25 Tempat Wisata di Serang Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Serang

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Serang, Banten. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Serang merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Banten. Lokasinya tepat berada di sebelah barat Kabupaten Tangerang. Dulunya sejak tahun 2007, wilayah ini dimekarkan menjadi dua daerah adminstratif akni Kabupaten Serang dan Kota Serang.

Sementara dari segi wisata, tempat-tempat indah juga menarik banyak pengunjung karena menawarkan sejuta pesona. Ada pantai yang eksotis, ada juga banguanna sejarah dan pulau-pulau kecil yang asyik untuk dikunjungi. Berlibur di Serang tak akan menyesal!

1. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Image Credit: Google Maps (Jac David)

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata budaya sekaligus religi, maka Vihara Avalokitesvara dapat Anda jadikan destinasi selanjutnya. Sebab, ketika berada disini Anda akan disuguhkan dengan bangunan khas Tionghoa lengkap dengan ornamen merah oranye yang apik.

Vihara yang telah dibangun sejak abad ke 16 ini juga memiliki nama lain yakni klenteng Tri Dharma. Dinamakan demikian karena vihara tersebut digunakan sebagai tempat untuk beribadah tiga kepercayaan sekaligus. Pertama kepercayaan Buddha, Kong Hu Cu dan juga Taoisme.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tubagus Raya, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

2. Wisata Alam Gunung Pinang

Wisata Alam Gunung Pinang

Image Credit: Explorewisata.com

Wisata yang pertama adalah Wisata Alam Gunung Pinang. Wisata ini memang kekinian dan memiliki keindahan panorama yang membuat siapa saja menjadi betah. Pengunjung bisa dengan mudah melihat bagaimana panorama alam yang luas dari Gunung Pinang. Lokasinya terbilang dekat dengan kota Serang dan membuat siapa saja mudah untuk berkunjung.

Lokasi Wisata Alam Gunung Pinang ini berada di Petajen, Kramatwatu, Serang. Siapa saja yang datang ke wisata ini akan merasakan bagaimana kesegaran yang ada di tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petajen, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

3. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk

Image Credit: Google Maps (Silvano Hajid)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata sejarah di kota Serang, maka Benteng Speelwijk dapat menjadi jujukan untuk Anda. Sebab bangunan megah di abad ke 17 ini dulunya merupakan benteng yang dibangun untuk mengantisipasi serangan dari Rakyat Banten, terutama pada masa Sultan Ageng Tirtayasa.

Meskipun saat ini kondisi dari benteng satu ini hanya berupa reruntuhan belaka, namun Anda pun bisa menjadikannya lokasi untuk hunting foto. Selain itu, bagi Anda yang ingin mempelajari sejarah maka Anda pun bisa mengenalkan bangunan satu ini kepada si kecil dan menjadikan liburan yang berkesan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Pamarican, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

4. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Image Credit: Bantenwisata.com

Danau Tasikardi merupakan wisata sejarah yang terletak di Serang. Para wisatawan disini bisa menemukan peninggalan kerajaan Banten yang penuh cerita. Sementara arti dari nama Danau Tasikardi sendiri adalah Danau Buatan. Terdiri dari 2 kata yaitu Tasik dan Ardi yang berasal dari bahasa Sunda. Konon, danau ini dibuat ketika masuk pada masa pemerintahan panembahan Maulana Yusuf yang merupakan Sultan Kedua dari Kesultananan Banten. Dari sejarah yang ada, dasar danau adalah ubin batu bata.

Lokasinya berada di Jalan Banten Lama, Pegadingan. Selain menemukan tempat yang menenangkan, banyak wisatawan yang juga belajar sejarah disini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Banten Lama, Pegadingan, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

5. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Image Credit: Facebook.com @piknikyuk

Keindahan dari pulau satu ini memang tidak perlu untuk diragukan lagi. Meskipun memiliki panorama alam yang sangat indah, akan tetapi masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan akan pesona wisata di Pulau Sangiang. Padahal disini Anda bisa menemukan Goa Kelelawar, pemandangan hijau yang sangat indah dan juga panorama menarik lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Cikoneng, Kec. Anyer, Kota Serang, Banten.

