Taman Pelangi Jogja termasuk objek wisata malam yang hits dan kekinian berada di kawasan lokasi Monumen Yogya Kembali. Destinasi yang menampilkan warna-warni lampu lampion bak pelangi, berbagai wahana permainan dan berbagai spot foto yang keren.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 16.30-22.00 WIB, Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang mencari destinasi untuk keluarga maupun kalangan muda-mudi, maka Taman Pelangi Jogja adalah pilihan tepat. Pemandangan lampion malam hari yang memanjakan mata menjadi daya tarik dari objek wisata malam yang satu ini. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru yang beragam karena taman ini sudah didukung berbagai fasilitas yang menarik untuk memanjakan. Untuk lebih lanjut, berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Taman Pelangi Jogja

Tentang Taman Pelangi Jogja
Image Credit: Facebook.com @bisnisistricerdas

Taman Pelangi dibuka sebagai destinasi wisata pada tahun 2011 silam. Di dalamnya ada banyak keunikan yang dapat ditemukan oleh para pengunjung. Tak heran jika wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung sejak pertama kali dibuka. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada, membuat tempat ini cukup populer di sosial media.

Hal ini dikarenakan banyak pengunjung yang mengunggah foto foto keindahan di akun media sosial mereka. Dengan demikian, objek wisata yang berada di kawasan museum Jogja ini tidak butuh waktu lama untuk diketahui masyarakat luas. Bahkan, ada banyak pengunjung yang berasal dari luar kota datang ke wisata Taman Pelangi Jogja.

Selain itu, destinasi wisata ini di kalangan warga loka tentunya bukan hal baru lagi. Bisa dikatakan Taman Pelangi menjadi objek wisata favorit akhir pekan yang wajib dikunjungi untuk menikmati malam bersama keluarga, kerabat, rekan kerja, bahkan orang spesial lainnya. Sebab, ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati pada wisata yang satu ini.

Taman yang juga dikenal dengan nama Taman Monjali ini menawarkan berbagai hal seru. Pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti berfoto, uji adrenaline, sampai dengan menaiki wahana permainan yang tersedia. Tak lupa, ada juga sajian khas Jogja untuk menikmati aneka macam hidangan kuliner yang tersedia di beberapa stand kuliner di taman ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Pelangi Jogja

Daya Tarik Taman Pelangi Jogja
Image Credit: Google Maps (Uco Sugianto)

Dalam wisata yang satu ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru dengan menaiki wahana menarik. Sebelumnya, pengunjung harus melewati pintu masuk terlebih dahulu. Ada dua pintu yang bisa dilewati yaitu bagian timur dengan kawasan lampion besar. Selain itu, ada juga pintu masuk yang mengantarkan Anda untuk menikmati berbagai macam wahana.

Dengan mengikuti rute yang disediakan oleh pihak pengelola, Anda akan disuguhkan dengan aneka model lampion dengan warna yang berbeda beda. Menariknya lagi, lampion tersebut memiliki berbagai bentuk yang cukup unik, seperti tumbuhan, hewan, tokoh kartun, bahkan ada juga lampion dengan bentuk wajah wajah para pemimpin yang terkenal.

Tak hanya menikmati keindahan lampion saja, pengunjung Taman Pelangi Jogja juga bisa menaiki berbagai macam wahana yang telah tersedia. Wahana tersebut meliputi becak mini, perahu dayung, trampolin, bola air, hingga speed boat. Selain itu, ada juga wahana menantang lainnya yang menguji adrenalin seperti puri hantu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Pelangi

Alamat Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Hasim Ikhwanudin)

Lokasi Taman Pelangi ini cukup mudah dijangkau, sebab berada di area Monumen Jogja Kembali. Rute yang bisa dilewati jika datang dari Stasiun Tugu yaitu berjalan menuju Halte Malioboro 1. Kemudian, bisa diakses naik bus Trans Jogja rute 2A dengan tujuan Halte Ring Road Utara. Sedangkan dari Terminal Jombor, bisa memilih bus Trans Jogja rute 2B dengan tujuan Halte Ring Road Utara.

Seperti yang sudah diketahui, taman ini didominasi dengan lampu. Tak heran jika jam bukanya mulai sore hari hingga malam. Untuk hari biasa bisa dikunjungi dari jam 16.30 sampai jam 22.00. Sedangkan pada akhir pekan pengunjung dapat hadir dari jam 17.00 hingga jam 23.00. Untuk masuk, pengunjung dikenakan biaya tiket berkisar 15 hingga 20 ribuan saja.

