Menghabiskan liburan tak hanya ke pantai atau gunung saja, berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi menjadi ide yang menarik. Padang savana yang dikenal sebagai Afrika Kecil di Indonesia dengan pesona pegunungan dan margasatwa.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-16.00, Alamat: Taman Nasional Baluran, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak taman Nasional yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yang tak kalah kondang adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Destinasi satu ini menawarkan panorama layaknya sedang berada di Afrika. Banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi destinasi satu ini, simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengintip Pesona Taman Nasional Baluran

Mengintip Pesona Taman Nasional Baluran
Image Credit: Instagram.com @nathanialianto

Taman Nasional Baluran juga sering disingkat menjadi TNB untuk lebih mudah menyebutkannya. Jika merujuk pada laman resminya, kawasan ini memiliki luas sekitar 25 ribu hektar. Dimana sebetulnya sudah masuk kawasan Situbondo, tetapi untuk pintu masuknya akan lebih dekat jika dari Banyuwangi.

Nama Baluran sendiri diambil dari salah satu gunung yang menjulang, yakni Gunung Baluran. Kawasan konservasi fauna dan flora ini memiliki bentang alam yang menakjubkan. Anda bisa menemukan pantai cantik, ekosistem hutan, padang savana hingga deretan pegunungan yang kokoh. Untuk hutannya bisa dikatakan jika TNB adalah miniatur hutan Indonesia.

Mengapa demikian? Karena hampir semua jenis hutan bisa ditemukan di sini. Mulai dari hutan Tropis, Hutan Musim, Hutan Mangrove, Hutan Pantai, Hutan Hujan hingga hutan payau. Sisa dari hutannya merupakan padang savana yang membuatnya sangat mirip dengan Africa. Terutama jika sudah ada satwa yang berkeliaran secara bebas.

Tujuan taman nasional ini tentu saja untuk melindungi serta melestarikan hewan dan tumbuhan yang ada. Setidaknya ada 28 jenis mamalia, 444 jenis tumbuhan dan 196 aves serta reptil juga pisces yang dilindungi. Beberapa satwa yang bisa ditemui ini antara lain macan tutul, banteng, merak hijau, kera sampai rangkong.

Sebelum ditetapkan sebagai taman Nasional di 6 Maret 1980, sudah satu abad jika kawasan ini memang menjadi suaka margasatwa. Proses panjang ini tidak luput dari nama AH. Loedeboer yang merupakan orang Belanda dan senang berburu. Beliau mengatakan jika kawasan Baluran sangat berperan penting dalam perlindungan ekosistem yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Baluran

Daya Tarik Nasional Baluran
Image Credit: Instagram.com @touranaktraveller

Tidak hanya menjadi hutan lindung yang memiliki banyak satwa di dalamnya, Baluran juga menyimpan banyak kemolekan. Mulai dari hadirnya padang savana dengan satwa yang bebas berkeliaran. Pemandangan ini memang sangat mirip alam bebas di Afrika yang sering ditayangkan di layar kaca. Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman liburan tersendiri.

Hal ini menjadikan kawasan TNB sebagai tempat paling pas untuk dekat dengan alamnya. Selain padang savana, di kawasan ini Anda juga bisa menemukan gua Jepang yang menjadi peninggalan sejarah. Gua Jepang ini lokasinya berada di pintu masuk. Sehingga sudah pasti Anda akan menemukan Gua Jepang ini begitu menginjakkan kaki di kawasan wisata satu ini.

Bukan hanya Gua Jepang, daya tarik lainnya juga terletak pada hutannya. Hutan yang dimiliki oleh Taman Nasional Baluran memang begitu luas. Walaupun 40%nya merupakan kawasan padang Savana. Kawasan hutannya dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan juga satwa yang unik. Sementara untuk padang savananya terdiri dari dua jenis.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Image Credit: Instagram.com @bobbysteven_

Mulai yang zona savan datar juga savana begelombang. Masing masingnya tentunya memiliki keunikan tersendiri. Hal ini menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan ketika menginjakkan kaki di kawasan ini. Di TN Baluran, Anda juga bisa menikmati pantai pantai yang begitu menarik dan menawarkan pesona tak kalah cantik.

Tidak ketinggalan, Taman Nasional ini juga memiliki unsur mistis yang terkenal. Memang tidak sekental Alas Purwo. Namun Baluran juga tidak berbeda dengan hutan hutan lain yang masih diselimuti oleh kisah misteri. Beberapa kawasan yang dinilai begitu mistis adalah Jalur Tengkorak. Masyarakat setempat juga menyebutnya sebagai Curah Tangis.

Jalur ini naik turun dan juga bergelombang, sehingga sering kali terjadi kecelakaan di wilayah ini. Bahkan tak jarah jika dalam kecelakaan tersebut memakan korban jiwa. Oleh sebab itu, ada baiknya setiap pengunjung berhati hati saat liburan kemari. Walaupun demikian kisah mistis yang ada juga memiliki daya tarik tersendiri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Baluran

Alamat Taman Nasional Baluran
Image Credit: Instagram.com @karinsatwika

Berada di antara Situbondo dan Banyuwangi, maka alamatnya berada di dua titik. Ada beberapa yang menyebutnya sebagai Taman Nasional Banyuwangi tapi ada juga yang menyebutnya Taman Nasional Situbondo. Untuk alamatnya di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab Situbondo. Atau di Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi.

