18 Tempat Wisata di Magelang

18 Tempat Wisata di Magelang

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, Kabupaten atau Kota ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. Selain itu Magelang masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan spot-spot keren yang ada di Magelang. Magelang punya banyak spot objek wisata, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Magelang, jangan khawatir akan keindahannya, Magelang menawarkan cukup banyak pilihan untuk Anda kunjungi. Selama ini jika Magelang jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Magelang ini juga memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata alam menawarkan banyak keindahan yang tiada habisnya yang tak kalah dengan kota lainnya, berikut apa saja Destinasi Wisata di Magelang.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesia.travel

Candi Borobudur merupakan salah satu situs keajaiban dunia yang ada di negara Indonesia dan Candi ini merupakan salah satu harta peninggalan. Candi Borobudur sangat bagus dan membuat Anda yang belum pernah datang kesana harus mengunjungi tempat wisata candi ini. Tempat Candi Borobudur ini berada di provinsi Jawa Tengah tepatnya di Magelang, objek wisata ini menjadi sangat terkenal karena kelebihan yang di milikinya.

Tidak hanya tentang struktur bangunan yang dapat di lihat secara fisual saja, namun di belakangnya juga terdapat banyak cerita kerajaan. Sehingga tempat wisata ini selalu banyak di kunjungi oleh wisatawan baik asing maupun lokal. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata Candi Borobubudur terus melengkapi seluruh fasilitas pendukung yang di harapkan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

2. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

Lokasi: Kab. Semarang dan Kab. Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Rutemu.com

Menghabiskan waktu bersama sahabat di akhir pekan sangat menyenangkan apalagi kalau pilihannya berwisata alam seperti ke gunung Telemoyo. Keindahan dari Gunung Telomoyo yang berada di wilayah kota ini sangat menarik untuk dikunjungi. Gerbang masuk menuju Telomoyo berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Ke Gunung Telemoyo, bisa dijangkau dengan sepeda motor maupun jalan kaki, dan berwisata ke gunung Telemoyo terbaik adalah saat pagi atau sore hari. Ketika menikmati sunrise atau sunset disana, dijamin rasa letih dan penat sekaligus hilang seketika, maka dari itu gunung ini lebih sering disebut sebagai Gunung Pemancar.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Lokasi: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bagi pecinta wisata alam tidak ada salahnya jika menghabiskan waktu di Magelang bisa mampir berwisata ke Bukit Punthuk Setumbu yang indah pemandangannya. Daerah ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu.

Dari tempat ini Anda juga dapat menikmati megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang tertutup lautan kabut. Tak heran jika Punthuk Setumbu menjadikan lokasi ini menjadi tempat untuk menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer. Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan.

4. Gunung Andong

Gunung Andong

Lokasi: Area Hutan/Kebun, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Wisata Gunung Andong ini menjadi tempat pendakian favorit bagi para wisatawan tidak hanya warga Magelang sekitar namun banyak dari berbagai daerah. Keindahan panorama Gunung Andong membuat para wisatawan rela berulang kali mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah ini.

Maka pada akhirnya wisata gunung Andong merupakan salah satu wisata favorit pada akhir pekan sangat menyenangkan dan asyik. Bila Anda sudah di puncak gunung ini, maka Anda bisa melihat pemandangan gunung yang ada di sekitar tempat ini seperti gunung Merbabu, Merapi, Tidar, Telomulyo dan sebagainya.

5. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil

Lokasi: Gupakan, Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Eksapedia.com

Objek wisata Punthuk Kendil adalah sebuah Tempat Wisata di Magelang yang berada di ketinggian, destinasi wisata ini banyak menawarkan keindahan alam. Punthuk Kendil Mirip dengan Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong, Punthuk Kendil juga tidak lain hasil dari pengelolaan dataran tinggi.

Meskipun tujuan dari banyaknya punthuk yang ada di Magelang adalah untuk melihat keindahan sunrise, tetapi setiap punthuknya pasti memiliki karakter lokasi. Karakter Punthuk Kendil ini menarik wisatawan dan Punthuk Kendil ini terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Posisi Punthuk Kendil ini masih berada satu deretan dengan spot sunrise lainnya seperti Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong.

6. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar

Lokasi: Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Spotunik.com

Magelang memiliki wisata air terjun yang sangat menarik dan objek wisata air terjun ini jadi salah satu kebanggaan yang dimiliki oleh warga Magelang. Keindahan alam dan ketenangan menjadikan wisata ini menjadi tempat favorit. Lokasi air terjun ini memang berada di hutan yang didominasi oleh pohon pinus dan bambu yang rindang. Hutan tersebut masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Merbabu.

Tak heran deh jika udara disana selalu sejuk dan segar. Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda harus berjalan sekitar 10-20 menit dari pintu masuk, setelah masuk Anda akan disapa dengan pemandangan air terjun yang sejuk.

7. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Lokasi: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Menggapaiangkasa.com

Magelang memiliki pesona Air Terjun Kedung Kayang yang terletak diantara gunung Merapi dan gunung Merbabu, berada di 950m dari permukaan air laut. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang terletak diantara kabupaten Magelang dan Boyolali. Tinggi air terjun Kedung Kayang sekitar 40 meter, dan air terjun ini adalah sangat deras dan cukup dingin.

Air terjun Kedung Kayang terletak beberapa kilometer dari Ketep pass. Untuk menuju air terjun Kedung Kayang tidaklah sulit, selain mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh, kondisi jalanannya pun cukup lebar dan sudah tertata sehingga sangat bisa untuk dilalui roda 4.

8. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko

Lokasi: Jombong, Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ikons.id

Objek wisata di Jembatan Gantung Mangunsuko ini menjadi andalan destinasi wisata yang favorit bagi masyarakat Magelang dan wisatawan luar daerah. Jembatan gantung yang memiliki panjang 120 meter tersebut menghubungkan Desa Mangunsuko dan Desa Sumber yang dipisahkan oleh Sungai Senowo.

Jembatan Gantung Mangunsuko menjadi tempat yang favorit bagi para pemburu foto seperti fotografer karena di tempat inilah hasil foto bisa menjadi keren. Di tempat ini kita bisa memanfaatkan dan mengeksplore keindahan objek wisata dengan mengabadikan foto bersama keluarga.

9. Bukit Grenden

Bukit Grenden

Lokasi: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jateng.tribunnews.com

Bukit Grenden merupakan hutan pinus, Bukit Grenden salah satu spot wisata hutan pinus di Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Bukit ini adalah tempat wisata terletak di lereng gunung Merbabu, Grenden merupakan alternatif gerbang menuju pendakian gunung Merbabu. Lokasi masih satu jalan dengan top selfie kragilan.

Jika Anda dari Ketep Pass, lokasinya sebelum top selfie kragilan terletak di lereng gunung Merbabu, Grenden merupakan alternatif gerbang menuju pendakian gunung Merbabu. Tempat ini selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi dan menjadi tempat yang pas untuk berwisata alam terbuka di akhir pekan.

10. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Lokasi: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatakuliner.com

Taman Kyai Langgeng Berlokasi di Jalan Cempaka No. 6 Kota Magelang dan Taman Kyai Langgeng tak jauh dari pusat perbelanjaan Artos Magelang. Taman ini buka setiap hari dan tempat wisata di Magelang yang satu ini adalah sebuah taman rekreasi berbasis edukasi untuk buah hati dan keluarga.

Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas dan beragam wahana permainan seru yang bisa Anda coba di Objek Wisata di Magelang ini. Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap sebagai kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini.

11. Taman Badakan

Taman Badakan

Lokasi: Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Nyero.ID

Wisata Taman Bermain Badakan di Potrobangsan Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Potrobangsan, kabupaten Magelang. Wisata Taman Bermain Badakan di Potrobangsan Magelang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini menjadi taman favorit keluarga untuk bersantai dan bercengkrama bersama keluarga tercinta. Di lokasi wisata ini kita bisa menghabiskan waktu di akhir pekan bagi Anda yang wilayahnya dekat jadi tidak harus pergi ketempat wisata yang jauh.

