35 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Terhits Dikunjungi

19 Tempat Wisata di Banyuwangi

Butuh Liburan Seru? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Banyuwangi, Jawa Timur. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan Bersama Orang Terdekat.

Banyuwangi ini memiliki keindahan alam yang membuat Anda betah berlama lama di sini. Banyuwangi ini salah satu kota yang mengalami perkembangan yang pesat. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Banyuwangi ini.

Seperti Pantai, Pegunungan, Taman, Bukit, Air Terjun dan masih banyak lagi. Banyuwangi terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan masih banyak sisi menarik dari Banyuwangi yang masih belum di ketahui banyak orang.

1. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

Image Credit: Jelajahiindonesiamu.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Banyuwangi Anda wajib berkunjung ke air terjun yang satu ini. Lokasi Air Terjun Lider ini berada di Sumberarum, Songgon Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Pemandangan sekitar air terjun ini sangat indah dan udaranya sejuk.

Anda bisa bermain di air terjun ini bersama keluarga, teman, maupun kerabat. Di sekitar air terjun ini di kelilingi oleh pohon-pohon hijau yang rimbun yang membuat suasana air terjun merasa tenang. Harga tiket masuk menuju Air Terjun Lider ini juga murah yaitu sebesar Rp 5.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lider, Sumberarum, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Image Credit: Instagram.com @gandhanganom

Berkunjung ke Banyuwangi belum lengkap rasanya jika tidak singgah di Taman Nasional Baluran. Destinasi ini akan membawa Anda seolah olah sedang di Afrika. Baluran menawarkan padang savana paling luas di Pulau Jawa. Hadirnya spesies flora dan fauna yang begitu beragam. Pemandangan ini akan membuat Anda terkagum kagum.

Jangan merasa kaget, jika Anda akan menyaksikan kawanan rusa yang berlarian secara bebas. Merak yang sedang memamerkan kemolekan ekornya hingga gerombolan banteng. Jangan lupakan kancil, monyet, belasan elang sampai bangau. Benar benar seperti sedang ada di taman safari Afrika. Anda juga bisa berburu spot spot yang instagenic.

Beberapa pengunjung bahkan memilih untuk mendirikan tenda agar menikmati suasananya lebih lama. Tenang saja, pengelola sudah menyiapkan camping ground juga wisma. Sehingga Anda bisa menemukan fasilitas seperti kamar mandi atau air yang memadai. Pastikan Anda menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak merusak dan mengganggu ekosistem yang ada.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur.

3. Teluk Biru

Teluk Biru

Image Credit: Jejakpiknik.com

Bagi Anda yang menggemari diving dan snorkeling di tempat ini Anda bisa melakukannya. Teluk Biru ini adalah salah satu tempat diving terbaik di Jawa Timur ini. Air di Teluk Biru ini jernih dan juga berwarna biru yang membuat suasana di pantai ini menjadi segar dan memanjakan mata.

Anda juga bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah sekali. Teluk biru ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan pada akhir pekan atau hari libur. Teluk Biru ini berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengrong, Purworejo, Kalipait, Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Jembatan Selfie Kalilo

Jembatan Selfie Kalilo

Image Credit: Instagram.com @rassya.aditya.bintang13

Perjalanan Anda menjelajah Banyuwangi tak hanya perihal pemandangan alam saja. Anda bisa mengunjungi salah satu destinasi kekinian yang dikenal dengan Jembatan Selfie Kalilo. Kanal yang diampit dengan bangunana warna warni ini memang menarik perhatian. Sebelumnya, daerah Sungai Kalilo merupakan daerah yang kumuh.

Hingga akhirnya berganti wajah menjadi tempat selfie yang hits. Sungai satu ini juga sudah bersih, rumah rumah yang ada di kanan kirinya sudah berwarna warni. Jembatan sebagai ikonnya juga sudah ditambahkan dengan pernak pernik yang membuatnya makin cantik. Pastikan Anda membawa kamera andalan dan menyiapkan memori yang lega.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Singonegaran, Pengantigan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

5. Mirah Fantasia

Mirah Fantasia

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Mirah Fantasia ini adalah salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang masih baru. Anda bisa melihat berbagai macam satwa yang ada di tempat ini, seperti gajah, burung-burung, ikan, dan masih banyak lagi.

