11 Tempat Wisata di Cibodas, Cianjur yang Paling Hits

11 Tempat Wisata di Cibodas, Cianjur yang Paling Hits

Bukan hanya pesona alam yang menawan, tempat wisata hits di Cibodas Cianjur mampu membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Objek wisata terindah dan populer yang dilengkapi fasilitas yang memadai.

Wisatawan yang sedang mencari tempat wisata menarik dekat dengan puncak Bogor, bisa coba untuk singgah mengunjungi Cibodas. Daerah ini memiliki banyak pilihan objek wisata yang tidak kalah menarik. Ingin tahu apa saja keindahannya? Berikut deretan tempat wisata populer yang bisa Anda jadikan rekomendasi pilihan liburan di Cibodas.

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Image Credit: Google Maps (Cs Abutas)

Destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yakni Kebun Raya Cibodas yang menyajikan taman hijau dengan luas berkisar 80 hektar. Berbeda dengan taman yang biasanya, taman cantik ini merupakan lapangan dengan dataran tanah yang bergelombang dan terdiri dari bukit bukit kecil.

Selain menawarkan pemandangan eksotis yang lahir dari panorama alamnya, wisatawan juga merasakan sejuknya udara yang ada disekitar. Tentu saja hal ini didapatkan dari deretan pohon tua dan muda yang ada di area Kebun Raya Cibodas. Diketahui bahwa setidaknya terdapat 5 ribu contoh tanaman dari kisaran seribu jenis tanaman yang bisa Anda temukan di lokasi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 22.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Taman Sakura

Taman Sakura

Image Credit: Google Maps (Cs Abutas)

 

Jika ingin melihat keindahan tanaman sakura, Anda tidak perlu jauh jauh ke Jepang. Pasalnya di kawasan Cibodas terdapat taman sakura yang menyajikan pemandangan kebun tidak jauh berbeda seperti di Jepang. Jenis tanaman yang satu ini dapat tumbuh karena letak kebun berada di ketinggian lebih dari kisaran 1400 meter dari permukaan laut.

Maka tidak heran jika habitat bunga sakura bisa tumbuh dan berkembang sangat baik di area ini. Namun sayangnya, keindahan bunga sakura tidak bisa dinikmati setiap saat, melainkan wisatawan hanya bisa menikmati bunga sakura dua kali dalam satu tahun. Pertama yakni di bulan Januari hingga Februari, dan kedua yakni pada bulan Juli hingga bulan Agustus.

Karena bunga sakura akan menampakkan pesonanya di waktu waktu tertentu, maka diharapkan untuk wisatawan yang sengaja datang untuk menyaksikan keindahan bunga sakura, bisa berkunjung di beberapa waktu tersebut. Cara ini dilakukan agar Anda tidak kecewa apabila datang disaat bunga sakura masih menguncup.

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi

Image Credit: Google Maps (Wahyu Azriel)

Wisatawan yang senang melakukan kegiatan kemah bersama keluarga ataupun kerabat dekat, wajib mencicipi nikmatnya berkemah di Bumi Perkemahan Mandalawangi yang terletak di dekat pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Lokasi Mandalawangi Camping Ground ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, maka tidak heran jika hawa yang disajikan begitu sejuk dan dingin.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sentul yang Paling Hits

Luasnya area bumi perkemahan Mandalawangi, menjadikan wisatawan bisa bebas memilih area perkemahan yang paling ideal, sekaligus mencari spot pemandangan terbaik. Namun tidak hanya pesona alamnya yang memanjakan mata, Anda juga bisa mengunjungi beberapa lokasi yang tidak kalah menarik. Diantaranya seperti Air Terjun Rawa Gede, Danau Mandalawangi, dan juga Sungai Cikundul.

