Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Pelelangan Ikan Karangantu, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke pantai selalu menjadi pilihan yang paling ideal bagi banyak orang. Apalagi, bagi orang yang ingin bersantai sambil refreshing sejenak dari aktivitas sehari hari. Pesisir pantai bisa memberikan destinasi yang luar biasa untuk berlibur. Selain menyejukkan, pantai juga menjadi wisata yang ramah di kantong. Alhasil, banyak wisatawan yang memboyong keluarga untuk liburan.

Begitu juga dengan Pantai Gope yang berada di Kota Serang. Masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar daerah mengunjungi kawasan destinasi wisata indah ini. Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan bersama kelurahan di kawasan pantai satu ini. Penasaran apa saya yang ditawarkan pantai yang begitu eksotis ini? Yuk simak lebih lanjut berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gope

Daya Tarik Pantai Gope
Image Credit: Google Maps ARS Chanel

1. Lokasi yang Strategis

Siapa yang tidak terpanah melihat keindahan alam yang begitu luar biasa. Khususnya panorama yang mengesankan di kawasan pesisir pantai. Anda bisa mengunjungi lokasi wisata seperti Pantai Gope untuk menyaksikan bentang alam yang luar biasa. Berkat keeksotisan view tersebut, objek wisata ini memberikan referensi baru bagi masyarakat sekitar untuk berlibur.

Suasana sekitar pantai sangat mendukung untuk pemandangan alam yang mengesankan. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota memberikan kemudahan akses bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Dengan begitu, anda bisa berlibur tanpa kesulitan menemukan destinasi wisata yang menakjubkan ini.

2. Pemandangan Sunset Mengesankan dan Eksotis

Satu hal lagi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ketika mengunjungi kawasan pantai ini adalah sunset. Pemandangan matahari terbenam menjadi salah satu daya tarik dari destinasi Pantai Gope. Ada banyak pengunjung yang sengaja berlama lama di kawasan sekitar pantai untuk menikmati pemandangan sunset yang menawan.

3. Pulau yang Bisa Dikunjungi

Lebih dari menikmati keindahan alam yang begitu luar biasa, Pantai Gope menawarkan pemandangan yang tidak terduga. Nyatanya, anda bisa menikmati liburan dengan view dari pulau disekitarnya. Anda bisa mengunjungi Pulau Tiga, Pulau Empat, dan Pulau Lima untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Gope
Image Credit: Google Maps Ringga Hadi maulana

4. Hamparan Hutan Bakau yang Luas

Alasan kenapa banyak wisatawan datang ke lokasi wisata ini adalah alamnya yang memukau. Di pulau pulau sekitar Pantai Gope memiliki hutan bakau yang luas. Dengan pemandangan yang mengesankan, tak ayal jika para pengunjung tertarik untuk datang ke destinasi wisata yang berada di kawasan Kota Serang.

5. Pelabuhan Sekaligus Dermaga

Di sekitar Pantai Gope juga terdapat dermaga yang dijadikan para pengunjung untuk duduk santai. Mereka bisa melihat keindahan yang memukau di sekitar dermaga. Hal ini juga diikuti dengan pemandangan kapal kapal nelayan yang berseberangan di kawasan ini. Selain itu, ada juga pelabuhan tempat para nelayan meletakkan perahunya setelah melaut.

6. Nama yang Unik

Kawasan pantai wisata ini sebenarnya adalah Pelabuhan Perikanan Nasional atau PPN kota Serang. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang ke kawasan pantai. Nama pantai Gope diberikan masyarakat sekitar bukan tanpa alasan. Ini karena ketika memasuki lokasi dermaga, pengunjung harus membayar 500 rupiah atau gope.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Gope
Image Credit: Google Maps ARS Chanel

Jika anda ingin merasakan sensasi sore hari di Pantai Gope, maka bisa langsung datang ke lokasinya. Pantai ini berada di Jalan Pelelangan Ikan Karangantu Banten, tepatnya di Kota Serang. Di kawasan ini, anda bisa menikmati keindahan alam beserta hasil tangkapan laut yang melimpah. Mengingat kawasan ini adalah pelabuhan, tempat melipir para nelayan dari laut.

