Indahnya Bukit Cumbri, Tempat Mendaki & Menikmati Sunrise di Wonogiri

Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit Cumbri salah satu wisata alam menawan di Wonogiri untuk menikmati sunrise dan tujuan mendaki favorit. Bukit yang memiliki pemandangan yang indah ala Negeri di Atas Awan yang mampu memanjakan mata pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Wisata alam masih menjadi salah satu destinasi favorit. Menikmati sejuknya udara dengan kondisi alam yang sangat menyegarkan mata merupakan resep ampuh bagi Anda yang merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari. Bukit Cumbri merupakan salah satu destinasi wisata yang recomended untuk Anda kunjungi, karena menyuguhkan pemandangan alam nan inda. Berikut ini adalah ulasan mendalam terkait dengan wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Cumbri

Daya Tarik Bukit Cumbri

Image Credit: Twitter.com @is_berto

Tak hanya lokasinya yang sangat indah, nyatanya lokasi ini dibalut dengan kisah yang cukup menarik. Menurut legenda, nama Cumbri berasal dari seekor burung yang kemudian berubah menjadi gunung. Unik bukan? Menurut legenda burung yang berubah menjadi gunung tersebut adalah burung Garuda Cumbro. Oleh karena itu lokasi ini diberi nama Bukit Cumbro.

Kisahnya, burung garuda cumbro ini telah berusaha untuk memangsa seorang petani yang sedang bekerja disawah. Petani tersebut sedang melakukan kegiatan pengolahan tanah atau sedang membajak tanah. Namun untungnya petani tersebut berhasil melawan. Petani itu berhasil mengalahkan burung cumbro dengan merobek bagian lehernya.

Burung garuda cumbro yang terluka jatuh terkapar di tanah dan kemudian mati. Setelah itu dikisahkan bahwa bangkai burung yang tersungkur tersebut lambat laun membentuk gunung atau bukit. Oleh karena itu hingga saat ini lokasi tersebut diberi nama Bukit Cumbro. Namun untuk kebenaran cerita ini masih belum diketahui karena cerita ini hanya beredar dari mulut ke mulut.

Sebagaimana mestinya sebuah lokasi rekreasi atau lokasi wisata alam tentu menonjolkan keindahan alamnya. Lalu apa sebenarnya daya tarik dari Bukit Cumbri sehingga memiliki banyak sekali peminat? Di Atas bukit ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai jenis pohon dan dengan lokasi yang cukup asri sehingga menyejukkan mata.

Daya Tarik dari Bukit Cumbri

Image Credit: Twitter.com @kitaina_id

Selain itu bukit ini juga memiliki 2 puncak yang saling berhadapan. Satu puncak menghadap ke barat, dan satunya lagi menghadap ke timur. Dua puncak ini sangat menarik untuk dikunjungi karena Anda dapat melihat panorama kota Wonogiri dari 2 arah yang berbeda. Anda akan dapat menikmati keindahan lokasi tersebut melalui 2 sudut pandang yang tentunya tidak akan membuat Anda bosan.

BACA JUGA:  Wisata Kota Lama Semarang, Saksi Bisu Sejarah Indonesia di Masa Kolonial

Puncak yang menghadap ke barat memiliki ketinggian dibawah puncak yang menghadap ke timur. Sehingga Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasi kedua yaitu puncak yang menghadap ke timur. Namun Anda tidak perlu ragu karena Anda tidak akan menyesal. Begitu Anda sampai disana maka semua rasa lelah akan terbayarkan.

Sembari menikmati indahnya pemandangan Wonogiri melalui puncak bukit, Anda harus tetap waspada karena lokasinya cukup curam. Bagi Anda yang ingin mengabadikan nya melalui foro maka berhati-hatilah. Jangan sampai Anda mengambil foto dengan jarak yang terlalu dekat dengan bibir tebing karena tentunya sangat berbahaya.

Selain itu perhatikan pula langkah Anda karena lokasi ini cukup berbatu sehingga jangan sampai Anda tergelincir selama mendaki atau selama bersantai di atas puncak Bukit Cumbri Wonogiri. Bagi Anda yang berlibur bersama anak anak maka sebenarnya lokasi ini kurang recomended. Lokasi ini akan menguras tenaga dan juga kurang aman sebagai tempat bermain anak anak karena mengingat banyaknya tebing dan jurang di kanan dan kiri bukit. Dikhawatirkan Anda malah tidak dapat menikmati suasana melainkan was was akan keselamatan anak Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Cumbri

Rute Bukit Cumbri

Image Credit: Google Maps (Dita Ariyani)

Bukit yang satu ini merupakan bukit yang sangat populer dikunjungi oleh wisatawan. Keindahannya mampu membius siapapun untuk betah berlama-lama. Bagi Anda yang belum pernah mendaki, maka lokasi ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk Anda. Bukit ini tergolong bukit yang mudah untuk dilalui bagi orang yang tidak pernah mendaki gunung.

Tinggi pegunungan dan perbukitan di Wonogiri terlebih di lokasi ini tidak lebih dari 1000 Mdpl sehingga kawasan ini cukup pas untuk Anda yang baru pertama kali mencoba pengalaman mendaki. Namun tetaplah Anda harus berjaga-jaga dengan membawa peralatan yang memadai karena tentu bukan berarti Anda dapat mengabaikan keselamatan.