Selain menikmati keseruan berkemah, Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan memacu adrenalin yang telah tersedia di Bumi Perkemahan Mandalawangi. Diantaranya seperti flying fox dan junge track. Bagi wisatawan yang tidak memiliki jiwa petualang yang besar, Anda bisa mencoba kegiatan lainnya seperti perahu dayung yang tidak kalah menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Air Terjun Cibereum

Air Terjun Cibereum

Image Credit: Google Maps (Deni Panjayana)

Ingin menikmati indahnya air terjun? Anda wajib kunjungi Air Terjun Cibereum yang berada di bawah Kaki Gunung Gede Pangrango. Pasalnya ditempat inilah wisatawan bisa melihat langsung jernihnya air terjun yang cukup besar dan juga panorama alam hijau yang memukau dan mampu merelaksasi.

Sebelum menikmati keindahannya, Anda diharuskan untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Meskipun begitu, perjalanan panjang Anda menuju air terjun tidak akan diterpa rasa bosan. Karena di kiri dan kanan jalan wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menawan ditambah pula dengan udara dingin dan sejuk. Sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pelepas penat.

Di tempat ini juga, wisatawan diperbolehkan untuk bermain air ataupun sekedar mengambil foto dengan latar belakang panorama alam air terjun yang indah. Tentu eksotisme alam inilah yang bisa membuat Anda kembali segar dan betah berlama lama berada di kawasan Air Terjun Cibeureum yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. Canopy Trail Ciwalen Cibodas

Canopy Trail Ciwalen Cibodas

Image Credit: Google Maps (Hendi Pras)

Canopy trail adalah jembatan gantung yang memiliki panjang berkisar 130 meter dan tinggi mencapai kisaran 45 meter yang ditopang oleh dua pohon besar di masing masing ujungnya. Untuk bisa sampai di sini, wisatawan harus melalui pintu masuk yang sama seperti menuju ke air terjun Cibeureum. Perbedaannya hanya pada tiket masuk dan harus menggunakan guide.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Paling Hits

Mulanya, objek wisata ini dimanfaatkan untuk kebutuhan observasi alam agar memudahkan penelitian dan juga pengamatan yang dilakukan di area sekitar wilayah Ciwalen. Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, membuat banyak masyarakat jadi mengetahui tempat indah ini dan menjajal untuk menikmati pesonanya.

Tidak perlu khawatir dengan keamananya, pasalnya setiap rombongan yang menikmati jembatan gantung akan didampingi oleh petugas khusus yang menangani area wisata tersebut. Kenyamanan pun akan terjamin karena adanya tiket masuk yang sudah dikenakan pula dengan dana asuransi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Danau Telaga Biru

Image Credit: Google Maps (1EB07_Daniel FunSelatan)

Danau Telaga Biru bisa Anda singgahi melalui gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrangrango dengan jarak tempuh berkisar 1,5 kilometer atau sekitar setengah jam berjalan kaki. Destinasi wisata air ini merupakan kawasan yang dilalui dalam jalur pendakian untuk menuju puncak Pangrango dan juga Gunung Gede.

Disebut sebagai Telaga Biru, karena air yang menggenang memiliki warna bening dan dapat berubah warna secara dramatis, diketahui pula bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh alga yang berada di dalam danau. Tidak hanya pemandangannya yang ciamik, tapi mendengar suara kicauan burung dan gemercik air akan memanjakan telinga wisatawan yang datang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Rumah Kaca

Rumah Kaca

Image Credit: Facebook.com @(Info Cianjur)

Tempat wisata rumah kaca yang satu ini menyimpan berbagai jenis tanaman hias kaktus dan juga anggrek yang cantik. Pasti sebagian wanita yang senang dengan keindahan dua tanaman tersebut, akan terpukau saat diajak berkunjung ke rumah kaca yang berada di Taman Cibodas, Jawa Barat.

