Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika kita melihat secara keseluruhan, Yogyakarta pastilah termasuk salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan ragam destinasi wisata alam terbaik. Salah satu destinasi alam yang cukup popular di Yogyakarta adalah Air Terjun Kembang Soka di Kulon Progo. Berikut telah kami sajikan ulasan mengenai tempat wisata alam yang menarik ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kembang Soka

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram Tempat Wisata Yogyakarta

Ada banyak sekali daya tarik utama di tempat wisata alami ini yang tentunya sangat menarik minat para pengunjung yang datang. Apa sajakah daya tarik yang tersedia di Kawasan Wisata Air Terjun Kembang Soka? Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Air Terjun Alami

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama yang ditawarkan di kawasan wisata alam ini adalah air terjunnya yang sangat menawan. Tak hanya itu, di tempat ini pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan satu air terjun saja, melainkan 3 aliran air terjun berbeda yang kemudian mengalir dan menjadi satu air terjun yang dikenal sebagai Air Terjun Kembang Soka. Ketiga aliran air ini berasal dari mata air yang berbeda, di antaranya yaitu mata air Kembang Soka, mata air Tuk Jaran (sumber rezeki) dan mata air Kalimiri.

Mungkin, banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa air terjun ini dinamakan sebagai ‘Kembang Soka’? Ternyata, hal itu terjadi berdasarkan sejarah masa lalu, di mana saat itu ada banyak tanaman kembang soka yang tumbuh di sekitar air terjun. Namun, saat ini tanaman tersebut sudah tidak ada lagi, namun air terjun ini tetap mempertahankan namanya yang sudah popular yakni Kembang Soka.

Bagi para pecinta wisata alam, air terjun yang satu ini memang menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Tinggi air terjun ini mencapai 25 meter, namun arusnya yang tidak terlalu deras membuat air terjun ini termasuk aman untuk dijadikan lokasi objek wisata. Keindahan alam lainnya dapat terlihat di sekeliling air terjun, di mana terdapat pepohonan hijau yang sangat rindang membuat suasana alam semakin terasa.

2. Kolam di Dasar Air Terjun

Pada umumnya, salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan di sekitar air terjun adalah berenang. Untuk itu, pengelola kawasan wisata alami ini menyediakan fasilitas yang tidak boleh dilewatkan, yakni kolam alami di dasar air terjun. Kolam ini sendiri menawarkan pengalaman berenang yang sangat menyenangkan, dengan sensasi air segar yang bersumber dari air terjun alami.

Apabila wisatawan baru pertama kali mengunjungi kolam alami ini, suatu hal yang paling mencolok tentu adalah warna airnya. Hal ini terjadi karena warna air di kolam ini adalah biru toska, serta memiliki sifat yang sangat jernih. Oleh karena keunikannya ini, banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan lokasi kolam alami ini sebagai spot berfoto yang menarik.

3. Wahana Permainan Air

Di kolam alami Air Terjun Kembang Soka, pengunjung tidak hanya dapat berendam ataupun berenang seperti biasa. Di kolam ini, pengunjung juga dapat mencoba ragam wahana air yang sangat menarik, seperti melompat dari ketinggian melalui menara lompat yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Aktivitas wahana air yang satu ini tentu sangatlah seru dan menantang untuk dicoba.

Hal lain yang dapat dilakukan oleh pengunjung di area kolam renang adalah mencoba water floaters yang dapat disewa dari pihak pengelola. Biasanya, pengunjung memanfaatkan water floaters ini untuk merasakan sensasi bersantai sambil tidur dan mengapung. Selain itu, ada juga pengunjung yang memanfaatkan water floaters ini untuk sekadar bermain-main bersama teman ataupun keluarga.

4. Jembatan Bambu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di kawasan wisata ini memang terdapat beberapa air terjun yang sangat menarik. Oleh sebab itu, pihak pengelola menambahkan sebuah fasilitas jembatan bambu yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menyeberangi aliran sungai, ataupun sebagai tempat berfoto.

Secara sekilas, jembatan bambu yang satu ini memang nampak tinggi sekali. Karenanya, jembatan yang berada persis di atas aliran air terjun ini menawarkan sensasi tersendiri yang cukup menantang. Selain itu, pemandangan keindahan air terjun dapat terlihat secara jelas dari atas jembatan, sehingga banyak sekali pengunjung yang memilih untuk berfoto di lokasi ini.

Daya Tarik Wisata di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram kembangsoka waterfall

5. Spot Foto Menarik

Pemandangan alam yang dihadirkan di kawasan Air Terjun Kembang Soka ini memang sangatlah mempesona. Mulai dari air terjun, kolam alami, pepohonan, hingga sungai semuanya menawarkan keindahannya tersendiri. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya apabila sudah mengunjungi tempat wisata alami ini namun tidak mengabadikan momen dengan berfoto.

Selain pemandangan alam yang ditawarkan, pihak pengelola juga sudah menyediakan spot foto menarik lainnya di antaranya yaitu instalasi bambu, menara bambu, gardu pandang, hingga jembatan bambu. Ragam spot foto ini tentunya sangat menarik dan patut dicoba agar hasil foto menjadi lebih maksimal.

6. Tempat Bersantai

Bagi pengunjung yang sudah lelah menelusuri area air terjun, ataupun melakukan ragam aktivitas di kolam alami, maka bersantai adalah pilihan yang tepat. Di tempat wisata hits ini, pengelola telah menyediakan beberapa spot bersantai, salah satunya yakni pendopo di sekitar area kolam. Di pendopo ini, pengunjung dapat beristirahat sejenak, bersantai, menyantap hidangan ringan, ataupun menitipkan barang bawaan yang dipersiapkan.