Untuk mencapai kawasan taman nasional ini tidaklah sulit dan mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, tetapi juga bisa menggunakan kendaraan umum. Hampir semua kendaraan bisa dibawa menuju taman satu ini. Sekalipun bisa menggunakan kendaraan umum, maka ada baiknya tetap menyewa kendaraan untuk mengelilingi areanya.

Anda yang dari luar kota seperti Jakarta atau Jogja, bisa menggunakan kereta api atau pesawat terbang. Nantinya dilanjutkan dengan bus menuju Banyuwangi via Jember ataupun Banyuwangi via Situbondo. Akan lebih baik jika menggunakan Bus Surabaya via Situbondo karena bisa turun di depan pintu masuk TNB. Anda sebaiknya memilih yang paling mudah dan nyaman.

Jalan yang akan Anda lalui memang cukup panjang, terutama yang dari luar kota. Tetapi semuanya akan terbayar lunas dengan panorama yang disuguhkan. Akses jalannya sudah terbilang memadai, mengingat jalurnya merupakan jalur utama. Jika ingin menyewa kendaraan umum seperti jeep, maka Anda bisa langsung menemukannya di dekat pintu masuk.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Taman Nasional

Harga Tiket Taman Nasional
Image Credit: Instagram.com @difia_mdy

Untuk menjelajah keindahan Taman Nasional Baluran, Anda tidak membutuhkan budget yang banyak. Harga tiket masuk sekitar Rp 15 ribu saja di tahun 2020 kemarin. Jika mengalami kenaikan harga tiket masuk tidak akan terlalu banyak. Tarif ini akan dibedakan saat hari biasa dan juga akhir pekan. Dimana saat akhir pekan akan mengalami kenaikan sekitar Rp 17500 saja.

Harga yang telah disebutkan berlaku untuk Anda wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan internasional bisa mencapai 20 kali lipat. Sementara untuk waktu terbaik berkunjung, bisa dilakukan kapan saja. Mengingat setiap musim akan menampilkan sisi yang berbeda. Jika musim kemarau padang savananya akan begitu mengagumkan.

Sementara untuk musim hujan Anda bisa melihat bunga bunga diwujud tercantiknya. Untuk jam bukanya mulai dari 07.30 sampai 16.00 untuk hari Senin sampai Minggu. Mengunjungi kawasan ini bisa kapan saja, tapi Anda benar benar tidak boleh mengabaikan waktu tutupnya. Hal ini karena nantinya kondisi jalanan akan begitu gelap.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Baluran

Aktivitas di Taman Nasional Baluran
Image Credit: Instagram.com @ferdiozom

1. Mengunjungi Goa Jepang

Karena berada di bagian awal, Anda bisa menjadikan Goa Jepang ini sebagai tujuan wisata Anda. Dahulunya goa ini dijadikan sebagai tempat menyimpan amunisi juga tempat bertajan saat penjajahan Jepang. Memiliki luas sekitar 12 meter, hingga kini Goa Jepang ini masih terjaga dan dikelola dengan baik.

2. Menyusuri Hutan Musim dan Hutan Abadi

Setelah melewati Goa Jepang, Anda akan diajak untuk menyusuri bagian hutan musim dan hutan Abadi. Hutan ini memang tidak seindah padang savananya, tapi tetap saja akan memberikan pengalaman yang berbeda. Ada banyak wisatawan yang akan berhenti sejenak untuk mengambil beberapa foto cantik.

3. Singgah di Savana Bekol

Savana Bengkol menjadi spot yang paling favorit untuk dikunjungi. Hamparan hijau dengan pegunungan sebagai backgroundnya membuatnya semakin sempurna. Spot ini memang menjadi bagian utama dari TNB. Di bagian satu ini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tetapi juga bisa bertemu dengan banyak satwa liar.

Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda saat Anda di kawasan ini. Karena setiap sudut memang sangat sayang dilewatkan dalam bidikan kamera Anda. Anda juga bisa puas mengambil beberapa foto dengan panorama yang mengagumkan. Di area ini juga terdapat fasilitas yang memadai.

4. Bermain di Pantai Cantiknya

Setelah mengunjungi beberapa tempat, kini saatnya bagi Anda menikmati wisata baharinya. Ada Pantai Kajang dan Pantai Bama yang bisa Anda kunjungi. Pantai Bama terkenal dengan pasir putih dengan karang yang kokoh. Anda bisa snorkeling karena bawah lautnya menawan. Sementara di Pantai Kajang Anda bisa izin untuk menangkap ikannya yang terkenal mudah ditangkap.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Baluran

Fasilitas di Taman Nasional Baluran
Image Credit: Instagram.com @reendypramana

Lokasi Taman Nasional Baluran memang jauh dari pusat kota. Kendati demikian, Anda sudah bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang lengkap. Anda bisa menemukan tempat ibadah, toilet hingga warung makan. Bahkan Anda bisa mendapatkan penginapan yang jaraknya tak terlalu jauh. Anda juga bisa bermalam dengan cara berkemah.

Saat berkemah, Anda tidak akan diijinkan untuk mendirikan tenda di kawasan hewan liarnya. Harga penginapan juga terbilang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribuan per malamnya. Kondisi fasilitas di TNB memang sudah memadai, hanya saja tidak ada penerangan yang memadai. Beberapa titik jalan juga masih belum dapat perhatian.

Keindahan yang dimiliki oleh Taman Nasional Baluran memang menawarkan pesona yang tak terbantahkan. Baik dari segi pemandangan hingga satwanya sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan Anda. Pastikan Anda menyiapkan perbekalan dan juga fisik yang kuat saat tiba di destinasi satu ini.