Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 10.00-22.00 WIB, Alamat: Klumprit I, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Daerah Istimewa Yogyakarta selalu istimewa di hati para wisatawan yang pernah berkunjung ke sana. Bagaimana tidak, pesona alamnya, kebudayaannya, sampai kuliner khas yang ada di sana selalu berhasil membuat siapapun menjadi rindu untuk datang kembali. Kali ini Yogyakarta menghadirkan objek wisata alam baru yang dijamin membuat anda ingin segera mampir ke sana.

Tepatnya di daerah Sleman, sudah dibuka objek wisata bernama Obelix Hills. Masih cukup baru, wisata alam ini resmi dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2021 lalu. Yang mana wisata di daerah ketinggian tersebut memiliki pemandangan alam yang begitu ciamik, berbagai bangunan unik, dan spot foto menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Obelix Hills

Daya Tarik Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Mas Toro

1. Keindahan Alam yang Menawan

Wisata alam baru di daerah Sleman ini terletak di Jogja Lantai 3, dengan ketinggian sekitar 401 meter di atas permukaan laut. Bisa dibilang bahwa destinasi tersebut merupakan tempat wisata tertinggi yang ada di kawasan peninggalan purba, Sleman. Dari atas ketinggian, para pengunjung pun bisa menikmati keindahan alam yang begitu menawan.

Pada siang hari menjelang petang, anda bisa menikmati pemandangan sawah, barisan bukit, sampai melihat matahari terbenam indah di ufuk Barat. Dan saat malam hari tiba, anda bisa menemukan pemandangan alam yang begitu rupawan. Sebab ketika petang tiba, lampu warna warni menyala cantik memenuhi lokasi wisata.

Keindahan deretan lampu tersebut menyatu dan membentang luas, seolah melengkapi pemandangan indah di depan mata. Sehingga Obelix Hills bisa menjadi referensi yang tepat untuk mengisi liburan bersama dengan pasangan, keluarga, sahabat, rekan kerja, bahkan sekadar menikmati waktu sendirian.

2. Banyak Spot Foto

Dengan ditemani pemandangan yang indah, anda bisa mengambil berbagai foto ciamik selama berkunjung ke sini. Selain itu, ada banyak sekali spot foto yang ditawarkan pada wisata yang terletak di sudut perbukitan tersebut. Tidak tanggung tanggung, di sana anda bisa menemukan sekitar 30 spot foto unik sebagai tempat mengabadikan momen.

Anda bisa menjajal Sky Deck yang menggunakan lantai kaca dengan tambahan lukisan mural 3D, Eagle Nest yang berupa jaring dari tali dan memungkinkan anda untuk duduk di atasnya, Casa Mexicana yang merupakan miniatur perumahan Meksiko, Single Swing yaitu ayunan di atas ketinggian yang sudah terjamin keamanannya, dan masih banyak lagi.

Spot foto terbaru yang ada di Obelix Hills sendiri yaitu Pottery Cave. Spot foto ini mempunyai konsep yang sangat aesthetic, karena memadukan warna gerabah yang cerah. Di sana anda bisa melihat secara langsung karya para seniman lokal yang berasal dari Jogja. Jadi jangan sampai tidak mencoba berpose di antara ratusan gerabah yang tersusun rapi tersebut.

Daya Tarik di Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Ananda

3. Kuliner Nusantara Pulen Kopi Ponti

Bukan hanya sekadar wisata alam dengan spot foto kekinian saja, di sini anda juga dapat menemukan restoran outdoor terluas di Jogja yang unik dengan penuh warna warni. Namanya Pulen Kopi Ponti, yang menyajikan berbagai menu khas nusantara. Dijamin langsung mengingatkan anda dengan masakan ibu di rumah.

Sajian dari Pulen Kopi Ponti sendiri bisa anda nikmati di berbagai spot, tidak hanya di lokasi Pulan Kopi Ponti sendiri. Adapun beberapa spot yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati kuliner nusantara ini antara lain Sky Deck, Plaza of Star, Three Mountains Tent, Rock Bar, atau di Pergola Seating sambil menikmati indahnya alam Jogja Lantai 3.

