Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi Alun-Alun Kota Malang dapat menjadi kegiatan tambahan bagi anda yang singgah ke kota tersebut. Alun-Alun ini selalu ramai pengunjung, baik di waktu weekend maupun weekday. Tempat ini dapat memberikan suasana yang tenang dan menghibur anda dari kejenuhan. Alasan inilah yang membuat masyarakat kota Malang sangat menyukainya.

Tidak selamanya destinasi menarik selalu dibanderol dengan harga tiket yang mahal. Anda bisa masuk ke Alun-Alun ini tanpa biaya apapun. Tidak ada tiket masuk yang diberlakukan oleh pemerintah, sehingga siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. mungkin anda hanya perlu membayar biaya parkir saja. Di kesempatan kali ini, yuk gali informasi lebih dalam tentang Alun-Alun Kota Malang!

Daya Tarik yang Diimiliki Alun-Alun Kota Malang

Daya Tarik Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Yopie Janitra

1. Air Mancur

Bagian pertama yang menjadi daya tarik alun-alun ini adalah keberadaan air mancurnya. Keberadaan fasilitas ini membuat taman terlihat lebih adem dan nyaman. Suara gemericik air dapat membuat pikiran menjadi tenang dan lebih rileks. Alhasil, kegiatan warga yang dilakukan di sekitarnya menjadi lebih menyenangkan.

Air mancur ini sering digunakan sebagai background foto oleh para wisatawan. Air mancur ini sangat terawat, sehingga terlihat bersih. Anak anak juga bisa bermain di sekitarnya. Saat malam hari, air mancur ini terlihat semakin indah karena lampu taman sudah dinyalakan. Tidak heran jika teman ini tidak pernah sepi meskipun hari sudah gelap.

2. Rumah Burung Merpati

Saat datang ke Alun-Alun Kota Malang, anda tidak perlu terkejut jika menemukan kawanan burung merpati yang terbnag ke sna akemari. Taman ini masih memiliki banyak pohon besar, yang cocok sebagai habitat mereka. Pemerintah juga telah membuatkan rumah atau sangkar sangkar merpati di atasnya.

Saat merpati datang, anda bisa memberinya makanan. Namun tenu saja, kegiatan yang satu ini perlu dilakukan dengan pertimbangan. Anda tidak boleh memberi mereka makanan yang berlebihan. Kondisi ini malah akan membuat lokasi taman kota terlihat kotor. Lebih baik berikan makannya sedikit sedikit, agar tidak banyak yang tersisa.

3. Bangunan Berbentuk Buah Buahan

Tampilan dari destinasi wisata ini bisa dibilang unik dan menarik. Di sana, anda akan melihat stroberi dan apel raksasa. Ternyata, kedua buah buahan tersebut adalah bangunan toilet dan pusat informasi. Desain yang anti mainstream inilah yang membuat Alun-Alun terlihat semakin istimewa di mata pengunjung dan orang yang melihatnya.

Banyak orang yang memutuskan untuk singgah ke tempat ini karena merasa penasaran melihat dua gedung tersebut. Kedua fasilitas ini akan membuat pengunjung merasa nyaman, karena berhasil dirawat dengan baik. Para staf yang bertugas juga cukup ramah. Anda dapat bertanya spot spot menarik di kita Malang, melalui bilik informasi.

Daya Tarik Diimiliki Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Shandy Abdilah

4. Kincir Raksasa

Saat datang ke objek wisata ini, pastikan anda naik wahana kincir raksasa. Wahana yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, dan selalu menarik perhatian wisatawan. Anda bisa menikmati pemandangan Alun-Alun dari atas. Anda pun dapat melihat sebagian kawasan pasar besar yang merupakan sentra bisnis dan pertokoan di kota Malang.

Untuk naik wahana tersebut, anda perlu membeli tiketnya terlebih dahulu, harga tiket tersebut adalah sekitar 15 ribu rupiah. Biaya tersebut bisa dibilang cukup terjangkau dan masih dalam range budget yang biasa dimiliki oleh seorang wisatawan. Meskipun murah, kincir raksasa ini sangat aman karena selalu dirawat dengan baik.

5. Playground Mini

Fasilitas lain yang dimiliki oleh Alun-Alun Kota Malang adalah playground mini. Spot yang satu ini menjadi favorit anak anak. Mereka bisa bermain ayunan, jungkat jungkit, dan perosotan. Keberadaan permiana inilah yang membuat destinasi ini layak disebut kawasan yang ramah anak. Saat orang tuanya sedang menikmati pemandangan, si anak bisa bermain sesuka hati.

Saat si kecil sedang bermain, usahakan untuk tetap dipantau. Kawasan taman kota ini sangat ramai, sehingga si kecil mudah tersesat. Apalagi Alun-Alun ini sangat luas dan banyak pepohonan. Anda perlu mengawasi mereka dengan baik, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Sangat disayangkan jika waktu liburan yang seharusnya menyenangkan malah rusak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Iif D. Lestari

Alun-Alun kota Malang berada di sekitaran jalan Merdeka Barat, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat perbelanjaan pasar besar dan kantor walikota Malang. Dari stasiun, ambillah jalur menuju bundaran tugu. Setelah itu, kemudikan kendaraan anda untuk belok kiri tepat di sebelah kanan kantor walikota. Lurus saja hingga melihat Alun-Alun.

