Pantai Balekambang, Surga Bahari di Malang yang Mirip Tanah Lot

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang salah satu pantai dengan pesona alam yang memukau di Malang. Pantai di pesisir selatan yang memiliki keunikan Pura dekat pantai, menarik untuk dijelajahi untuk petualangan liburan yang berkesan.

Lokasi: Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Mengunjungi pantai sebagai tujuan liburan bukan ide yang buruk. Mendengarkan suara deburan ombak, hingga berlarian di pasir putihnya tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Berada di Malang, Anda bisa mengunjungi wisata bahari yang menakjubkan, yaitu Pantai Balekambang. Selengkapnya, Anda bisa mengintipnya dalam ulasan berikut.

Pesona Pantai Balekambang Malang

Pesona Pantai Balekambang

Image Credit: Kompas.com

Malang juga memiliki bentangan pantai yang sayang untuk dilewatkan. Termasuk dalam jajaran pantai Selatan, pantai di Malang cenderung memiliki pasir putih dan juga air yang jernih. Dari banyaknya pantai yang ada di Malang, salah satu yang kondang adalah Pantai Balekambang. Bahkan banyak yang memberikan julukan sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan secara landscape dan topografi memang mirip dengan pantai Tanah Lot. Selain itu, pantai ini juga memiliki pura di sebuah pulau karang layaknya Pantai Tanah Lot. Bukan hanya dijadikan sebagai tempat wisata, destinasi satu ini juga menjadi tempat umat Hindu untuk beribadah. Dan di waktu waktu tertentu akan ada upacara keagamaan.

Untuk lebih mengenal pantai kondang ini, kita bisa menilik pada sejarah singkat dari pantai ini. Apabila menurut sejarah, pantai cantik ini sebelumnya adalah hutan dengan pepohonan yang begitu lebat. Hutan ini awalnya memang jarang ada masyarakat setempat yang mengunjunginya. Sehingga kawasan ini kurang mendapatkan perhatian.

Hingga akhirnya pada tahun 1978, Pantai Balekambang mulai dikenal masyarakat sekitar. Perangkat desa Srigonco, juga membuat akses jalan sehingga khalayak umum bisa mengunjungi destinasi wisata ini. Di tahun 1983, tepatnya 5 tahun kemudian pantai ini resmi dijadikan sebagai kawasan wisata.

Pada saat itu Bapak Eddy Slamet yang menjabat sebagai Bupati Malang dan yang meresmikan pantai Balekambang. Pasca peresmian, nama pantai satu ini semakin dikenal dan banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata. Yang hingga saat ini masih hits, dan rasanya tak lengkap jika ke Malang belum singgah di Pantai cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balekambang

Daya Tarik Pantai Balekambang

Image Credit: Google Maps (Angga Widodo)

Keindahan pantai satu ini memang tidak bisa lagi diragukan, karena Anda sudah bisa menikmati keindahannya bahkan saat masih dijalan. Beberapa kilometer untuk sampai ke pantai, Anda akan dihadirkan dengan hamparan hutan hijau di sisi kanan dan kiri jalan. Menyaksikannya mampu membuat mata segar sekaligus dapatkan udara yang segar.

Begitu tiba di pantainya, hamparan pasir putih lembut seakan menjadi penyambut pertama kali. Sepanjang mata memandang panorama laut yang indah dengan batuan karang cantik pasti akan menghempas semua penat Anda. Apalagi landscape samudra luas yang lengkap dengan deburan ombak menjadi background suaranya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pantai Balekambang memiliki ombak terbilang sedang dengan air jernih yang mengundang siapapun untuk bermain air. Areanya juga terbilang bersih dan tertata sehingga akan membuat para pengunjung nyaman ketika berada di pantai ini. Pesona lainnya yang tak kalah menarik adalah hadirnya 3 pulau yang berada dekat dengan Balekambang.

Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman dan Pulau Ismoyo yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Semua pulau tersebut bisa diakses dengan menggunakan jembatan. Bila Anda menuju Pulau Ismoyo, Anda bisa menyaksikan keindahan area pantai dengan lebih jelas. Dari pulau ini juga bisa menyaksikan keindahan dari Pura Amerta Jati.

