Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Perihal Jogja, rasanya selalu saja ada hal baru yang menarik dikulik. Kota Gudeg tidak hanya memanjakan soal kuliner, tetapi juga tujuan wisata yang melimpah. Anda bisa mengunjungi wisata alam sampai dengan wisata hits yang mencuri perhatian. Seperti Nepal Van Java yang merupakan sebuah desa indah di bawah kaki Gunung Sumbing.

Wisata hits di Magelang ini siap memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dan liburan makin berkesan dengan berkunjung bersama orang-orang tersayang. Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Nepal Van Java

Daya Tarik Nepal Van Java
Image Credit: Instagram Gabriel Montadaro

1. Termasuk Objek Wisata Baru

Borobudur masih menjadi ikon yang begitu dikenal di kawasan Magelang. Tetapi wisata di Magelang menggeliat dengan kehadiran tempat tempat baru. Seperti Nepal van Java yang belakangan begitu hits di kalangan milenial. Termasuk destinasi wisata terbaru Magelang, tentu saja akan sangat sayang jika anda melewatkan keindahannya.

Dinamakan dengan Nepal Van Java karena memang lanskap yang disuguhkan mirip Nepal. Hal ini terlihat dari deretan perumahan warga yang dibangun tepat di Lereng Gunung Sumbing. Jika anda melihatnya sekilas, panorama ini seakan akan rumah penduduk ini tersusun bertumpuk. Memberikan panorama yang mirip dengan pemukiman di Nepal.

2. Menjadi Desa Paling Tinggi di Magelang

Nama Desa yang disebut sebut mirip Nepal ini sebenarnya adalah Dusun Butuh Kaliangkrik. Dimana dusun ini termasuk desa yang paling tinggi di Kota Magelang. Ketinggiannya sekitar 1700 mdpl. Karena menjadi desa yang tinggi, tentu saja anda akan merasakan udara sejuk khas pegunungan. Belum lagi juga dilengkapi dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Kendati lokasinya di ketinggian, akses menuju lokasi sudah memadai. Bahkan pengunjung juga akan menemukan beberapa spot untuk foto kekinian. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pedesaan yang kental. Mengingat berada di pegunungan, tentu memiliki tanah subur dan membuat kebanyakan penduduk menjadi petani.

Seakan akan sedang berada di kampung halaman yang masih sangat terjaga keasriannya. Kawasan lereng gunung banyak ditanami oleh sayuran yang ditanam oleh penduduk. Tak jarang kawasan ini juga akan diselimuti kabut yang membuatnya makin cantik. Nepal van Java adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat dan dekat dengan alam.

Daya Tarik Dimiliki Nepal Van Java
Image Credit: Instagram Andre Hidayat Arrasuli

3. Kondang Karena Media Sosial

Pengaruh media sosial memang tidak ada tandingannya, dan memang sudah terbukti. Terutama untuk mengeksplor tempat tempat wisata baru yang sedang trend. Karena foto ataupun videonya yang beredar, akhirnya banyak orang yang penasaran akan tempat tersebut. Menjadikan media sosial adalah lahan basah untuk promosi wisata baru.

Sama halnya dengan Dusun Butuh yang begitu populer di pertengahan tahun 2020 silam karena sosial media. Seliweran di media sosial menjadikannya banyak orang penasaran yang akhirnya mengunjunginya. Mampu menarik traveller dalam negeri sampai luar negeri untuk mengintip keindahannya. Perpaduan dari alam pegunungan dan pedesaan yang masih asri.

4. Sajikan Panorama yang Indah

Daya tarik utama tentu saja pemandangan yang disuguhkan. Alam pegunungan hijau dan udara yang sejuk memang selalu menjual. Apalagi untuk wisatawan yang berada di kota kota besar, menghirup udara sejuk khas pegunungan adalah momen yang langka. Dan di sini, anda bisa merasakan sepuasnya menikmati udara yang sejuk dan bersih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Nepal Van Java
Image Credit: Instagram Alex Tmt

Nepal Van Java berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung tepatnya Di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Dibutuhkan waktu sekitar sekitar satu jam untuk menempuh jarak 21,5 km dari pusat kota Magelang. Sementara jika dari pusat kota Jogja akan membutuhkan waktu yang lebih banyak lagi. Yakni sekitar 2 jam dan jika dari Semarang butuh waktu 2,5 jam dengan memanfaatkan jalur tol.

