Melakukan perjalanan ke tempat wisata di saat liburan sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah dan wajib dilakukan oleh para pecinta wisata. Dengan mengunjungi tempat wisata, anda dapat menghilangkan rasa penat yang ditimbulkan oleh pekerjaan. Apalagi jika anda mengajak teman-teman atau keluarga anda untuk liburan bersama.

Tak selalu harus melakukan perjalanan wisata yang jauh, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata menarik diluar kota Jakarta yang masih dapat dijangkau dengan mobil. Seperti kota Bandung, Bogor, atau Cianjur. Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi di Cipanas, Cianjur.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Google Maps M Syam

Suka dengan taman yang berisikan bunga-bunga berwarna warni yang cantik? Tempat yang terkenal ini cocok untuk anda. Taman Bunga Nusantara memiliki jenis tanaman bunga hingga ratusan jenis yang menghiasi taman ini. Mulai dari jenis bunga berasal dari Amerika Selatan, Australia, Asia hingga Afrika.

Disini ada berbagai taman dengan tema yang berbeda yaitu Taman Bali, Taman Mawar, Taman Jepang, Taman Perancis. Juga ada taman labirin yang seru. Untuk menjelajah taman labirin, anda tidak perlu khawatir tersesat karena ada petunjuk untuk jalan keluar.

Selain itu jika anda tertarik untuk membeli bunga yang ada disini, anda bisa mengunjungi Bursa Bunga dan Tanaman. Untuk anda yang ingin berkeliling melihat taman akan tetapi tidak mau merasa lelah, ada tram atau mobil yang disediakan untuk anda, biaya yang dikenakan pun bervariasi tergantung pada pilihan anda.

Telp.: (0226) 3581617, 3581618
WhatsApp: 0877 388 5993
Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps Firdaus M Noor

Kini untuk bisa melihat bunga sakura, anda tidak perlu repot berangkat ke Jepang. Taman ini berada di Kebun Raya Cibodas. Namun keindahan bunga sakura hanya dapat anda nikmati 2 kali saja dalam setahun. Yaitu pada bulan Januari-Februari dan pertengahan tahun Juli-Agustus.

Dan saat mekar, bunga sakura hanya akan bertahan selama 4 hari. Maka dari itu, anda harus gerak cepat jika ingin melihat bunga sakura yang bermekaran dengan indah. Tempat wisata terhits dan banyak di kunjungi ini cocok sekali untuk anda yang ingin berfoto dengan keindahan bunga sakura seperti di Jepang. Telp.: 081224667108

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. The Little Venice

The Little Venice
Image Credit: Google Maps erna wati

Apakah anda ingin rasanya berkunjung ke negara Italia akan tetapi masih belum kesampaian? Kalau begitu, anda bisa coba untuk mengunjungi tempat wisata The Little Venice. Tempat ini bisa dibilang mereplika kota Venice. Disini anda bisa merasakan keindahan kota mirip Venice yang tentunya merupakan spot-spot instagrammable.

Nuansa bangunan bertema Eropa klasik tentunya sangat indah. Selain bisa menjepret foto-foto indah, tidak lengkap rasanya jika melewatkan kesempatan untuk naik perahu gondola ala kota Venice yang sesungguhnya. Kemudian anda juga bisa bermain water sport seperti sepeda air, banana boat, perahu bebek dan lain sebagainya. Ada juga permainan sniper loh. Tidak heran jika tempat wisata di kota Cipanas ini begitu hits dan populer. Jam operasionalnya 08:00 – 16:00 WIB, Telp.: (0263) 580511.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Curug Citambur

Curug Citambur
Image Credit: Google Maps Sigit Agustina

Bagi anda yang menyukai air terjun, tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai 130 meter. Anda juga dapat menikmati pemandangan hijaunya sawah dan hutan dari Curug Citambur. Ada juga warung-warung makan yang siap untuk anda singgahi untuk mengisi perut dan menghilangkan dahaga.

Hawa yang dingin dan sejuk akan membuat anda lebih rileks dan nyaman. Air terjun ini memiliki aliran yang deras, sehingga pengunjung di larang untuk bermain di kolam aliran deras tersebut. Anda bisa bermain air di bagian kolam lain yang tidak berbahaya dan memang dikhususkan untuk pengunjung. Jam operasional objek wisata 08.00 – 16.00 WIB.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Image Credit: Google Maps ANGGI KUSUMAWARDANI

Untuk anda yang memiliki hobi mendaki gunung, tenang. Ada satu tempat wisata dimana anda bisa menikmati keindahan yang disajikan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sekaligus mendakinya. Anda bisa melakukan pendakian untuk 2 hari 1 malam.

