Biaya Wisata: Mulai Rp 2.000.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sangiang, Kec. Sepatan Timur, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pulau Sangiang adalah salah satu pulau kecil yang bisa Anda temukan di daerah Banten. Di pulau ini, Anda pun bisa rehat sejenak dari aktivitas yang menjemukan dan menikmati pemandangan yang ada. Untuk Anda yang bingung menghabiskan waktu berlibur dimana, Anda pun bisa menyimak ulasan berikut ini dan mengintip daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Sangiang.

Sangiang adalah salah satu pulau dengan ukuran yang terbilang cukup kecil dan terletak di Selat Sunda. Dimana posisinya sendiri berada di antara Pulau Jawa dan Sumatra. Termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten, pulau ini telah berpenghuni sejak abad ke 19. Hal ini dikarenakan saat itu Raja Lampung memerintahkan untuk menempati pulau satu ini.

Jika dilihat dari sejarahnya, Pulau Sangiang juga sempat diduduki oleh tentara Jepang ketika Perang Dunia II yakni 1942 hingga 1945. Hal ini dikarenakan kala itu, tentara Jepang membangun pos keamanan yang berada di pulau ini. Bahkan pos pengamanan tersebut telah dilengkapi dengan rel besi agar bisa dilewati oleh tentara perang Jepang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sangiang

Daya Tarik Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Eng Ngel)

Saat bertandang ke pulau cantik ini, Anda pun akan langsung dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang hijau dan indah. Bisa dikatakan, ketika Anda pertama kali sampai di lokasi satu ini, wisatawan akan disanbut dengan suasana yang hijau dari keberadaan hutan bakau yang ada di destinasi ini.

Pastinya, Anda pun akan serasa berada di Amazon. Hal ini dikarenakan perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menuju ke dermaga Pulau Sangiang, memang harus melewati anak sungai yang mana dikelilingi oleh hutan bakau. Tak hanya berhenti di situ saja, ketika Anda menjelajah di pulau ini, Anda pun akan menemukan bahwa tempat ini sangatlah tenang dan cenderung sepi.

Oleh karena itu, sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari tempat berlibur yang jauh dari keramaian. Meskipun begitu, lokasi satu ini memang memiliki pesona yang indah tersendiri dan pastinya sangat menarik untuk di telusuri. Anda pun bisa mencoba untuk memasuki goa kelelawar apabila memiliki jiwa yang pemberani.

Sebab di tempat satu ini, Anda pun akan disambut dengan ratusan kelelawar yang menyatu dengan deburan ombak yang ada di pantai pulau satu ini. namun, perlu Anda tahu bahwa konon katanya goa tersebut merupakan tempat dimana hiu sedang menunggu kelelawar untuk dimangsa.

Selain itu, Anda pun bisa menikmati keindahan Pulau Sangiang ini dari ketinggian. Hal ini dikarenakan terdapat bukit yang memang kerap kali digunakan oleh wisatawan sebagai tempat untuk menikmati indahnya pemandangan alam di lokasi satu ini. Keindahan dari pulau ini memang akan tampak sangat menakjubkan jika diamati dari bukit satu ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Sangiang

Alamat Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Jalan Jalal)

Pulau Sangiang adalah salah satu pulau yang berada di Serang, Banten. Apabila Anda ingin melakukan liburan ke tempat satu ini, terdapat beberapa rute yang bisa untuk Anda tempuh. Perjalanan menuju ke lokasi satu ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan dua moda transportasi, yakni melalui darat dan juga laut.

Sebab, apabila Anda ingin kesini, perjalanan mengharuskan untuk menyeberang ke Kawasan pulau dengan menggunakan kapal untuk menuju ke pantai yang ada di lokasi tersebut. Namun, Anda juga bisa menggunakan perahu untuk lebih menghemat biaya transportasi yang dikeluarkan.

Adapun rute yang bisa Anda tempuh antara lain adalah melalui Slipi. Disini, Anda bisa naik menggunakan bus di terminal Slipi dan turun di terminal Cilegon. Kemudian, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Anyer dan menyebrang ke Pulau Sangiang. Sedangkan untuk rute kedua bisa Anda lalui dari Merak.

Anda bisa berangkat dari Jakarta menuju ke arah jurusan Merak. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Bayangan PCI dan ke Simpang tiga Cilegon. Lanjutkan ke arah Pelabuhan Paku – Anyer dan Anda pun bisa menyeberang dengan menggunakan perahu.

Jika Anda ingin berwisata ke pulau satu ini ada baiknya menggunakan mode transportasi umum saja. hal ini dikarenakan apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka nantinya Anda pun harus meninggalkan kendaraan tersebut pada daerah perbatasan sebelum Anda menyebrang ke Pulau Sangiang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pulau satu ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa orang yang memang akan berlibur ke tempat satu ini. hal tersebut dikarenakan wisata ini berbeda dengan pulau atau pantai pantai lain yang biasa Anda kunjungi.

