Jawa Timur

19 Tempat Wisata di Banyuwangi

19 Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyuwangi ini memiliki keindahan alam yang membuat Anda betah berlama lama di sini. Banyuwangi ini salah satu kota yang mengalami perkembangan yang pesat. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Banyuwangi ini.

Seperti Pantai, Pegunungan, Taman, Bukit, Air Terjun dan masih banyak lagi. Banyuwangi terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan masih banyak sisi menarik dari Banyuwangi yang masih belum di ketahui banyak orang.

1. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

Lokasi: Lider, Sumberarum, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Jelajahiindonesiamu.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Banyuwangi Anda wajib berkunjung ke air terjun yang satu ini. Lokasi Air Terjun Lider ini berada di Sumberarum, Songgon Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Pemandangan sekitar air terjun ini sangat indah dan udaranya sejuk.

Anda bisa bermain di air terjun ini bersama keluarga, teman, maupun kerabat. Di sekitar air terjun ini di kelilingi oleh pohon-pohon hijau yang rimbun yang membuat suasana air terjun merasa tenang. Harga tiket masuk menuju Air Terjun Lider ini juga murah yaitu sebesar Rp 5.000.

2. Teluk Biru

Teluk Biru

Lokasi: Sengrong, Purworejo, Kalipait, Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Bagi Anda yang menggemari diving dan snorkeling di tempat ini Anda bisa melakukannya. Teluk Biru ini adalah salah satu tempat diving terbaik di Jawa Timur ini. Air di Teluk Biru ini jernih dan juga berwarna biru yang membuat suasana di pantai ini menjadi segar dan memanjakan mata.

Anda juga bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah sekali. Teluk biru ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan pada akhir pekan atau hari libur. Teluk Biru ini berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Mirah Fantasia

Mirah Fantasia

Lokasi: Jl. Karimun Jawa No.81, Lateng, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Mirah Fantasia ini adalah salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang masih baru. Anda bisa melihat berbagai macam satwa yang ada di tempat ini, seperti gajah, burung-burung, ikan, dan masih banyak lagi.

Lebih menyenangkan dan seru jika Anda mengajak keluarga, kerabat atau pun teman. Pemandangan di sekitar tempat ini juga indah dan bagus. Di sini juga ada wahana rekreasi di pantai, naik gajah dan juga kolam renang yang bisa Anda coba. Nah lokasi mirah fantasia ini berada di Jl. Karimun Jawa, Lateng, Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Pura Agung Blambangan

Pura Agung Blambangan

Lokasi: Blambangan, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Pura Agung Blambangan ini adalah bagian dari situs Umpak Songo. Tempat ini merupakan peninggalan dari kerajaan Blambangan yang masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Di sini juga ada spot-spot yang bagus untuk berfoto, dan hasilnya akan keren. Lokasi pura ini ada di Blambangan, Muncar, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

5. Umbul Bening

Umbul Bening

Lokasi: Desa Sumbergondo, Glenmore, Salamrejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Explorewisata.com

Lokasi tempat wisata Umbul Bening ini berada di Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur. Umbul Bening ini terletak di sebuah perbukitan hijau yang indah. Anda bisa berenang sambil menikmati udara yang segar dan juga pemandangan yang indah.

Di sini juga memiliki beberapa kolam ada kolam untuk dewasa dan juga kolam untuk anak-anak. Tingkat kedalaman setiap kolam berbeda beda sehingga akan lebih aman. Harga tiket masuk Umbul Bening juga murah hanya Rp 5.000 per orang.

6. Watu Dodol

Watu Dodol

Lokasi: Jl. Situbondo – Banyuwangi No.KM 14, Parasputih, Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Tabloidwisata.com

Watu Dodol ini adalah salah satu Objek Wisata di Banyuwangi yang memiliki pesona yang cantik. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga atau kerabat. Watu Dodol ini adalah sebuah batu besar yang tegak berdiri di pinggir jalan.

Watu dodol ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Bagi yang gemar berfoto di tempat ini memiliki spot yang keren untuk di jadikan sebagai objek berfoto. Watu Dodol ini berlokasi di Jl. Situbondo – Banyuwangi, Parasputih, Bangsring, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism

Lokasi: Dusun Bloksolo, RT. 1, RW. 2, Desa Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Gebang Kandel, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Titinwulan.wordpress.com

Mangrove Bedul Ecotourism ini bisa menjadi tempat berlibur Anda. Tempat ini adalah kawasan hutan bakau yang ada di Banyuwangi. Di kelilingi oleh ratusan bakau menjadi suasana di sekitar menjadi indah.

Anda bisa berjalan jalan mengelilingi tempat ini sambil melihat pemandangan hutan bakau yang indah. Tempat ini juga bagus sekali bila dijadikan sebagai background Anda dalam foto. Mangrove Bedul Ecotourism terletak di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Gebang Kandel, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

8. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Lokasi: Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @oddzhaheho

Lokasi Air Terjun Jagir ini berada di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun yang satu ini juga sering disebut dengan curug 3 saudara. Disebut curug 3 saudara karena aliran air terjun ini berasal dari 3 desa yang berbeda beda.

Anda juga bisa bermain air di air terjun jagir ini sambil menikmati udara sekitar yang sejuk dan segar. Airnya juga bersih dan jernih, banyak yang bilang bahwa air di air terjun ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena memiliki pemandangan yang indah Anda pasti betah berlama lama di tempat yang satu ini.

9. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Pantai Trianggulasi ini bisa menjadi referensi tempat wisata untuk Anda. Pantai yang satu ini memiliki keindahan yang mempesona. Meskipun pantai ini belum begitu terkenal, tetapi pantai ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri.

