Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang No.2, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berlibur dengan latar nuansa alam akan membuat anda terasa lebih fresh dan membuat pikiran lebih tenang. Selain sebagai salah satu upaya healing, dekat dengan alam juga bisa menambah pengetahuan baru. Konsep wisata ecopark seperti Ledok Sambi di Sleman, Jogja adalah salah satu tujuan terbaiknya. Belajar dengan cara menyenangkan tentu akan lebih berkesan.

Mengenal Wisata Ecopark di Jogja

Mengenal Wisata Ecopark di Jogja
Image Credit: Google Maps danang arief margono

Desa Sambi adalah salah satu nama desa di Jogjakarta. Desa yang dijadikan sebagai objek wisata alam ini terkenal masih terjaga keasliannya. Sehingga pengunjung yang datang akan dimanjakan oleh keindahan alam desa dan juga oleh keramahan penduduk sekitar desa. Desa Sambi mempunyai lokasi yang cukup dekat dengan Gunung Merapi.

Karena wilayahnya yang dekat dengan gunung, inilah yang menjadikannya sebagai desa dengan suasana yang asri. Tak hanya keindahan alam, anda juga bisa belajar terkait kebudayaan lokal penduduk. Rumah adat yang masih terjaga dengan baik dan berdiri kokoh adalah salah satu daya tariknya.

Bila anda ingin berkunjung ke wisata alam Ledok Sambi yang nyaman sekaligus dapat memberikan edukasi, wisata alam desa Sambi ini sangat cocok. Mengajak anak dan keluarga ke lokasi tempat wisata ini akan menjadikan sebagai salah satu sarana mengenalkan kepada kebudayaan lokal dan mempelajari hal baru.

Daya Tarik yang Dimiliki Ledok Sambi

Daya Tarik Ledok Sambi Sleman
Image Credit: Instagram Dody Irawan

1. Panorama Desa

Wilayah Ledok Sambi terletak tak jauh dari Gunung Merapi. Salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini tercatat pernah beberapa kali meletus. Wilayah di sekitar Gunung Merapi pasti akan termasuk subur, sehingga berbagai macam jenis tanaman akan mudah tumbuh di wilayah ini. Dan wilayah yang subur dan asli inilah yang menjadi daya tariknya.

Bila anda ingin berkeliling melihat keindahan panorama Desa Sambi, anda bisa meminta pemandu wisata untuk menemani. Desa yang masih alami dan dekat dengan wilayah hutan ini tentu akan sedikit membingungkan anda yang tak terbiasa berjalan di tengah alam. Oleh karena itu, meminta bantuan pemandu bisa menjadi pilihan keselamatan.

2. Pertanian dan Peternakan

Masih banyak lahan pertanian di sekitar Desa Sambi. Hamparan tanah luas berwarna hijau ini juga bisa menjadi objek yang menarik wisatawan. Tak hanya bisa melihat pemandangannya saja, para wisatawan juga bisa mencoba untuk terjun langsung ke lahan pertanian dan mencoba cara bercocok tanam, hingga membajak sawah.

Tak hanya pertanian, peternakan pun juga banyak tersedia di Ledok Sambi. Peternakan yang dibangun rata rata adalah peternakan sapi perah. Seperti mencoba cara bertani, wisatawan juga bisa mencoba bagaimana cara memerah susu langsung dari sapi. Jangan kuatir karena pada saat proses memerah sapi, anda akan didampingi oleh sang peternak langsung.

Daya Tarik Dimiliki Ledok Sambi
Image Credit: Facebook Jogja Empat Roda

3. Kesenian dan Kebudayaan

Penduduk Desa Sambi masih kental dengan budaya Jawanya. Sehingga masih banyak pertunjukan seni tradisional yang bisa anda kunjungi dan amati di lokasi ini. Mengenalkan kepada anak dan keluarga tentang budaya asli Jawa dengan cara yang menarik tentu akan lebih berkesan.

Berbagai macam cerita rakyat masih bisa disaksikan, seperti uyon-uyon, wayang kulit dan karawitan Jawa. Bila anda berminat untuk mempelajarinya, maka anda bisa juga bergabung dalam kelompok yang disediakan. Disana anda akan diajari langsung bagaimana memainkan alat musik tradisonal.