Menariknya lagi, apabila anda berkunjung di hari Sabtu atau Minggu, anda bisa ditemani live music selama menikmati hidangan di restoran tersebut. Tentunya melihat live music sambil menyantap makanan lezat dan ditemani pemandangan indah di depan mata bisa menjadi moodbooster sendiri. Kalau berkenan, anda bahkan diperbolehkan untuk request atau menyumbangkan lagu kesayangan.

4. Nikmatnya Petit Paris Gelato

Di Obelix Hills, sekarang juga bisa ditemukan Petit Paris Gelato yang bisa anda nikmati sembari bercengkrama, berswafoto, atau bersantai di Jogja Lantai 3. Karena lokasi outletnya ada di dekat loket pintu masuk, maka tidak sulit untuk menemukan Petit Paris Gelato ini. Cocok sekali disantap di siang hari saat cuaca sedang panas panasnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Dick Indra

Untuk menikmati berbagai keseruan di Jogja Lantai 3 tersebut, anda bisa datang ke alamat Klumprit 1 & 2, Wukirharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Tugu Yogyakarta hanya berjarak 22,4 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 27 menit perjalanan untuk menuju lokasi.

Rute termudah yang bisa diikuti adalah melalui Jalan Jogja Solo, kemudian melewati Jalan Piyungan Prambanan. Setelah itu dilanjutkan mengikuti jalan yang menuju Candi Ijo dan Tebing Breksi. Di peta digital, anda mungkin menemukan jalur alternatif sebelum melewati Tebing Breksi.

Namun direkomendasikan untuk tetap melewati Tebing Breksi, karena jalur alternatif membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebaiknya jalur alternatif tersebut anda manfaat apabila kembali dari destinasi. Sehingga tidak berpapasan dengan lalu lintas macet yang menuju ke arah Candi Ijo dan Obelix Hills.

Untuk akses jalannya memang cukup berkelok kelok, karena lokasi wisata berada di daerah perbukitan. Namun anda yang datang bersama rombongan dengan menggunakan bus tidak perlu khawatir. Karena di sini sudah tersedia shuttle car, jadi setelah sampai anda akan dijemput oleh shuttle car untuk menuju ke atas supaya lebih nyaman dan aman.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Indri Mulia

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati berbagai keseruan di destinasi wisata alam ini, pastikan anda datang pada jam operasionalnya. Adapun jam operasional dari wisata yang ada di atas perbukitan tersebut yakni mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB, untuk hari Senin hingga Jumat.

Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional beroperasi mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri tergolong sangat terjangkau. Anak di atas usia 3 tahun dan orang dewasa dikenakan tarif Rp. 15.000 untuk hari biasa, namun dengan ketentuan datang di antara pukul 10.00 sampai 15.00 WIB.

Sementara itu, harga tiket di akhir pekan atau hari libur sama dengan hari biasa pukul 15.00 sampai 22.00 WIB yakni senilai Rp. 20.000. Dengan membayar nominal tersebut, anda bisa menikmati semua spot foto yang ada di Obelix Hills. Namun perlu diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu waktu dan belum termasuk biaya pribadi lainnya, seperti makan di restoran maupun retribusi parkir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Obelix Hills

Kegiatan Menarik Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Xakha Rossifamily

1. Hunting Foto

Sebagai wisata alam yang menawarkan banyak spot foto kekinian, tentu kurang afdol rasanya jika anda tidak berburu foto selama berada di lokasi. Dimana telah tersedia lebih dari 30 spot foto apik untuk mendapatkan potret ciamik di sana. Sehingga anda bisa berpose dengan berbagai gaya sesuka hati.

Bahkan jika anda ingin melakukan pre-wedding, tempat wisata ini sangat direkomendasikan. Tidak jarang ditemukan pasangan yang tengah melakukan pemotretan di sana. Menariknya lagi, pre-wedding maupun maternity photoshoot di sini gratis alias tidak ada biaya ekstra. Anda cukup reservasi makan mulai dari 50k/pax, dan tidak ada minimal pax untuk melakukan reservasi.

