Museum Kereta Api Ambarawa, Intip Koleksi Kereta Api yang Pernah Berjaya di Zamannya

Museum Kereta Api Ambarawa, Intip Koleksi Kereta Api yang Pernah Berjaya di Zamannya

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan stasiun yang dialihfungsikan menjadi museum perkeretaapian yang menarik untuk dieksplor di Semarang. Museum yang memiliki koleksi unik, jenis kereta api yang pernah berjaya di zamannya.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah, memang tidak ada habisnya. Selain pesona bahari rupawannya, destinasi wisata sejarah di Jawa Tengah juga patut diacungi jempol. Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa menjadi opsi yang paling tepat untuk mengisi waktu liburan, khususnya bagi Anda penikmat wisata sejarah.

Tak lengkap rasanya jika belum menambah wawasan dengan mengunjungi Museum Ambarawa. Sebelumnya, Anda wajib untuk menyimak penjelasan tentang Museum Kereta Api di Semarang berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Kereta Api Ambarawa

Daya Tarik Museum Kereta Api Ambarawa

Image Credit: Google Maps (Eko Bagus Panuntun)

Dulunya, Museum Kereta Api Ambarawa difungsikan sebagai stasiun kereta kelas I yang saat ini telah dialihfungsikan menjadi destinasi wisata unik di Kota Semarang. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini menawarkan koleksi kereta api yang sudah tidak digunakan lagi. Uniknya, wisata ini menjadi tempat koleksi kereta api pertama di Indonesia.

Adapun tujuan dari dibangunnya museum ini adalah sebagai bukti sejarah perkembangan alat transportasi berupa kereta api di Indonesia. Museum yang diresmikan pada tanggal 21 April 1978 ini menjadi saksi sejarah perkembangan kereta api dari masa ke masa. Dengan demikian, lokasi ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda pencinta lokomotif.

Museum Ambarawa sendiri memiliki koleksi lokomotif yang saat ini masih bisa difungsikan. Setidaknya ada dua buah kereta api yang masih digunakan sebagai wahana yang bisa dinaiki para pengunjung. Adapun jenis dari lokomotif tersebut yakni Kereta Api Gerigi B25 02 dan Kereta Api B25 03.

Kedua lokomotif tersebut digunakan untuk paket wisata dengan rute Ambarawa – Bendon. Uniknya, kereta api ini memiliki gerbong penumpang berdinding kayu lengkap dengan jendela kaca. Selama perjalanan, Anda akan disajikan dengan pemandangan Danau Rawa Pening yang begitu segar dan dapat memanjakan mata.

Tahukah anda? Museum Kereta Api ini adalah satu satunya museum lokomotif yang menyimpan kereta peninggalan Belanda. Di samping itu, pihak pengelola dan pemerintah setempat juga menyediakan paket Lori Wisata dan Kereta Wisata Lokomotif Uap yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi lokasi tersebut.

Tak hanya itu, ada begitu banyak objek menarik yang akan Anda dapat saat melintasi rawa Pening. Mulai dari aktivitas nelayan yang mencari ikan, atau aktivitas rumah terapung di atas permukaan air rawa. Pemandangan yang begitu ciamik ini tentu akan sulit didapatkan di tempat lain. Untuk itu, Anda wajib mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa ini.

BACA JUGA:  Taman Kelinci Tuntang, Destinasi Wisata Keluarga & Outbound Favorit

Selain menawarkan berjuta keindahan, museum yang satu ini juga memiliki lokasi yang sangat mudah dijangkau. Tak heran, Museum Ambarawa menjadi destinasi andalan Kota Semarang. Bagi Anda yang sedang menginjakkan kaki di Kota Semarang, maka sempatkanlah mengunjungi wisata bersejarah berupa perkembangan lokomotif di Museum Ambarawa ini.

Ketika mengunjungi museum ini, Anda tak hanya disuguhkan oleh pemandangan Rawa Pening yang berada di sampingnya. Di sisi yang lain, Anda juga akan disuguhkan pemandangan kebun kopi yang memang merupakan komoditas kota tersebut. Hawa sejuk nan segar juga semakin menemani perjalanan Anda selama liburan di lokasi tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Museum Ambarawa

Alamat Museum Ambarawa

Image Credit: Google Maps (Agus Subkhan)

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Panjang Kidul, Kecamatan Ambarawa, Semarang. Lokasi dari museum ini tak jauh dari pusat Kota Semarang, yakni sekitar 41 km saja. Dari pusat kota, Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 53 menit dengan rute Tembalang – Ungaran dan Ungaran- Bawen.