Sebab untuk harga tiket masuk yang tersedia di pulau ini, Anda pun diharuskan untuk membayar biaya kurang lebih sebesar 2 juta rupiah, untuk menyewa kapal. Dimana kapal tersebut nantinya akan bisa memuat sekitar 20 orang penumpang. Oleh karena itu, jika Anda memang berencana untuk berlibur kesini, ada baiknya Anda untuk mempertimbangkan siapa saja yang ingin untuk diajak.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Sangiang

Kegiatan di Pulau Sangiang
Image Credit: Instagram.com @explorebantentravel

1. Melihat Atraksi Hiu

Di Pulau Sangiang ini, Anda pun bisa melihat hiu secara langsung. Sebab, bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan snorkeling atau diving juga tetap bisa untuk menyaksikan keindahan alam dan atraksi dari hiu ini. hal yang perlu Anda lakukan hanyalah duduk di tepi pantai saja, tanpa perlu menyelam.

Meskipun hanya berada di bibir pantai, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang dapat dikatakan sangat menakjubkan. Dimana Anda pun akan bisa melihat kelompok ikan hiu yang sedang memakan kelelawar. Tentunya hal ini tidak mungkin akan bisa Anda jumpai di pantai atau pulau yang lain.

2. Menikmati Malam di Pasir Panjang

Jika Anda tidak terburu buru untuk pulang, ada baiknya Anda bermalam di kawasan pulau ini. hal ini dikarenakan Anda pun nantinya akan bisa menikmati indahnya pemandangan malam sembari camping atau berkemah. Anda bisa membawa tenda dari rumah dan menginap di lokasi satu ini.

Pantai yang ada di pulau ini identik dengan tanaman bakau yang memenuhi area di pulau tersebut. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan panorama tebing yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja, keindahan dan pemandangan dari Goa kelelawar juga akan membuat Anda betah untuk berlama lama tinggal di kawasan ini.

Kegiatan Pulau Sangiang
Image Credit: Instagram.com @ciplukart_art

3. Snorkeling

Berkunjung ke Pulau Sangiang kurang lengkap rasanya apabila tidak menghabiskan waktu dengan snorkeling. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut memang wajib untuk Anda lakukan ketika berada di pulau ini. Apabila Anda memiliki hobi untuk snorkeling dan melihat indahnya alam bawah laut, pastikan Anda juga jangan melewatkan kesempatan tersebut di pulau ini.

Sebab, terdapat beberapa spot menarik yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk snorkeling. Mulai dari Tanjung Bajo Timur, Legon Bajo dan juga Goa Kelelawar. Untuk itu, Anda pun bisa mencoba kegiatan satu ini ketika berkunjung. Bagi Anda yang tidak membawa peralatan snorkeling, tak perlu khawatir sebab di tempat ini tersedia penyewaan.

Namun, apabila Anda ingin menghemat dan tidak ingin membayar mahal, ada baiknya Anda membawa perlengkapan snorkeling. Hal ini dikarenakan ketika Anda menyewanya di Pulau Sangiang, maka Anda pun akan perlu untuk merogoh kocek yang sangat dalam jika ingin menyewa peralatan di lokasi satu ini.

4. Camping

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda pun juga bisa melakukan aktivitas camping saat berada di lokasi satu ini. terutama jika Anda kesini dengan tujuan untuk backpacker, maka sebisa mungkin lebih baik Anda membawa tenda dan perlengkapan untuk berkemah langsung dari rumah.

Sebab, apabila Anda ingin menginap di kawasan ini seperti di villa atau penginapan, maka kocek yang harus Anda keluarkan akan berkali kali lipat. Untuk itu, Anda pun bisa mendirikan tenda di kawasan tepi pantai ditemani dengan angin yang sepoi sepoi. Disini memang telah disediakan arena untuk camping, namun lebih baik Anda meminta ijin petugas yang berjaga terlebih dahulu sebelum mendirikan tenda.

Ketika Anda berkemah di lokasi ini, tentunya Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat elok dan menawan. Sebab, di area ini Anda pun akan bisa melihat indahnya Rawa Tembuyung, Berlin Wall, Menara Pandang dan juga Baturaden. Untuk itu, tunggu apa lagi, pastikan Anda bermalam dan mendirikan tenda untuk berkemah saat berkunjung ke pulau yang indah ini.

Berlibur ke Pulau Sangiang dapat menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika hari libur atau akhir pekan. Untuk itu, bagi Anda yang kebetulan berada di daerah Serang dan sekitarnya, ada baiknya mencoba menghabiskan waktu di kawasan pulau satu ini. sebab, keindahan dari pulau ini memang tak perlu diragukan lagi. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik yang bisa untuk Anda lakukan disini.