Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta, janganlah melewatkan ragam wisata alam menarik yang ada di sana. Salah satu objek wisata alam di Yogyakarta yang selalu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang menikmati keindahannya adalah Bukit Pengilon di Gunung Kidul. Yuk kita simak ulasan lengkap apa saja yang menarik di kawasan bukit ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pengilon

Daya Tarik Bukit Pengilon
Image Credit: Google Maps Novalita Kusuma Wardhana

Kawasan wisata perbukitan ini memiliki ragam daya tarik mempesona yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Untuk itu, berikut telah kami sajikan paparan lengkap mengenai daya tarik yang ditawarkan oleh bukit nan cantik ini!

1. Hamparan Rumput Hijau yang Luas

Salah satu daya tarik utama yang sangat indah dari Bukit Pengilon ini adalah hamparan rumputnya yang hijau dan luas. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata hits yang satu ini memang didominasi oleh bukit yang sangat mempesona. Bukit ini diselimuti oleh hamparan rumput hijau yang sangat memanjakan mata.

Hamparan rumput ini terlihat sangat rapi, dan sekilas menyerupai padang rumput di Eropa. Oleh karena itu, banyak di antara pengunjung yang melakukan ragam aktivitas menarik di hamparan rumput ini, seperti bermain, berfoto, melakukan yoga sederhana, dan masih banyak lagi. Selain itu, hamparan rumput hijau ini juga cukup landai sehingga sangat cocok dijadikan lokasi berkemah, atau aktivitas menarik lainnya.

Bagi para pecinta wisata alam, bukit dengan hamparan rumput yang luas ini sangat patut untuk dikunjungi. Karena luasnya area rerumputan ini, banyak juga di antara pengunjung yang membawa serta hewan peliharaan mereka untuk dapat bermain dan melakukan aktivitas bersama di lokasi ini.

2. Tebing Cantik Menghadap Pantai

Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Bukit Pengilon ini tak lain adalah karena tebingnya yang sangat cantik, dengan pemandangan laut selatan yang biru dan mengagumkan. Secara sekilas, tebing ini sangat mirip dengan tempat wisata Jeju, Korea Selatan. Oleh karena itu, pesona dari tebing yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keindahannya.

Hal yang membuat lokasi wisata hits ini cukup berbeda dengan tempat lainnya adalah karena tebingnya yang langsung menghadap lautan, serta menampilkan pesona biru laut yang sangat menenangkan. Oleh sebab itu, pengunjung dapat menikmati kontrasnya warna biru laut dengan hijaunya hamparan rumput yang sangat memanjakan mata. Karena keindahan serta keunikan yang dimilikinya, banyak sekali pengunjung yang berfoto di area tebing ini.

3. Laut yang Indah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, para pengunjung dapat secara langsung menyaksikan keindahan laut dari atas Bukit Pengilon ini. Bahkan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan 4 pantai secara sekaligus, yakni Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung di sebelah Barat, dan Pantai Wedi Ombo dan Pantai Watu Lumbung di sebelah timur. Letak dari pantai-pantai ini memang cukup berdekatan, sehingga pengunjung dapat melihat secara jelas keindahan yang ditawarkan oleh masing-masing pantai ini.

Selain itu, memang sudah bukan rahasia lagi bahwa laut selatan Jawa memang menawarkan pesona alam yang sangat eksotis, yang membuat siapa saja betah berlama-lama memandanginya. Di kawasan bukit, para pengunjung juga dapat melihat secara langsung eksotisme pantai selatan Jawa yang sangat popular di kalangan masyarakat, dengan birunya gradasi laut yang sangat mempesona.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Pengilon
Image Credit: Instagram INFO WISATA

4. Camping Ground

Apabila kita melihat kembali penjelasan di atas mengenai hamparan rumput, dapat diketahui bahwa area rerumputan di Bukit Pengilon ini memang cukup landai dan luas, sehingga sangat cocok dijadikan lokasi untuk berkemah (camping area). Biasanya, pengunjung akan membawa peralatan camping sendiri yang telah dipersiapkan, untuk melakukan kemah dan bermalam bersama teman ataupun keluarga.