Lebih menyenangkan dan seru jika Anda mengajak keluarga, kerabat atau pun teman. Pemandangan di sekitar tempat ini juga indah dan bagus. Di sini juga ada wahana rekreasi di pantai, naik gajah dan juga kolam renang yang bisa Anda coba. Nah lokasi mirah fantasia ini berada di Jl. Karimun Jawa, Lateng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karimun Jawa No.81, Lateng, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

6. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Image Credit: Instagram.com @faisholfai

Indonesia memang dikelilingi dengan banyak gunung berapi, tetapi Kawah Ijen tak kalah spesial. Memiliki puncak setinggi 2.443 mdpl, Anda bisa menemukan danau kaldera di kawahnya. Danau ini menjadi danau kaldera yang paling besar di dunia. Warna hijau kebiruan dengan asap belerang yang membumbung begitu menakjubkan.

Pesona ini akan semakin memukau ketika pagi datang. Anda akan disuguhkan dengan matahari terbit yang luar biasa cantik. Memang jalur pendakian yang ditempuh tidak sebentar, tapi pesonanya sebanding dengan keindahannya. Anda juga bisa menikmati pesona api biru yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Banyuwangi dan Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

7. Pura Agung Blambangan

Pura Agung Blambangan

Image Credit: Ulinulin.com

Pura Agung Blambangan ini adalah bagian dari situs Umpak Songo. Tempat ini merupakan peninggalan dari kerajaan Blambangan yang masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Di sini juga ada spot-spot yang bagus untuk berfoto, dan hasilnya akan keren. Lokasi pura ini ada di Blambangan, Muncar, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blambangan, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

8. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Image Credit: Instagram.com @nurrshahidna

Pulau Tabuhan merupakan pulau mungil yang menawarkan keindahan mengagumkan. Hamparan pasir putih dengan laut biru membentuk gradasi menjadi pemandangan tersendiri. Diberi nama Pulau Tabuhan, karena angin yang hadir layaknya tabuhan musik. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, seperti wind surfing, snorkeling dan lainnya.

BACA JUGA:  Batu Secret Zoo, Wisata Kebun Binatang Modern di Kota Batu
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

9. Umbul Bening

Umbul Bening

Image Credit: Explorewisata.com

Lokasi tempat wisata Umbul Bening ini berada di Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur. Umbul Bening ini terletak di sebuah perbukitan hijau yang indah. Anda bisa berenang sambil menikmati udara yang segar dan juga pemandangan yang indah.

Di sini juga memiliki beberapa kolam ada kolam untuk dewasa dan juga kolam untuk anak-anak. Tingkat kedalaman setiap kolam berbeda beda sehingga akan lebih aman. Harga tiket masuk Umbul Bening juga murah hanya Rp 5.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumbergondo, Glenmore, Salamrejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

10. Rumah Apung Bangsring

Rumah Apung Bangsring

Image Credit: Instagram.com @bangsringunderwater

Rumah Apung Bangsring atau yang juga dikenal dnegan Bunder Bansring adalah rumah apung yang lokasinya berada di tengah laut. Wisatawan yang datang akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda bisa merasakan sensasi berenang di laut luas bersama dengan ikan ikan hiu yang ada.

Kegiatan ini memang terdengar menyeramkan, padahal ikan hiu yang ada memang sudah dijinakkan dan tak terlalu galak. Dengan begitu pengunjung bisa bermain bebas dengan para ikan hiu. Spesies ikan lainnya juga bisa Anda temukan, belum lagi terumbu karangnya yang masih terjaga. Rumah apung ini memang masih baru, tetapi sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

11. Watu Dodol

Watu Dodol

Image Credit: Tabloidwisata.com

Watu Dodol ini adalah salah satu Objek Wisata di Banyuwangi yang memiliki pesona yang cantik. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga atau kerabat. Watu Dodol ini adalah sebuah batu besar yang tegak berdiri di pinggir jalan.