6. Pulau Lima

Pulau Lima

Image Credit: Citragardenbmw.com

Perairan Serang akan membuat kita menemukan pulau-pulau kecil. Sementara Pulau Lima adalah rekomendasi terbaik jika ingin menemukan tempat wisata murah dan indah. Pulau Lima juga mudah diakses dari pelabuhan Karangwatu dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit perjalanan laut. Kawasan ini termasuk dalam wisata yang sedang dikembangkan maka tak heran jika banyak promo tentang pulau lima. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah camping, snorkeling, banana boat dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  10 Mall di Tangerang yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi dari Pulau Lima ini ada di Banten, Kasemen. Lokasi yang tak sulit untuk diakses apalagi jika berangkat dari Karangwatu.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Lima, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten

7. Pantai Marbella Anyer

Pantai Marbella Anyer

Image Credit: Facebook.com @Likebanten

Kota Serang memang dikenal memiliki banyak sekali pantai yang indah, salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Marbella Anyer. Pantai satu ini memiliki pemandangan yang cukup eksotis. Bahkan Anda pun bisa bermain beragam olahraga air disini. Beberapa diantaranya yang menarik wisatawan adalah banana boat yang sangat cocok dinikmati bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang,Bantem.

8. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Anyer sudah menjadi Tempat Wisata di Serang yang begitu terkenal. Ada juga musisi yang mengabadikannya menjadi judul lagu. Pantai ini memang menjadi pantai yang wajib dikunjugi karena fasilitas yang lengkap. Belum lagi, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dengan ombak yang landai.

Lokasi Pantai Anyer ini berada di Jalan Raya Anyer, Bandulu. Tak hanya favorit bagi warga sekitar tetapi juga untuk wisatawan Jakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Kec. Sindanglaya, Kab. Serang, Banten

9. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Image Credit: Facebook.com @wildanrisdianto

Wisata pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Serang adalah Pantai Karang Bolong. Lubang raksasa yang ada di tebing ini seolah mampu menyihir pengunjung yang berwisata disini. Dengan memiliki lokasi yang berdekatan dengan ibukota, membuat wisata bahari ini cukup dinikmati kalangan wisatawan untuk melepas penat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kota Serang, Banten.

10. Taman Wisata Batu Gede Sayar

Taman Wisata Batu Gede Sayar

Image Credit: Turtransjawa.id

Wisatawan yang sedang mencari pemandangan dan suasana perbukitan, Taman Wisata Batu Gede Sayar adalah salah satu rekomendasi. Tempat ini sering dijadikan sebagai medan untuk mendaki gunung tetapi tak terlalu lelah. Untuk mencapai puncak, tingkat kesulitannya tak begitu tinggi. Tak perlu khawatir dengan pemandangan dari atas, wisatawan bisa melihat pemandangan sawah, perbukitan hingga beberapa daerah yang ada di kota Serang.

Lokasi tempat wisata ini berada di Sayar, Taktakan kota Serang. Berada di puncak tempat ini membuat siapa saja merasa fresh karena kondisi yang masih dirasa segar.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sayar, Kec. Taktakan, Kab. Serang, Banten.

11. Istana Surosowan

Istana Surosowan

Image Credit: Google Maps (Maria Prasetya)

Mempelajari sejarah tentunya akan sangat pas apabila datang langsung ke tempatnya. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, maka Istana Surosowan dapat menjadi lokasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Banten. Pasalnya, kejayaan Kesultanan Banten dapat Anda saksikan ketika berada di tempat satu ini.

Dibangun pada tahun 1526, Istana Surosowan ini menjadi salah satu objek wisata yang disukai oleh penggemar wisata sejarah. Jejak jejak peninggalan pun masih bisa Anda temui di lokasi satu ini. ditambah lagi dengan pemandangannya yang hijau di sekitarnya membuat Anda bisa merasakan suasana bak di jaman keraton dulu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Masjid Agung Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

12. Rumah Hutan Serang

Rumah Hutan Serang

Image Credit: Yukkuy.com

Namanya memang unik, rumah hutan. Tempat wisata ini patut untuk dikunjungi terutama jika sudah berada di Serang. Ada suasana yang berbeda yakni mengingatkan kita pada masa lalu. Hal ini karena tatanan rumah hutan begitu memicu ingatan nostalgia. Rumah Hutan Serang cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan KH. Khotib, Cipare. Karena berlibur tak melulu ke pantai dan mall, rumah hutan ini akan memberi suasana yang berbeda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cidampit, Bojong, Kec. Cilowong, Kab. Serang, Banten.

