Pantai Pulau Merah, Spot Selancar yang Kaya Pesona di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Spot Selancar yang Kaya Pesona di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah merupakan surga bagi pecinta kegiatan surfing. Pantai yang memiliki pesona alam yang menawan mulai dari tanah berwarna merah, panorama sunset hingga keindahan bukit kecil.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi memang menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi wisata alam mengagumkan. Banyak sekali destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk Anda yang penasaran akan keindahannya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pulau Merah

Daya Tarik Pantai Pulau Merah

Image Credit: Google Maps (Minoru Nishio)

Apabila Anda sedang berada di Banyuwangi, maka Pantai Pulau Merah merupakan salah satu tujuan yang wajib Anda kunjungi. Sesaat setelah Anda menginjakkan kaki di pantai ini, maka Anda pun akan langsung jatuh cinta dibuatnya. Bagaimana tidak, disini Anda akan langsung disuguhkan dengan pasir putihnya yang sangat lembut.

Ditambah lagi dengan panorama alamnya yang sangat eksotis membuat siapa saja betah untuk berlama lama dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Untuk itu, pantai satu ini kerap kali menjadi alternatif bagi masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Sebab, dibandingkan jauh jauh ke Bali, Pantai Pulo Merah ini telah bisa menjadi wisata yang cocok untuk berakhir pekan.

Tak mengherankan jika destinasi satu ini menjadi salah satu wisata yang digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan pesonanya yang memang menarik untuk dikunjungi. Disini, Anda pun akan disuguhkan dengan ombak yang cukup besar. Sehingga banyak pelancong yang memanfaatkannya untuk berselancar.

Selain karena deburan ombaknya, pantai satu ini juga memiliki pemandangan sangat cantik ketika senja tiba. Hal tersebut lantaran Anda akan disuguhkan dengan pesona dan panorama alam berupa matahari tenggelam yang sangat indah di lokasi satu ini. Tak mengherankan banyak wisatawan yang rela untuk pulang malam demi menyaksikan tenggelamnya mentari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pulo Merah

Alamat Pantai Pulo Merah

Image Credit: Google Maps (Arifin Muchzuri)

Untuk Anda yang ingin merasakan indahnya pantai satu ini, maka Anda pun bisa datang menuju ke Desa Sumber Agung yang berada di Kecamatan Pesanggaran, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Bagi Anda yang berangkat dari pusat kota Banyuwangi, maka Anda bisa menempuhnya dengan jarak yakni sekitar 60 kilometer.

BACA JUGA:  19 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

Selain itu, Anda juga bisa untuk menempuhnya dengan waktu sekitar 2 jam saja. Jalur yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke kawasan wisata satu ini sebenarnya sangatlah mudah. Hal tersebut dikarenakan telah banyak sekali papan petunjuk yang tersedia. Sehingga, ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk jalan tersebut.

Tak hanya itu saja, Pantai Pulau Merah juga merupakan salah satu destinasi yang bisa dengan mudah untuk Anda jumpai di Google Maps atau aplikasi peta digital lainnya. Sehingga, Anda pun bisa dengan gampang untuk sampai di lokasi satu ini. Anda bisa menempuhnya baik menggunakan kendaraan roda dua maupun sepeda motor.

Dan bagi Anda yang ingin datang dengan menggunakan transportasi umum, tentu saja juga sangat bisa. Untuk itu, Anda bisa menempuh perjalanan tersebut dengan menggunakan bus dari Terminal Banyuwangi. Setelah itu, Anda bisa naik bus dengan tujuan Desa Pesanggran. Kemudian, sesampainya di desa tersebut Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek yang tersedia di desa tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Pulau Merah

Harga Tiket Pantai Pulau Merah

Image Credit: Google Maps (Kresna Duta)

Jika berbicara mengenai harga tiket masuk, bagi Anda yang berlibur di destinasi satu ini tentunya tak perlu merogoh kocek yang cukup besar. Hal ini dikarenakan pada tahun kemarin, Pantai Pulau Merah menetapkan tiket masuk yakni sebesar 8 ribu rupiah saja tiap orangnya.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka Anda pun tidak akan dikenakan biaya parkir atau gratis. Disini, Anda akan bisa menjumpai area parkir yang tergolong sangat luas. Ditambah lagi dengan adanya pohon di area parkir tersebut akan membuat suasana menjadi lebih rindang.