Watu dodol ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Bagi yang gemar berfoto di tempat ini memiliki spot yang keren untuk di jadikan sebagai objek berfoto. Watu Dodol ini berlokasi di Jl. Situbondo – Banyuwangi, Parasputih, Bangsring, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Situbondo – Banyuwangi No.KM 14, Parasputih, Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

12. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Image Credit: Instagram.com @shiba_travel

Jawatan Benculuk merupakan tempat yang awalnya dibangun untuk resapan dan juga menimbun kayu jati. Berada di bawah naungan Perhutani Banyuwangi, perlahan berubah menjadi destinasi wisata yang naik daun. Hal ini dikarenakan adanya pohon pohon trembesi yang begitu rindang, dan menjadikan kawasan ini memiliki pemandangan yang eksotis.

Jika melihatnya, Anda seakan sedang berada di negeri dongeng dengan suasana yang cantik sekaligus misterius. Sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang hobi berburu foto foto cantik. Saat sore hari sinar mentari akan menerobos melalui celah pepohonan, menghadirkan pesona magis layaknya Film Lord Of The Rings.

Wajar saja jika destinasi satu ini perlahan populer dan banyak dikunjungi. Terutama ketika sore hari, banyak yang sengaja datang untuk berburu foto cantik. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik lainnya. Seperti bersepeda, memancing hingga arum jeram yang akan menantang adrenalin Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwosari, Benculuk, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

13. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism

Image Credit: Titinwulan.wordpress.com

Mangrove Bedul Ecotourism ini bisa menjadi tempat berlibur Anda. Tempat ini adalah kawasan hutan bakau yang ada di Banyuwangi. Di kelilingi oleh ratusan bakau menjadi suasana di sekitar menjadi indah.

Anda bisa berjalan jalan mengelilingi tempat ini sambil melihat pemandangan hutan bakau yang indah. Tempat ini juga bagus sekali bila dijadikan sebagai background Anda dalam foto. Mangrove Bedul Ecotourism terletak di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Gebang Kandel, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Bloksolo, RT. 1, RW. 2, Desa Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Gebang Kandel, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

14. Lori Wisata Kalibaru

Lori Wisata Kalibaru

Image Credit: Instagram.com @kaidaop9

Daerah ujung timur Jawa Timur ini juga menawarkan kegiatan liburan yang menyenangkan. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan menggunakan kereta api atau yang dikenal dengan lori wisata. Tentunya hal ini menarik perhatian wisatawan yang sedang berkunjung ke tanah Blambangan. Lori ini akan membawa Anda melintasi perkebunan kopi.

Perjalanan akan dimulai dari Stasiun Kalibiru dan menuju ke Stasiun Mrawan PP. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Sejenak akan berhenti di Terowongan yang gelap untuk memberi ruang mengambil foto. Dalam satu lori nantinya berisi 16 penumpang, dan lama perjalanan sekitar 50 menit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kalibaru, Dusun Krajan, Banyuanyar, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

15. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Image Credit: Instagram @oddzhaheho

Lokasi Air Terjun Jagir ini berada di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun yang satu ini juga sering disebut dengan curug 3 saudara. Disebut curug 3 saudara karena aliran air terjun ini berasal dari 3 desa yang berbeda beda.

Anda juga bisa bermain air di air terjun jagir ini sambil menikmati udara sekitar yang sejuk dan segar. Airnya juga bersih dan jernih, banyak yang bilang bahwa air di air terjun ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena memiliki pemandangan yang indah Anda pasti betah berlama lama di tempat yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

16. Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko

Image Credit: Google Maps (DIMITHREE)

Bukit Mondoleko menawarkan panorama lima gunung berjajar yang menakjubkan. Mulai dari Gunung Merapi, Meranti, Suket, Raung hingga Kendil akan terlihat gagah. Gardu pandang yang disediakan menjadi spot paling favorit bagi pengunjung. Spot spot swafoto turut dihadirkan, ditambah lagi dengan udara sejuk dan fasilitas yang memadai semakin memanjakan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sragi, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

17. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Image Credit: Jejakpiknik.com

Pantai Trianggulasi ini bisa menjadi referensi tempat wisata untuk Anda. Pantai yang satu ini memiliki keindahan yang mempesona. Meskipun pantai ini belum begitu terkenal, tetapi pantai ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