Di tempat ini, wisatawan akan menyajikan kurang lebih 350 kaktus, dan juga kisaran 360 anggrek yang telah tersimpan rapi di dalam area rumah kaca. Di samping itu, wisatawan juga akan melihat keindahan bunga bangkai langka yang memiliki ukuran tumbuhan yang besar seperti raksasa.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Taman Rhododendron

Taman Rhododendron

Image Credit: Facebook.com @novik.mooi

Taman Rhododendron pada mulanya dibangun untuk mengoleksi berbagai tanaman Rhododendron yang ada di area sekitar Kebun Raya Cibodas, dan berasal dari berbagai daerah serta negara. Saat itu, diketahui terdapat 3 jenis Rhododendron yang ditanam, yakni Rhododendron javanicum dari jawa, Rhododendron mucronatum dari Jepang, dan Rhododendron macgregoriae dari Papua.

Masyarakat luas umumnya menyebut tanaman ini sebagai tanaman Azalea yang memiliki bentuk seperti semak dengan ketinggian di bawah 1 meter. Sementara itu, tempat hidup tanaman berwarna oranye ini, haruslah beriklim sedang tepatnya berada di ketinggian antara 800 hingga 2400 mdpl.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Depok Paling Hits
Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Taman Lumut

Taman Lumut

Image Credit: Facebook.com @indriana.wongso

Taman yang diresmikan pada tahun 2006 ini, memiliki luas berkisar 1500 meter persegi, dan dirancang menyerupai habitat lumut yang berada di alam luar. Tumbuhan lumut yang berada di Kebun Raya Cibodas inilah yang dikoleksi sebagai taman tematik yang kerap kali diberi sebutan sebagai Taman Lumut.

Tidak hanya penampilan tanaman lumutnya saja, tetapi juga dinaungi oleh beberapa tanaman asli Indonesia yang tumbuh di sekitaran taman. Hal ini dilakukan untuk dapat memberikan kelembaban dan juga menghadirkan pesona keindahan yang layak untuk dipertontonkan oleh wisatawan yang datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Araucaria Avenue

Araucaria Avenue

Image Credit: Facebook.com @calista.n.mia

Dinamai sebagai Araucaria Avenue, karena ditempat ini telah berdiri kokoh pohon Araucaria yang diperkirakan sudah tumbuh sejak kisaran 154 tahun yang lalu. Saat wisatawan berjalan di setapak batu besar, Anda sudah bisa melihat deretan pohon araucaria yang besar dan rapi yang berada di kiri dan kanan sepanjang jalan.

Koleksi tanaman tertua ini berada di depan halaman guesthouse Sakura, dengan perawakan yang menjulang serta memiliki bentuk seperti layaknya piramida. Jika dilihat dari tingginya yang menjulang, pohon tertua araucaria memiliki panjang kurang lebih 48 meter, dengan diameter lingkaran berkisar 159,2 centimeter.

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

11. Wahana Jalan Air

Wahana Jalan Air

Image Credit: Wisataterbaru.net

Objek wisata terakhir yang bisa Anda jadikan sebagai referensi agenda liburan bersama orang tersayang, yakni wahana jalan air. Di tempat ini, wisatawan bisa bebas bermain air di sungai Cibogo yang konon air tersebut mengalir langsung dari Gunung Gede. Jernihnya air dan sensasi dingin yang dapat merasuk hingga ke tubuh, menjadikan objek ini sebagai tempat favorit wisatawan.

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Terlebih lagi mereka yang membawa si kecil turut serta menikmati liburan, Anda bisa menjadikan wahana jalan air sebagai objek wisata yang mengasyikkan. Karena di tempat inilah, si kecil bisa bereksplorasi dan melakukan kegiatan bermain air yang menyenangkan dan tentunya berkesan.

Itulah beberapa pilihan objek wisata yang bisa Anda nikmati pesona keindahannya saat berkunjung ke Cibodas, Cianjur. Sebelum menikmati liburan, ada baiknya untuk menyiapkan perlengkapan penunjang agar kegiatan wisata semakin menyenangkan. Selain itu, menjaga kesehatan juga wajib diperhatikan agar waktu berwisata tidak terhambat dengan kondisi kesehatan yang kurang optimal.