Daya Tarik dari Pantai Balekambang

Image Credit: Google Maps (Iwan Ibon)

Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter juga tersedia di area ini. Dan jembatan inilah yang bisa dijadikan cara agar bisa menuju Pulau Ismoyo. Pura Amerta Jati masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Untuk itu ada baiknya para pengunjung mematuhi segala peraturan yang ada. Mengingat pantai ini juga jadi wisata religi yang banyak dilakukan.

Tidak hanya memiliki daya tarik perihal keindahannya, Pantai Balekambang juga memiliki mitos yang berkembang. Layaknya pantai pantai Selatan yang lainnya, pantai satu ini juga memiliki cerita dan mitos yang berkembang. Kepercayaan masyarakat memang masih kental dengan cerita dan nuansa mistis yang beredar.

Salah satu mitos yang paling kondang dan sudah lama berkembang, yakni hubungan asmara pasangan yang belum menikah akan berakhir setelah mengunjungi pantai ini. Mitos satu ini mirip dengan mitos yang berkembang di area Candi Prambanan. Benar atau tidaknya mitos tersebut tentunya dikembalikan kepada individu masing masing.

Bukan hanya itu mitos lain yang berkembang juga mengatakan, jika pengunjung yang berenang atau mandi di Pantai Balekembang, bisa awet muda. Karena cerita ini maka bukan hal mengherankan jika banyak pengunjung yang berenang atau berendam di pantai ini. Beberapa juga membasuh wajah dengan menggunakan air pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Balekambang

Rute Pantai Balekambang

Image Credit: Facebook.com @siswanto.lovedina

Pantai cantik ini memang cukup jauh jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Malang. Alamatnya berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Malang Selatan. Jarak yang harus Anda tempuh dari pusat kota Malang sekitar 67 km ke arah selatan. Dan akses menuju kawasan pantai Balekambang sudah mudah dan memadai.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Jalanan beraspal yang mulus bisa Anda lalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bahkan ada beberapa rombongan yang menggunakan bis dan tetap bisa menjangkau tempat wisata pantai ini. Jalur yang dikendari memiliki banyak tanjakan serta tikungan tajam, sehingga mengharuskan pengunjung untuk hati hati dalam berkendara.

Tidak hanya menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mengandalkan kendaraan umum untuk sampai pantai ini. Untuk yang menggunakan kendaraan umum rutenya dimulai dari Terminal Arjosari. Nantinya Anda bisa naik trayek jurusan Terminal Gadang. Setelah itu naik angkutan ke Bantur dan turun di Gondanglegi. Dan dilanjutkan dengan Ojek sampai pantai.

Sementara jika kendaraan pribadi, bisa menuju ke arah Gadang serta ke Kendalpayak. Barulah masuk ke Desa Gondanglegi, menuju Pagelaran, melewati Bantur dan barulah tiba di Srigonco. Dari kawasan Srigonco Anda bisa melanjutkan ke kawasan Balekambang. Selain bisa mengandalkan GPS Anda juga bisa bertanya pada warga sekitar.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Jam Operasional Pantai Balekambang

Image Credit: Twitter.com @2awlybzuHjy07n7

Wisata pantai ini memiliki jam operasional dari pagi hingga malam hari dan juga buka setiap hari. Untuk harga tiketnya tidaklah mahal, hingga bulan Desember 2020 harga tiketnya di angka Rp. 10 ribu. Dan saat hari libur tiket masuknya akan seharga Rp. 15 ribu. Tentunya jika mengalami kenaikan tidak akan jauh berbeda dengan harga tersebut.

Tiket masuk wisata ini terbilang terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan. Harga tiket yang ditawarkan masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Kendaraan roda dua biaya parkirnya sekitar Rp. 5 ribu dan untuk mobil Rp. 10 ribu. Harga tiket masuk maupun parkir bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Balekambang

Aktivitas di Pantai Balekambang

Image Credit: Twitter.com @yaelahiky

Mengunjungi destinasi wisata ini, Anda tidak hanya bisa menikmati panoramanya saja. berbagai kegiatan menarik juga bisa Anda lakukan ketika liburan ke pantai berpasir putih ini. Apalagi jika Anda liburan bersama keluarga atau rombongan, maka akan semakin seru dan membuat liburan Anda berkesan.