Apabila Anda datang dari Bandara Ahmad Yani, maka bisa melanjutkan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih 1 jam saja. Dari arah bandara tersebut, Anda harus mengambil arah Semarang – Surakarta untuk menuju ke Museum Ambarawa. Setidaknya, Anda akan melakukan perjalanan yang berjarak sekitar 47 km.

Untuk Anda yang datang dari arah Yogyakarta, maka tinggal menuju Kota Semarang. Lanjutkan perjalanan menuju Tugu Palagan Ambarawa. Untuk menuju lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan transportasi umum maupun pribadi yang nantinya akan memakan waktu beberapa menit untuk bisa sampai ke lokasi.

Sementara dari arah Solo, Boyolali, Salatiga, dan Magelang, Anda harus menuju ke Tugu Palagan Ambarawa terlebih dahulu. Sesampainya di tugu, tuntaskan perjalanan dengan melewati Jembatan Tuntang. Dari jembatan tersebut, ambil arah ke kiri untuk bisa sampai ke Museum Ambarawa.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Harga Tiket Museum Kereta Api Ambarawa

Google Maps (Sufrianto 2020)

Pihak pengelola dengan persetujuan pemerintah setempat telah menentukan harga tiket masuk Museum Ambarawa. Tiket tersebut dibagi atas beberapa kategori, yakni anak anak, dewasa, dan jenis dari kereta api. Untuk biaya masuk kategori anak, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5 ribuan saja. Sementara dewasa sekitar Rp 10 ribuan.

Bagi Anda yang ingin naik kereta api dengan arah Ambarawa – Tuntang, maka siapkan dana mulai dari Rp 50 ribu. Pasalnya, biaya kereta api diesel kapasitas 40 orang Ambarawa – Tuntang, dipatok dengan harga mulai dari Rp 5.000.000. Akan tetapi, harga tersebut dapat berubah ubah tergantung dari pengelolanya.

Sementara tarif sewa kereta api Ambarawa – Bendono dengan kapasitas 80 orang, dipatok dengan harga Rp 15.000.000. Perlu diingat, harga tersebut juga dapat berubah sewaktu waktu tergantung dari situasi dan kondisi tertentu. Harga tersebut sangat sebanding dengan experience yang akan Anda dapatkan selama perjalanan.

BACA JUGA:  Wisata Kota Lama Semarang, Saksi Bisu Sejarah Indonesia di Masa Kolonial

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Museum Ambarawa

Image Credit: Google Maps (Novian Eri Kusuma)

1. Menengok Desain Stasiun Kereta Tempo Dulu

Dengan pengelolaan sedemikian rupa, spot yang dulu digunakan sebagai stasiun telah diubah menjadi objek wisata yang unik dan menarik. Ketika berkunjung, Anda akan menemukan beberapa halte kereta yang didatangkan langsung dari berbagai wilayah. Bahkan, halte kereta api tersebut telah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Halte kereta api tempo dulu dipindahkan di Museum Kereta Api Ambarawa dengan tujuan agar tetap terjaga kelestariannya. Terbukti setelah dipindahkan, halte tersebut masih terawat dan terlihat kian eksotis. Menjadikan halte tersebut sebagai latar belakang foto akan membuat hasil bidikan semakin apik. Jangan lupa bawa serta keluarga agar bisa berfoto bersama.

2. Menambah Wawasan di Pustaka Kereta Api

Puas berjalan jalan mengitari museum, kini saatnya untuk memperbanyak wawasan mengenai lokomotif dengan mengunjungi pustaka kereta api. Dalam ruangan pustaka, Anda dapat bersantai sembari membaca koleksi buku yang terdiri atas berbagai genre. Ruangan yang nyaman juga pas bagi Anda yang ingin melepas penat akibat aktivitas seharian.

Tak kalah unik, ruang pustaka ini dihias sedemikian rupa hingga bentuknya menyerupai gerbong kereta api. Jadi, Anda bisa bersantai dan menambah wawasan sembari berswafoto bersama keluarga. Tempat tersebut juga sangat terjaga kebersihan dan kerapiannya. Untuk itu, buanglah sampah pada tempatnya dan jaga kerapian dari tempat tersebut.

3. Menaiki Kereta Uap Legendaris

Belum pernah menaiki kereta api uap? Maka Anda bisa mencobanya di Museum Kereta Api Ambarawa. Di lokasi tersebut, Anda dapat memilih rute Ambarawa – Bedono atau Ambarawa – Tuntang dengan jadwal pemberangkatan yang berbeda. Pengalaman yang luar biasa akan Anda dapatkan saat menaiki kereta uap di Museum Ambarawa ini.

