranews.com

Sebenarnya, Pantai Anyer bukanlah pantai tunggal. Melainkan destinasi satu ini merupakan kumpulan dari pantai pantai yang membentang di sepanjang kawasan Anyer. Setidaknya, terdapat tujuh pantai yang berada satu garis lurus dengan Pantai Anyer. Yakni mulai dari Pantai Karang Suraga yang memiliki ombak tenang. Sehingga, bagi Anda yang mengajak liburan sekeluarga bersama si kecil sangat cocok untuk mengunjungi pantai ini.

Ditambah lagi dengan banyaknya warung makanan yang tersedia di sepanjang tepi pantai, membuat Anda tidak akan dilAnda kelaparan. Selain itu, terdapat pula Pantai Karang Bolong yang terletak d Jalan Raya Anyer – Carita. Keunikan dari pantai satu ini adalah terdapat karang besar yang berlubang. Sehingga nantinya akan bisa menjadi spot foto instagramable untuk anda. Lubang tersebut dikarenakan proses alami karena terkena hantaman ombak.

Tak hanya itu saja, terdapat pula Pasir Putih Florida. Dimana pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Sehingga Anda pun bisa berjalan jalan dan menjelajahi pantai dengan lebih nyaman. Anda pun juga tak boleh melewatkan untuk mengunjungi pantai Marina yang menawarkan berbagai macam wahana air. Disini, Anda bisa melakukan beberapa permainan dan olahraga air.

BACA JUGA:  Kebun Binatang Ragunan, Tempat Liburan Favorit Sekaligus Belajar Satwa

Selain itu, varian olahraga dan permainan air di Pantai Marina memiliki perbedaan dengan olahraga air yang ada di Pantai Sambolo. Dimana untuk Pantai Sambolo, Anda bisa melakukan kegiatan seperti berselancar dan juga berenang. Tentu saja akan menjadi lokasi yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Ditambah lagi tempatnya yang dekat dengan ibukota, akan membuat Anda lebih mudah untuk mengunjunginya.

Selanjutnya, Anda pun bisa menikmati keindahan dari Pantai Cibeureum yang termasuk salah satu dari deretan pantai yang berada di Anyer. Ketika Anda menginjakkan kaki ke pantai ini, maka Anda pun akan merasakan suasana yang sangat sunyi. Sehingga, bagi Anda dan keluarga yang ingin mengunjungi pantai dengan suasana yang tidak ramai. Maka pantai ini sangat cocok. Terutama bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari suasana hiruk pikuknya perkotaan.

Anda pun juga bisa untuk mengunjungi Pantai Marbella. Untuk Anda yang menginap di Hotel Marbella, maka pemandangan pantai satu ini akan menjadi hal yang sangat cocok untuk Anda nikmati. Disini, Anda bisa bersantai untuk menikmati suasana pantai yang tenang. Deburan ombak dan juga angin sepoi sepoi yang bertiup di pantai ini membuat Anda tidak ingin beranjak dari tempat satu ini.

Daya tarik di Pantai Anyer sendiri, dikarenakan banyak aktifitas yang bisa untuk dilakukan. Mulai dari menikmati indahnya matahari terbit maupun terbenam, berselancar snorkeling, bermain di pasir yang putih serta berenang menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Untuk itu, Anda pun bisa menjadikan Pantai Anyer sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga anda.

Dengan mengetahui keindahan dari pantai yang berada di Banten ini, maka akan membuat Anda tertarik untuk mengunjungi tempat satu ini. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan. Ditambah lagi dengan lokasinya yang cukup dekat dengan kota Jakarta, membuat wisata ini menjadi destinasi yang sering untuk dikunjungi.