Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Singgah di Banyuwangi tidak hanya harus ke Gunung Ijen saja, karena nyatanya ada banyak pantai menawan yang bisa dikunjungi. Jika membahas wisata bahari di Banyuwangi rasanya memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada tujuan baru yang akan membuat liburan makin menyenangkan. Anda bisa menjadikan Pantai Wedi Ireng sebagai pilihan terbaik. Nama pantai satu ini bisa dikatakan sebagai pantai yang terkenal dan tidak hanya ada di Banyuwangi saja.

Ada beberapa pantai dengan nama sama yang ada di Gunung Kidul dan juga Tulungagung. Kendati demikian, tentu saja pesona yang dihadirkan akan berbeda walaupun memiliki nama yang sakit. Wedi dalam bahasa Indonesia berarti pasir dan Ireng artinya hitam yang berasal dari bahasa Jawa. Sehingga bisa diartikan pantai berpasir hitam, karena hamparan pasir pantainya seperti itu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Ireng

Daya Tarik Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps A. Hae.

1. Pasir Putih Kehitaman

Ketika anda tiba di pantai cantik ini, anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Hamparan pasir putih yang membentang membuat siapapun jatuh hati. Walaupun dinamakan sebagai Wedi Ireng, sebenarnya warna pasirnya tak benar benar hitam. Hamparan pasir putih yang ketika diperhatikan lebih seksama ada warna hitam yang tersembunyi.

Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dan membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Pasir putih kehitaman ini sangat unik dan cantik jika berpadu dengan birunya lautnya. Pasir ini juga begitu lembut sehingga anda tak perlu khawatir jika ingin bermain di atasnya. Hamparan pasir yang ada di Pantai Wedi Ireng memang menjadi keunikan tersendiri.

2. Pemandangan Eksotis

Pemandangan yang disuguhkan di pantai ini akan membuat anda jatuh hati. Belum lagi pepohonan hijau yang menambah kesegaran. Batuan karang juga bisa anda temukan di pantai ini. Karang karang ini berada di perairan dangkal yang sangat cantik berpadu dengan airnya yang jernih. Pemandangan yang dihadirkan di pantai ini tak akan membuat anda kecewa.

3. Termasuk Pantai yang Sepi

Walaupun termasuk pantai yang cukup dikenal, tetapi kondisi pantai ini masih terbilang sepi. Perjalanan menuju pantai memang menantang, sehingga hanya mereka yang suka tantangan yang mengunjunginya. Pantainya yang sepi justru menjadi daya tarik tersendiri. Karena anda bisa merasakan seakan akan anda sedang berada di pantai pribadi.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps A. Hae.

Selain itu wisata pantai ini juga sangat cocok untuk anda yang tidak suka keramaian. Anda bisa menikmati keindahan pantainya dengan lebih leluasa. Segala penat akan dihempas ketika mengunjungi pantai ini. Suara deburan ombak akan menjadi background musik alami yang menenangkan. Anda juga tak akan terganggu keramaian saat menyusurinya.

4. Pantai yang Begitu Bersih

Selain masih belum banyak dikunjungi, Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi juga termasuk pantai yang bersih. di sekitar pantai, anda bahkan tak akan menemukan sampah berserakan. Dengan kondisi pantai yang bersih, tentu saja pengunjung akan dibuat nyaman saat liburan. Anda juga bisa membantu untuk menjaga kebersihan karena ada tempat sampah di beberapa sudut.

5. Memiliki Hutan Pantai

Daya tarik berikutnya yang membuat pantai ini semakin unik adalah hadirnya hutan pantainya. Dikelilingi perbukitan, hutan pantai ini juga harus anda taklukkan sebelum sampai pantai. Hutan ini menambah kesan asri dan juga cocok untuk dijadikan spot foto. Hutan pantai ini juga bisa menjadi spot untuk menjelajah setiap sudut pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Ciptadi Chipz

Untuk anda yang ingin mengunjungi Pantai Wedi Ireng, anda harus menuju Ke Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari pusat kota, anda perlu menempuh jarak sekitar 65 km atau butuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan. Lokasinya dekat dengan Pulau Merah dan anda bisa sekalian mengunjungi kedua pantai ini.

Menuju lokasi anda bisa menggunakan jalur darat juga jalur laut. Jika anda memilih darat maka titik perjalanan awal adalah dari Muara Pancer. Selanjutnya, anda bisa menggunakan perahu milik nelayan untuk menyebrang. Dibutuhkan waktu sekitar Rp 5 ribu saja untuk menyeberang. Barulah nanti perjalanan dilanjutkan dengan menaklukkan medan menantang.

Rute menuju lokasi memang tidak mudah, anda harus melalui perbukitan yang ditumbuhi pohon pisang juga semak belukar. Medannya curam membuat anda harus selalu berhati hati. Dan inilah yang membuat wisata satu ini sangat cocok untuk para penjelajah. Sementara jika anda menggunakan jalur laut, perjalanan juga tak kalah menantang.

Perjalanan dengan jalur laut akan dimulai dari Dusun Pancer. Anda bisa meminta nelayan untuk mengantarkan menuju lokasi. Perjalanan menuju lokasi dengan perahu harus menantang ombak yang besar. pemandangan sekitarnya berupa tebing terjal yang menambah keeksotisannya. Anda bisa memilih yang paling mudah untuk anda jangkau.