Kabar baiknya, meskipun kawasan ini adalah pelabuhan, tetapi mudah di jangkau dari pusat kota Serang. Cukup menempuh waktu 30 menit saja menggunakan kendaraan roda empat atau dua, maka anda bisa sampai ke lokasi. Jarak perkiraan dari Kota Serang ke lokasi Pantai Gope diperkirakan 11 kilometer jika ditempuh dari Jalan Raya Banten.

Bagi anda yang berasal dari luar kota, tentu tidak usah khawatir tidak bisa sampai ke lokasi wisata. Pasalnya, pantai cantik ini bisa dijangkau dengan mudah dan tidak ribet. Dalam hal ini, Anda bisa menempuh jalur Jalan Raya Banten ke Jalan PS. Karangantu. Setelah itu, anda bisa berkendara ke Jalan Pelelangan Ikan. Jadi, jalurnya hanya perlu lurus sampai ke lokasi wisata.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Pantai Gope
Image Credit: Google Maps Muhamad Riswandi

Jika ingin mengunjungi kawasan wasiat Pantai Gope, maka jangan sampai salah waktu. Pasalnya, pantai ini akan ramai pada saat weekend atau akhir pekan. Biasanya, para pengunjung datang di waktu senja untuk menikmati sunset. Tapi tak menutup kemungkinan jika di hari hari lainnya juga ramai.

Semua hal tersebut tergantung dengan momen dan event yang ada di kalender. Jika musim liburan atau tanggal merah, maka kawasan ini akan lebih ramai. Namun, anda juga bisa datang di hari biasa mulai pagi hari hingga sore hari. Alhasil, ini memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk berlibur di kawasan pantai.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan pantai ini cukup ramah di kantong. Pasalnya, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5000 rupiah saja. Biaya ini harus anda bayarkan jika membawa kendaraan roda dua. Jika ingin menjelajah kawasan pulau yang berada di sekitarnya, maka bisa membayar 3000 sampai dengan 6000 ribu rupiah untuk satu kapal (20 orang).

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Gope

Kegiatan Menarik Pantai Gope
Image Credit: Google Maps rozza ahmad

1. Menyaksikan Matahari Terbenam

Salah satu kegiatan yang paling banyak dipilih orang adalah menyaksikan matahari terbenam, Pemandangan sunset di Pantai Gope tidak tertandingi. Sambil duduk santai di pinggiran pantai, anda bisa menyaksikan keindahan alam yang begitu luar biasa dari sunset. Langit yang berubah menjadi jingga menjadi buruan para wisatawan yang datang.

2. Menyantap Kuliner

Di sekitar dermaga, tersedia berbagai macam makanan ala street food. Anda bisa bersantai sambil menyaksikan view di sekitarnya dengan santapan lezat. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, anda sudah bisa makan makanan khas dan ikonik dari Serang. Tidak hanya itu saja, pilihannya cukup beragam untuk santapan yang menggoyang lidah.

3. Memancing

Aktivitas yang tidak pernah dilewatkan para pengunjung adalah memancing. Letaknya yang strategis membuat banyak ikan hidup di kawasan Pantai Gope. Alhasil, anda bisa melihat banyak pemancing yang berjejeran di dermaga dalam menunggu tangkapan ikan di alat pancing mereka. Hal ini menjadi kegiatan seru untuk bersantai dan menyaksikan keindahan pantai sekitar.

4. Berenang

Liburan di pantai kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas berenang. Karena alasan tersebut, pengunjung akan memilih kegiatan berenang sebagai opsi lainnya ketika berada di Pantai Gope. Ombak yang tenang di kawasan pantai menjadi alasan kenapa pengunjung selalu melakukan aktivitas ini saat di pantai.

