Kawah Gunung Ijen merupakan salah satu wisata alam yang menghadirkan pesona alam unik dan menakjubkan. Kawah Ijen di Banyuwangi menyuguhkan indahnya blue fire lengkap dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: Pukul 01.00-12.00 WIB, Alamat: Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tidak pergi ke Gunung Ijen. Destinasi satu ini kerap kali diminati oleh wisatawan asing maupun domestik. Keindahan kawah yang ada di gunung ini mampu membuat pengunjung tersihir dan ingin untuk kembali lagi. Seperti apa wisata satu ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawah Gunung Ijen

Daya Tarik Kawah Ijen
Image Credit: Twitter.com @anthraxxxx

Wisata Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi menjadi salah satu objek wisata yang telah dikenal dan cukup populer di kalangan wisatawan. Hal ini tentu saja dikarenakan keindahan alamnya yang mempesona. Bahkan setiap harinya, kawasan ini terlihat tak pernah sepi dari pengunjung.

Tentu saja ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang terlihat memadati kawasan ini. umumnya, di hari biasa pengunjung yang datang ke kawah ini yakni sekitar 1000 an orang. Namun, hal tersebut akan kian bertambah ketika weekend tiba ataupun musim libur. Bahkan tak tanggung tanggung, wisatawan yang datang bahkan hingga mencapai 2000 pengunjung.

Selain itu, pada momen pergantian tahun atau pada perayaan spesial pengunjung yang berdatangan ke wisata ini juga bisa untuk membludak. Hal ini pun membuat terjadi peningkatan lantaran wisata Kawah Ijen sudah mulai dikenal oleh banyak pelancong. Baik wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara.

Wisata ini sebenarnya merupakan danau yang berada di atas Gunung Ijen. Terbentuk dari proses letusan Gunung Ijen, ternyata kawah tersebut memiliki potensi yang sangat indah dan menarik banyak wisatawan. Kawah tersebut akhirnya dipenuhi oleh air. Dengan begitu akan membentuk sebuah danau atau kawah yang sangat indah dan memiliki pemandangan menakjubkan.

Hal lain yang membuat Anda wajib untuk berkunjung kesini adalah kawah yang ada di Ijen ini berada di tengah kaldera paling luas yang ada di Pulau Jawa. Dengan memiliki diameter 6 meter, kawah ini berukuran yakni sekitar 960 x 600 meter yang kedalamannya sendiri yaitu sekitar 200 meter.

Daya Tarik Kawah Gunung Ijen
Image Credit: Twitter.com @travelingbali1

Sehingga, kawah ini mempunyai kedalaman lebih dari 300 meter yang berada di bawah dinding kaldera. Kawah ini juga dapat dikatakan sebagai kawah yang paling asam di dunia. Hal tersebut dikarenakan memiliki tingkat keasaman yakni mendekati nol. Sehingga akan bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat.

Saat berada disini, Anda akan merasakan hawa udara yang dingin. Sebab, suhu disini bisa mencapai 10 derajat celcius bahkan hingga 2 celcius. Tentunya akan menambah sensasi dingin tersendiri atau yang belum Anda rasakan sebelumnya. Kawah Ijen sendiri merupakan danau dengan warna hijau kebiruan.

Disini, Anda juga akan disambut dengan asap belerang serta kabut yang akan membuat Anda terpukau. Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa tanaman khas dataran tinggi yang akan sangat jarang untuk Anda temui seperti Cemara Gunung dan juga Edelweis. Kedua tanaman indah tersebut tentu saja akan bisa Anda lihat disini.

Ketika pagi telah tiba, Anda akan disuguhkan dengan matahari indah yang menyinari kawasan ini. dengan warnanya yang hijau kebiruan akan membuat pantulan yang sangat indah. Anda juga bisa melihat pohon Manisrejo yang terhampar di sekitar lereng kawah. Daunnya yang kemerahan akan menjadi pemandangan sangat apik di pagi hari.