Ketinggian Gunung Gede Pangrango mencapai 3000 mdpl dan termasuk sebagai tempat wisata pegunungan yang sering dikunjungi oleh pecinta petualang. Nomor telepon pengelola (0263) 512776.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Telaga Biru

Telaga Biru
Image Credit: Google Maps WOYO GALERI

Keindahan warna air yang jernih dari telaga ini cocok sebagai tujuan untuk merefresh rasa penat yang anda alami. Di tempat wisata Telaga Biru ini ada banyak spot-spot foto yang cantik dan cocok untuk diupload di akun media sosial anda. Air yang berwarna biru berasal dari ganggang biru. Sehingga saat terkena sinar matahari, air telaga berwarna biru jernih yang cantik untuk memanjakan mata anda. Telaga ini buka mulai pukul 07.30 sampai 17.30 WIB.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Jangari Hills Cianjur

Jangari Hills Cianjur
Image Credit: Google Maps Cordova Eo

Hamparan taman bunga yang indah, juga adanya hammock yang digantung antara pohon satu dengan pohon yang lainnya menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Ada juga beberapa spot foto yang menarik di Jangari Hills ini. Meskipun tergolong tempat wisata baru, tempat ini memiliki cukup banyak pengunjung. Banyak orang mengetahui tempat wisata yang satu ini karena sempat viral di media sosial. Jam buka 07:00 – 18:00 WIB untuk weekdays, dan pukul 06:00 – 18:00 WIB saat weekend.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bobojong, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Karang Potong Ocean View

Karang Potong Ocean View
Image Credit: Google Maps Endang Widaningrum

Sesuai namanya yang memiliki kata ocean yang berarti laut, tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan pantai yang indah untuk memanjakan mata anda. Nuansa bangunan serta eksterior berwarna putih yang berpadu dengan birunya air laut dan langit yang cerah, menjadikan tempat ini terlihat begitu cantik. Selain untuk berfoto-foto, ada resort mewah dan unik yang disewakan. Ada juga outdoor resto dan adventure jeep untuk menambah keseruan kunjungan anda.

Vibe yang diberikan tempat ini membuat anda merasa seperti berada di Santorini. Cerahnya langit biru dan indahnya pantai, tentunya instagrammable sekali. Bersiaplah untuk menjepret foto-foto estetik untuk diupload di akun media sosial anda. Jangan lupa membawa kacamata hitam atau topi pantai sebagai aksesoris foto dan sekaligus melindungi anda dari panasnya sinar matahari. Jam buka dimulai 09:00 – 21:00 WIB, dan nomor telepon pengelola 0815-4643-6071.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Instagram sekitar pantai jayanti

Ingin merasakan suara deburan ombak dan menikmati sunset, pilihan wisata Pantai Jayanti cocok untuk anda. Sayangnya pantai ini kurang cocok untuk anda yang suka berenang, karena ombak pantai ini besar. Sudah ada beberapa kejadian orang yang tenggelam karena berenang di pantai ini.Untuk anda yang datang jauh-jauh, anda bisa bermalam di villa yang berada di sekitaran wilayah Pantai Jayanti.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Big Ben Waterpark Green Apple Garden

Big Ben Waterpark Green Apple Garden
Image Credit: Google Maps Richard Lucious

Memiliki konsep taman bergaya London, anda bisa berfoto-foto ria sepuasnya. Selain itu, disini juga ada Big Ben Waterpark yang cocok untuk bermain dengan si kecil. Ada juga permainan flying fox, mini ATV, waterball dan lain sebagainya. Anda juga bisa memetik stroberi, menyaksikan Cinema 5D.

Lokasi Big Ben Waterpark Green Apple Garden ini tidak jauh dari Taman Bunga Nusantara. Sehingga jika anda berencana untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara, anda bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Big Ben Waterpark Green Apple Garden.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mariwati No.78, Sindanglaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata yang hits di Cipanas, Cianjur. Tak melulu harus jauh, tempat-tempat diatas masih bisa dijangkau dengan kendaraan beroda empat. Jangan lupa untuk mengajak keluarga atau teman-teman anda pada saat liburan. Keseruan yang dirasakan tentunya menjadi bertambah.

Apabila anda merasa stress atau penat, cobalah untuk rehat sejenak dari pekerjaan anda. Ambillah cuti untuk melakukan liburan atau perjalanan wisata untuk refreshing dan menghibur diri. Tak perlu modal besar, anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar anda dengan harga yang terjangkau. Tidak perlu lama, luangkan waktu selama 3 atau 4 hari untuk menikmati liburan.

Setelah anda menikmati liburan, pikiran dan tubuh anda pun menjadi lebih segar dan siap untuk kembali ke rutinitas pekerjaan anda. Dan juga dengan melakukan perjalanan wisata dapat membuka pikiran anda menjadi lebih luas. Demikianlah pembahasan tempat wisata kali ini. Apakah anda sudah menentukan destinasi untuk liburan anda?