Ketep Pass merupakan salah satu objek wisata alam populer di Magelang yang tidak pernah sepi pengunjung. Pesona keindahan 5 puncak gunung, yaitu Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet dan Gunung Merbabu.

Lokasi: Jl. Blabak-Boyolali No.KM.16, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Objek wisata alam menjadi destinasi yang banyak diburu ketika liburan tiba. Pasalnya dengan berkunjung ke alam, segala penat dari aktivitas sehari hari bisa dilupakan sejenak. Di Magelang, terdapat tempat wisata alam keren yang patut Anda kunjungi yaitu Ketep Pass. Penasaran dengan keunggulan serta daya tarik dari wisata alam Magelang ini? Yuk simak ulasannya berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Ketep Pass

Daya Tarik Ketep Pass
Image Credit: Twitter.com @marlina_pm

Ketep Pass adalah sebuah objek wisata alam di daerah Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata tersebut telah diresmikan sejak tanggal 17 Oktober 2002, dan ditetapkan sebagai destinasi wisata jalur SSB atau Solo-Selo-Borobudur. Pada saat itu, yang meresmikan Ketep Pass adalah Presiden RI yang ke 5, yaitu Megawati Soekarnoputri.

Dikelilingi oleh gunung gunung, memang membuat Kabupaten Magelang mempunyai cukup banyak wisata alam menakjubkan termasuk dengan Ketep Pass ini. Dari area wisata ini dengan ketinggian 1.200 mdpl, Anda dapat melihat Kabupaten serta kota Magelang. Di sini Anda juga dapat melihat dengan jelas pemandangan indah dari gunung gunung yang membentang.

Objek wisata ini memang terletak di atas puncak Bukit Sawangan, jadi dari atas sini Anda bisa melihat keindahan Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang tinggi menantang langit biru. Hijaunya gambaran Gunung Merbabu, serta indahnya asap yang mengepul keluar dari arah Gunung Merapi adalah pemandangan mahal yang tidak bisa selalu Anda dapatkan setiap hari.

Karena banyaknya pengunjung yang sengaja datang untuk melihat keindahan kedua gunung tersebut, di sini bahkan Anda bisa menemukan persewaan teropong. Sewa teropong hanya dibanderol dengan harga beberapa rupiah saja, sangat murah meriah. Anda bisa menggunakannya untuk mengagumi keindahan alam setempat selama kurang lebih 1 jam.

Bahkan Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang sempat menyebutkan bahwa Ketep Pass adalah salah satu pemandangan terbaik yang ada di Magelang. Tidak heran, bahwa tempat satu ini tercatat mampu membawa jumlah pengunjung mencapai 340 ribu orang per tahunnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Ketep Pass

Rute ke Ketep Pass
Image Credit: Google Maps (TraveLife Expedition)

Objek wisata alam ini berlokasi di jalur utama Solo-Selo-Borobudur. Jaraknya dari Borobudur sendiri yaitu sekitar 30 km, dan kurang lebih dari 35 km dari pusat kota Magelang serta 30 km bila dari Boyolali. Cara menuju ke destinasi tersebut tidak sulit dan cukup mudah, karena letaknya yang berada di jalur utama.

Lebih tepatnya, objek wisata Ketep Pass terletak di Jalan Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata alam tersebut berada di tengah tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Anda bisa menggapai lokasi tersebut dari beberapa antara lain Kecamatan Mungkid, Desa Blabak, Kecamatan Pakis, Boyolali, Salatiga, Jogja, dan Getasan.

Hanya dengan mengikuti peta digital, dan mengamati papan tanda di kiri dan kanan jalan. Maka Anda sudah bisa menemukan lokasi dari tempat wisata tersebut. Area ini juga tidak jauh dari Jogja, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 60 menit perjalanan saja bila berkendara dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Ketep Pass

Harga Tiket Ketep Pass
Image Credit: Google Maps (Bintang Kejora)

Berkunjung ke tempat ini bisa menjadi liburan yang cukup meriah, karena objek wisata ini menawarkan harga tiket masuk yang relatif terjangkau. Untuk tiket masuk bagi warga setempat maupun wisatawan domestik, akan dikenakan biaya kurang lebih 10.500 rupiah pada hari senin hingga sabtu. Sementara hari minggu dan libur nasional akan dikenakan tarif sekitar 12.500 per orang.