5. Outbound

Jika ingin melakukan kegiatan yang lebih seru, ada baiknya memilih outbond. Anda bisa melakukan aktivitas ini jika mengunjungi pulau yang berada di sekitar Pantai Gope. Dengan aktivitas ini, anda bisa membawa keluarga anda mendapatkan pengalaman yang lebih seru. Apalagi, kegiatannya menjadi lancar dengan pemandu wisata yang bertugas di pulau tersebut.

Kegiatan Menarik di Pantai Gope
Image Credit: Google Maps Slamet Pctn

6. Perahu Dayung

Apakah anda ingin mendapatkan pengalaman yang tidak tertandingi di Pantai Gope? Jangan khawatir, kini pihak pengelola menyediakan kegiatan seru untuk para pengunjung yang datang. Salah satu daya tarik terbaru dari kawasan wisata ini adalah wahana perahu dayung. Dengan aktivitas ini, anda bisa lebih dekat dengan perairan pantai yang tenang.

Perahu dayung ini menawarkan pengalaman yang seru bagi wisatawan yang tidak ingin terkena air laut, tetapi ingin lebih dekat dengan alam. Kegiatan ini juga memberikan opsi lainnya saat berada di kawasan pantai selain menyaksikan keindahan alam. Anda bisa mendayung perahu seperti kano ke tengah tengah laut.

7. Menjelajahi Perairan Sekitar Pantai

Selain memandangi kapal kapal para nelayan, ternyata ada juga nelayan yang menyewakan kapalnya untuk berwisata. Pengunjung bisa merasakan sensasi naik perahu nelayan ke tengah tengah perairan. Selain itu, kegiatan ini menambah pengalaman yang tidak terlupakan ketika berlibur di Pantai Gope.

Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan membayarkan biaya tertentu. Setelah itu, wisatawan bisa menaiki perahu tersebut untuk menjelajahi perairan yang ada i sekitar pantai. Salah satu rute yang ditempuh yaitu melewati pulau dan hutan bakau. Dijamin, perjalanan anda di pantai ini menjadi tidak terlupakan.

8. Menyelam

Tidak ketinggalan, menyelam adalah kegiatan yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja ketika berada di area pantai ini. Dengan mengunjungi Pulau Tiga, Pulau Empat, dan Pulau Lima, aktivitas menyelam bisa menjadi referensi seru untuk berlibur bersama keluarga. Anda bisa mencoba seawalker atau menyelam melihat keindahan laut.

9. Menginap di Sekitar Pantai

Mengingat banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke kawasan ini, maka ada banyak fasilitas yang tersedia. Salah satunya yang bisa anda temukan adalah penginapan yang nyaman. Bagi anda yang berasal dari luar daerah, maka bisa memanfaatkan sarana satu ini. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat berlibur.

Ketika bangun dari tidur, anda bisa melihat betapa indahnya pesona alam di sekitar pantai. Anda bisa melihat matahari terbit dari jendela penginapan. Ini memberikan pengalaman anda untuk lebih dekat dengan alam sekitarnya. Ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin berlama lama di kawasan Pantai Gope.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Gope Serang
Image Credit: Google Maps Acarya Mufti

Seperti yang sudah diketahui, pantai eksotis ini berada di kawasan strategis. Cukup dengan menempuh 30 menit perjalanan saja, maka sudah sampai di lokasi pantai yang indah. Karena alasan tersebut, pihak pengelola memfasilitasi pengunjung dengan berbagai sarana dan prasarana terbaik. Dengan begitu, pengunjung tetap merasa nyaman ketika harus seharian berada di sini.

Selain fasilitas umum, Pantai Gope dilengkapi dengan parkir yang cukup luas, penginapan, fasilitas outbond dan masih banyak lagi. Berkat kelengkapan sarana tersebut, tentu menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah. Tidak hanya masyarakat lokal saja, tetapi juga dari seluruh penjuru wilayah nusantara.

Dengan kata lain, Pantai Gope merupakan pilihan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk berlibur di Kota Serang. Selain hemat di kantong, kawasan pantai ini menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang para pengunjung yang datang. Alhasil, anda bisa merasakan liburan yang tidak terlupakan saat berada di kawasan pantai yang eksotis.