Hamparan pasir putih dan udara pantai yang sejuk membuat suasana di pantai ini dapat menenangkan hati dan pikiran. Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil bersantai. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kendalrejo, Tegaldimo, Banyuwangi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

18. Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore

Image Credit: Google Maps (Diana LM)

Tempat wisata dengan spot swafoto yang melimpah saat ini memang menjadi andalan. Anda yang berada di Banyuwangi bisa mengunjungi salah satu tempat hits yaitu Rumah Kurcaci Glenmore. Rumah kurcaci ini sebenarnya terletak di dalam Cafe yang dikenal dengan Glen Cafe. Namun nama Rumah Kurcaci Glenmore menjadi lebih kondang dibanding cafenya.

Lokasi rumah kurcaci ini di bagian belakang, ada empat rumah kecil kecil berjejer yang cantik. Taman bebatuan yang tersusun apik hadir di depan rumah rumah kurcaci ini. Hadir juga tempat bermain anak yang semuanya sangat cocok jadi spot selfie. Anda bisa memasuki rumah rumah kurcaci yang di dalamnya tak kalah unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangharjo, Kec. Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

19. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi

Image Credit: Banyuwangibagus.com

Pantai Parang Kursi ini berada di Pesanggaran, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di salah satu spot di tempat ini Anda dapat menemukan sebuah karang butu raksasa yang memiliki bentuk menyerupai kursi. Karena hal itulah pantai ini di beri nama Pantai Parang Kursi.

Anda bisa menghabiskan waktu di tempat ini bersama keluarga, kerabat, atau pun sahabat. Memiliki air yang bersih dan jernih dan udara yang sejuk membuat Anda betah berlama lama di pantai ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pesanggaran, Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

20. Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren

Image Credit: Instagram.com @eng532

Di Banyuwangi Anda juga bisa wisata budaya yang tak kalah menarik. Datang saja langsung ke Desa Wisata Osing Kemiren. Dimana Anda bisa melihat lebih dekat kehidupan suku Osing beserta tradisi dan budayanya. Masyarakat yang ada memang masih memegang teguh kebudayaannya. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota hanya sekitar 15 menit saja.

Anda akan disuguhkan dengan rumah rumah kuno suku Osing yang sudah berusia ratusan tahun. Terdapat juga satu rumah dengan ukuran yang besar, dimana Anda bisa menyaksikan pertunjukkan seni seperti Othek, Barong Kemiren dan lainnya. Bahkan Anda juga bisa mencicipi kue dan makanan khas suku Osing.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

21. Rowo Bayu

Rowo Bayu

Image Credit: Weziee.com

Rowo Bayu adalah sebuah telaga yang merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Jawa Timur. Lokasi Rowo Bayu ini berada di Kentangan, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Telaga rowo bayu ini adalah salah satu tempat yang pernah di diami oleh Raja Blambangan Tawang Alun. Pemandangan di rowo bayu ini juga indah. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang telaga rowo bayu ini di jamin hasilnya keren.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kentangan, Bayu, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

22. Pantai Boom

Pantai Boom

Image Credit: Instagram.com @agunggallery18

Sebelum dibuka menjadi tempat wisata, sebelumnya kawasan pantai ini menjadi pusat transportasi yang menghubungkan Jawa Bali. Tetapi saat ini sudah menjadi wisata yang hits dan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berbeda dengan pantai lainnya, Anda akan menemukan pasir hitam yang membuatnya tampak makin eksotis.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang, hanya saja pengunjung tak diizinkan untuk berenang. Pengunjung yang datang kebanyakan akan menikmati pemandangan pantainya. Spot spot selfie yang melimpah juga menjadi daya tariknya. Tidak ketinggalan sunrisenya yang mendapat julukan the sunrise of java yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kampung Mandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

23. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring

Image Credit: Jejakpiknik.com

Pantai Bangsring ini berada di Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Bangsring ini terkenal akan terumbu karangnya yang cantik dan indah. Terumbu karang di tempat ini di rawat dengan sangat baik agar kelestariannya tetap terjaga.

