Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.30-16.00 WIB, Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Wisata bahari menjadi salah satu destinasi favorit bagi sebagian besar orang. Jika anda termasuk salah satunya, di daerah Banyuwangi, Jawa Timur, ada salah satu pantai yang namanya sudah terkenal mendunia. Pantai Plengkung namanya, yang mampu memberikan keindahan alam pantai sekaligus pengalaman menantang.

Bagaimana tidak, Pantai Plengkung ini memang terkenal hingga mancanegara karena menjadi salah satu spot terbaik untuk berselancar, bahkan terpilih sebagai lokasi Liga Selancar Dunia. Ombak di kawasan pantai memang cukup besar lantaran kondisi geografisnya yang berada di bagian selatan Pulau Jawa. Penasaran seperti apa pantai satu ini ?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Plengkung

Daya Tarik Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Barra 110117

1. Terkenal dengan Nama G-Land

Turis mancanegara lebih mengenal pantai ini dengan sebutan G-Land. Para peselancar asing pula yang memunculkan sebutan tersebut, hingga pantai satu ini terkenal dengan nama G-Land di mata dunia. Di balik sebutan G-Land sendiri, ternyata banyak versi mengapa namanya menjadi demikian.

Dimana huruf G di awal merupakan sebuah singkatan dari beberapa hal, seperti dari kata Grajagan. Kata tersebut adalah nama sebuah teluk yakni Teluk Grajagan yang tidak jauh dari pantai. Selain itu, huruf G pada nama G-Land juga merepresentasikan kata Green. Pasalnya letak dari pantai ini memang berada di tepi hutan tropis yang hijau.

Lingkungan sekitar Pantai Plengkung adalah green forest, yakni hutan pantai tropis dataran rendah yang masih begitu asri. Ketika dilihat menggunakan drone dari atas ketinggian, maka akan tampak berwarna kehijauan. Kemudian G dari nama G-Land pun bisa diartikan sebagai Great, sebab ombak yang ada di kawasan ini begitu besar, panjang, sekaligus penuh tantangan.

Kemudian versi berikutnya menyebutkan bahwa Plengkung disebut sebagai G-Land karena jika dilihat dari atas, bentuk pantainya memang melengkung layaknya huruf G terbalik. Posisi ini pula yang membuat ombak tinggi terbentuk, menjadikannya sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan surfing.

2. Salah Satu Tempat Surfing Terbaik

Pantai hits di Banyuwangi yang berada kawasan selatan Pulau Jawa dengan posisi seperti huruf G terbalik, membuat pantai satu ini mempunyai ombak yang tinggi. Bahkan ombak yang tercipta di daerah pantai tersebut bisa mencapai ketinggian sekitar 8 meter. Benar benar menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan olahraga surfing.

Bukan hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk melakukan selancar disini, tapi juga banyak wisatawan asing dari berbagai penjuru yang kemudian mampir untuk menjajal ganasnya ombak di sana. Mulai dari turis Rusia, Amerika, Brazil, Australia, hingga Eropa juga datang untuk berburu ombak Pantai Plengkung yang menggulung gulung.

Salah satu waktu terbaik untuk menikmati olahraga selancar di sini antara bulan April hingga September. Karena pada bulan tersebut, anginnya jauh lebih besar dan membuat gelimbang ombak juga jauh lebih tinggi. Biasanya kondisi seperti ini akan bertahan selama beberapa hari, dan selalu dinanti oleh para peselancar yang datang.

G-Land sendiri menyuguhkan tiga jenis ombak yang bisa ditemukan dan dipilih oleh para peselancar, sesuai dengan keahlian mereka. Yang pertama ada many track waves, yaitu ombak dengan ketinggian sekitar 3 sampai 4 meter. Ombak jenis satu ini cocok untuk para pemula dalam berselancar.

Selanjutnya ada ombak tingkat sedang yang disebut dengan nama speedis waves. Ombak jenis ini memiliki ketinggian kurang lebih 6 meter, dan cocok untuk para peselancar kelas menengah. Terakhir ada kong waves, yakni ombak paling tinggi yang mencapai 8 meter. Biasanya para peselancar profesional datang untuk memburu kong waves tersebut.

3. Kombinasi Tiga Warna

Bagi anda yang tidak bisa berselancar, jangan khawatir tidak bisa menikmati wisata di Pantai Plengkung Banyuwangi. Pasalnya pantai satu ini memiliki berbagai keunikan yang akan membuat anda terpesona. Salah satunya yaitu pantai tersebut memiliki kombinasi tiga warna air yang terlihat berbeda ketika dilihat dari jauh.

Warna perairan yang ada di sekitar pantai antara lain hijau, putih, dan biru. Hal ini membuat anda bisa menikmati keindahannya meski dari jarak jauh. Tapi memang, jika dilihat dari jarak dekat maka warna air lautnya cenderung biru saja. Kendati demikian, itu pun tidak mengurangi keindahan dari pantai ini.

Sebab ombak yang sesekali menyapa ke bibir pantai berpadu secara kontras dengan pasir pantai yang putih kecokelatan. Perpaduan kontras tersebut menciptakan pemandangan elok yang begitu cantik dipandang. Terlebih hamparan pasir di sini terlihat begitu bersih, dengan butiran pasir yang terasa lembut di telapak kaki.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps alan nobita

4. Lokasi yang Masih Alami

Sebagai surga bagi para peselancar dunia, nyatanya Pantai Plengkung juga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, membuat pantai ini menjadi destinasi tersembunyi yang hingga kini masih sangat terjaga kelestariannya.