Jalur menuju lokasi sudah memadai sekalipun anda akan melewati medan yang menanjak. Bagi anda yang berasal dari Jogja, anda harus melajukan kendaraan anda menuju Kota Magelang. Nantinya jika sudah sampai di Magelang, anda langsung arahkan menuju Pasar Kaliangkrik yang jaraknya sekitar 12 km.

Jika sudah sampai di Pasar Kaliangkrik, anda bisa menuju ke arah SDN Desa Temanggung dengan jarak 2 km. Setelah itu bisa belok kanan dan naik sepanjang 6 km untuk sampai di basecamp Sumbing. Tapi anda tidak perlu sampai Basecamp, karena memang lokasi dari Kampung Nepal Van Java ini kisaran 400 – 500 meter sebelum Basecamp.

Sebagai penanda, lokasi dari wisata hits Magelang ini dekat dengan Warkop Komisuu dan juga Oleh-Oleh Khas. Untuk menuju lokasi anda bisa mengandalkan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pertama silahkan naik Bus untuk menuju Terminal Magelang. dilanjutkan dengan naik bus kembali ke Arah Pasar Kaliangkrik dan ojek ke Dusun Butuh.

Selain mengetahui rute menuju lokasi, anda tetap harus memastikan jika kendaraan anda dalam kondisi prima. Menuju Dusun Butuh memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua matic masih bisa naik ke atas. tetapi untuk pulangnya akan ada rute tersendiri yang akan memudahkan dan lebih aman.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps choirul bhahari

Menikmati keindahan Nepal Van Java tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 8 ribu saja. harga tiket masuk terbaru ini masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Untuk parkir sepeda motor hanya sekitar Rp 3 ribu saja, sementara mobil berkisar Rp 10 ribu.

Nantinya jika anda ingin mengambil foto di Teras Nepal yang memang menjadi spot favorit, anda harus merogoh kocek sekitar Rp 2 ribu saja. Bagi anda yang memanfaatkan ojek, anda perlu menyiapkan budget mulai Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu tergantung dari jarak pengantaran. Yang jelas liburan ke wisata terbaru Magelang ini masuk liburan yang ramah kantong.

Bagi anda yang ingin mendaki ke Gunung Sumbing melalui Dusun Butuh, anda perlu menyiapkan tiket Rp 15 ribuan. Tarif fasilitas untuk basecamp dan juga untuk parkir sekitar Rp 10 ribu. Anda bisa berkunjung dari pukul 07.00 pagi sampai dengan 17.00 WIB dan akan tutup di hari Jumat. Sempat ditutup selama Pandemi, saat ini sudah dibuka kembali untuk wisatawan.

Hanya saja ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh wisatawan. Dalam sehari hanya menerima kunjungan sebanyak 1000 orang saja. Pengunjung juga wajib untuk memenuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, tidak berkerumun dan juga rajin cuci tangan. Tidak ketinggalan pengunjung harus mengantongi vaksin Covid 19 dosis pertama minimal.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Nepal Van Java

Kegiatan Menarik Nepal Van Java
Image Credit: Instagram [ηαтυяєѕуαн]

1. Menikmati Panorama Indah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika singgah di Nepal Van Java, yakni menikmati pemandangan alamnya. Objek yang terbentuk tanpa sengaja ini terbentuk ini memang memiliki panorama yang indah sekaligus unik. Dari kejauhan tampak rumah rumah penduduk yang saling bertumpuk karena berada di lereng Gunung.

Rumah penduduk ini berjajar rapi dan memiliki warna warni yang tampak menawan dari jauh. Dengan latar belakang Gunung Sumbing yang megah, menjadikan perpaduan tersebut siap memanjakan mata siapapun. Sangat mirip dengan desa Nepal, bedanya di belakangnya adalah Gunung Everest lengkap dengan saljunya.