Udara yang begitu sejuk berpadu dengan pemandangan alam yang dijamin membuat Anda lebih segar. Dengan begini, impian Anda untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota sejenak akan dapat terlaksana. Perlu diingat, selama menaiki kereta api uap ingatlah untuk mematuhi berbagai peraturan demi keselamatan dan kelestarian kereta api.

4. Kupas Sejarah Perkeretaapian di Indonesia

Ditinjau dari namanya, Museum Kereta Api Ambarawa akan menyajikan berbagai hal yang berhubungan dengan lokomotif. Di sana, Anda akan mendapatkan cerita sejarah awal mula kereta api, jalur kereta di Indonesia, replika kereta api dari berbagai zaman, turn tabel atau alat pemutar gerbong, hingga halte kereta tempo dulu.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bagi Anda pencinta kereta api, pasti akan betah berlama lama di Museum Kereta Api ini. Mungkin saja, ada berjuta informasi tentang kereta api yang selama ini belum pernah Anda ketahui. Jadi, sembari berlibur Anda tetap bisa belajar mengenai seluk beluk alat transportasi berupa kereta api ini.

5. Berburu Foto Instagenic

Kegiatan yang satu ini tak bisa Anda lewatkan. Museum Ambarawa memiliki banyak sekali spot foto menarik yang bisa menjadi objek bidikan. Berfoto dengan latar belakang halte tempo dulu atau gerbong kereta api bisa menjadi inspirasi yang ciamik. Oleh karenanya, jangan lupa membawa kamera untuk hasil foto terbaik.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Ambarawa

Fasilitas di Museum Ambarawa

Image Credit: Google Maps (Museum Kreta Api Ambarawa)

Ada begitu banyak fasilitas yang ditawarkan Museum Kereta Api Ambarawa. Mulai dari koleksi lokomotif uap, benda antik, hingga tur perjalanan wisata edukasi. Anda dapat memperbanyak wawasan mengenai kereta api dengan mengunjungi kereta api pustaka Ambarawa. Ada banyak sekali koleksi buku yang terdiri dari berbagai genre.

Selain itu, area parkir yang sangat luas juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi wisata sejarah dan edukasi ini. Dengan demikian, pengunjung yang membawa rombongannya tidak perlu mengkhawatirkan lahan untuk menempatkan kendaraannya. Untuk keamanan, pihak pengelola akan menarik tarif parkir kendaraan dengan harga yang cukup terjangkau.

Berkunjung ke Museum Kereta Api kurang puas rasanya jika belum mengoleksi kenangan dengan berfoto ria di sekitar lokasi. Menariknya, di lokasi ini Anda bisa menemukan titik foto yang menghasilkan foto unik dan terkesan klasik. Desainnya yang kental bertemakan tempo dulu membuat hasil jepretan semakin unik.

Tips Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa

Tips Berkunjung ke Museum Kereta Api

Image Credit: Google Maps (Angga Firmansyah)

Tips berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa yang pertama adalah memperhatikan tanggal sebelum berwisata. Seperti yang Anda tahu, ada banyak sekali hari besar yang didedikasikan sebagai pengingat peristiwa sejarah atau aktivitas para pahlawan terdahulu. Sebagai contoh, tanggal 28 September yang diperingati sebagai Hari kereta Api Indonesia.

Sebagai saran, Anda bisa mendatangi Museum Ambarawa pada tanggal tersebut. Selain berwisata, Anda dapat ikut serta memperingati dan lebih menghargai berbagai peristiwa sejarah yang berhubungan dengan kereta api. Tentunya, hal ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin melaksanakan liburan ke Museum Ambarawa.

Tips yang kedua adalah selalu menjaga kebersihan dan kerapian setiap tempat yang Anda kunjungi. Dikarenakan semua benda dalam museum tersebut adalah saksi bisu sejarah, maka pastikan untuk ikut melestarikannya. Tindakan pelestarian tersebut bisa berupa membuang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas umum, dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

Bagi Anda yang berada atau sedang melintasi daerah Semarang, maka sempatkanlah untuk mengunjungi wisata sejarah dan edukasi Museum Kereta Api Ambarawa. Bukan sekedar museum, lokasi tersebut menyuguhkan berbagai pesona yang sayang jika dilewatkan. Pemandangan yang ciamik dan bertambahnya wawasan akan Anda dapatkan di lokasi tersebut.