Jika kebanyakan lokasi surfing yang terkenal di dunia mempunyai latar belakang bangunan besar, sebab lokasinya berdekatan dengan pusat kota. Maka sebaliknya bagi Plengkung, dimana anda akan menemukan panorama alam masih alami dan asri dengan sekeliling hutan hijau tropis.

5. Mata Air Awet Muda

Selain keindahan alam yang dihadirkannya, ada sebuah mitos mengenai Pantai Plengkung yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung kemari. Jadi, di kawasan pantai terdapat sebuah mata air yang diyakini bisa membuat seseorang menjadi awet muda. Entah hanya sekadar mitos atau memang mata air tersebut mempunyai khasiat khusus.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa cerita mengenai mata air awet muda ini berhasil menarik banyak wisatawan. Mata airnya sendiri terdapat di dalam Goa Istana yang ada di tepi pantai. Akan tetapi diperlukan usaha lebih bagi pengunjung jika ingin mencapai area mata airnya.

Alamat, Rute Pantai dan Harga Tiket

Alamat Pantai Plengkung Banyuwangi
Image Credit: Google Maps Indra Susandi

Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Dari pusat Kota Banyuwangi sendiri jaraknya sekitar 60 kilometer, meski begitu rute dan akses jalannya terbilang cukup mudah untuk dilalui. Anda bisa menggunakan rute Kalipait – Pasar Anyar – Trianggulasi – Pancur, kemudian tinggal berjalan kaki ke lokasi pantai.

Anda juga bisa memilih menggunakan jalur laut di samping melalui jalur darat. Jalur laut ke pantai ini dimulai dari Banyuwangi ke arah Benculuk, kemudian masuk ke kawasan Grajagan. Dari Grajagan, anda bisa naik perahu nelayan untuk sampai ke lokasi pantai, atau bisa juga naik speed boat agar lebih cepat.

Harga tiket masuk yang perlu anda bayarkan untuk memasuki kawasan pantai tidak mahal, cukup dengan uang sekitar Rp. 5.000 saja maka anda sudah bisa menikmati berbagai wisata yang ada. Jika anda memilih menggunakan jalur laut, maka menyeberang menggunakan perahu nelayan ke sini akan dikenai biaya sewa perahu sebesar kurang lebih Rp. 35.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Plengkung

Kegiatan Menarik Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Ikho Swie

1. Belajar Surfing

Bagi anda yang menyukai olahraga selancar, di sini anda bisa mencoba belajar surfing kilat pada para mentor yang ada di lokasi. Anda tidak perlu khawatir, karena para mentor yang sudah terlatih dan profesional akan mengajari anda dari awal. Sebagai pemula anda pun pastinya akan dibawa untuk menjajal jenis ombak yang tidak terlalu ekstrem.

2. Melihat Aktivitas Surfing dari Dekat

Jika anda menikmati olahraga surfing, namun tidak berani jika harus mencobanya secara langsung, maka anda bisa menyewa perahu jongkong di kawasan pantai. Perahu tersebut bisa diisi oleh empat orang, dan akan membawa anda ke tengah laut. Dari sana anda bisa menyaksikan dari dekat aksi para surfer yang begitu spektakuler.

3. Snorkeling dan Diving

Apabila anda kurang menyukai selancar, Pantai Plengkung Banyuwangi tetap menjadi destinasi yang menarik untuk dituju. Karena di sini anda bisa melakukan snorkeling dan diving. Sebab di pantai ini menyediakan tempat snorkeling dan diving yang sangat menakjubkan. Sayangnya, hanya tersedia tempat penyewaan alat snorkeling saja di lokasi pantai.

Kegiatan Menarik di Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Indra Susandi

4. Memancing

Memancing di tengah ombak yang begitu besar ? Tidak, di sini pihak pengelola sudah menyediakan spot memancing di pinggiran laut. Jadi anda tidak perlu ke bagian tengah untuk memancing, sehingga kegiatan ini terbilang cukup aman. Jika ingin merasakan pengalaman memancing di laut dengan sensasi yang berbeda, maka datanglah ke Plengkung.

5. Trekking

Berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, trekking dengan berjalan kaki atau bersepeda bisa menjadi kegiatan mengasyikkan yang bisa anda coba selama berkunjung ke sini. Sembari berkeliling, anda juga bisa melihat lihat penangkaran penyu yang ada di kawasan pantai.

6. Caving

Terkenalnya mitos air awet muda yang ada di dalam Goa Istana di Pantai Plengkung, membuat caving atau susur gua menjadi kegiatan favorit bagi para wisatawan. Andaikata tidak berhasil sampai di bagian mata airnya, menyusuri Goa Istana tetap terasa seru dan pastinya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Pantai Plengkung di Banyuwangi yang terkenal sebagai salah satu spot selancar terbaik, bahkan sudah diakui secara internasional, tidak hanya menyuguhkan keseruan dari ombaknya yang tinggi saja. Namun banyak kegiatan menarik yang bisa dicoba selama berkunjung ke sana. Selain itu, keindahan alamnya yang begitu asri menjadi bonus tersendiri.