Hamparan pasir putih dan udara pantai yang sejuk membuat suasana di pantai ini dapat menenangkan hati dan pikiran. Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil bersantai. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kendalrejo, Tegaldimo, Banyuwangi.

10. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi

Lokasi: Pesanggaran, Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Pantai Parang Kursi ini berada di Pesanggaran, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di salah satu spot di tempat ini Anda dapat menemukan sebuah karang butu raksasa yang memiliki bentuk menyerupai kursi. Karena hal itulah pantai ini di beri nama Pantai Parang Kursi.

Anda bisa menghabiskan waktu di tempat ini bersama keluarga, kerabat, atau pun sahabat. Memiliki air yang bersih dan jernih dan udara yang sejuk membuat Anda betah berlama lama di pantai ini.

11. Rowo Bayu

Rowo Bayu

Lokasi: Kentangan, Bayu, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Weziee.com

Rowo Bayu adalah sebuah telaga yang merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Jawa Timur. Lokasi Rowo Bayu ini berada di Kentangan, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Telaga rowo bayu ini adalah salah satu tempat yang pernah di diami oleh Raja Blambangan Tawang Alun. Pemandangan di rowo bayu ini juga indah. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang telaga rowo bayu ini di jamin hasilnya keren.

12. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring

Lokasi: Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Pantai Bangsring ini berada di Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Bangsring ini terkenal akan terumbu karangnya yang cantik dan indah. Terumbu karang di tempat ini di rawat dengan sangat baik agar kelestariannya tetap terjaga.

Para pengunjung juga bisa diving, berenang dan juga snorkeling. Anda bisa melihat keindahan terumbu karang dari kedalaman 2 meter saja. Anda bisa bersantai sambil menikmati udara pantai yang sejuk.

13. Alas Purwo

Alas Purwo

Lokasi: Jl. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Ijenvolcanotour.com

Alas Purwo ini menjadi salah satu tempat yang populer di Banyuwangi. Tempat ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan asing untuk menikmati suasana hutan di Alas Purwo ini. Hutan di tempat ini masih terjaga keasrian dan kelestariannya sejak dahulu.

Alas purwo ini merupakan salah satu hutan yang tertua di Pulau Jawa. Lokasi Alas Purwo ini terletak di Jl. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

14. Teluk Hijau

Teluk Hijau

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Bromoprivatetour.wordpress.com

Teluk Hijau ini memiliki warna air yang unik dan juga pemandangan di sekitarnya sangat indah. Air di Teluk Hijau ini berwarna biru kehijau-hijauan yang mempesona. Warna tersebut di sebabkan oleh tanaman alga yang hidup dan tumbuh di dasar air Teluk Hijau ini.

Airnya yang jernih dan juga terdapat batu-batu karang yang besar yang mengelilingi Teluk Hijau ini. Teluk Hijau ini terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Biaya tiket masuk menuju Teluk Hijau ini yaitu Rp 7.500 per orangnya.

15. Pulau Merah

Pulau Merah

Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Cekajah.com

Pulau Merah ini adalah pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah yang wajib Anda kunjungi. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink kemerah merahan yang sangat unik dan menarik. Jika di lihat dari kejauhan pantai ini terlihat sangat menarik, karena gradasi air pantai yang seolah olah seperti pelangi.

Karena hal itulah pantai ini sangat menarik minat para wisatawan di luar sana. Lokasi Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lebih menyenangkan lagi apabila Anda berkunjung dengan keluarga.

16. Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodadi Glenmore

Lokasi: Karangharjo, Glenmore, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Sukita.info

Lokasi Waduk Sidodadi Glenmore ini berada di Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di tempat ini Anda bisa menyewa perahu kayu untuk mengelilingi di sekitar waduk ini sambil melihat-lihat pemandangan di sekitar waduk ini.

Di sini ada wahana permainan seru yang bisa Anda coba, seperti flying fox, ATV, mini trail dan juga sirkuit motor. Bagaimana Anda tertarik mengunjungi tempat ini?

17. Taman Sritanjung

Taman Sritanjung

Lokasi: Jl. Sritanjung, Temenggungan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Apabila Anda ingin piknik bersama anggota keluarga di sebuah taman yang indah, Anda bisa mengunjungi Taman Sritanjung ini. Destinasi Wisata di Banyuwangi ini juga terdapat tempat untuk jogging yang bisa Anda gunakan. Di sekeliling taman ini juga ada pepohonan yang rindang, Anda bisa bersantai di tempat ini.

Di taman ini juga terdapat pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar taman ini. Banyak sekali aneka jajanan yang bisa Anda beli jika Anda merasa lapar.

18. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Lokasi: Jl. Sukamade No.99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Agentwisatabromo.com

Pantai yang satu ini memiliki berbagai macam jenis flora dan dan fauna bahkan bisa sampai ratusan. Lokasi Pantai Sukamade ini terletak di Jl. Sukamade No. 99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini terletak tidak jauh dari G-Land.

Anda bisa melihat langsung berbagai macam habitat dan bentuk perkembangbiakan fauna. Jadi Anda bisa merasakan berlibur sekaligus menambah pengetahuan Anda tentang flora dan fauna.

19. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Wisataid.com

Wedi Ireng ini adalah pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang indah yang hampir menyelimuti seluruh pantai. Ada juga pasir putih yang letaknya berdampingan dengan pasir hitam tadi. Anda tidak di perbolehkan berenang di pantai ini, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar jadi Anda harus berhati-hati.

Wedi Ireng ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Harga tiket masuk ke pantai ini juga murah dan terjangkau yaitu Rp 3000 per orangnya.