Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngrawah adalah tempat rekreasi di Gunung Kidul, Yogyakarta yang lokasinya berada dibalik persawahan dan ladang milik warga. Pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain lokasinya yang tersembunyi, medan untuk menuju lokasi pantai juga cukup sulit. Wisatawan harus berjalan kaki menaklukan batuan terjal dan membutuhkan waktu lama.

Meskipun demikian, pemandangan di pantai yang sering mendapat julukan pantai perawan ini sangatlah mempesona. Hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang bersih menjadi pesona pertama kali yang akan disaksikan wisatawan sesampainya di lokasi.

Pantai yang tak kalah eksotisnya dengan deretan pantai lainnya di Gunung Kidul ini berada diantara dua pantai lainnya. Diantaranya yaitu Pantai Ngrenahan dan Pantai Widodaren. Keduanya memiliki pesona keindahan yang sama eloknya. Bahkan wisatawan yang hendak menikmati deretan pantai-pantai ini cukup membayar tiket masuk satu kali saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawah

Daya Tarik Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps krisnagentur 312

1. Kebersihan Pantai

Pantai Ngrawah memiliki hamparan pasir yang begitu luas. Kondisi pantainya masih terjaga akan kebersihannya. Tidak banyak ditemukan sampah karena belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Oleh karena itu, Anda benar-benar akan merasakan kesegaran lokasi pantai yang bersih, nyaman, dan pemandangannya yang mempesona. Hal ini memang menambah kecocokan berlibur di pantai Si Perawan ini. Jauh dari lalu lalang manusia serta hiruk pikuknya keramaian kota.

2. Diapit Oeh Dua Pantai

Pantai Ngrawah dengan hamparan pasir putihnya ini diapit oleh dua pantai lainnya. Di sebelah barat terdapat pantai widodaren. Sebelah timur terdapat pantai Ngrenahan. Wisatawan bisa sekaligus menikmati deretan pantai tersebut karena lokasinya saling berdekatan.

3. Adanya Rumput Hijau

Tak perlu heran jika sesampainya di lokasi pantai akan menjumpai rerumputan hijau yang tumbuh di bibir pantai. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa Ngrawah adalah pantai yang masih terjaga keasriannya.

Belum banyak aktivitas manusia di pantai nan menawan ini. Sehingga alamnya benar-benar murni. Rerumputan hijau pun semakin menambah keasrian pemandangan pantai.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps M K.R.

4. Terdapat Batu-Batu Karang yang Eksotis

Di lokasi Pantai Ngrawah terdapat beberapa batuan karang yang tersebar di pinggir pantai. Di sisi barat dan timur terdapat batu karang yang menjulang bagaikan tebing. Batu-batu karang tersebut ditumbuhi oleh tanaman pandan laut.

Anda bisa menjadikannya sebagai spot untuk berfoto. Bahkan jika ingin melihat keeksotisan pantai dari ketinggian, Anda bisa naik di atas tebing sambil merasakan hembusan-hembusan angin pantai.

5. Deburan Ombak

Salah satu bunyi-bunyian khas pantai yakni mendengar gemuruhnya deburan ombak. Termasuk di Pantai Ngrawah ini. Sebelum memasuki lokasi pantai saja dari kejauhan wisatawan sudah bisa mendengar deburan ombak yang semakin membuat penasaran.

Hingga sesampainya di lokasi, memang benar adanya bahwa ombak pantai ini sangat mempesona. Buih-buih putih bergemulung menuju bibir pantai. Apalagi ditambah adanya batu-batu karang yang kokoh. Pemandangan ombak yang sesekali menghantam bebatuan menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps rikza afa aditya

Pantai Ngrawah berada di DI Yogyakarta. Lebih tepatnya terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Sapto Sari, Desa Kanigoro. Dari pusat Kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Memiliki jarak tempuh kurang lebih 60 kilometer.

Wisatawan yang akan berkunjung ke pantai dengan sebutan Si Perawan yang tersembunyi ini harus menyiapkan bekal yang matang. Baik dari fisik maupun bekal makanan. Seulain harus menempuh medan yang terjal dan jalan yang naik turun, waktu tempuh dengan berjalan kaki juga lumayan lama. Sehingga diperlukan stamina yang kuat.