Alamat & Rute Menuju Wisata Kawah Ijen

Rute Wisata Kawah Ijen
Image Credit: Google Maps (Akhmad Ali Muklis)

Ketika Anda ingin mengunjungi wisata satu ini, maka Anda perlu mempersiapkan fisik yang cukup. Hal ini dikarenakan Anda tentunya harus melakukan pendakian untuk bisa sampai ke Kawah Ijen. Namun, lokasi satu ini bisa Anda akses dengan cukup mudah meskipun untuk mencapai lokasi tersebut membutuhkan usaha yang berat.

Untuk Anda yang berada di Bali atau melakukan perjalanan melalui Pulau Dewata, maka Anda bisa melakukan perjalanan dengan menyebrang menggunakan kapal ferry dan sampai ke Pelabuhan Ketapang. Sesampainya di pelabuhan, Anda bisa untuk menggunakan kendaraan pribadi dan menuju ke arah kota Banyuwangi.

Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Kecamatan Licin. Lalu, Anda akan melewati Desa Tamansari yakni tepatnya di Dusun Jambu. Dan Anda akan tiba di tujuan yakni Paltuding. Namun, bagi Anda yang berangkat dari Pulau Jawa, Anda bisa menempuhnya melalui dua rute yakni Bondowoso dan juga Banyuwangi.

Bagi Anda yang melewati Bondowoso, maka Anda pun bisa menempuh jalur lebih dekat. Akan tetapi, dari Bondowoso ke daerah Paltuding akan menempuh jarak yang cukup jauh yakni sekitar 76 km. Namun, bagi Anda yang menempuh jalur Surabaya – Banyuwangi, maka jaraknya hanya sekitar 30 km.

Untuk Anda yang menggunakan angkutan umum, disarankan untuk turun di Banyuwangi saja. sebab, Anda bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi. Dari sini Anda bisa menyewa Jeep Trooper, Menyewa Motor hingga menggunakan ojek online. Sehingga Anda bisa menempuhnya dengan beragam kendaraan yang sesuai dengan kantong Anda.

Anda bisa sampai disini dan berhenti di pos pertama yakni Paltuding. Saat berada disini, Anda bisa untuk memarkir kendaraan dan membayar tiket masuk. Anda juga bisa untuk menyiapkan bekal untuk menempuh pendakian. Untuk jarak antara Paltuding dan juga Kawah Ijen yakni sekitar 3 km.

Kemudian, sebelum sampai ke kawasan Puncak, Anda akan berhenti di Pos Bunder. Disini Anda pun akan bisa untuk mencium aroma belerang yang cukup menyengat. Perjalanan dari pos ini menuju ke Puncak Ijen akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Tergantung dari kondisi fisik dan juga medan yang dihadapi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawah Ijen

Kegiatan di Kawah Ijen
Image Credit: Facebook.com @lazadaindonesia

1. Duduk Bersantai di Sekitar Danau

Ketika Anda telah sampai di kawasan ini, maka Anda pun akan bisa bersantai dan menikmati keindahan di sekitar danau. Pemandangan kawah yang sangat memukau ini akan membuat Anda betah untuk berlama lama disini. Namun, Anda pun perlu untuk mengenakan jaket mengingat hawanya yang sangat dingin.

2. Melihat Indahnya Blue Fire

Untuk Anda yang ingin mendapatkan momen untuk melihat indahnya blue fire, maka Anda pun perlu untuk melakukan pendakian dini hari. Umumnya pelancong akan mulai mendaki sejak pukul 1 dini hari. Disini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan unik yang tidak akan mungkin Anda temukan di tempat lain.

Fenomena alam yang bernama Blue Fire atau Api Biru ini merupakan satu satunya blue fire yang ada di dunia. Dimana Anda bisa menikmatinya setiap hari. Adanya Api Biru yang keluar dari tengah tengah penambangan sulfur ini akan menjadi salah satu daya tarik yang kerap kali diburu oleh wisatawan. Sehingga Anda tak boleh melewatkannya begitu saja.

3. Menikmati Sunrise yang Mempesona

Setelah puas melihat indahnya Blue Fire di Kawah Ijen, Anda tak perlu bergegas untuk turun. Sebab, indahnya fajar yang muncul dari ufuk timur juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda saksikan disini. Oleh sebab itu, Anda pun akan disuguhkan dengan mentari yang mulai bersinar.