12. Alun-alun Magelang

Alun-alun Magelang

Lokasi: Kel. Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travel.tribunnews.com

Wisata Alun-alun Kota Magelang ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi saat libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Alun-alun Kota Magelang Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi Anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat. Mengunjungi tempat Wisata Alun-alun Kota Magelang Jawa Tengah di kota Magelang, kita bisa menikmati kehangatan dan kebersamaan dengan keluarga.

13. Candi Mendut

Candi Mendut

Lokasi: Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Rekreasijogja.com

Wisata Candi Mendut di Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Mendut, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah. Wisata Candi Mendut di Magelang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Wisata Candi Mendut di Mungkid Magelang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika Anda berada di kota magelang tidak mengunjungi wisata sejarah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

14. Candi Pawon

Candi Pawon

Lokasi: Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Alodiatour.com

Mengenal budaya serta mempelajari situs sejarah di Candi Pawon sangatlah baik selain berwisata kita bisa menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah. Wisata Candi Pawon di Borobudur Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Borobudur.

Wisata Candi Pawon di Borobudur Magelang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di Candi pawon kita bisa belajar banyak tentang edukasi sejarah yang menarik sambil bertujuan untuk berwisata.

15. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Lokasi: Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by KSMTour.com

Air Terjun Sekar Langit merupakan salah satu air terjun di lereng Gunung Telomoyo yang masuk wilayah kabupaten Magelang Jawa Tengah. Air Terjun Sekar Langit terletak di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan air terjun ini adalah air terjun yang legendaris.

Dibalik keindahan air terjun ini memiliki ceritanya yang khas tentang sejarah Joko Tarub yang sangat melegenda. Dan disitulah kebanyakan yang datang berkunjung karena penasaran untuk melihat lokasinya secaranya langsung sambil berwisata.

16. Bukit Sleker Asri

Bukit Sleker Asri

Lokasi: Grenjeng, Gandusari, Bandongan, Grenjeng, Gandusari, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Masduqi118.blogspot.com

Bukit Sleker Asri terletak di pada Kecamatan Bandongan akan tetapi tempat ini pada kabupaten bukan kota. Lokasinya dekat dari pusat kota Magelang sekitar 8 km dari Kota Magelang Anda harus menuju arah Kecamatan Bandongan disana Anda akan di suguhkan dengan keindahan alam yang asri. Berwisata ke Bukit Sleker Asri bersama keluarga atau para sahabat akan menambah keseruan di akhir pekan. Di tempat ini kita bisa mengabadikan foto dengan objek wisata yang menarik di Bukit Sleker Asri.

17. Wisata Kulon Ndeso

Wisata Kulon Ndeso

Lokasi: Soko, Desa No.2, Suko 2, Sokorini, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Iwanwidi.blogspot.com

Tempat yang sederhana namun memiliki pemandangan yang menakjubkan yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah wisata Kulon Ndeso. Merupakan sebuah tempat dengan konsep pedesaan sederhana. Akan tetapi dari sini Anda bisa menatap keindahan jajaran gunung yang ada di tempat tersebut.

Udaranya sejuk serta yang paling penting dari tempat ini adalah, Anda bisa menikmati. Aneka hidangan kuliner sederhana di temani dengan pemandangan yang indah pada tempat ini. Menarik bukan, tungguh apa lagi yuk segera kunjungi dan buktikan sendiri.

18. Karesidenan Kedu

Karesidenan Kedu

Lokasi: Kota Magelang, Kab. Temanggung, Kab. Wonosobo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Arifsetiawan.com

Gedung disini bernuansa lama namun terawat dan eksotis dan sering disewakan untuk kegiatan seperti pernikahan, wisudawan dan sebagainya. Tempat ini dulunya adalah tempat dinas dan pengelolaan administrasi di Karesidenan Kedu, tapi sekarang telah beralih fungsi menjadi tempat menarik.

Karesidenan Kedu yang juga dijadikan museum, disini kita bisa melihat pemandangan yang indah gunung Sumbing yang dengan kokohnya menjulang keatas di sebelah barat gedung ini. Selain itu tempat ini juga sebagai tempat favorit untuk kalangan traveler untuk memburu pesona indahnya matahari terbit.