Adapun rute yang harus dilalui sebelum menuju Pantai Ngrawah yakni terlebih Anda harus melalui Pantai Ngrenahan. Memarkirkan kendaraan di Pantai Ngrenahan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Dari Pusat Kota Yogtakarta arahkan kendaraan menuju Jalan Wonasari hingga melalui Bukit Bintang (Patuk). Selanjutnya ambil arah menuju pertigaan Gading atau lapangan AAU. Ambil arah ke kanan menuju Playen sampai ke Kanigoro.

Di pertigaan tersebut terdapat tulisan Pantai Ngrenahan dan Pantai Ngobaran, belok kiri. Selanjutnya hingga melewati pelatihan TNI AD. Masih arah lurus menuju Pasar Trowono sampai ke Kanigoro.

Anda akan menjumpai tulisan Pantai Ngranahan dan Pantai Ngobaran, belok kiri hingga masuk ke Ngrenahan. Anda bisa menitipkan motor di parkir yang tersedia kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawah

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Amelia Sari

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona keindahan Pantai Ngrawah yang tersembunyi ini akan dikenakan harga tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Tarif tiket masuk ini sudah termasuk untuk berwisata ke deretan pantai di sekitarnya. Terutama jika ingin berwisata ke Pantai Ngrenehan dan Widodaren yang lokasinya ada dalam satu garis.

Adapun untuk tiket parkir kendaraan yakni seharga Rp 3.000 per kendaraan. Anda bisa memarkirkan di wilayah Pantai Ngrenahan sebagai gerbang masuk ke dua pantai lainnya. Lokasi parkirnya cukup luas dan memadai.

Jika ingin berwisata ke pantai nan cantik ini, Anda tak perlu memikirkan hari serta jam khusus. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Sehingga Anda bebas berkunjung kapan saja mulai Senin sampai Minggu.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Lokasi

Kegiatan Menarik Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Jeffri Cahyono

1. Menikmati Pesona Pantai

Pesona pantai memang menjadi daya tarik setiap wisatawan yang berkunjung. Kejernihan air laut serta hamparan pasirnya yang putih dan lembut membuat wisatawan selalu ingin mengulanginya untuk berkunjung. Salah satunya ke Pantai Ngrawah ini.

Selain pesona laut yang luas, juga Anda dapat menikmati pemandangan berupa barisan perbukitan yang hijau. Tingginya bukit-bukit yang menjulang tersebut semakin mempercantik suasana pantai. Terlebih jika digunakan sebagai background untuk berfoto.

2. Hunting Foto di Spot Instagramable

Bagi pecinta dunia fotografi, aktivitas yang satu ini menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Berburu foto keren pada setiap sudut pantai yang memberikan view menawan.

Biasanya para wisatawan akan memilih spot foto dengan landscape tebing batu karang yang tinggi di sebelah kiri dan kanan pantai. Selain itu, background lautan luas nan biru juga menjadi titik yang selalu difavoritkan oleh setiap wisatawan.

3. Berjalan di tepi Pantai

Meskipun sederhana, tetapi aktivitas ini cukup memberikan kedamaian jiwa. Anda bisa menikmati hembusan angin pantai yang segar, pasir halus yang menggelitik kaki, serta menikmati pemandangan Pantai Ngrawah yang tiada bosannya untuk di pandang.

Jika Anda merasa penat oleh rutinitas sehari-hari, maka bisa mencoba kegiatan ini untuk menghilangkan penat serta mengembalikan mood yang positif. Apalagi jika Anda berjalan bersama keluarga ataupun sahabat. Tentu semakin terasa indah karena bisa sambil ngobrol ataupun bercanda.

4. Olahraga Pantai

Di suasana Pantai Ngrawah yang cenderung sepi tak ada salahnya jika mencoba aktivitas olahraga. Misalnya bermain bola voli, sepakbola, bola tangan, ataupun sekedar berlari.

