16 Tempat Makan di Solo Paling Enak & Murah

Tempat Makan Solo

Kota Solo atau kota yang juga memiliki nama Surakarta ini, adalah salah satu kota kecil yang ada di Jawa Tengah. Jika kamu hendak berlibur ke Solo, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi masakan sekitar. Apalagi, Solo memang terkenal dengan berbagai hidangan yang banyak dan menggugah selera. Jika kamu sedang mengunjungi Solo, intip beberapa tempat makan di Solo paling enak.

1. Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Lokasi: JL. Gleges, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Blackspider336.wordpress.com

Santapan pagi hari, akan lebih lengkap dengan nasi pecel. Jika kamu menikmati pagi hari di Solo, ada satu tempat makan pecel yang menjadi favorit warga sekitar. Ialah Warung Pecel Bu Kris, yang berlokasi di belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Warung pecel ini memiliki rasa gurih, manis, dan sedikit pedas yang ditambahkan dengan nasi hangat. Warung Bu Kris buka sejak pukul 7 pagi, hingga jam 2 siang.

2. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi

Lokasi: Wisata Kuliner Galabo Solo No.63, Jl. Walikota Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Gotravelly.com

Kalau sedang berjalan-jalan di pasar Klewer, jangan sampai melewatkan warung Bu Edi. Pasalnya warung ini cukup terkenal, karena hidangan Tengkleng. Kuliner Tengkleng sendiri adalah olahan tulang belulang dan jeroan kambing, dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Lokasi dari Warung Bu Edi ini berada di sisi bagian utara gapura Pasar Klewer. Jika kamu ingin mencicipi Tengklengnya, pastikan datang lebih awal sebelum jam buka warung yaitu jam 2 siang.

3. Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel Mbok Galak

Lokasi: Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Satu lagi kuliner di Solo yang cukup terkenal, ialah Sate Buntel Mbok Galak. Sate ini terbuat dari daging kambing cincang, yang dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing. Bungkusan sate ini selanjutnya dibakar, layaknya sate pada umumnya. Jika kamu ingin mencicipi sate buntel yang unik dan lezat ini, datang saja ke Jalan Mangun Sarkoro No. 122. Warung Sate Buntel Mbok Galak sudah buka sejak pagi, yaitu pukul 6 pagi hingga 4 sore.

4. Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo

Lokasi: Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Catatannobi.com

Tempat makan yang wajib untuk dikunjungi selanjutya adalah Wedangan Pendhopo, sebuah warung makan yang memiliki tata ruang unik dan klasik. Kamu bisa menemui tempat makan di di Jalan Sngading I No.7, Turisari. Tempat makan ini sudah cukup terkenal bagi warga lokal, maka sudah pasti rasanya pasti tidak perlu diragukan. Di setiap sudut Wedangan Pendhopo, semkain unik dengan hiasan pernak pernik bernilai seni yang tinggi.

5. Timlo

Timlo

Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.94, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Phinemo.com

Pernahkah kalian mencoba Timlo ? Timlo adalah salah satu kuliner Solo yang cukup terkenal. Hidangan ini mirip dengan soto, yaitu dengan kuah yang bening. Timlo memiliki sosis dan potongan ayam, sebagai pelengkap hidangannya. Jika kamu mencari Timlo, salah satu warung yang terkenal adalah Warung Timlo Sastro di sebelah Timur Passar Gede Solo. Warung Timlo Sastro ini, buka setiap hari jam 7 pagi.

6. Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.501, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Jika mencari berbagai masakan khas jawa, Roemahkoe Resto cocok untuk dikunjungi. Tempat makan ini, cukup terkenal dikalangan anak muda Solo. Soal rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi. Andalan dari restoran ini adalah nasi jemblung, sebuah nasi yang disajikan berbentuk cincin dan ditengahnya diisi semur lidah sapi. Roemahkoe Resto berada di Jalan Dr. Rajiman No. 501, Bumi, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

7. Sup Matahari Solo

Sup Matahari Solo

Lokasi: Jl. Honggowongso No.139, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Satuaspal.com

Jika ingin menyantap sesuatu yang hangat dan segar, beberapa dari kita akan memilih sup. Namun Solo memiliki olahan sup yang cukup berbeda, ialah Sup Matahari Solo. Sup Matahari ini terdiri dari galantin ayam, dicampur dengan beberapa jamur lalu dibungkus oleh telur dadar. Galantin ini akan berbentuk bulat, setelah disiram dengan kuah panas maka akan terbuka layaknya bunga atau matahari. Jika kamu penasaran, langsung datangi warung Vien’s di Jalan Hasannuddin no.99.

8. Selat Solo Mekar Sari

Selat Solo Mekar Sari

Lokasi: Jl. DR. Radjiman No.168A, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Selat Solo Mekar Sari adalah salah satu tempat makan, yang direkomendasikan warga Solo. Warung ini berlokasi di dekat Pasar Kembang Solo, letaknya tak jauh dari jalan raya. Bangunan tak seberapa besar, tempatnya pun persis berada di pojokan jala masuk menuju sebuah gang. Sehingga untuk menemukannya pun tidak terlalu susah, kamu juga bisa bertanya kepada warga sekitar jika masih bingung untuk menemukan warung Soto Solo Mekar Sari.