Para pengunjung juga bisa diving, berenang dan juga snorkeling. Anda bisa melihat keindahan terumbu karang dari kedalaman 2 meter saja. Anda bisa bersantai sambil menikmati udara pantai yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

24. Air Terjun Kampung Anyar

Air Terjun Kampung Anyar

Image Credit: Google Maps (Apry Aje)

Tidak hanya pantai, Air Terjun yang ada di Banyuwangi juga banyak yang cantik. Sebut saja Air Terjun Kampung Anyar yang juga disebut sebagai Air terjun Kembar. Ada banyak sebutan untuk air terjun ini memang, sehingga Anda tak perlu bingung. Air terjun satu ini memang menakjubkan, bagaimana tidak yang disuguhkan langsung tiga air terjun sekaligus.

Kontur air terjunnya melebar dan begitu menyejukkan mata. Di bawah air terjun akan terbentuk kolam alami yang bisa dijadikan tempat untuk berenang atau berendam. Airnya yang jernih dan sejuk memang mengundang siapapun untuk bermain. Apalagi suasana sekitarnya juga masih asri dan terjaga, dijamin ingin berlama lama di air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kec .Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

25. Alas Purwo

Alas Purwo

Image Credit: Ijenvolcanotour.com

Alas Purwo ini menjadi salah satu tempat yang populer di Banyuwangi. Tempat ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan asing untuk menikmati suasana hutan di Alas Purwo ini. Hutan di tempat ini masih terjaga keasrian dan kelestariannya sejak dahulu.

Alas purwo ini merupakan salah satu hutan yang tertua di Pulau Jawa. Lokasi Alas Purwo ini terletak di Jl. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

26. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Image Credit: Instagram.com @sipavarty

Berada di ketinggian 640 mdpl, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang membuat Anda terpukau. Puncak Asmoro berjarak 13 km dari pusat kota Banyuwangi yang menawarkan pesona Selat Bali yang sibuk. Gugusan pegunungan dengan spot spot tambahan menjadikannya begitu hits. Jika ingin menantang, datang saja saat sunset yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kacangan Asri, Gombeng, Gombengsari, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

27. Teluk Hijau

Teluk Hijau

Image Credit: Bromoprivatetour.wordpress.com

Teluk Hijau ini memiliki warna air yang unik dan juga pemandangan di sekitarnya sangat indah. Air di Teluk Hijau ini berwarna biru kehijau-hijauan yang mempesona. Warna tersebut di sebabkan oleh tanaman alga yang hidup dan tumbuh di dasar air Teluk Hijau ini.

Airnya yang jernih dan juga terdapat batu-batu karang yang besar yang mengelilingi Teluk Hijau ini. Teluk Hijau ini terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Biaya tiket masuk menuju Teluk Hijau ini yaitu Rp 7.500 per orangnya.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

28. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Image Credit: Instagram.com @indrawatinovie

Wisata bahari di Banyuwangi yang tak kalah seru dan populer adalah Pantai Plengkung. Pantai satu ini juga dikenal dengan G Land yang popularitasnya hingga ke seluruh dunia. Hal ini dikarenakan pantai ini menjadi spot surfing terbaik se Asia Tenggara, bahkan ombaknya menjadi ombak terbaik dari 7 ombak terbaik di seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin berselancar, ada baiknya datang saat bulan Juli hingga September. Pada bulan tersebut, ombak tingginya hingga mencapai 6 sampai 8 meter. Jika tidak ingin surfing, berbagai kegiatan menarik juga bisa dilakukan. Mulai dari berjemur, memancing, snorkeling ataupun berburu sunsetnya yang tak kalah cantik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

29. Pulau Merah

Pulau Merah

Image Credit: Cekajah.com

Pulau Merah ini adalah pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah yang wajib Anda kunjungi. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink kemerah merahan yang sangat unik dan menarik. Jika di lihat dari kejauhan pantai ini terlihat sangat menarik, karena gradasi air pantai yang seolah olah seperti pelangi.

