16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

Tempat Makan Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai beberapa destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi kota satu ini. Selain memiliki destinasi wisata yang menarik, kota ini pun juga mempunyai beberapa tempat makan bercita rasa lezat yang bisa untuk Anda temui. Untuk itu, kali ini akan direkomendasikan beberapa tempat makan di Banyuwangi yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

1. Pecel Pincuk Bu Tin

Pecel Pincuk Bu Tin

Lokasi: Jl. Kapten Pierre Tandean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Catatannobi.com

Ketika Anda sedang berada di Banyuwangi, maka Anda pun bisa mencoba untuk sarapan Nasi Pecel Pincuk Bu Tin yang lezat ini. Nasi pecel yang di pincuk dengan daun pisang ini disajikan dengan pincuk dalam ukuran yang agak besar, sehingga Anda pun akan puas untuk memakannya. Ada beragam lauk yang tersedia mulai dari telor, ayam, ati ataupun limpa. Untuk mencobanya, warung pecel ini terletak dekat denagn hotel Slamet Banyuwangi.

2. Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

Lokasi: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Wisatadanhotelmurah.com

Tahu petis di warung ini disajikan dengan piring besar sehingga akan membuat perut Anda menjadi kenyang. Dengan seporsi tahu hangat yang disajikan dengan petis, cabai hijau dan juga garam halus, pastinya akan membuat Anda semakin lahap. Kuliner satu ini pun buka selama 24 jam penuh, dan telah buka di beberapa cabang di kota Banyuwangi.

3. Bakso Kiki Genteng Banyuwangi

Bakso Kiki Genteng Banyuwangi

Lokasi: Jl. Temuguruh, Dusun Krajan, Genteng Wetan, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Facebook.com (BAKSO KIKI Kaliputih)

Bagi Anda yang ingin mencoba bakso di Banyuwangi, ada bainya Anda dateng ke daerah kecamatan Genteng. Bakso Kiki ini merupakan salah satu bakso yang diminati oleh masyarakat, terutama ketika hari lebaran. Ada berbagai macam menu bakso yang bisa Anda nikmati disini mulai dari bakso halus, bakso kasar hingga bakso telor. Bakso ini pun buka mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Surabaya Paling Enak & Murah

4. Mie Ayam Ahem

Mie Ayam Ahem

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.54, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kumparan.com

Jika Anda penggemar kuliner mie ayam, Anda pun bisa mencoba mie ayam yang terkenal di Banyuwangi. Mie Ayam Ahem ini memiliki mie dengan tekstur yang kenyal dan daging ayam yang eksta banyak. Berlokasi di Jalan Haryono, Banyuwangi, Mie Ayam Ahem ini bisa Anda coba karena memiliki tempat yang nyaman dan juga rasa yang enak.

5. Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus Bu Poer

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Traveloka.com

Sego Bungkus Bu Poer ini merupakan salah satu tempat kuliner yang populer di kota Banyuwangi. Tempat ini menyajikan beragam menu nasi dan berbagai lauk yang banyak sekali. Untuk pilihan nasinya pun, Anda bisa memilih nasi putih, nasi merah, nasi jagung, dan nasi kuning. Uniknya lagi, sego bungkus ini pun dibungkus seperti gunungan atau kerucut agar mudah untuk dikonsumsi. Anda bisa mengunjungi warung Bu Poer yang berada di Jenderal Soedirman, Banyuwangi.

6. Lodeh Koro Pedas, Warung Lya Banyuwangi

Lodeh Koro Pedas, Warung Lya Banyuwangi

Lokasi: Jl. Raya Wongsorejo, Alasmalang, Alasrejo, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Lodehkoropedas.blogspot.com

Makanan khas Banyuwangi satu ini bernama lodeh koro pedas yang merupakan makanan yang terbuat dari bahan koro yang dimasak dengan tempe tahu. Masakan pedas ini adalah salah satu makanan populer, jika Anda ingin mencobanya maka Anda pun bisa mengunjungi Warung Lya  yang berada di Jalan Raya Situbondo yang telah berdiri sekitar 30 tahun ini.

7. Warung Soto Pak Salim

Warung Soto Pak Salim

Lokasi: Jl. A Yani No.18, Penganjuran, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Polomap.com

Warung soto ini merupakan salah satu kuliner soto yang berasal dari Banyuwangi. Lokasinya sendiri pun terletak di daerah Simpang Lima di depan Roxy Mall Banyuwangi sehingga Anda pun akan mudah untuk menemukannya. Selain soto, ada terdapat menu lain juga yang bisa Anda konsumsi, mulai dari mie goreng, capcay hingga nasi goreng yang bisa Anda nikmati dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:  11 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Anda Bawa Pulang

8. Warung Pesantogan Kemangi

Warung Pesantogan Kemangi

Lokasi: Jl. Kemiren, Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Akulily.com

Jika Anda ingin menemukan tempat nongkrong di kota Banyuwangi, maka Anda pun bisa mengunjungi Warung Pesantogan Kemangi yang beradai di Glagah ini. Disini, Anda pun bisa menikmati beragam sajian kuliner khas Banyuwangi yang memiliki rasa lezat, mulai dari Pecel Pitik dan Uyah Asem. Selain itu, ada juga jajanan ringan seperti, tape buntut, kue kucur dan juga serabi yang cocok untuk teman nongkrong di sore hari.