Tak hanya gelaran musik dan pertunjukan tradisional, anda juga bisa menyaksikan dari dekat berbagai macam kebiasaan atau upacara adat. Kegiatan tradisional ini sudah banyak ditinggalkan di kota kota besar. Antara lain seperti sadranan, kenduri, ruwahan dan masih banyak yang lainnya.

4. Rumah Adat

Berbagai macam jenis rumah adat seperti Joglo, Simon, dan Limasan banyak yang masih berdiri dengan halaman yang luas. Halaman luas ini biasanya akan dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk tempat bermain anak-anak. Permainan tradisional seperti kelereng hingga layangan akan banyak anda temukan di Ledok Sambi.

Tercatat banyak rumah joglo yang dibangun di DesaSambi ini belum pernah dilakukan pemugaran atau renovasi sejak didirikan tahun 1952. Rumah tradisional ini tak hanya bisa anda amati, tetapi juga bisa anda sewa sebagai tempat menginap. Menginap di rumah tradisional dengan suasana alam disekelilingnya tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Ledok Sambi
Image Credit: Google Maps Dwimart -Ono

Desa Sambi tepatnya berada di Jalan Kaliurang km 19.2, Pakem Kecamatan Sleman Yogyakarta. Jarak Desa Sambi dari pusat kota Jogyakarta cukup dekat yaitu hanya sekitar 16 km. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam perjalanan. Akses menuju lokasi wisata hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena transportasi umum belum tersedia.

Untuk memasuki Desa Sambi, anda tidak perlu membayar tiket masuk khusus, tetapi anda akan dikenakan biaya untuk setiap objek wisata yang akan anda kunjungi atau anda ikuti. Bila anda ingin praktis, anda juga memilih beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola Ledok Sambi. Paket wisata ini mempunyai harga yang beragam.

Harga paket dengan kisaran harga dari Rp 20 ribu hingga Rp 3 juta juga tersedia disini. Anda bisa menyesuaiakan kegiatan wisata anda dengan kebutuhan anda dan keluarga. Tak perlu kuatir, bila anda memilih paket wisata tertentu anda juga akan bisa didampingi oleh pemandu profesional yang membuat anda aman selama perjalanan.

Harga yang tertera tersebut merupakan harga kisaran yang dapat berubah sewaktu waktu bedasarkan kebijakan pihak pengelola setempat. Lokasi wisata alam Desa Sambi buka setiap hari untuk pengunjung. Tetapi lokasi wisata alam yang disediakan mempunyai Jam operasional yaitu buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ledok Sambi

Kegiatan Menarik Ledok Sambi
Image Credit: Google Maps A Nurkholis

1. Piknik

Piknik dengan latar alam yang natural tentu menjadi pengalaman yang seru kan menarik dilakukan bersama keluarga. Lokasi piknik di dekat sungai akan menambah kesan alami yang menenangkan. Walaupun tidak diperkenankan membawa bekal dari luar, namun para wisatawan bisa membeli berbagai macam hidangan makanan disini.

Piknik sambil duduk beralaskan tikar di pinggir sungai tentu akan mengasyikkan. Ditengah tikar yang disediakan, akan diberi meja kecil yang nyaman. Bila anda lebih memilih menggunakan gazebo yang lebih tinggi pun bisa. Selain itu, lokasi piknik menggunakan tenda pun juga bisa menjadi alternatif piknik anda.

2. Camping

Camping adalah kegiatan yang identik dilakukan bila berada di alam bebas. Tak perlu jauh jauh ke gunung, anda juga bisa melakukan camping di lokasi Ledok Sambi. Wisatawan bisa membuka tenda di lokasi yang sudah disediakan dengan hanya membayar uang sewa lahan sebesar Rp 35 ribu saja.

Namun bila wisatawan yang ingin camping tidak membawa peralatan, pihak pengelola juga menyediakan persewaan perlatan camping yang lengkap. Anda bisa menyewa tenda berkapasitas empat orang dengan harga sekitar Rp 120 ribu per malamnya. Soal makanan, anda juga bisa memesan kepada penduduk lokal agar lebih praktis.

