Pantai Jogan salah satu wisata pantai unik yang berpadu dengan air terjun yang manawan di Tepus Gunung Kidul, Jogja. Pantai berbatu yang dikelilingi bukit karang, birunya air laut dan memiliki fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul, Jogja memang menjadi kawasan bahari yang menawarkan banyak pantai-pantai yang luar biasa indahnya. Anda tinggal memilih saja, pantai mana yang akan Anda jadikan tujuan liburan. Salah satu pantai yang banyak direkomendasikan karena keunikannya adalah Panta Jogan. Pantai satu ini merupakan perpaduan dari air terjun dan pantai yang eksotis bisa menjadi tujuan liburan yang seru.

Mengintip Pesona Pantai Jogan

Pesona Pantai Jogan
Image Credit: Twitter.com @citranet

Pantai biasanya dikenal karena keindahan alam sekitarnya, ombaknya atau juga pasirnya. Ada juga beberapa pantai yang hadir dengan warna pasir yang warna warni. Intinya, setiap pantai akan memberikan keindahan tersendiri. Begitu juga dengan Pantai Jogan yang ada di Jogja. Pantai yang ada di Gunung Kidul ini kondang lantaran menggabungkan air terjun dan pantai.

Perpaduan keduanya menjadikan pantai ini begitu luar biasa. Tidak hanya terletak pada air terjun yang langsung jatuh ke laut, tebing tebing yang ada di sekelilingnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Jika mengintip dari nama pantainya, Jogan dalam bahasa Jawa berarti lantai. Dan rupanya hal ini sering dikaitkan dengan aliran air tersebut.

Air yang mengalir memang bukan hanya air asin saja, tetapi juga dilewati oleh air sungai yang mengalir seperti air terjun. Mungkin saja nama Pantai Jogan didapatkan dari airnya yang mengalir dari atas menuju bibir pantai. Sebenarnya, pantai satu ini sudah cukup lama ada. Para pecinta bahari sudah bisa menikmati keindahannya sejak tahun 2010 silam.

Hanya saja pada saat itu, wisata bahari ini masih menyandang nama pantai perawan. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan yang tersembunyi ini. Hingga akhirnya di tahun 2011, sudah mulai banyak pengunjung yang berduyun duyun menyaksikan pesona. Dan hingga saat ini, pantai satu ini masih menjadi pantai langganan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jogan

Daya Tarik Pantai Jogan
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

Tidak hanya berbeda karena memiliki air terjun yang langsung mengalir ke bibir pantai, Anda juga tak akan menemukan hamparan pasir luas di Pantai Jogan. Karena memang batas dari wilayah daratan dan lautnya adalah sebuah tebing. Kendati demikian Anda tak akan menyesal mengunjungi pantai satu ini.

Air terjun tersebut akan langsung jatuh menimpa beberapa karang di bawahnya. Alirannya terbilang besar, karena memang berasal dari 2 aliran sungai. Air yang jatuh dari ketinggian ini juga merupakan air tawar yang mengalir di antara bukit karst. Hanya saja, keindahan ini hanya bisa Anda nikmati ketika air laut sedang surut.

Sebab ketika sedang pasang, lokasi air terjun ini akan langsung terendam dengan air laut. Untuk itu, ada baiknya Anda mengunjungi pantai satu ini saat sedang surut. Hadirnya air terjun ini memang menjadi daya tarik yang sanggup memikat banyak wisatawan. Karena sangat cocok untuk dijadikan sebagai background mengambil foto yang cantik.

Daya Tarik Jogan
Image Credit: Facebook.com @anton.raharja

Bukan hanya kerap jadi objek jepretan kamera, pengunjung juga bisa menikmati segarnya air terjun tersebut. hanya saja, bagi Anda yang ingin menuruni air terjun dibutuhkan perjuangan yang terbilang tidak mudah. Tapi bagi para petualang, tentu saja bisa dijadikan sebagai ajang untuk menantang adrenalin.

Selain menawarkan air terjun yang langsung jatuh ke laut, Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang tak kalah menawan. Langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, Anda bisa menyaksikan tingginya ombak yang bergulung. Tebing tebing di sisi kanan dan kirinya semakin menambah cantik wajah Pantai Jogan ini.

Menariknya lagi, pantai ini tidak memiliki adanya cerita atau mitos seperti layaknya pantai di Selatan lainnya. Tentu saja ini hal ini menjadi kelebihan tersendiri, mengingat masih ada banyak orang yang khawatir akan mitos yang ada. Anda juga tidak akan menemukan aktivitas yang berbau ritual ketika mengunjungi pantai satu ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Jogan

Alamat Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Yusuf Qu)

Pantai eksotis ini beralamat di Jl. Pantai Siung, Wates, Desa Purwodadi. Tepus, kab. Gunung Kidul. Walaupun sudah cukup lama, namun pantai indah ini tak seterkenal pantai lainnya. Untuk itu Anda membutuhkan waktu sekitar dua jam jika melakukan perjalanan dari pusat kota Jogja. Untuk rutenya sendiri tak berbeda jauh dengan pantai pantai di Gunung Kidul lainnya.