Karena hal itulah pantai ini sangat menarik minat para wisatawan di luar sana. Lokasi Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lebih menyenangkan lagi apabila Anda berkunjung dengan keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

30. Gunung Raung

Gunung Raung

Image Credit: Google Maps (Spirit of Adventure by Pepen VArtworks)

Kegiatan mendaki di Banyuwangi tak hanya bisa dilakukan di Kawah Ijen saja. Anda juga bisa mengunjungi Gunung Raung tak kalah eksotis. Yang membuat gunung ini unik, Gunung Raung memiliki empat puncak yang bisa dijelajahi. Puncak tersebut terdiri dari Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, Puncak 17 dan yang paling tinggi Puncak Sejati.

Jika Kawah Ijen merupakan kaldera biru yang masih aktif, maka Gunung Raung adalah kaldera kering paling besar kedua di Indonesia. Gunung Raung tak hanya memiliki pesona menawan, tetapi untuk menjangkaunya juga dibutuhkan usaha yang keras. Medannya terbilang menantang, tetapi pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunosari, Kec. Tlogosari, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

31. Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodadi Glenmore

Image Credit: Sukita.info

Lokasi Waduk Sidodadi Glenmore ini berada di Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di tempat ini Anda bisa menyewa perahu kayu untuk mengelilingi di sekitar waduk ini sambil melihat-lihat pemandangan di sekitar waduk ini.

Di sini ada wahana permainan seru yang bisa Anda coba, seperti flying fox, ATV, mini trail dan juga sirkuit motor. Bagaimana Anda tertarik mengunjungi tempat ini?

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangharjo, Glenmore, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

32. Dialoog Banyuwangi

Dialoog Banyuwangi

Image Credit: Instagram.com @putisarah

Dialoog Banyuwangi sendiri merupakan sebuah hotel yang masih terbilang baru. Berdiri di sekitar tahun 2018 lalu dan tempat menginap ini menjadi begitu kondang. Bahkan menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya menghadirkan tempat bermalam yang nyaman, fasilitas unggulan saja, panorama yang ditawarkan juga memukau.

Para tamu bisa langsung melihat pemandangan pantai dari balkon kamar ataupun di dalam kamar. Desainnya yang futuristik dan instagramable juga menjadikannya begitu hits. Menariknya lagi, lokasinya yang dekat dengan banyak tempat wisata di Banyuwangi juga sekalian menyediakan paket liburan. Tentu saja banyak dipilih untuk wisatawan yang enggan ribet.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kaliklatak, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

33. Taman Sritanjung

Taman Sritanjung

Image Credit: Banyuwangibagus.com

Apabila Anda ingin piknik bersama anggota keluarga di sebuah taman yang indah, Anda bisa mengunjungi Taman Sritanjung ini. Destinasi Wisata di Banyuwangi ini juga terdapat tempat untuk jogging yang bisa Anda gunakan. Di sekeliling taman ini juga ada pepohonan yang rindang, Anda bisa bersantai di tempat ini.

Di taman ini juga terdapat pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar taman ini. Banyak sekali aneka jajanan yang bisa Anda beli jika Anda merasa lapar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sritanjung, Temenggungan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

34. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Image Credit: Agentwisatabromo.com

Pantai yang satu ini memiliki berbagai macam jenis flora dan dan fauna bahkan bisa sampai ratusan. Lokasi Pantai Sukamade ini terletak di Jl. Sukamade No. 99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini terletak tidak jauh dari G-Land.

Anda bisa melihat langsung berbagai macam habitat dan bentuk perkembangbiakan fauna. Jadi Anda bisa merasakan berlibur sekaligus menambah pengetahuan Anda tentang flora dan fauna.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukamade No.99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

35. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Image Credit: Wisataid.com

Wedi Ireng ini adalah pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang indah yang hampir menyelimuti seluruh pantai. Ada juga pasir putih yang letaknya berdampingan dengan pasir hitam tadi. Anda tidak di perbolehkan berenang di pantai ini, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar jadi Anda harus berhati-hati.

Wedi Ireng ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Harga tiket masuk ke pantai ini juga murah dan terjangkau yaitu Rp 3.000 per orangnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Itulah rekomendasi tempat wisata terbaik di Banyuwangi yang dapat Anda kunjungi saat liburan. Banyuwangi menyimpan banyak potensi wisata yang patut dijaga dan dipertahankan menjadikan kota ini harus masuk dalam list kunjungan Anda berikutnya.