Tarif tersebut tidak berlaku untuk wisatawan mancanegara, karena ada biaya tersendiri. Untuk wisatawan yang berasal dari luar negeri, masuk ke Ketep Pass harus merogoh kocek sebesar kurang lebih 50 ribu per orangnya pada hari senin hingga sabtu. Sedangkan hari minggu dan libur nasional dibanderol dengan harga 60 ribu, yang sudah termasuk semua fasilitas dan free softdrink.

Tarif seharga 10.500 atau 12.500 untuk wisatawan lokal sendiri, belum termasuk dengan biaya masuk ke dalam Ketep Volcano Theatre dan fasilitas teropong. Untuk tiket masuk Ketep Volcano Theatre dibanderol seharga 9 ribu rupiah per orangnya. Dan tiket fasilitas teropong hanya ditawarkan dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Biaya biaya tersebut bisa mendapat pengurangan, bila Anda berkunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Adapun diskon yang didapat biasanya sekitar 10 persen, dan berlaku juga bagi yang ingin masuk ke area Ketep Volcano Theatre dan area museum. Sedangkan biaya parkirnya sendiri tergantung jenis kendaraan yang Anda bawa.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Ketep Pass

Image Credit: Instagram.com @settiawan_07

Ketep Pass bisa dibilang objek wisata terpadu, sebab banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini bersama dengan rombongan. Tempat wisata ini juga sangat cocok sekali dikunjungi bersama dengan anak anak, karena banyak kegiatan edukasi di dalamnya. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung.

1. Melihat Keindahan Sekitar dengan Teropong

Salah satu kegiatan menarik yang ditawarkan oleh Ketep Pass, yaitu melihat keindahan alam sekitar lebih dekat dengan menggunakan teropong. Dimana teropong yang ada di daerah ini jumlahnya ada dua buah. Dan masing masing diletakkan di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Seperti yang sudah disebutkan, Anda perlu membayar cukup 5 ribu rupiah saja untuk menikmatinya.

Dengan teropong para pengunjung bisa menggunakannya untuk melihat dengan jelas keindahan panorama dari Gunung Merbabu, Gunung Merapi, serta gunung gunung lainnya yang mengitari Ketep Pass. Gardu Pandang yang ada di tempat ini sendiri berupa dua buah gazebo, yang masing masing memiliki bentuk persegi panjang dan bangunan segi delapan.

Sementara itu puncak Panca Arga merupakan lokasi tertinggi yang ada di objek wisata ini. Panca Arga tersebut mempunyai arti yaitu lima gunung, karena dari puncak ini para pengunjung bisa melihat 5 gunung tinggi nan cantik yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, dan Gunung Sindoro.

2. Menikmati Jagung Bakar

Sembari menikmati pemandangan alam nan asri yang ada di Ketep Pass, Anda bisa sekaligus menikmati kuliner jagung bakar. Jagung bakar ini menjadi salah satu kuliner utama yang banyak dijajakan di area wisata. Harga yang ditawarkan tentu sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati jagung bakar dan segelas kopi hangat di gubuk sederhana.

3. Mengintip Sejarah Merapi

Tidak berhenti di situ, setelah puas menikmati keindahan alam yang ada di sekitar. Anda bisa menambah wawasan dengan berkunjung ke Museum Vulkanologi yang ada di Ketep Pass tersebut. Museum ini mempunyai luas kurang lebih 550 meter persegi. Di dalam Museum Vulkanologi, berdiri dengan gagah miniatur Gunung Merapi yang mirip dengan aslinya.

Museum tersebut memang bisa dibilang rumah dari Gunung Merapi, yang menyimpan sejarah dan sejuta keindahan. Gunung Merapi memang memiliki sejarah serta cerita mistis yang seru untuk dipelajari. Banyak sekali gambar gambar sejarah dari Gunung Merapi yang bisa Anda lihat tergantung cantik di dinding dinding museum Vulkanologi ini.

