5 Pulau Cantik di Jawa Timur Menarik untuk Dijelajahi

Pulau Jawa Timur

Bertandang ke beberapa pulau terindah dan eksotis di Jawa Timur menjadi hal yang menarik dilakukan kala liburan. Beberapa pulau kecil yang terkenal dengan pesona alamnya mampu membuat Anda terkesima.

Berbincang mengenai destinasi wisata yang ada di provinsi ujung timur Pulau Jawa, memang tak pernah ada habisnya. Bukan hanya sekedar pantai atau gunung semata, Jawa Timur pula dikelilingi berbagai pulau kecil yang menyimpan sejuta pesona. Bahkan beberapa pulau tersebut telah terkenal hingga mancanegara dan menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

1. Pulau Bawean

Pulau Bawean

Image Credit: Kompasiana.com

Bisa dibilang, jika Pulau Bawean merupakan salah satu ikon wisata Gresik yang telah melalang buana hingga penjuru nusantara. Karena penduduk berjenis kelamin wanita mendominasi dibandingkan laki laki, sehingga mendapatkan julukan sebagai Pulau Putri. Pasalnya, kebanyakan penduduk laki laki lebih memilih merantau untuk mempertaruhkan nasibnya di kota besar.

Sebenarnya, kata “Bawean” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti ada sinar matahari. Pulau Bawean memiliki kurang lebih 70 ribu penduduk yang tersebar di dua kecamatan yakni Sangkapura dan Tambak. Di pulau yang masuk ke dalam wilayah Gresik ini pula, memiliki pantai indah dengan air yang begitu jernih nan membiru.

Ketika berada di pulau ini, Anda bisa menjumpai hewan endemik khas Bawean yakni Rusa Bawean yang berada di tempat penangkarannya. Akan tetapi, para pelancong tak bisa memberikan makan rusa dengan bebas lantaran hewan ini masih liar. Meski begitu, Anda bisa menyaksikannya hingga puas dan memotretnya sebagai kenangan yang tak terlupakan.

Bukan hanya sebatas rusa saja, Pulau Bawean pula memiliki beragam hal unik lainnya. Misalnya saja, pulau ini merupakan penghasil batu onyx berkualitas tinggi yang memiliki keunggulan serat dan motif. Ada pula buah merah yang hanya bisa ditemukan di sekitar Pulau Bawean saja. Dimana buah ini memiliki rasa lezat nan manis, serta berbeda dengan buah merah dari Papua.

Pulau Bawean Gresik

Image Credit: Twitter.com @mytusita

Terdapat pula beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bawean selain penangkaran rusa. Destinasi wisata tersebut diantaranya Pantai Ria dengan batu karang hitam di bibir pantai, Danau Kastoba yang berada di tengah pulau, Tanjung Gaang yang merupakan pulau karang di tengah laut Bawean, Pulau Noko dengan keindahan panorama sunsetnya, dan masih banyak lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berada di Pulau Bawean yakni melakukan perjalanan atau trekking menyusuri Bawean, baik itu menggunakan perahu atau sekadar jalan kaki. Anda pun bisa memancing dengan menyewa perlengkapannya di warga setempat, dan berenang sembari menyelam menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Lokasi: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

BACA JUGA:  21 Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Bawa Pulang

2. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang

Image Credit: Google Maps (Agung Nugraha)

Letak Gili Ketapang yakni di selat Madura sekitar delapan meter utara Probolinggo. Pulau yang masih masuk ke dalam wilayah Desa Sumberasih ini, memang kerap dijadikan sebagai spot wisata bahari terkenal di Jawa Timur. Hal ini lantaran pulau dengan luas sekitar 68 hektar ini menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Salah satu kegiatan yang paling dicari oleh para wisatawan ketika bertandang ke Gili Ketapang yakni snorkeling atau menyelam. Pasalnya, Gili Ketapang telah tersohor dengan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Terumbu karang yang begitu cantik, beraneka ragam ikan, serta biru dan jernihnya laut menjadi perpaduan epik nan menawan.

Anda hanya perlu menyewa perlengkapan menyelam yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat pula seorang pemandu yang akan membantu wisatawan yang tak bisa menyelam. Wisatawan pula bisa berfoto di dalam laut dengan sebuah balok yang bertuliskan Gili Ketapang sebagai kenang kenangan, yang mana dibantu oleh seorang pemandu.