9. Minak Kopi Coffee Shop

Minak Kopi Coffee Shop

Lokasi: Jl. Lemahbang Lor, Krajan, Lemahbangdewo, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Untuk Anda yang doyan ngopi, maka Anda wajib untuk mengunjungi salah satu cafe yang menyajikan kopi asli Banyuwangi. Minak Kopi Coffee Shop yang terletak di Jalan Hos Cokroaminoto ini memiliki desain interior yang unik yang akan menambah daya tarik wisata tersendiri. Dengan harga yang terjangkau, Anda pun bisa menikmasti secangkir kopi dengan nuansa yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama nongkrong di tempat tersebut.

10. Heerlijk Osing Cafe

Kafe Heerlijk Osing Banyuwangi

Lokasi: Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Ketika berada di Banyuwangi dan mencari tempat untuk nongkrong, Anda pun bisa mengunjungi Heerlijk Osing yang berada di kompleks Kantor Pos Besar Benyuwangi. Disini, Anda bisa mencoba berbagai macam menu yang tersedia dan memiliki menu yang unik diantaranya adalah seperti sego mangkok, soda perawan, roti itali dan sebagainya yang bisa Anda cicipi.

11. D’ Copiz Café

D’ Copiz Café

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Topijelajah.com

Tempat makan bernuansa cafe ini terletak di Jalan Brawijaya, Banyuwangi ini menyediakan beragam varian kopi yang bisa untuk Anda nikmati di malam hari. Selain menyajikan kopi, di kafe ini pun juga tersedia menu minuman dan makan ringan yang lain seperti tahu goreng, siomay dan juga kentang goreng bahkan hingga nasi goreng tersedia lengkap di kafe ini.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Kediri Paling Enak & Murah

Tak hanya itu saja, kafe ini pun juga sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat nongkrong dan kumpul bareng keluarga dan sahabat. Memiliki lokasi di pedesaan dan suasana yang asri, akan membuat Anda semakin nyaman untuk berlama-lama disini. Di kafe ini menyajikan banyak sekali jenis kopi, mulai dari robusta, kopi luwak hingga kopi lokal tersedia lengkap tersaji di kafe satu ini.

12. Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Lokasi: Pacemengan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Asliindonesia.net

Berwisata ke pantai di Banyuwangi tentu saja tak lengkap jika tidak mengunjungi wisata kuliner Ikan Bakar Rogojampi. Di ikan bakar ini, Anda bisa memilih sendiri ikan yang ingin Anda bakar. Mulai dari kerapu, cumi-cumi hingga rajungan pun tersedia lengkap disini. Untuk harga ikannya sendiri, biasanya dijual dengan harga per kilo jika Anda pergi bersama rombongan. Akan tetapi, Anda juga bisa membelinya secara bijian bila Anda datang dengan kurang dari dua orang.

13. Warung Biru Banyuwangi

Warung Biru Banyuwangi

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Traveloka.com

Tempat kuliner satu ini berada di pusat kota Banyuwangi yang menyediakan beragam jenis olahan laut. Yang menjadi ciri khas dari Warung Biru ini adalah sambelnya yang pedas, yang akan membuat Anda ketagihan dan akan kembali mencobanya. Jika Anda sedang berwisata ke Banyuwangi ada baiknya Anda mencicipi makanan satu ini dengan harga terjangkau dan tentu saja memiliki rasa yang patut diacungi jempol.

14. Sop Kesrut Rodiyah

Sop Kesrut Rodiyah

Lokasi: Karang Sari, Segobang, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Diahdidi.com

Salah satu kuliner yang berasal dari Banyuwangi adalah Sop Kesrut. Sop satu ini merupakan jenis sop yang terdiri dari olahan kaldu kental dan juga berisi balungan atau tulang ayam kampung. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan sop ini sebagai menu andalannya, salah satunya adalah warung milik Rodiyah yang berada di Dusun Kraan, Banyuwangi ini.

15. Sego Cawuk Banyuwangi

Sego Cawuk Banyuwangi

Lokasi: Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Kuliner khas Banyuwangi ini dapat Anda temui di beberapa tempat, salah satunya adalah Sego Cawuk Mak Mantih yang berada di Prejengan, Banyuwangi ini. Cawuk sendiri memiliki arti yakni makan dengan tidak menggunakan sendok, melainkan langsung dengan tangan. Sego cawuk sendiri merupakan nasi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda dan juga dilengkapi dengan jagung muda dibakar dan dicampurkan dengan timun, cabai dan asam sehingga menghasilkan rasa yang pedas.

16. Rujak Soto

Rujak Soto

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.113, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Kuliner satu ini memang sangat terkenal sekali sebagai kuliner khas kota Banyuwangi. Rujak soto merupakan perpaduan dari Rujak Cingur yang diberikan kuah soto daging. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk mencicipi rujak soto yang enak, maka Anda bisa mengunjungi Pondok Rujak Soto yang berada di jalan Basuki Rahmat.

Ketika telah lelah berwisata mengelilingi kota Banyuwangi, ada baiknya Anda bisa mncoba beragam kuliner khas yang tersedia disini. Pastinya terdapat beberapa makanan yang sebelumnya belum pernah Anda coba. Untuk itu, ketika berkunjung ke Banyuwangi Anda wajib untuk mencicipi salah satu kuliner tersebut.