1. Bermain Air

Menjejakkan kaki di pantai ini, Anda bisa berlarian di sepanjang garis pantainya. Sesekali bermain air atau berenang juga bukanlah ide yang buruk. Tetapi sebelum Anda berenang, sebaiknya memperhatikan ketinggian ombaknya. Memang sudah ada tanda larangan yang telah dipasang oleh tim SAR, dengan begitu pengunjung dihimbau untuk tidak melewati bibir pantai.

Tetapi saat ombak tidak besar atau sedang surut, keindahan batu karang di bawah akan memberikan pemandangan cantik. Berbagai ikan hias dan tanaman laut bisa pengunjung nikmati dari permukaan. Karena memang air di Pantai Balekambang jernih dan masih terjaga. Tidak ada salahnya bermain air, apalagi mitosnya bisa membuat awet muda.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bangkalan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

2. Flying Fox

Salah satu kegiatan yang menantang adrenalin dan kerap dilakukan adalah Flying Fox. Meluncur dari ketinggian dengan panorama laut membentang tentu akan jadi pengalaman mengesankan. Anda bisa mencoba kegiatan ini dengan mengeluarkan biaya puluhan ribu saja. Hanya saja, wahana ini hanya akan Anda temukan ketika hari Minggu atau ketika musim liburan saja.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Jika Anda ingin menyaksikan pesona matahari terbit dan tenggelam di pantai, Balekambang merupakan jawaban yang tepat. Karena pantai satu ini memang termasuk dalam jajaran pantai di Malang dengan sunrise dan sunset terbaik. Gradasi warna yang terbentuk di langit lengkap dengan suara debur ombak memang sangat menenangkan.

Pemandangan ini menjadi hal yang diburu oleh wisatawan yang datang ke Balekambang. Terutama bagi para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan momen momen terbaik. Ketika matahari sudah pulang, jembatan dan karangnya membentuk siluet yang menyegarkan mata.

4. Camping

Bagi Anda yang ingin berlama lama menikmati suasana pantai, Anda bisa camping di Balekambang. Banyak pengunjung yang mendirikan tenda agar jauh dari bibir pantai. Dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangan yang dihadirkan lebih lama. Ketika malam hari, Anda bisa bercengkrama ataupun api unggun bersama rombongan.

5. Hunting Foto

Rasanya  tidak lengkap jika tidak sekalian berburu foto cantik ketika mengunjungi Pantai Balekambang. Pantai satu ini memiliki banyak spot kekinian yang bisa dijadikan latar belakang foto. Mulai dari foto dengan latar belakang pantai hingga jembatan ke pulau pulaunya. Pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda nantinya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang

Fasilitas di Pantai Balekambang

Image Credit: Google Maps (City Kurir Eko Nugroho)

Bukan hanya memiliki banyak kegiatan yang menarik, Pantai Balekambang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Anda bisa menemukan toilet umum, kamar bilas hingga tempat beribadah. Anda yang tidak membawa bekal juga bisa menemukan warung makan yang menjual banyak menu makanan laut dan tidak ketinggalan es kelapa muda.

Selain itu Anda juga akan menemukan tempat untuk membeli cinderamata ataupun souvenir. Bahkan di sekitar are pantai juga sudah banyak villa maupun penginapan. Bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang tidak ingin camping ketika liburan di tempat satu ini. Tenang saja, harga yang ditawarkan terbilang terjangkau dan ramah kantong.

Mengunjungi Pantai Balekambang jika beruntung bisa bertepatan saat dilakukan upacara keagamaan. Tetapi pada hari biasa, pantai satu ini tetap menarik untuk dikunjungi. Ada baiknya Anda membawa topi atau sunblock untuk melindungi kulit Anda. selain itu tetap menjaga kebersihan dan aturan yang sudah tertera di pintu masuk wisata bahari andalan Malang ini.