4. Melihat Mini Bioskop

Bahkan tidak hanya dari Museum Vulkanologi saja, ada juga bioskop mini di Ketep Volcano Theatre dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung sebanyak 78 orang. Pada bioskop tersebut, Anda bisa menemukan film berupa sejarah Gunung Merapi, yang sudah disertai dengan peristiwa terbentuknya gunung tersebut, jalur pendakiannya, dan masih banyak lagi.

Ada juga penelitian yang dilakukan di puncak garuda, berbagai letusan dahsyat yang pernah terjadi dari Gunung Merapi, serta berbagai peristiwa penting lainnya dari gunung tersebut yang dirangkum dalam film dengan durasi kurang lebih 25 menit. Ini sangat cocok digunakan sebagai media edukasi yang interaktif untuk anak anak.

5. Menikmati Kuliner Lezat

Apabila sudah berputar putar di lokasi wisata, sembari menunggu matahari terbenam Anda bisa berkunjung ke restorannya. Menawarkan menu yang lebih lengkap dari sekadar jagung bakar, di restoran Ketep Pass Anda bisa menemukan banyak sekali makanan lezat dengan harga terjangkau yang menggugah selera. Restoran tersebut berada di atas ketep volcano theater.

Restoran yang ada didesain dengan dinding kaca, sehingga sangat cocok untuk menyantap hidangan sembari menikmati indahnya panorama kaki Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Setelah rasa lapar hilang, Anda bisa menantikan matahari terbenam di objek wisata ini. Pasalnya pemandangan sunset di Ketep Pass menjadi salah satu daya tarik yang banyak diburu oleh pengunjung.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Ketep Pass

Penginapan di Ketep Pass
Image Credit: Booking.com

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah Magelang tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan wisata terdapat cukup banyak penginapan dengan biaya terjangkau yang menawarkan fasilitas memadai. Beberapa di antaranya yaitu Oyo 908 Taman Wisata Kopeng, yang berjarak kurang lebih 11,6 km dari Ketep Pass dan Hotel Kayu Manis yang berjarak 12,7 km.

Ada juga D’Kaliurang Resort & Convention, Satriafi Hotel, HS Pensions Kaliurang, dan Hotel Wijaya 2 yang berjarak tidak lebih dari 15 km dari objek wisata alam ini. Dengan begitu Anda bisa menikmati sunrise yang ada di Ketep Pass tepat waktu, dan juga bisa puas bermain seharian di sana tanpa perlu khawatir kemalaman.

Fasilitas yang Tersedia di Ketep Pass Magelang

Fasilitas di Ketep Pass
Image Credit: Google Maps (Severinus Dewantara)

Fasilitas lengkap juga disediakan oleh Ketep Pass untuk memanjakan para pengunjung yang datang. Mulai dari toilet yang bersih, dimana sudah tersedia di berbagai penjuru tempat wisata. Sehingga Anda tidak perlu mengantre di satu tempat bila ingin ke kamar kecil. Tempat sampah pun tersedia di berbagai penjuru, jadi Anda bisa sekaligus menjaga kelestarian alam.

Juga ada mushola yang siap sedia untuk digunakan sebagai tempat sholat, bagi Anda yang beragama muslim. Warung warung kecil yang menjajakan jagung bakar dan camilan lainnya juga ada, bila Anda tidak ingin mengonsumsi makanan berat yang ditawarkan restoran di lokasi wisata alam. Tidak lupa juga area parkir memadai, yang mampu menampung cukup banyak kendaraan.

Dengan berbagai keunggulan serta fasilitas yang ditawarkan oleh Ketep Pass, pantas saja wisata ini digemari oleh banyak orang. Pelajar dari berbagai daerah serta masyarakat umum juga banyak yang datang ke sini, untuk study tour maupun kunjungan karena banyaknya wawasan yang bisa didapat. Jadi, tertarik untuk berlibur ke Ketep Pass pada liburan mendatang?