Gunung Cumbri atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Cumbri Wonogiri berada di perbatasan dua wilayah. Lokasinya berada di perbatasan antara Purwantoro Wonogiri dengan Ponorogo Jawa Timur. Untuk lebih tepatnya berada di daerah Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Karanganyar yang Wajib Anda Coba

Untuk mencapai atas bukit maka Anda harus melakukan tracking atau perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Perjalanan ini cukup lumayan panjang dan menanjak namun tenang, Anda tidak perlu khawatir karena disana cukup ramai pengunjung sehingga Anda tak perlu takut tersesat. Bahkan lokasi penanjakannya sudah cukup memiliki tanda sebagai panduan Anda mendaki.

Lokasi Bukit Cumbri ini memiliki karakteristik gunung atau bukit yang berbatu. Sehingga walaupun lokasinya tidak terlalu tinggi dan dapat didaki sampai puncak dengan waktu yang relatif singkat namun Anda juga harus tetap mempersiapkan diri dengan baik. Jangan sampai Anda mengendorkan persiapan dan malah membuat pendakian Anda tidak berkesan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Cumbri

Kegiatan di Bukit Cumbri

Image Credit: Google Maps (Nur Dwianto)

1. Menikmati Pemandangan di Sore Hari

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana yang dingin dan tenang, maka melakukan perjalanan di siang hari menjadi salah satu pilihan yang baik. Saat Anda sampai maka kondisi diatas lebih adem sehingga membuat Anda akan lebih betah untuk menikmati keindahannya. Selain itu Anda akan mendapatkan momen matahari terbenam yang sangat indah.

2. Berkemah Bersama Teman atau Keluarga

Tak hanya menikmati pemandangan, lokasi ini banyak diperuntukkan untuk kegiatan lain. Salah satu kegiatan favorit para pengunjung adalah berkemah. Walaupun lokasinya cukup curam namun lokasi ini adalah tempat yang pas untuk Anda membangun tenda. Menikmati malam dengan gemerlap bintang di bawah bukit membuat Anda rilex dan tenang.

Jika Anda tertarik untuk berkemah maka Anda harus membawa peralatan kemah yang memadai. Peralatan yang Anda bawa merupakan peralatan yang akan Anda butuhkan untuk bermalam. Bawa sesuai dengan kebutuhan yang tentunya harus Anda rancang beberapa hari sebelum keberangkatan atau setidaknya sehari sebelum mengunjungi bukit Cumbri Wonogiri.

Selain itu jangan lupa untuk melihat kondisi cuaca dengan membaca ramalan cuaca yang dapat Anda akses melalui handphone. Memang hujan seringkali menjadi salah satu kendala bagi Anda yang ingin berkemah. Jika memang kondisinya kurang memungkinkan maka jangan paksakan untuk tetap melakukan kegiatan tersebut. Pilihlah waktu yang cuacanya cerah saat ingin berkemah.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah membawa bahan makanan yang cukup. Tak hanya peralatan kemah yang harus Anda bawa, namun juga bahan bakar tubuh berupa makanan dan minuman. Persiapkan makanan dan minuman yang mudah dimasak dan anti ribet. Hal ini sangat penting, jangan sampai Anda berkemah dalam kondisi yang kelaparanan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

3. Menikmati Matahari Terbit dari Bukit

Selain berkemah, salah satu kecantikan bukit Cumbri dapat Anda lihat saat matahari terbit. Saat inilah yang menjadi momen penting bagi Anda yang rela datang subuh-subuh atau bagi Anda yang telah menginap sehari sebelumnya. Pasang alarm untuk membangunkan Anda dan keluarga. Jangan sampai Anda melewatkan momen penting ini.

Momen matahari terbit di lokasi ini adalah salah satu keindahan yang wajib Anda abadikan. Lokasi angel foto yang beragam tentu akan memuaskan hasrat berfoto Anda. Lalu bagi Anda yang memang memiliki ketertarikan di dunia fotografi maka foto dari lokasi ini akan menjadi salah satu koleksi pelengkap karya Anda. Jika Anda tak membawa kamera, gunakanlah handphone untuk mengabadikannya.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia di Bukit Cumbri

Harga Tiket Bukit Cumbri

Image Credit: Google Maps (Meijoko Santoso)

Salah satu alasan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke bukit ini karena memang harga tiket masuknya yang sangat murah. Tentu menikmati keindahan alam dengan harga yang terjangkau merupakan pilihan yang sangat menarik. Lalu sebenarnya berapa harga tiket masuk kawasan ini? Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 5.000 rupiah saja.

Dengan harga 5000 rupiah maka Anda sudah mendapatkan pengalaman istimewa. Lalu bagaimana dengan fasilitas yang tersedia di bukit Cumbri? Secara fasilitas sebenarnya tidak banyak yang bias Anda harapkan. Lokasi ini merupakan lokasi pendakian sehingga kondisi fasilitas yang tersedia juga layaknya lokasi pendakian gunung dan bukit lainnya.

Namun Anda juga tak perlu khawatir, saat Anda membeli tiket masuk maka terdapat petugas yang dapat Anda minta petunjuk terkait dengan track pendakian ini. Walaupun tak banyak fasilitas yang dapat diuraikan, namun bagi Anda yang ingin berkemah maka lokasi mendirikan tenda yang luas menjadi salah satu fasilitas yang dapat Anda nikmati.

Cukup menarik bukan untuk menghabiskan waktu di Bukit Cumbri, Wonogiri? Masukkan lokasi ini dalam destinasi wisata Anda. Sempatkan waktu Anda bersama dengan keluarga atau teman untuk menikmati keindahan alam yang satu ini. Jangan lupa saat berada disana abadikan momen berharga Anda melalui kamera agar setiap kenangannya dapat Anda buka di kemudian hari.