Selain pendopo, tempat bersantai lain yang tersedia di Air Terjun Kembang Soka ini adalah bangku-bangku yang berada di sekitar air terjun, tepatnya di sisi sungai. Bangku yang tersedia di tempat ini cukup panjang, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati keindahan air terjun yang menyegarkan.

Apabila pengunjung ingin bersantai sambil menikmati keindahan air terjun secara lebih dekat, maka bebatuan di sekitar air terjun bisa jadi lokasi yang tepat. Di sekeliling Air Terjun Kembang Soka, terdapat bebatuan kering yang dapat dijadikan lokasi bersantai sambil bermain air ataupun beristirahat sejenak. Namun, terkadang bebatuan ini dapat menjadi licin terutama ketika musim hujan tiba, sehingga pengunjung perlu lebih berhati-hati.

7. Trekking

Sebelum dapat sampai ke lokasi kolam ataupun dasar air terjun, pengunjung harus menyusuri jalan dengan panjang sekitar 200 meter dari lokasi pintu gerbang. Pengunjung sudah tidak perlu khawatir, pasalnya jalur menuju air terjun ini sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat aman dan mudah untuk dijangkau.

Banyak sekali pengunjung yang memanfaatkan jalur ini sekaligus untuk melakukan trekking sederhana. Hal ini tentu dapat dilakukan karena sepanjang jalur menuju air terjun ini terdapat pepohonan hijau dan rindang di sisi kanan dan kiri jalan. Selain itu, suasana alam di sekitar jalur ini sangatlah sejuk, serta menghadirkan suara deburan air terjun yang menyegarkan sehingga membuat kegiatan trekking menjadi lebih menyenangkan.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Alamat Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram kembangsoka waterfall

Lokasi Air Terjun Kembang Soka cukup strategis dan mudah dijangkau, yakni di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat kota, pengunjung dapat mengakses jalan utama melalui Jl. Ngapak – Kentheng dan Jl. Nanggulan-Giri Mulyo/Jl. Raya Kaligesing hingga Kabupaten Kulon Progo sepanjang 28,6 km, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan mengakses Jl. Sermo – Girimulyo sepanjang 3,5 km.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata air terjun cantik ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 hingga Rp 6.000 per orangnya.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Air Terjun Kembang Suka
Image Credit: Instagram Hidayat Nursyawaludin

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan air terjun ini, di antaranya yaitu:

1. Berenang

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung di Air Terjun Kembang Soka adalah berenang di kolam air terjun alami. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kolam air alami ini sangatlah jernih, serta memiliki warna biru toska yang sangat memanjakan mata. Selain itu, karena airnya bersumber dari mata air alami, maka suhu airnya pun juga cukup sejuk dan sangat menyegarkan.

2. Berfoto

Di kawasan wisata fenomenal ini, ada banyak sekali spot foto menarik seperti air terjun, pepohonan yang hijau, ataupun kolam alami yang berwarna biru toska. Tak hanya itu saja, ragam spot foto lain yang tak boleh dilewatkan adalah jembatan bambu, instalasi bambu, tempat tidur gantung, menara bambu, gardu pandang, dan masih banyak lagi.

Ragam Aktivitas Menarik di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram WISATA JOGJA |TOURTRAVEL|TRIP

3. Mencoba Wahana Air

Selain berenang, pengunjung juga dapat mencoba wahana permainan air yang sangat seru dan menantang yakni melompat dari menara bambu yang cukup tinggi. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai sambil memanfaatkan water floaters yang disewakan oleh pihak pengelola.

4. Bersantai

Pada umumnya, setelah puas menjelajahi air terjun dan melakukan ragam aktivitas air yang menyenangkan, pengunjung tidak akan langsung pulang ataupun melanjutkan perjalanan. Para pengunjung biasanya memilih untuk beristirahat sejenak di tempat bersantai yang telah tersedia, sambil menikmati sejuknya udara alami dan pemandangan air terjun yang mengagumkan.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Kembang Soka

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Wachyudi Yuwono

Ragam fasilitas yang ditawarkan pengelola di kawasan air terjun tergolong sangat lengkap, di antaranya yaitu:

1. Area Parkir

Area parkir yang tersedia di kawasan wisata Air Terjun Kembang Soka sangatlah luas, dan cukup untuk menampung kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, bahkan bus pariwisata. Soal keamanan, pengunjung sudah tidak perlu khawatir karena seluruh kendaraan yang terparkir area parkir ini selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Tempat Makan

Di sekitar area kolam, terdapat kedai makanan yang menyediakan ragam hidangan dan minuman ringan. Oleh karena itu, pengunjung dapat mengisi perut dengan santapan nikmat setelah melakukan ragam aktivitas menarik di kawasan air terjun ini.

3. Mushola

Dalam kawasan air terjun ini juga telah menyediakan fasilitas rumah ibadah (Mushola) untuk menunjang kebutuhan pengunjung yang hendak menunaikan shalat.

4. Toilet dan Kamar Ganti

Setelah puas berenang di kolam alami, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas kamar ganti untuk mengganti pakaian. Selain itu, ada pula toilet yang cukup bersih dan terawat.

Itulah ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam yang sangat popular di Kabupaten Kulon Progo, yakni Air Terjun Kembang Soka. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik ini namun masih membutuhkan informasi lebih lanjut, maka dapat menghubungi pihak pengelola di nomor 0852-9212-2131.