3. Wahana Flying Fox

Tak hanya kegiatan bersantai dengan alam, kegiatan menantang pun juga tersedia di Ledok Sambi. Salah satunya adalah wahana Flying Fox. Wahana yang cukup menantang ini hanya dikenakan tarif sekitar Rp 25 ribu untuk per orang. Wisatawan bisa meluncur sebanyak dua kali dengan jalur yang berbeda.

4. Paint Ball

Kegiatan yang dilakukan berkelompok tentu akan lebih seru. Salah satu pilihannya adalah dengan bermain paint ball. Walaupun permainan ini membutuhkan kekuatan fisik untuk berlari dan menghindari tembakan, tetapi pasti akan terasa lebih menyenangkan. Permaian berkelompok ini akan mengasah otak karena juga akan berfikir strategi untuk menang.

Kegiatan Menarik di Ledok Sambi
Image Credit: Google Maps Ledok Sambi

5. Main Air di Sungai

Berada di alam khususnya dekat sungai tentunya tak lengkap bila tidak bermain air. Bermain air sungai adalah kegiatan sederhana tetapi bisa menjadi menyenangkan. Bila anda membawa anak anak, untuk upaya pengamanan, anda juga bisa menyewa ban dengan harga kurang lebih Rp 10 ribu yang bisa digunakan sepuasnya tanpa jangka waktu.

6. River Tubing

Kegiatan river tubing di Ledok Sambi dikhususkan untuk anak anak. Kegiatan mengasyikkan ini akan menjadi salah satu sarana pembelajaran tentang alam kepada anak. River Tubing akan dikenakan biaya sekitar Rp 20 ribuan. Jalur yang dilintasi adalah jalur aman yang sudah dipersiapkan oleh pengelola.

7. Outbound

Kegiatan outbound yang seru bisa anda lakukan bersama keluarga di Desa Sambi. Bila tertarik dengan kegiatan fisik ini, anda bisa membayar sekitar Rp 160 ribu per orang. Dengan kapasitas minimal 20 peserta hingga maksimal 50 peserta, membuat kegiatan outbound terasa menantang. Dengan biaya tersebut peserta sudah mendapatkan paket makanan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Ledok Sambi
Image Credit: Google Maps Gloria Amckd

1. Mushola

Banyak fasilitas dengan kualitas terjaga dengan baik yang tersedia di Ledok Sambi. Salah satunya adalah mushola. Tempat beribadah umat musim satu ini dibangun di beberapa titik di Desa Sambi. Sehingga anda akan mudah menemukan lokasi mushola yang terdekat dengan anda. Peralatan ibadah juga tersedia di dalamnya.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Fasilitas toilet dan kamar mandi pun tersedia di Desa Ini. Terletak di beberapa titik, membuat lokasi toilet dan kamar mandi ini mudah ditemukan. Selain itu, kebersihan dan kenyamanan ruang publik satu ini dijamin selalu terjaga dengan baik oleh pihak pengelola. Sehingga anda bisa lebih nyaman dalam berwisata.

3. Area Parkir yang Luas

Karena akses ke lokasi wisata tidak bisa ditempuh dengan transportasi umum, maka akan banyak kendaraan pribadi yang datang. Area parkir yang cukup luas juga sudah disiapkan oleh pihak pengelola Ledok Sambi. Area parkir ini bahkan cukup untuk beberapa bus pariwisata. Keamanan parkir juga terjaga karena adanya petugas yang berjaga 24 jam.

4. Sewa Lahan

Banyak pelajar atau mahasiswa yang gemar melakukan kegiatan alam, sehingga membutuhkan lahan yang cuku luas. Bila ingin menggunakan lahan luas di Desa Sambi untuk acara penting, maka anda pun bisa menyewanya. Persewaan lahan ini tentu akan terasa lebih ekonomis dan menyenangkan daripada menyewa ruangan tertutup.

Hal yang wajib dilakukan saat berlibur di alam adalah agar tetap menjaga kebersihan lingkungan yaitu dimulai dari tidak membuang sampah sembarangan. Alam yang dijadikan sebagai tempat wisata seperti Ledok Sambi tentu akan memiliki resiko seperti ini. Oleh karena itu, selalu ingat dan bertanggung jawab dalam menjaga alam.