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Image Credit: Facebook.com @giliketapangsm

Tatkala menyelam, Anda bisa melakukan cengkrama bersama ikan nemo yang berenang di sekitar penyelam. Bukan hanya sekedar ikan nemo saja, beragam jenis anemon laut berayun mengikuti air laut pula menjadi pemandangan yang sangat menarik. Bahkan adanya terumbu karang yang beraneka warna dan bentuk pun siap menyambut kedatangan para wisatawan.

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Gili Ketapang yakni adanya pasir putih lembut yang mengelilingi pulau. Karena pihak pengelola selalu memperhatikan kebersihannya, pantai di Gili Ketapang nampak sangat terjaga dengan baik. Terlebih lagi banyak sekali penduduk yang menyapa sangat ramah kepada para wisatawan, sehingga membuat Anda menjadi lebih nyaman untuk berlama lama.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan selain snorkeling yakni susur pulau, berburu foto instagenik, menyaksikan sunset dan sunrise, camping di sekitar pantai, menikmati kuliner khas Gili Ketapang, ataupun memancing di atas perahu bersama nelayan. Perjalanan ke Gili Ketapang bisa dilakukan dengan menyeberang melalui pelabuhan Probolinggo yang beroperasi dari pagi hingga sore hari.

Lokasi: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo.

3. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak

Image Credit: Pantainesia.com

Pulau selanjutnya yang bisa dikunjungi ketika bertandang ke Jawa Timur yakni Gili Labak. Pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini, berada di Kabupaten Sumenep, Madura. Lebih tepatnya di sebelah tenggara pulau Madura dan berjarak 5 mil laut dari Gili Genting. Birunya laut yang mengelilingi pulau kecil ini, menjadikannya memiliki panorama yang begitu menakjubkan.

Gili Labak pula terkenal akan keindahan pasir putihnya yang sangat memukau pandangan. Belum lagi ditambah dengan desiran ombak yang tenang, sehingga membuat suasana menjadi sangat indah. Meski dulunya kerap dikenal sebagai pulau tikus lantaran banyaknya sarang tikus, namun kini namanya telah diubah menjadi Pulau Gili Labak disebabkan keindahan serta eksotisme alamnya,

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Bila dilihat dari ketinggian, pulau ini seperti benda besar yang terapung di lautan luas. Namun adanya pasir putih pantai yang memagari dan mengitari seluruh sisi Gili layaknya garis putih. Terlebih lagi air lautnya yang masih bersih dan jernih, menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Gili Labak. Jika cuaca cerah, pulau ini akan menampilkan pesona yang sungguh menawan.

Pulau Gili Labak Sumenep

Image Credit: Instagram.com @ainun_a3i

Selain daratan pulau yang mampu menyihir wisatawan dengan keindahannya, pesona di bawah lautnya pula patut untuk dijajal ketika berada disini. Pasalnya, terdapat biota laut dan terumbu karang yang beraneka macam. Untuk bisa menikmati keindahannya tersebut, Anda tak perlu khawatir karena telah ada penyewaan alat snorkeling atau menyelam lengkap beserta pemandunya.

Tatkala berada di pulau yang eksotis ini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari menyaksikan keindahan matahari terbit dari atas kapal, menyelam atau snorkeling, menjelajahi laut menggunakan perahu, menikmati panorama matahari tenggelam, wisata kuliner, bermain ATV, menaiki banana boat, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa memulai pemberangkatan dari salah satu pelabuhan di Kabupaten Sumenep yang bernama Pelabuhan Tanjung dan Kalianget. Perlu waktu sekitar 2 hingga 3 jam penyeberangan untuk mencapai Pulau Gili Labak. Biasanya perahu yang ditumpangi hanya bisa membawa 10 sampai 15 orang dalam sekali angkut tergantung pada besarnya perahu.

Lokasi: Jl. Pulau Gili Labak, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

4. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong

Image Credit: Twitter.com @rizqi2848

Sebetulnya, Nusa Barong atau Nusa Barung ini merupakan salah satu pulau yang berada di luar Indonesia. Lebih tepatnya yakni di Samudera Hindia, sebelah selatan Kabupaten Jember. Pulau dengan luas 6.100 hektar ini, terkenal akan keindahan alamnya baik itu di daratan maupun bawah lautnya. Terdapat pula tiga formasi hutan, yakni hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah.