9. Soto Seger Mbok Giyem Solo

Soto Seger Mbok Giyem Solo

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Wisataindonesia.xyz

Rasa yang segar dan kaya akan cita rasa, membuat para warga solo akan merekomendasikan hidangan ini. Soto Seger Mbok Giyem Solo ini, berisi kuah bening yang diisi potongan daging dan ditambah dengan kecambah hingga bawang merah goreng. Tambahan jeruk nipis, kecap, dan sedikit sambal, sudah cukup untuk menggoyang lidahmu. Dibuka pukul 6 hingga 12 siang, kamu bisa menemui warung Soto Seger ini di Jalan Bhayangkara.

10. Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.132, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Apa yang nikmat ketika hari mulai panas ? Tentu saja es krim. Warung Es Krim Tentrem ini bisa dibilang cukup legendaris, hal ini karena warung ini telah berjalan secara turun temurun sejak 1952. Jika kamu ingin mendinginkan tubuh dari panasnya terik matahari, langsung saja ke Warung Es Krim Tentrem yang ada di Jalan Urip Sumoharjo. Es krim ini cukup berbeda dengan es krim lainnya, pasanya mereka memproduksi sendiri olahan es krimnya alias home made.

11. Oh La Vita

Oh La Vita

Lokasi: Jl. Tirtosari No.11, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Tidak hanya makanan nusantara yang menggugah selera, makanan Italia pun dapat dengan mudah kamu temui di Solo. Oh La Vita adalah restoran yang menyediakan seluruh hidangan Italia, seperti roast chicken hingga pizza. Lokasi dari tempat makan ini berada di Jalan Tirtosari No. 11, Kota Surakarta. Jangan salah, meskipun masakan luar negeri namun harga yang diberikan cukup murah. Oh La Vita mematok harga yang ramah di kantong, mulai dari Rp 13 ribu rupiah.

12. Ayam Tulang Dewa Cemara Dua

Ayam Tulang Dewa Cemara Dua

Lokasi: Solo Square, Jl. Slamet Riyadi No.451, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Dimanaja.com

Kuliner Solo yang patut untuk dicicipi selanjutnya adalah, Ayam Tulang Dewa Cemara Dua. Lokasi dari tempat makan ini mudah untuk ditemui, yaitu berada di foodcourt mall Solo Square. Ayam Tulang Cemara Dua ini, disajikan dengan sambal gledek yang pedas, dan sambal bawang yang ikut meramaikan rasanya. Ditemani dengan nasi putih dan teh manis secara gratis, sudah pasti tempat makan ini cukup populer di kalangan warga Solo sendiri.

13. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas

Lokasi: Jl. Suryopranoto No.1, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Idntimes.com

Bagi pecinta mie, jangan sampai kelewatan mencicipi Mie Gajah Mas. Lokasi warung ini berada di Suryopranoto No. 1, tepatnya berada di depan Pasar Gede. Uniknya, di warung ini ada berbagai macam mie yang tidak hanya mie telor berwarna kuning. Ada juga pilihan mie merah, ungu, orange, hingga hijau yang menjadi daya tariknya. Jangan khawatir, warna dari mie itu berasal dari ketela  dan sayur mayur. Mie ini terbukti tidak mengandung babi, maupun pengawet.

14. Galabo Solo

Galabo Solo

Lokasi: Wisata Kuliner Galabo Solo, No.63, Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Idntimes.com

Tempat makan pada malam hari yang terkenal di Solo adalah Galabo Solo, atau yang juga disebut dengan Gladag Langen Bogan. Selain sebagai tempat makan, Galabo Solo juga sering dikunjungi para muda mudi untuk sekedar nongkrong, untuk menghabiskan waktu bersama teman. Lokasi dari Galabo Solo ini, berada di jalan raya, tepatnya di kawasan Mayo Sunaryo. Kamu bisa datang pada jam 5 sore, higga 5 pagi di warung tenda kawasan jalan Mayo Sunaryo.

15. Rumah Makan Bale Padi

Rumah Makan Bale Padi

Lokasi: Jl. Ovensari Raya No.17, Dusun I, Kadilangu, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Satu lagi tempat makan di Solo, yang menggunakan dekorasi dan sajian khas Jawa. Ialah Rumah Makan Bale Padi, yang terletak di Jalan Ovensari Raya. Rumah makan ini memiliki berbagai sajian khas Jawa, yang semakin nikmat dengan dekorasi bangunan layaknya rumah panggung. Harga yang ditawarkan di rumah makan ini pun ramah dikantong, yaitu dimulai dari Rp 5 ribu rupiah hingga Rp 30 ribu rupiah.

16. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Lokasi: Jl. Ir. Juanda, Gandekan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Kompas.com

Mencari sesuatu yang segar selain es krim ? Datangi saja Es Dawet Telasih Bu Dermi,yang berada di Pasar Gede. Warung Bu Dermi ini sudah cukup terkenal bagi warga Solo, bahkan warungnya selalu dipadati oleh pengunjung. Harga yang diberikan pun sangatlah murah, dengan Rp 5 ribu saja kamu sudah bisa menikmati semangkok es berisi ketan hitam dan campuran bubur sumsum yang menyegarkan.

Indonesia menjadi negara yang kaya akan rasa kulinernya, setiap daerah pasti memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Begitu pula dengan Kota Solo, Kota yang memiliki slogan The Spirit of Java ini memiliki berbagai macam kuliner yang siap untuk menggoyang lidahmu. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Solo, jangan lewatkan beberapa tempat makan terbaik ini !