Medan untuk menuju Pantai Jogan terbilang menantang. Anda akan menemukan jalan berliku yang diapit perbukitan karst di kanan juga kirinya. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jogja, Solo ataupun Klaten, Anda bisa menggunakan beberapa rute. Dari solo, bisa diawali dengan rite dari Praci untuk menuju Kec. Rongkop atau Baran.

Dari kecamatan ini perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju Ngelindur. Nantinya Anda akan menemukan pertigaan yang terdapat tugu di tengahnya. Silahkan ambil jalur kanan untuk sampai di Pasar Jepitu. Perjalanan diteruskan sampai Anda tiba di pertigaan Winangon dan ambil saja jalur belok kiri. Tidak lama Anda akan tiba di Pos Retribusi pantai Siung, Nglambor dan Jogan.

Sementara untuk yang dari Jogja, silahkan menggunakan jalur Piyungan untuk sampai di Wonosari. Selanjutnya, perjalanan akan dilanjutkan ke arah Pantai Baron. Setelah menempuh jarak 9 km, Anda akan menemukan pertigaan Desa Mulo. Di sini, Anda ambil jalur kiri menuju jalan ke Jurusan Mentel. Nantinya Anda akan melewati Bintaos juga Tepus.

Tak butuh waktu lama, Anda akan sampai di pertigaan Winangun. Dari pertigaan ini, Anda bisa mengambil arah kanan dan Anda sudah bisa menemukan Pos retribusi. Dari sini Anda akan melaju diatas jalan yang mulus. Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 400 meter. Tenang saja ada petunjuk arah yang akan membantu sampai di Jogan.

Untuk menikmati keindahan Pantai Jogan, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Harga tiket masuk pantai satu ini terbilang sangat murah. Anda hanya perlu mengeluarkan budget mulai Rp 5 ribu setiap orangnya. Tentu saja, harga tiket ini bisa naik sewaktu waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Harga tiket masuk masih belum termasuk dengan ongkos parkirnya. Biaya parkir tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Untuk sepeda motor mulai dari Rp 5 ribu dan roda empat sekitar Rp 15 ribuan. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari jam 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jogan

Aktivitas di Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @noviiawina_96

1. Rappelling

Ketika menginjakkan kaki di pantai dengan air terjun ini, Anda bisa menjajal kegiatan yang menantang. Seperti menjajal olahraga rappelling di Pantai Jogan yang begitu kondang. Rappelling merupakan kegiatan menuruni tebing air terjun dengan menggunakan tali. Para wisatawan yang sudah pernah mencobanya mengaku, jika kegiatan ini sangat seru.

Mereka harus beradu dengan derasnya aliran air terjun sekaligus dengan ketinggian. Bahkan derasnya air terjun bisa menerpa wajah pengunjung. Masuk dalam jajaran olahraga yang ekstrim, Anda tetap akan dipandu oleh instruktur yang telah berpengalaman. Berbagai alat keamanan juga disiapkan pengelola dengan standar internasional.

2. Menikmati Pemandangan Sunset

Kegiatan menarik selanjutnya selain rappelling adalah menikmati panorama sunsetnya yang luar biasa. Matahari terbenam maupun terbit di pantai ini memang begitu luar biasa. Di sini, Anda bisa mengunjungi Tebing Tersembunyi. Dinamakan demikian karena memang tebingnya cukup susah untuk dijangkau, tetapi pemandangannya akan membuat terkesima.

Dari tebing ini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan gulang ombak yang menyapu karang, Masyarakat sendiri sering menyebutnya sebagai Widangan. Dari Widangan, Anda bisa menyaksikan dua pulau yang lokasinya tidak jauh. Umumnya untuk sampai ke tebing ini, wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata dan berjalan sekitar 500 meter saja.

Aktivitas Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @christheajulie

3. Berburu foto Cantik

Mengunjungi Pantai Jogan tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian hunting foto. Ada banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan tujuan. Salah satu tempat yang kerap dijadikan lokasi berfoto adalah tangga kecil menuju bibir pantai. Letak tangga ini di bawah aliran air terjun, sehingga pemandangannya begitu cantik.

Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda dan juga menyiapkan memori yang luas. Selain berfoto di bawah air terjun, Anda juga bisa mengambil foto dari atas. Dengan pemandangan laut luas yang juga sangat cantik. Berbagai sudut di pantai ini memang sangat cocok menjadi tempat mengambil foto.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jogan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Dmx Hidayat)

Fasilitas di Pantai Jogan memang masih terbilang terbatas, tapi Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet. Terdapat juga warung yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari hari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan warung yang menyediakan makanan ringan, minuman dan juga mie instan untuk mengganjal perut Anda.

Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitaran pantai ini, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Memang belum ada hotel mewah, Anda bisa mendirikan tenda di sekitaran pantai. Sebelumnya tentu harus izin dengan pengelola pantai ini. Jika tetap ingin di penginapan, maka harus ke sekitaran pantai Indrayanti di daerah Goa Pindul.

Pantai Jogan memang menawarkan pesona yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan. Walaupun memiliki fasilitas yang belum terlalu lengkap, dan sangat disayangkan pantai ini jadi pelipur penat yang pas. Semoga kedepannya, pantai eksotis ini sudah mendapatkan pengelolaan yang memadai. Sehingga bisa mengundang lebih banyak pengunjung.