Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bleder, Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Magelang yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan yang suka melakukan kegiatan travelling. Kota Magelang memiliki banyak ragam wisata menarik. Salah satunya yaitu tempat wisata alam yang berupa danau. Keindahan wisata alam danau di tempat ini memang tak main-main.

Danau yang bisa dikunjungi selama berada di Kabupaten Magelang bernama Telaga Bleder. Telaga tersebut merupakan danau alami yang terbentuk oleh karena cekungan tanah yang kemudian terisi oleh air dari sumber mata air alami di sekitarnya. Talaga tersebut memang tidak sepopuler area wisata lain di Kota Magelang.

Namun, kondisi yang justru kurang begitu ramai tersebut menjadikan liburan di tempat ini jadi terasa semakin menyenangkan. Karena nantinya wisatawan dapat lebih leluasa lagi menikmati ketenangan serta Keindahan Danau Bleder. Di sekitar area Danau telah tumbuh beberapa pepohonan yang sangat rimbun sehingga membuat suasana jadi asri.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Bleder

Daya Tarik Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Discover Magelang

1. Wisata Alam Asri

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Telaga Bleder dari yaitu sajian berupa tema wisata alamnya yang sangat Asri. Danau Bleder terdapat di area alam yang terbuka sehingga wisatawan bisa menyaksikan pemandangan berupa Gunung Andong yang begitu megah. Danau Bleder memiliki ukuran yang tak terlalu luas.

Nilai keasrian dari tempat ini makin kuat dengan adanya pepohonan di sekitar yang tumbuh tinggi dan subur. Danau tersebut memiliki air berwarna hijau dan juga tenang. Di bagian sisi lain, Anda akan menyaksikan kolam ikan lengkap dengan sebuah gazebo. Pengunjung berupa anak-anak biasanya sangat senang sekali ketika mereka mengunjungi spot itu.

2. Wisata Budaya

Perlu diketahui Danau Bleder terdapat di Desa Ngasinan. Desa Ngasinan adalah desa yang memang dikenal sangat menjunjung tinggi budaya dalam melestarikan alam sekitar dan juga sudah dikenal sejak zaman dahulu, yaitu tepatnya pada era Kerajaan Mataram. Tradisi yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu pesta menangkap ikan.

3. Beragam Fasilitas Memadai

Daya tarik yang ditawarkan oleh Telaga Bleder yaitu fasilitas tempat tersebut yang sudah cukup memadai. Anda akan menyaksikan beberapa fasilitas seperti gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai. Tak hanya itu saja, wisatawan juga akan disuguhkan kolam renang lengkap dengan beragam wahana permainan yang bisa dicoba.

Area wisata ini sudah menyediakan beragam fasilitas lengkap agar membuat pengunjung merasa betah di sana. Tak hanya itu saja, Danau Bleder juga di perelok dengan tata letak taman yang semakin dibuat indah. Itulah yang akhirnya membuat tempat wisata ini makin diminati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Discover Magelang

Telaga Bleder Kabupaten Magelang berada di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Provinsi Jawa tengah. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan di tempat ini sudah beraspal dan halus.

Selama di perjalanan, nantinya pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang memang begitu indah, khas daerah perbukitan. Sawah berbidang-bidang akan menemani perjalanan Anda hingga akhirnya tiba di Danau Bleder.

Sedangkan bagi pengunjung yang masih merasa bingung dengan rute menuju ke tempat ini, maka tak perlu risau, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari perangkat smartphone. Dengan begitu nantinya pengunjung bisa mencari mana rute terbaik untuk sampai ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Bleder

Harga Tiket Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Arief Zulkarnaen

Harga tiket di tempat wisata Telaga Bleder ini memang berbeda ketika hari libur dengan hari kerja. Harga tiket akan lebih mahal saat Anda mengunjungi Danau Bleder waktu hari libur. Saat hari libur, tiket untuk orang dewasa yaitu sebesar Rp 7.000 sedangkan tiket untuk anak-anak sebesar Rp 6.000.