Kontur Gunung Sumbing dari Desa paling tinggi ini memang sangat terlihat jelas. Ketinggian Gunung Sumbing yakni sekitar 3371 mdpl dan dusun Butuh ada di ketinggian 1700 mdpl. Hampir separuhnya lagi sudah akan sampai di puncak Gunung Sumbing. Panorama gunung juga lahan pertanian yang hijau ini menjadi daya tarik utama yang sayang dilewatkan.

2. Menikmati Matahari Terbit

Pesona yang banyak diburu oleh traveller adalah sunrisenya yang begitu menawan. Untuk memudahkan pengunjung menikmati panorama ini di Nepal Van Java, maka anda bisa menginap di homestay yang tersedia. Tenang saja harga yang ditawarkan terbilang ramah kantong yakni kisaran Rp 150 sampai Rp 300 per malamnya. Anda juga bisa memilih yang untuk pribadi maupun rombongan.

Mulai pukul 5 pagi biasanya sudah banyak wisatawan yang keluar untuk menanti momen ini. Matahari yang mulai naik ke peraduan memang begitu menawan. Cahaya kekuningan yang perlahan naik membuat Gunung Sumbing makin terlihat jelas. Pastikan datang ketika saat cuaca cerah, dengan begitu anda bisa menikmati sunrise tanpa tertutup mendung.

3. Berburu Foto Instagramable

Aktivitas seru yang tidak bisa dilewatkan berikutnya adalah berburu foto cantik. Di Nepal Van Java sendiri memang ada beberapa spot yang sengaja dibangun. Salah satu spot favorit wisatawan adalah patung naga emas yang katanya sudah sejak lama ada. Kawasan rumah penduduk dan juga area pertanian juga tak luput dari incaran para traveller.

Kegiatan Menarik di Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps CEDRIC CEDRIC

4. Bertani atau Memetik Sayur

Masyarakat sekitar memang sudah biasa dengan kehadiran wisatawan dan selalu bersikap ramah. Maka dari itu pengunjung yang ingin merasakan menjadi petani bisa mencobanya. Selain bertani juga bisa memanen hasil sayur untuk dijadikan buah tangan. Selain lebih murah, kualitas sayurnya juga akan lebih segar.

5. Jelajah Kampung

Aktivitas yang juga banyak dilakukan pengunjung adalah Jelajah Kampung. Pemandangan desa yang masih asri memang akan membuat anda ingin berlama atau menetap di sini. Selain berjalan kaki, anda juga bisa menggunakan sepeda motor. Medannya yang menanjak akan memberikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

6. Mampir ke Warung Kopi

Ada banyak warung kopi yang berdekatan dengan wisata Nepal Van Java. Maka wisatawan juga bisa sekalian menikmati sajian kopi hangat yang sangat cocok dengan udaranya yang dingin. Warkop ini rata rata ada di Balkon, makanya dikenal dengan nama Warkop Balkon. Selain kopi beberapa gorengan juga bisa menjadi teman santai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Nepal Van Java
Image Credit: Google Maps Ari Suryanta

Kendati termasuk wisata yang baru, anda tetap akan menemukan fasilitas yang terbilang memadai. Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet dan juga mushola. Tempat parkir untuk kendaraan anda juga terbilang luas serta memadai. Bagi anda yang ingin kulineran juga bisa mengunjungi cafe ataupun warung warung yang ada.

Ada banyak cafe kekinian dan warkop di Dusun Butuh ini. Bagi kendaraan yang tidak bisa menanjak, anda bisa memanfaatkan jasa ojek. Ingin berlama lama di sini, maka anda bisa memilih beberapa homestay yang dibanderol dengan harga yang beragam. Akan sangat disarankan menginap bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Bagi anda yang sedang di Magelang, tidak ada salahnya untuk menjadikan wisata Nepal Van Java sebagai tujuan. Desa yang berada di lereng Gunung Sumbing ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Udaranya yang sejuk dan juga banyak spot kekinian membuatnya begitu kondang. Yang jelas anda tak akan menyesal untuk mengunjungi wisata satu ini.