Jadi tak heran jika Pulau Nusa Barong memiliki beragam flora dan fauna, misalnya saja penyu, rusa, lutung, ayam hutan, kera, dan masih banyak lagi. Kehadiran satwa tersebut, tentunya menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung kesini. Bahkan membuat liburan lebih seru dan menyenangkan lagi bila dilakukan bersama orang tersayang.

Adanya berbagai jenis satwa liar tersebut pula menjadikan Nusa Barong sebagai wilayah konservasi alam yang dilindungi oleh pemerintahan setempat. Bila bertandang kesana, Anda akan disuguhkan dengan adanya perpaduan antara hijaunya pepohonan, birunya laut, dan pasir pantai menawan yang membuat suasana lebih nyaman dan tentram.

Pulau Nusa Barong Jember

Image Credit: Twitter.com @etuqueen

Berkat suasana tersebutlah, tidak sedikit orang menganggap Nusa Barong mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand. Karena pulau ini tidak berpenghuni, sehingga tidak disarankan untuk bermalam disini. Pasalnya, masih banyak hewan liar yang dikhawatirkan nantinya akan membahayakan keselamatan Anda. Namun ketika di pagi hari, pulau ini akan tampak begitu indah.

BACA JUGA:  12 Minuman & Makanan Khas Lamongan yang Wajib Anda Coba

Para wisatawan bisa menemukan berbagai jenis pantai dengan pasir yang berbeda di pulau ini. Mulai dari pasir putih, pasir cokelat, pasir koral, dan masih banyak lainnya. Sebelum melakukan perjalanan menuju Nusa Barong, Anda harus mengurus izin terlebih dahulu ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember.

Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda bertandang dikala musim penghujan tiba. Lantaran di musim ini bidang KSDA tidak mengeluarkan perizinan bagi para wisatawan. Di pulau Nusa Barong, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Misalnya saja memancing, camping, eksplorasi wilayah, ataupun survival. Atau bahkan snorkeling hanya untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Lokasi: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember.

5. Pulau Gili Iyang

Pulau Gili Iyang

Image Credit: Google Maps (Omponk Lyno)

Pulau berikutnya yang bisa dikunjungi ketika berada di tanah Madura yakni Gili Iyang. Dikenal dengan sebutan Pulau Oksigen, Gili Iyang memang memiliki kadar oksigen yang berada di batas normal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Mereka menjelaskan jika kandungan oksigen di tempat ini mencapai 20,95 persen.

Gili Iyang pula dinobatkan sebagai pemilik udara terbersih nomor dua di dunia dibawah Yordania. Hal ini pula didukung oleh kerjasama masyarakat Gili Iyang, yang mana memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungannya. Mereka selalu berupaya menjaga dan melestarikan flora yang tumbuh di tanah pulau cantik satu ini. Jadi sangat patut jika alamnya terjaga dengan baik.

Ketika memasuki Gili Iyang, Anda akan merasakan keheningan yang begitu damai. Bahkan tidak dijumpai tanda tanda kebisingan layaknya di perkotaan. Bila dihitung kebisingannya hanya berada di tingkat 36,5 persen. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang mendambakan sebuah ketenangan. Polusi di pulau ini pun hampir tidak ada lantaran minimnya kendaraan yang ada.

Pulau Gili Iyang Sumenep

Image Credit: Twitter.com @bayurmd8

Pesona lainnya yang dimiliki Gili Iyang sangat nampak secara visual, yakni hamparan pasir putih, air laut yang begitu jernih, dan birunya laut membuatnya sungguh menakjubkan. Berkat air lautnya yang jernih tersebut, para pengunjung bisa secara jelas menyaksikan biota laut di dalamnya. Anda pun bisa menyaksikan keberadaan gua dengan hiasan stalakmit dan stalaktitnya yang terjaga alami.

Lokasi: Desa Dungkek, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

Bertandang ke beberapa pulau cantik di Jawa Timur yang telah disebutkan diatas mampu menciptakan pengalaman baru. Terlebih lagi jika melakukan perjalanan bersama orang tersayang, tentunya akan sangat menyenangkan. Ketenangan dan kehangatan yang ditawarkannya pula mampu membuat para wisatawan merasa ingin berkunjung kembali.