2. Menikmati Kuliner Nusantara

Obelix Hills bukan hanya sekadar tempat wisata alam, karena anda juga dapat melakukan wisata kuliner di sini. Ada banyak sekali menu kuliner nusantara yang dapat anda nikmati. Seperti Special Menu 1 yang terdiri atas paket A, paket B, dan paket C. Paket A sudah termasuk nasi, 3 macam sayur, ayam goreng tusuk sate, telur balado atau telur dadar, kerupuk, sambal, buah, dan teh.

Paket B termasuk nasi, 3 macam sayur, udang goreng tusuk sate, bakwan jagung, kerupuk, sambal, buah, dan teh. Sedangkan paket C termasuk nasi, 3 macam sayur, ayam goreng tusuk sate, botok teri, kerupuk, sambal, buah, dan teh. Isi menu bisa berubah, jadi pastikan anda bertanya terlebih dahulu apabila reservasi untuk piknik di venue Picnic Sky.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Meskipun baru dibuka pukul 10.00 WIB di hari biasa dan pukul 07.00 WIB pada akhir pekan, bukan berarti anda tidak bisa menikmati sunrise di lokasi wisata alam dengan pemandangan indah ini. Pasalnya di sana tersedia fasilitas glamping yang dapat disewa oleh pengunjung, sehingga memungkinkan wisatawan untuk menikmati sunrise.

Dimana pemandangan matahari terbit di sini memang benar benar memukau, tidak heran jika banyak yang ingin bermalam di sana. Bisa dibilang bahwa Obelix Hills adalah tempat yang sempurna untuk menikmati sunrise, sunshine, dan sunset. Terlebih suasana matahari terbenam di sini akan ditemani dengan mulai menyalanya lampu kerlap kerlip nan cantik di sekitar lokasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Siti Rofiqoh

Meskipun belum genap setahun berdiri, wisata di Sleman tersebut menawarkan fasilitas yang cukup lengkap untuk memanjakan para pengunjung. Salah satu yang unik adalah mushola on the rock yang berdiri di atas bebatuan breksi. Sehingga anda bisa beribadah dengan suasana alam terbuka di bawah tenda. Karena letak mushola on teh rock tersebut ada di bagian paling tinggi Jogja Lantai 3.

Selain mushola on the rock, beberapa fasilitas lainnya yang bisa dinikmati di sini antara lain toilet yang didesain dalam bentuk bangunan aesthetic, tempat parkir luas, pusat informasi dan tiket wisata, panggung hiburan, taman dan gazebo, restoran, glamping, souvenir shop, meeting room, dan masih banyak lagi.

Objek Wisata Lain di Sekitar Obelix Hills

Objek Wisata Lain di Sekitar Obelix Hills
Image Credit: Google Maps Anwar B

1. Candi Ijo

Candi Ijo disebut sebut sebagai candi yang letaknya tertinggi di Jogja. Situs budaya tersebut berjarak sekitar 3,8 kilometer dari Obelix Hills atau membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit saja. Bahkan ketika anda menuju destinasi dari arah pusat Kota Jogja, maka anda akan melewati jalan yang mengarah ke Candi Ijo.

2. Desa Wisata Rumah Domes/Teletubbies

Selain Candi Ijo, anda juga bisa berkunjung ke Desa Wisata Rumah Domes yang berada tidak jauh dari Jogja Lantai 3 atau sekitar 13 menit perjalanan saja. Dikenal sebagai New Nglepen, desa wisata ini merupakan kompleks perumahan yang terdiri atas 80 bangunan yang dihiasi cat warna warni.

Obelix Hills memang belum sepopuler Heha Sky View, yang juga merupakan wisata pemandangan dataran tinggi di daerah Yogyakarta. Meski begitu, destinasi ini wajib untuk anda pertimbangkan. Karena meskipun baru berdiri belum genap setahun, ada banyak sekali keseruan dan fasilitas yang ditawarkan. Bukan tidak mungkin jika ke depannya akan menjadi semakin baik.