13. Masjid Agung Banten Lama

Masjid Agung Banten Lama

Image Credit: Google Maps (Masjid Agung Banten)

Masjid Agung Banten Lama juga bisa menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Serang. Pasalnya, masjid ini pun semakin memiliki bangunan yang sangat megah. Disini, Anda bisa beribadah ataupun sekedar berjalan jalan dan menikmati arsitektur yang sangat mempesona. Untuk itu, sempatkan mengunjungi masjid ini saat berada di Banten.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Komplek masjid agung Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

14. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Image Credit: Wisatabaru.com

Liburan datang ke pantai memang menjadi favorit banyak orang. Jika sedang berada di Serang, Pantai Sambolo adalah destinasi wisata pantai terbaik. Pantai ini juga msih terjaga kebersihannya yang membuat para pengunjung nyaman. Bentuk pantainya juga landai serta bebas karang. Untuk menambah keseruan, wisatawan bisa menggunakan fasilitas berbagai permainan seperti ATV, speed boat, parasailing hingga jet ski.

Lokasi Pantai Sambolo berada di Jalan Raya Anyer Bandulu. Untuk menikmati berbagia permainan yang ada, wisatawan harus membayar tiket dengan harga terjangkau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Kab. Serang, Banten.

15. Danau Rawa

Danau Rawa

Image Credit: Facebook.com @rental.mobil

Berkunjung ke Danau Rawa saat akhir pekan dapat menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Pasalnya, danau ini memiliki keunikan tersendiri. Dimana Danau Rawa ini mempunyai air berupa air tawar. Sepanjang perjalanan menyusuri danau ini, Anda akan disuguhkan dengan ilalang ilalang menjulang yangcukup tinggi.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batukuwung, Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.

16. Napak Tilas Kerajaan Islam

Napak Tilas Kerajaan Islam

Image Credit: Impressatour.com

Berlibur tak hanya membuat tubuh kita jadi lebih rileks. Tetapi ada banyak informasi dan beragam pengalaman yang tak terlupakan. Objek Wisata di Serang yang sayang untuk dilewatkan adalah Napak Tilas Kerajaan Islam. Kawasan ini merupakan bagian dari kawasan Kesultanan Banten yang tersohor.

Ada jejak peninggalan kerajaan yang sampai saat ini bisa dijumpai. Napak Tilas Kerajaan Islam ini dimulai dari Museum Kepurbakalaan, Keraton Kaibon dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

17. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

Image Credit: Google Maps (Zatna S)

Belum puas bermain di Pantai Cibeureum Anyer, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Pasir Putih Florida. Wisata bahari ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Langit yang biru berpadu dengan pasir putih dan gulungan ombak akan membuat Anda puas bermain disini.

Selain itu, Anda pun juga bisa melihat indahnya matahari terbenam saat berada di lokasi ini. Untuk itu, waktu yang tepat mengunjungi wisata ini adalah sore hari. Sebab, Anda akan bisa melihat indahnya matahari yang mulai tenggelam. Keindahan akan warna langit yang berubah menjadi semburat oranye akan memiliki keunikan yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

18. Curug Bumi

Curug Bumi

 Image Credit: Simparta.serangkab.go.id

Curug Bumi adalah curug di Serang yang terbilang unik. Ada beberapa air terjun yang berukuran kecil dengan ketinggian antara 3 hingga 5 meter. Airnya juga begitu jernih serta bersih dipadu dengan pemandangan alam yang masih begitu asri. Selain isa menikmati keindahan alam yang ada, disini wisatawan bisa menikmati permainan chiff diving dari tebing di ketinggian. Sayangnya medan jalan untuk menuju lokasi cukup sulit dan harus berhati-hati.

Lokasi curug ini berada di Padarincang Serang. Masih belum banyak yang mengunjungi tempat wisata ini sehingga bisa dibilang suasananya masih begitu asri.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Banten yang Hits & Populer
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibojong, Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.

19. Pantai Cibeureum Anyer

Pantai Cibeureum Anyer

Image Credit: Google Maps (Hilmawan Sutanto)

Serang memang dikenal dengan pantainya yang eksotis. Salah satu destinasi yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada disini adalah Pantai Cibeureum Anyer yang memiliki keindahan tersendiri. Hembusan angin dan suara deburan ombak akan menjadi panorama yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi lokasi ini.