Informasi penting yang harus anda ketahui sebelum berkunjung ke spot populer tersebut adalah jam buka dan tiket masuknya. Tadi sudah semat dijelaskan, bahwa laun alun ini free, alias tidak ada biaya tiket. Siapa saja bisa masuk, tanpa terkecuali. Hanya saja, anda perlu membayar biaya parkir. Untuk sepeda motor, biayanya adalah 2 ribu rupiah, sedangkan mobil 4 ribu rupiah.

Biaya parkir ini mungkin bisa berubah, tergantung dengan ketentuan pihak pengelola. Namun tentu saja, biayanya tidak akan meroket tajam. Lantas bagaimana untuk jam bukanya? Destinasi yang satu ini buka 24 jam. Anda bisa berkunjung kapan saja jika ada kesempatan. Spot ini paling ramai di pagi dan malam hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun

Kegiatan di Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Muhammad L. Dedy

1. Berolahraga

Rekomendasi waktu terbaik bagi anda untuk datang ke Alun-Alun Malang adalah di pagi dan sore hari. Matahari yang tidak terlalu terik terasa nyaman untuk berolahraga. Di Alun-Alun ini. banyak sekali bagian tanaman yang cocok untuk berolahraga. Adapun pilihan olahraga yang dapat anda lakukan adalah jogging dan bersepeda.

Jalur penghubung di dalam taman sudah disiapkan dengan baik, sehingga cocok digunakan sebagai jogging track. Selain itu, di sekeliling Alun-Alun juga telah disediakan jalur untuk bersepeda. Dengan begitu, anda bisa sepedaan dengan lebih aman dan nyaman. Ada pula tempat khusus untuk memarkirkan sepeda.

2. Berswafoto

Setiap datang ke tempat baru yang indah, rasanya sangat wajib untuk mengambil beberapa foto. Anda bisa menggunakan air mancur, tanaman yang indah, dan bangunan berbentuk buah sebagai background. Tulisan Alun-Alun Malang yang ada di bagian depan juga bisa menjadi spot yang menarik karena ukurannya yang amat besar.

Di kawasan tersebut juga banyak anak muda yang nongkrong bersama dengan teman temannya. Alhasil, anda bisa meminta bantuan dari mereka untuk mengambil beberapa foto. Jika tidak, lebih baik bawa saja alat yang bernama tripod. Dengan begitu, foto bisa diambil dengan lebih baik. Orang orang yang satu rombongan dengan anda bisa masuk dalam satu frame.

Kegiatan Menarik di Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Kiki Tour Guide

3. Naik Kincir Raksasa

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa salah satu daya tarik Alun-Alun Malang adalah keberadaan kincir raksasanya. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu kegiatan yang sangat asyik dan direkomendasikan adalah naik wahana tersebut. meskipun harus mengeluarkan biaya sekitar 15 ribu, namun pengalaman yang anda dapatkan jauh lebih berkesan.

Informasi terkait dengan biaya ini, bisa saja berubah sewaktu waktu, tergantung dengan kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah. Namun satu hal yang pasti, harganya tidak akan melonjak jauh. Hal ini dikarenakan, Alun-Alun adalah fasilitas umum yang memang disediakan untuk warga Malang dan wisatawan.

4. Duduk Dan Mencicipi Jajanan

Di dalam Alun-Alun Malang, terdapat banyak sekali tempat duduk. Rasanya anda tidak akan pernah kekurangan tempat untuk beristirahat dan menghabiskan waktu. Bahkan disediakan pula gazebo mini bagi siapa saja yang hendak menikmati pemandangan. Keberadaan fasilitas ini sangat mendukung, terutama bagi anda yang baru saja membeli jajanan.

Di sekitar Alun-Alun, banyak sekali pedagang kaki lima. Mulai dari es degan, cilok, mie ayam, sempol, sampai penjual minuman dingin berjajar dengan rapi. Akan sangat sulit jika anda harus duduk sambil berdiri. Oleh karena itu, manfaatkan saja kursi terbuat untuk duduk sejenak. Meskipun terkesan sederhana, namun aktivitas yang satu ini cukup menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas di Kawasan Taman
Image Credit: Google Maps Romzy Syarof

Di sebuah tempat wisata, rasanya sangat wajib untuk ada fasilitas yang lengkap. Keberadaan mereka akan membuat para pengunjung merasa lebih nyaman. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu khawatir, karena semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Adapun beberapa fasilitas yang ada di Alun-Alun tersebut adalah area parkir, mushola, kamar mandi, rumah makan, dan jalur sepeda.

Toilet atau kamar mandi yang ada di kawasan tampaknya sangat terawat dengan baik. Selain itu, keberadaan mushola juga membuat para pengunjung yang muslim merasa jauh lebih tenang. Sebenarnya di bagian depan dari Alun-Alun langsung berhadapan dengan masjid. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkannya untuk beribadah.

Itulah sedikit informasi terkait dengan Alun-Alun Kota Malang yang perlu anda ketahui. Spot tersebut sudah lama menjadi kebanggaan masyarakat kota ini. Perjalanan anda ke Malang tidak akan lengkap jika tidak singgah di taman kotanya. Terkait dengan akomodasi berupa penginapan, anda tidak perlu khawatir, karena tepat di sekitar Alun-Alun banyak sekali hotel.