Hadirnya matahari tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Keindahan satu ini juga menjadi salah satu hal yang banyak diburu oleh wisatawan. Tentunya Anda pun akan sayang untuk melewatkannya. Pasalnya, panorama sunrise di kawah eksotis ini sangatlah menakjubkan dan bisa membuat Anda terpesona.

4. Berfoto

Hunting foto menjadi kegiatan utama yang bisa Anda lakukan selama berada di lokasi satu ini. bagaimana tidak, suasana alam yang ada di Kawah Ijen akan membuat mata Anda terperanjat. Anda pun nantinya tak akan berhenti untuk takjub saat berada di lokasi ini. Ditambah lagi, sepanjang pendakian pun Anda juga akan disuguhkan dengan bentang alam yang apik.

5. Melakukan Pendakian

Aktivitas satu ini merupakan kegiatan wajib yang harus Anda lakukan ketika berada di Kawah Ijen. Sebab, ketika Anda ingin untuk melihat Blue Fire maka Anda diharuskan untuk melakukan pendakian terlebih dahulu. Biasanya pengunjung akan mulai mendaki ketika pukul 1 hingga 2 dini hari.

Hal tersebut lantaran agar wisatawan bisa melihat keindahan Blue Fire dan juga menyaksikan sunrise. Ketika melakukan pendakian, maka Anda pun akan menempuh jalur yang berbatu dan juga berkerikil. Ditambah lagi dengan kemiringan yang cukup bervariasi. Sehingga, Anda diharapkan memiliki fisik yang cukup dan stamina yang bagus saat sedang berada disini.

Dalam pendakian, nantinya Anda akan bisa menemukan pondok yang kerap kali digunakan warga yang menambah belerang untuk melakukan istirahat. Nah, bagi Anda yang merasa lelah Anda juga bisa untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Anda bisa memesan minuman hangat ataupun makanan untuk mengisi perut Anda yang lapar.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kawah Gunung Ijen

Fasilitas Kawah Ijen
Image Credit: Google Maps (Kwanweng Leong)

Fasilitas yang tersedia di pos pertama yakni Paltuding dapat dikatakan cukup lengkap. Sebab, lokasi satu ini kerap kali digunakan pendaki gunung untuk mempersiapkan perbekalannya sebelum memulai untuk melakukan pendakian ke Kawah Ijen. Untuk itu, tak mengherankan kawasan ini memiliki fasilitas penunjang yang berguna untuk kenyamanan pengunjung.

Mulai dari toilet, kamar mandi, area untuk parkir kendaraan yang cukup luas, mushola, hingga area camping ground. Bahkan penginapan milik Perhutani pun juga tersedia di lokasi satu ini. Selain itu, bagi Anda yang tidak membawa perbekalan, maka Anda juga bisa untuk membelinya di tempat satu ini.

Hal ini dikarenakan banyak warung yang menjual berbagai macam makanan Anda juga bisa untuk menemukan banyak tenant yang menyiapkan penyewaan peralatan. Seperti masker dan juga senter yang pastinya akan Anda perlukan selama melakukan pendakian. Namun, Anda juga bisa untuk menemukan penjual makanan yakni di pos selanjutnya.

Akan tetapi, Pos Bunder hanya menjual makanan ketika pagi dan siang hari saja, sehingga pos tersebut sangat pas untuk Anda kunjungi saat turun dari kawasan kawah. Selain itu, bagi Anda yang ingin bersantai dan bermalam lebih lama disini, ada banyak penginapan yang tersedia di lokasi mulai dari Kawah Ijen Inn, Ijen Resort and Villas dan juga lain sebagainya.

Berwisata ke lokasi satu ini menjadi salah satu hal yang wajib Anda coba. Sebab, kapan lagi Anda bisa melihat keindahan Blue Fire tercantik yang ada di dunia. Oleh sebab itu, saat Anda berkesempatan mengunjungi Banyuwangi, manfaatkanlah untuk bisa singgah sejenak ke Kawah Ijen. Sebab, pemandangan yang indah akan bisa Anda nikmati saat berada disini.