Untuk jam bukanya sendiri, loket yang ada di pantai menawan ini telah beroperasi sekitar pukul 7 pagi hingga jam 5 sore. Sehingga Anda pun bisa bermain sepuasnya di pantai ini dari pagi hingga sore. Meskipun jam tutup dari pantai ini pukul 5 sore, namun Anda tetap bisa untuk menikmati keindahan matahari terbenam yang menjadi pesona dari pantai satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pulo Merah

Kegiatan Menarik di Pantai Pulo Merah

Image Credit: Google Maps (Simon Toman)

1. Menikmati Indahnya Matahari Terbenam

Ketika berada di pantai, tentu saja hal yang akan dicari oleh para wisatawan adalah pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenamnya. Akan tetapi, ketika berada di pantai ini, maka Anda tidak akan bisa menikmati pesona keindahan matahari terbitnya. Hal ini lantaran pantai baru buka pukul 7 pagi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Namun, hal tersebut tak pernah menyurutkan niat dari para pelancong untuk tetap berkunjung ke lokasi satu ini. Sebab, Anda akan disuguhkan dengan keindahan dari matahari terbenam yang sangat cantik. Untuk bisa menikmatinya, maka Anda jangan terburu buru untuk pulang saat berada di lokasi satu ini.

Untuk menikmati pemandangan sunset yang sangat bagus tersebut, Anda bisa mulai berada di pantai sejak pukul 16.30. Pasalnya, waktu tersebut menjadi momen yang pas bagi Anda untuk mendapatkan gambar dengan panorama langit berwarna oranye di Pantai Pulau Merah. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan foto dengan background matahari tenggelam dengan sempurna.

2. Surfing

Karena ombak yang ada di pantai satu ini memang dikenal cukup besar, maka akan menjadi lokasi yang pas bagi Anda untuk surfing atau berselancar. Untuk Anda yang pertama kali mencobanya, tentu saja tak perlu khawatir. Sebab, bagi pemula akan diajarkan bagaimana caranya untuk surfing di pantai satu ini.

Dengan begitu, pantai ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berselancar. Mulai dari pemula bahkan hingga yang telah profesional. Selain itu, pantai ini juga memiliki kontur yang tidak banyak bebatuan. Sehingga, akan cukup aman jika Anda ingin untuk bermain selancar di tempat satu ini.

Ombak yang ada di pantai ini juga cukup besar. Hal tersebut dipicu oleh angin laut yang cukup kencang di pantai ini. Sehingga, ombak yang ada di lokasi ini pun memiliki ketinggian hingga mencapai lima meter. Tentunya, akan sangat pas untuk Anda yang akan bermain surfing atau berselancar.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mencoba untuk bermain surfing namun tidak memiliki alatnya tentu saja tak perlu khawatir. Pasalnya, di lokasi satu ini juga tersedia tempat persewaan alat surfing yang lengkap. Dengan begitu, Anda pun bisa berlibur dengan lebih nyaman dan mencoba serunya olahraga satu ini.

Kegiatan di Pantai Pulo Merah

Image Credit: Google Maps (Haris Faray)

3. Memancing

Tak hanya menikmati sunset dan berselancar saja, saat berada di pantai ini Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu keseruan tersendiri terutama bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Di pantai satu ini, terdapat beberapa perahu yang dimiliki oleh nelayan.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Surabaya yang Hits & Populer

Nah, untuk bisa memancing ikan maka Anda bisa menyewa perahu tersebut. Namun apabila Anda memang memiliki keinginan untuk memancing, Anda pun perlu untuk membawa peralatannya sendiri dari rumah. Hal ini dikarenakan pihak pengelola dari Pantai Pulau Merah tidak menyediakan alat untuk menyewa peralatan pancing.

Selain bisa melakukan hobi yang Anda sukai, memancing di pantai ini Anda pun juga akan mendapatkan suasana yang berbeda dibandingkan dengan pantai yang lain. Sebab, angin yang ada di pantai ini akan membuat Anda betah. Anda juga bisa membawa pulang ikan yang berhasil Anda dapatkan sembari menikmati indahnya matahari terbenam.

4. Berjalan ke Bukit

Ketika sore tiba, biasanya pantai ini akan memiliki air yang surut. Untuk itu, banyak orang yang memanfaatkannya untuk berjalan jalan menuju ke bukit yang ada di lokasi tersebut. Bahkan, Anda pun bisa menaiki bukit tersebut apabila cuaca sedang mendukung. Di atas bukit, banyak hal yang bisa Anda nikmati.

Salah satunya adalah berbagai macam biota laut yang sedang terdampar karena surutnya air laut. Sehingga Anda pun bisa melihat ikan laut hingga bintang laut saat berada disini. Selain itu, Anda juga bisa melihat indahnya panorama alam yang ada di Pantai Pulau Merah. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu dan menaiki bukit, maka Anda bisa berada di pantai mulai pukul 4 sore.

5. Bermain Air di Pantai

Bermain air di pantai tentu saja menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk Anda lakukan. Bahkan ketika cuaca sedang mendukung, wisatawan pun bahkan dibolehkan untuk berenang di pantai. Namun, apabila ombak telah berada di atas dua meter, maka hanya peselancar profesional saja yang diperbolehkan untuk melakukan kegiatan surfing.

Berwisata di Pantai Pulau Merah yang ada di Banyuwangi dapat menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selama berlibur di kota ini. Hal tersebut dikarenakan wisata satu ini memiliki banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga maupun orang yang tercinta.