Selain itu, kondisi cuaca dan udara di sekitar area ini sangatlah mendukung untuk melakukan aktivitas kemah, karena cukup sejuk ketika malam hari, dan pada saat siang hari pun cuacanya cerah namun tidak terlalu panas menyengat. Oleh karena itu, pengunjung yang hendak melakukan kemah tidak perlu membawa perlengkapan kemah yang terlalu banyak karena suasananya yang cukup mendukung. Kondisi seperti ini pun sangat cocok bagi pengunjung yang masih pemula dalam hal wisata kemah.

5. Spot Foto Keren

Berbicara tentang keindahan alam yang terdapat di Bukit Pengilon memang seakan tidak ada habisnya. Karenanya, pengunjung juga tidak akan kehabisan spot berfoto karena setiap titik di kawasan wisata hits ini menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto yang instagrammable.

Selain berfoto dengan latar pemandangan alam, pengunjung juga dapat berfoto pada sejumlah spot foto menarik yang telah disediakan oleh pihak pengelola seperti gardu pandang yang menghadap laut, bangku taman, papan nama ‘Bukit Pengilon’, dan masih banyak spot foto menarik lainnya.

6. Panorama Sunset dan Sunrise yang Mempesona

Banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk berwisata ke Bukit Pengilon karena alasan utamanya yaitu ingin menyaksikan keindahan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) dari puncak bukit. Karena letaknya yang cukup tinggi, fenomena matahari terbit dan terbenam dapat dengan jelas terlihat dari puncak bukit, dan menambah keindahan tersendiri pada pemandangan alam yang sudah tersedia.

Apabila pengunjung tertarik untuk menyaksikan sunrise ataupun sunset, disarankan untuk berkemah di lokasi ini, agar persiapan dapat dilakukan secara maksimal, dan keindahan pemandangan terbit dan terbenamnya matahari dapat disaksikan pada waktu yang tepat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Pengilon
Image Credit: Instagram INFO WISATA

Bukit Pengilon terletak di Area Hutan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan wisata ini letaknya sekitar 73 km dari Pusat Kota Jogja, namun rutenya cukup mudah dilalui. Untuk sampai ke lokasi bukit dari Kota Yogyakarta, pertama pengunjung harus mengakses Jalan Wonosari, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah selatan melewati Jalan Baron, dan tetap lurus mengikuti jalan sampai terlihat pertigaan Mulo Wonosari barulah berbelok ke timur.

Setelah berbelok ke Timur, tetap lurus mengikuti jalan besar sampai menemui pertigaan dekat Indomaret Tepus. Setelah itu, beloklah ke arah timur dan ambil jalan ke arah selatan sampai menemui Pantai Watu Lumbung. Apabila sudah sampai ke Pantai Watu Lumbung, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan dan melewati jalur pejalan kaki sesuai petunjuk arah yang tersedia untuk mencapai puncaknya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon
Image Credit: Google Maps INFO

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Bukit Pengilon, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 per orangnya. Dengan nilai tersebut pastinya tidak akan memberatkan bagi siapapun yang ingin menikmati pesona alam bukit ini.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Pengilon

Kegiatan Menarik Bukit Pengilon
Image Credit: Google Maps rizka mantulangi

Sebenarnya, ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan Bukit Pengilon untuk menghadirkan libura yang lebih menyenangkan, di antaranya:

1. Trekking Menuju Bukit

Sebelum dapat sampai ke lokasi puncak bukit, pertama-tama pengunjung harus mengaksesnya melalui Pantai Watu Lambung. Apabila sudah sampai ke lokasi Pantai Watu Lumbung, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan dan memulai aktivitas trekking melalui jalur setapak sampai ke puncak perbukitan. Namun, pengunjung sudah tidak perlu khawatir karena jalur ini sudah sangat aman, sehingga mudah untuk ditelusuri.