Ketika hari kerja, maka biaya tiket akan lebih murah, khusus dewasa hanya akan dikenakan biaya Rp 6.000 Sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp 5.000. Nantinya Anda bisa menikmati segala keseruan objek wisata tersebut dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang ada di sana patut untuk Anda coba, seperti sampan, speed boat, meja kayu, sepeda dan lain-lain. Namun perlu untuk diketahui, saat ingin menjajal fasilitas-fasilitas itu, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata telaga ini kapanpun Anda mau, karena memang tempat ini dibuka 24 jam penuh. Begitu juga untuk pemilihan hari, wisata ini tidak memperlakukan hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Bleder

Kegiatan di Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

1. Panen Ikan

Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan selama Anda mengunjungi Telaga Bleder. Salah satunya yaitu menyaksikan acara panen ikan. Di danau terdapat satu tradisi yang umumnya dilakukan oleh warga yang tinggal di area sekitar kawasan danau. Tradisi tersebut yaitu panen ikan.

Aktivitas seru yang dilaksanakan setahun sekali tersebut memang mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Ikan yang sudah dipanen nantinya akan dikumpulkan dan ditimbang, jika sudah barulah akan dibagi-bagikan.

Tapi tidak semua ikan tersebut nantinya akan dibagikan, beberapa juga akan dijual dan uang dari ikan akan dijadikan kas desa. Setelah kegiatan panen ikan tersebut akan ada aktivitas lain, yaitu menabur bibit ikan untuk dipanen tahun depannya.

2. Festival Telaga

Aktivitas seru lain yang juga tak boleh dilewatkan selama berada di Danau Bleder yaitu menyaksikan festival telaga. Dinas pariwisata wilayah Kabupaten Magelang memang seringkali melangsungkan acara festival di area wisata Telaga Bleder ini.

Di dalam festival tersebut terdapat banyak sekali acara, mulai dari acara berupa lomba perahu dayung, stand kuliner, lomba kesenian rakyat, ritual larung Sangkala, melodi telaga dan pelepasan 1000 lampion di area dekat danau. Menyaksikan festival tersebut saat hari libur tentu akan sangat menyenangkan sekali.

Kegiatan Menarik di Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Discover Magelang

3. Abadikan Momen

Aktivitas selanjutnya yang pastinya tak boleh dilewatkan yaitu mengabadikan momen. Dengan melihat beragam daya tarik yang disuguhkan oleh Telaga Bleder ini, maka akan sangat sayang sekali jika semua keindahan dan keseruan tersebut tidak Anda abadikan dalam jepretan kamera.

Anda harus menyiapkan kamera ketika menyaksikan panen ikan ataupun festival lampion yang begitu semarak. Bahkan tak jarang pengunjung yang datang ke tempat ini merupakan mereka yang berprofesi sebagai fotografer. Untuk mendapatkan hasil foto yang benar-benar indah, mereka rela datang dari tempat yang jauh.

Karena itu, Anda yang kebetulan berada di tempat wisata Telaga Bleder, maka jangan hanya diam saja, ambil segera kamera atau smartphone Anda dan segera bidik pemandangan dan momen seru yang ada di sana.

4. Nikmati Kuliner

Di tempat wisata Danau Bleder ini sudah berdiri beberapa warung makanan dengan sajian menu khas Kota Magelang yang sangat nikmat. Tentunya Anda harus mencicipi makanan yang lezat tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Titahbn

Telaga Bleder merupakan tempat wisata yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas cukup lengkap. Hal itu sengaja dilakukan oleh pihak pengelola wisata untuk membuat tempat wisata ini jadi makin menarik.

Salah satu fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis di tempat ini yaitu gazebo. Anda bisa sekedar duduk beristirahat di gazebo sambil memakan bekal yang Anda bawa. Bagi yang tidak membawa bekal, maka tak perlu khawatir karena sudah terdapat beberapa warung makanan.

Keseruan akan semakin terasa dengan adanya wahana yang sudah tersedia di tempat ini. Wahana seperti perahu mesin, becak air dan lain-lain menunggu Anda. Begitu juga untuk fasilitas berupa toilet dan area parkir sudah sangat memadai.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Telaga Bleder di Magelang yang perlu untuk Anda ketahui. Ketika menjelang hari libur tiba, maka Anda perlu segera mengagendakan kegiatan berlibur ke tempat ini bersama dengan sahabat, keluarga ataupun pasangan Anda.

REKOMENDASI DESTINASI