Saat berlibur di Pantai Cibeureum Anyer, Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam permainan air. Sebut saja seperti jet ski dan juga banana boat. Selain itu, apabila Anda datang berwisata kesini bersama kerabat maupun keluarga maka bermain sepak bola maupun voli pantai di tepi pantai menjadi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kamasan, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

20. Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum

Image Credit: Legendabanten.blogspot.com

Tempat wisata Situ Rawa Arum ini menjadi tempat wisata yang berupa danau. Namun tak sebatas itu saja. Pengunjung bisa melihat pemandangan bagaimana air danau ini terlihat berkilauan dan memantulkan sinar matahari.

Ada juga bunga teratai yang tumbuh di air danau serta membuat pemandangan makin indah. Sementara di sekitar danau ada juga bukit hijau yang membuat pemandangan makin sempurna. Danau ini ada di Cilegon. Tepatnya berada di di lingkungan Tegalwangi, Kelurahan Rawa Arum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kp. Tegal Wangi No.62, Rawa Arum, Kec. Gerogol, Cilegon, Banten.

21. Gunung Api Krakatau

Gunung Api Krakatau

Image Credit: Beritagar.id

Siapa yang tak mengenal Gunung Api Krakatau? Gunung Api ini memang sempat fenomenal dengan letusan yang terjadi. Meski terkesan menyeramkan, gunung ini menyajikan panorama alam yang unik dan indah.

Tak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai objek foto ketika berkunjung. Gunung Api Krakatu berada di Selat Sunda dan mengeluarkan letusan terakhir kali di tahun 2018.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Anak Krakatau, Kab. Serang, Banten.

22. Goa Cilayang

Goa Cilayang

Image Credit: Serangbackpacker69.wordpress.com

Objek wisata Goa Cilayang merupakan goa dengan banyaknya kelelawar di dalamnya. Sebagian orang menganggap bahwa goa ini memang keramat. Goa Cilayang cocok untuk wisatawan yang suka dengan tantangan dan bisa menjadi pilihan tepat. Pemandangan di dalam goa ini juga cukup eksotis dengan adanya stalaktit dan stalakmit.

Lokasi goa berada di Cikeusai Serang tepatnya di Desa Cilayang. Letak goa juga terbilang tersembunyi yang menjadikannya jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cilayang, Kec. Cikeusal, Kab. Serang, Banten.

23. Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua

Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Cagar Alam Pulau Dua disebut juga dengan Pulau Burung. Tempat wisata ini memiliki kondisi yang berupa dataran tidak terpisah.

Dulu, pulau ini adalah pulau yang terpisah dari Pulau Jawa karena adanya selat dengan lebar 500 meter. Lokasinya berada di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen. Lokasi yang tak cukup jauh untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

24. Curug Betung

Curug Betung

Image Credit: Tiket.com

Curug Betung memiliki keindahan yang juga menarik perhatian para wisatawan. Ketinggiannya hanya 1.5 meter tetapi terlihat eksotis. Untuk menuju curug ini, wisatawan harus menempuh perjalanan melewati hutan yang rindang dan bisa menyaksikan pemandangan hutan yang masih begitu asri.

Curug Betung berada di Kubang Baros, Cinangka. Ketika di perjalanan, wisatawan juga bisa mendengar aliran air sungai pedesaan yang begitu jernih.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kubang Baros, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

25. Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan

Image Credit: Realring.blogspot.com

Kawasan Hutan Kayu ini memang terdiri dari pohon yang masih tumbuh subur. Biasanya warga setempat menyebutnya sebagai Hutan Kayu Putih. Suasana alamnya begitu segar dan membuat siapa saja menjadi betah karena melihat kondisi sekitar yang menghijau.

Tiketnya terjangkau sehingga menjadi tempat wisata favorit dari warga. Lokasi hutan berada di belakang kompleks Industry Indah Kiat Serang. Hutan ini masih begitu alami dan tertata rapi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tegalmaja, Kec. Kragilan, Kab. Serang, Banten.

Beberapa Destinasi Wisata di Serang ini akan membuat liburan jadi lebih menyenangkan dan pengalaman yang lebih banyak. Tempat-tempat wisata yang membuat siapa saja merasa fresh. Tak perlu jauh-jauh, Serang menawarkan banyak tempat wisata yang tiada bisa dilupa kesan indahnya.