Selain itu, selama trekking pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan laut dan hamparan rumput yang sangat memanjakan mata. Oleh sebab itu, perjalanan trekking tidak akan terasa lelah, sebaliknya akan sangat mengesankan.

2. Bermain di Hamparan Rumput

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung di Bukit Pengilon ini adalah bermain di rumput. Karena hamparan rumputnya yang luas, pengunjung dapat dengan leluasa bermain ataupun melakukan ragam aktivitas outdoor yang menarik lainnya bersama teman, keluarga, ataupun bahkan bersama hewan peliharaan.

3. Hunting Foto

Di kawasan wisata mengagumkan ini, sangat disayangkan apabila pengunjung tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Rasanya, kawasan bukit ini tidak kehabisan spot foto menarik karena keindahan alamnya yang spektakuler. Oleh karena itu, ada baiknya pengunjung mempersiapkan kamera yang memadai serta properti agar hasil foto menjadi lebih menarik.

Kegiatan Menarik di Bukit Pengilon
Image Credit: Google Maps Apri Ardi

4. Menelusuri Jalur ke Pantai

Apabila sudah puas menikmati keindahan alam di puncak bukit, pengunjung juga dapat menelusuri jalur ke pantai awal yakni Pantai Watu Lumbung. Di pantai ini, pengunjung dapat dengan leluasa melakukan ragam aktivitas menarik seperti berenang, ataupun bermain pasir.

Selain Watu Lumbung, pengunjung juga dapat menelusuri jalur ke bebatuan yang langsung berbatasan dengan laut. Bebatuan ini sangatlah indah dan cocok dijadikan lokasi berfoto. Namun, pengunjung tetap harus berhati-hati di lokasi ini terutama jika gelombang air laut sedang naik.

5. Berkemah di Alam Terbuka

Aktivitas menarik lainnya yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung di kawasan wisata hits ini adalah camping atau berkemah. Pada umumnya, pengunjung akan membangun kemah di area hamparan rumput yang landai, sehingga dapat bermalam dengan nyaman. Selain itu, area ini juga langsung berhadapan dengan pemandangan laut yang cantik, sehingga pengalaman berkemah akan jadi lebih menyenangkan.

6. Bersantai Menikmati Keindahan Alam

Di Bukit Pengilon ini, ada banyak sekali spot bersantai yang sangat nyaman bagi para pengunjung. Salah satu spot bersantai yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung di tempat wisata hits ini adalah bangku taman yang langsung menghadap pemandangan laut yang sangat mempesona. Selain itu, ada pula pendopo yang dapat digunakan untuk bersantai ataupun menyantap makanan ringan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Instagram informasi wisata

1. Area Parkir

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi parkir yang terletak di sekitaran Pantai Watu Lumbung. Di area parkir ini, keamanannya sangat terjamin karena selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Kedai Makanan

Di sekitar puncak bukit, terdapat kedai makanan yang menyajikan ragam hidangan mulai dari makanan ringan seperti snack, gorengan, serta makanan lain seperti mie instan. Selain makanan, kedai ini juga menyajikan ragam jenis minuman hangat.

3. Mushola Sederhana

Pengunjung tidak perlu khawatir saat berkunjung ke bukit ini, karena pengelola telah menyediakan fasilitas tempat ibadah untuk pengunjung yang hendak menunaikan ibadah sholat tepat waktu.

4. Toilet Umum

Pada kawasan bukit juga telah tersedia toilet umum yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Toilet cukup bersih dan terawat yang tersebar di beberapa lokasi.

Demikianlah ulasan mengenai destinasi wisata alam yang menawan di Gunung Kidul, yakni Bukit Pengilon. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bukit ini memang menawarkan pemandangan alam yang indah serta ragam aktivitas wisata yang menyenangkan. Untuk itu apabila sedang berwisata ke Yogyakarta, tempat wisata hits yang satu ini sangatlah menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.