Selama perjalanan jika anda mengalami kesulitan, anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Masyarakat akan dengan senang hati memberikan arahan menuju lokasi. Atau anda juga bisa memanfaatkan gps yang terpasang di smartphone anda. Pastikan juga anda dalam kondisi tubuh yang fit. Karena menuju lokasi dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Facebook USewa Motor

Menikmati keindahan yang dimiliki pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar. harga tiket masuk Pantai Wedi Ireng dibanderol mulai dari Rp 5 ribu saja. ada juga yang menyebutkan jika gratis, sehingga siapkan saja dananya untuk berjaga jaga. Anda juga perlu menyiapkan dana menyeberang sekitar Rp 25 ribu sekali jalan.

Namun jika untuk pulang pergi bisa mulai dari Rp 40 ribu. Sementara untuk jam operasional mulai dari pukul 05.00 WIB hingga sore hari. Anda bisa datang pada hari Senin sampai hari Minggu alias buka setiap hari. Akan lebih baik jika anda berangkat pagi agar lebih puas di pantai satu ini. Anda juga perlu menyiapkan beberapa biaya untuk menyewa alat atau penginapan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Wedi Ireng

Kegiatan Menarik Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Ummu Raykhan

1. Menikmati Keindahan

Kegiatan yang pastinya akan dilakukan oleh setiap pengunjung adalah menikmati keindahannya. Pemandangan yang indah ini memang sangat sayang untuk diabaikan. Anda bisa menggelar tikar sembari berpiknik untuk menikmatinya. Atau bisa juga membawa hammock, duduk di gazebo dan lainnya sambil memandangi panorama yang membentang.

2. Memancing

Apakah anda termasuk orang yang suka memancing? Jika iya maka anda bisa melakukannya di pantai ini. Ada beberapa spot yang memang sudah menjadi favorit untuk mencari ikan. Ikut saja nelayan yang bisa anda temui di lokasi. Hasil tangkapan anda bisa dibakar di bibir pantai. Hanya saja, anda harus membawa sendiri peralatan memancingnya.

3. Snorkeling atau Menyelam

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Wedi Ireng Banyuwangi tidak hanya pada permukaannya saja. anda juga bisa mengintip keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Airnya yang jernih sangat cocok untuk kegiatan snorkeling atau diving. Ikan ikan lucu dan juga terumbu karang yang terjaga akan menjadi panorama utamanya.

Image Credit: Google Maps Aldy Cupank TV https://www.google.com/maps/contrib/105532021918747524706
Image Credit: Google Maps Aldy Cupank TV

4. Berburu Foto

Ketika mengunjungi lokasi wisata yang cantik, rasanya tidak lengkap jika tidak berburu foto foto cantik. Di Pantai ini, anda bisa menemukan beberapa spot cantik yang cocok untuk jadi tempat anda berpose. Terutama di area pantai dengan latar belakang pantai biru yang cantik. Pastikan anda membawa kamera kesayangan dengan memori penyimpanan lega.

5. Berkemah

Jika anda ingin menikmati keindahan pantai lebih lama, anda bisa berkemah di kawasan pantai ini. Dengan begitu anda akan berkesempatan untuk menikmati sunsetnya yang luar biasa. Memang Pantai Wedi Ireng masuk dalam jajaran pantai dengan sunsetnya yang indah. Cahaya keemasan dengan debur ombak adalah perpaduan yang sangat sayang diabaikan.

Ketika malam datang anda juga bisa menyalakan api unggun. Memandang gemerlap bintang di atas langit sembari bercengkrama. Di pagi harinya anda bisa menikmati panorama cahaya jingga di langit ketika matahari datang. Yang jelas kegiatan ini akan sangat pas jika dilakukan bersama dengan rombongan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps nabilla firdaus

Menikmati keindahan pantainya, anda juga tak perlu pusing soal fasilitas yang ditawarkan. Bisa dikatakan fasilitas yang bisa anda temukan cukup memadai, walaupun masih hadir dalam bentuk yang sederhana. Anda yang telah selesai bermain air bisa membilas tubuh di toilet yang disediakan. Kondisi toiletnya juga bersih dan bisa digunakan untuk buang hajat.

Selain itu anda yang ingin berenang ataupun menyelam juga bisa menyewa di lokasi Pantai Wedi Ireng. Menyewa alat alat ini dibanderol mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribuan. Beberapa gazebo juga dihadirkan untuk digunakan pengunjung beristirahat. Anda yang ingin bermalam juga bisa menemukan beberapa penginapan terdekat.

Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda juga bisa menemukan lahan parkir yang cukup luas. Sayangnya, anda jarang menemukan toko atau warung. Maka dari itu ada baiknya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Karena melewati pelelangan ikan, anda juga bisa sekalian membeli untuk dibawa pulang ataupun dibakar di pantai.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi akan menjadi destinasi yang cocok untuk menghabiskan liburan. Anda bisa menikmati pantai indah nan tenang, sehingga segala penat bisa terhempas. Perjalanan menuju lokasi yang menantang juga sangat seru jika anda pergi bersama sama. Pastikan untuk menyiapkan bekal dan kondisi fisik yang sehat.