Anda bisa melakukannya bersama rombongan piknik yang Anda ajak liburan ke pantai eksotis ini. Sensasi angin pantai serta deburan ombak yang cantik semakin membuat Anda merasa antusias untuk berolahraga.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Hafiz Firdaus

5. Menikmati Es Kelapa

Minuman yang satu ini rasanya memang wajib dicoba ketika berada di pantai. Anda bisa menikmatinya sambil duduk di atas hamparan pasir. Kesegaran es kelapa akan semakin terasa ditambah dengan balutan lautan bersih yang luas.

Selain bisa menikmati es, Anda juga bisa sembari berjemur. Sehingga manfaatnya bisa didapatkan. Yakni manfaat minum es kelapa serta manfaat berjemur mendapat vitamin D dari sinar matahari.

6. Camping di Lokasi Pantai

Mengingat lokasi Pantai Ngrawah ini jauh dari aktivitas manusia dan ombaknya juga tidak terlalu besar, maka pengunjung dapat melakukan camping di sekitar bibir pantai. Bagi pecinta traveller pasti sangat menyukai nuansa ini.

Mereka akan mendirikan tenda-tenda camping untuk menikmati suasana pantai khususnya di malam hari. Biasanya kegiatan camping ini sangat diminati oleh pecinta traveller.

Wisatawan yang ingin berkemah bisa mendirikan tendanya di bibir pantai yang tidak terlalu dekat dengan garis pantai. Hal ini untuk mengantisipasi datangnya ombak secara tiba-tiba. Karena biasanya di waktu malam air laut akan lebih tinggi atau mengalami pasang.

7. Piknik

Berhubung suasana Pantai Ngrawah masih cenderung sepi, maka Anda bisa merasakan nuansa piknik bersama kerabat. Menggelar tikar sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Atau juga bisa melakukan aktivitas kecil lainnya seperti bernyanyi bersama diiringi alunan gitar.

Aktivitas piknik ini akan menjadi momen berharga yang tak terlupakan. Oleh sebab itu, Anda juga bisa mengabadikannya dengan kamera terbaik yang sudah disiapkan sebelumnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Irma Nuur Agustin

1. Lokasi untuk Parkir

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraannya di Pantai Ngrenahan. Dengan biaya parkir yang terjangkau, Anda sudah bisa memarkirkan kendaraan dengan nyaman. Selain itu, juga bebas berpetualang di tiga pantai sekaligus.

2. Warung

Pada saat Anda berkunjung ke Pantai Ngrawah maka Anda akan merasa bagaikan sedang berada di pulau terpencil. Suasana pantai sangatlah sepi. Tidak ada manusia yang berlalu lalang. Bahkan sejumlah fasilitas umum pun belum dibangun. Termasuk warung atau rumah makan. Anda tidak akan menjumpainya.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya rasa lapar maka wisatawan diharapkan membawa bekal makanan dari rumah. Boleh bekal masakan seperti nasi ataupun aneka camilan dan minuman kemasan.

Jikalau ada camilan yang bisa dibeli, itu hanya sebatas pedagang asongan yang memang menjual dagangannya secara terbatas. Dan ini jarang sekali ditemukan. Biasanya hanya ada di momen-momen tertentu.

3. Area Camping

Fasilitas yang bisa Anda temukan di lokasi Pantai Ngrawah adalah area camping. Wisatawan bisa mendirikan tenda-tendanya di lokasi yang tersedia. Seperti di pinggir pantai yang jauh dari bibir pantai. Meskipun tidak banyak yang berminat untuk camping di pantai ini, tetapi segi keamanan dari manusia jahat cukup dijamin. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

Namun, Anda juga harus tetap menjaga barang pribadi maupun keamanan tenda. Jika berdekatan dengan pandan laut yang memiliki duri, maka Anda harus lebih berhati-hati saat keluar masuk tenda. Khususnya di malam hari yang suasananya cukup gelap.

Demikian sekilas informasi tentang keindahan Pantai Ngrawah di Gunung Kidul. Meskipun keberadaannya masih tersembunyi, belum banyak dikunjungi wisatawan tetapi keindahan yang disuguhkan tak kalah eksotisnya dari deretan pantai populer lainnya. Jika Anda penasaran, ayo segera agendakan untuk mencoba sensasi pantai ini.