Aktivitas Seru yang bisa Dilakukan di Taman Pelangi

Aktivitas di Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Amri Amuella)

1. Menikmati Indahnya Lampu Hias Unik

Di kawasan wisata Taman Pelangi, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Salah satunya yaitu menikmati keindahan lampu hias yang cukup unik. Lampu hias akan dipasangkan pada pohon pohon buatan dengan aneka warna menawan. Hal inilah yang dapat menyemarakkan suasana di objek wisata yang satu ini.

Pohon buatan yang dihiasi beraneka lampu hias warna warni ini bisa digunakan untuk berfoto dan mengabadikan momen berharga. Anda bisa mengambil gambar menarik di antara pepohonan lampu tersebut yang membuat kesan bahwa Anda sedang berada di tengah hutan fantasi bertabur cahaya.

Tak hanya itu saja, terdapat lorong yang bagian atasnya digantungi ratusan lampu menawan. Anda juga bisa menikmati keindahan area rumput yang ditutupi barisan lampu-lampu kecil di kawasan wisata ini. Hal inilah yang selalu mengundang perhatian banyak pengunjung yang datang. Terutama pengunjung muda mudi untuk mempercantik foto di akun media sosial.

2. Menyusuri Lampion Aneka Jenis

Ketika berada di kawasan wisata ini, pengunjung akan disuguhi dengan aneka lampion dari yang berukuran kecil, sedang, sampai besar. Lampion lampion tersebut tersebar di setiap sisi taman dengan warna menarik yang ada di tengah gelap malam. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik yang memikat mata dan dapat diandalkan sebagai tempat berfoto.

Kecantikan lampion yang unik ini sudah bisa dirasakan sejak wisatawan mulai menginjakkan kaki di taman. Pasalnya, terdapat dua pintu masuk yang disediakan pada destinasi wisata ini yaitu Pintu Barat dan Pintu Timur. Jika masuk dari Pintu Timur, Anda akan disambut dengan gerbang berupa lampion berukuran besar berbentuk setengah lingkaran menyerupai pelangi.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke deretan lampion yang berbentuk flora dan fauna khas Indonesia. Selain itu, terdapat lampu lampion unik dengan bentuk tokoh kartun terkenal, seperti Disney, kartun jepang, naga, dinosaurus, dan juga kehidupan bawah laut yang cukup menawan dan menarik perhatian para pengunjung yang masih anak anak.

Tidak ketinggalan juga dengan nilai kebangsaan, Taman Pelangi Jogja juga menyediakan lampion dengan bentuk wajah para tokoh pemimpin hebat. Agar tetap menarik dan juga memanjakan para pengunjung, maka setiap beberapa bulan sekali lampion hias di taman selalu diganti. Selain itu, lampu juga ditambah dengan tatanan yang berbeda dari bentuk sebelumnya.

Proses penambahan dan perubahan lampion tersebut dilakukan sebagai langkah untuk memelihara daya tarik dan minat para wisatawan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih sering datang ke taman indah ini. Meskipun wisatawan sudah pernah datang, namun akan selalu senang karena bisa menikmati hal menarik di objek wisata ini.

Aktivitas Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Septi Nila)

3. Menaiki Berbagai Wahana Permainan Seru

Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di Taman Pelangi yaitu menaiki wahana permainan seru. Pengelola menyediakan fasilitas permainan cukup lengkap, misalnya saja wahana air dan wahana menegangkan. Pengunjung bisa menikmati fasilitas tersebut sesuai keinginan mereka ketika berada di wisata ini.

Tersedia wahana air yang menarik, seperti perahu dayung, bumper boat, speed boat, becak air, dan bola air. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati wahana permainan seru lainnya meliputi, battery car, junior jet, euro bungee, trampoline, helicak, ATV, sepeda tandem, bom bom car, safari train, rumah balon, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk menikmati wahana seru tersebut, pengunjung harus membayar tiket permainan. Masing masing wahana bisa digunakan hanya dengan membayar tiket berkisar 10 ribu hingga 20 ribuan saja. Selain itu, para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan keselamatan. Pasalnya, setiap permainan memiliki tingkat keamanan serta standar profesional.

4. Mencoba Wahana Puri Hantu

Berpetualang menyusuri Taman Pelangi tak hanya melulu mendapatkan spot foto menarik saja. Sebab, pengunjung juga bisa mencoba wahana yang cukup menantang seperti rumah hantu. Wahana yang diberi nama Puri Hantu ini menyuguhkan tempat yang cukup seram. Terkadang hantu di dalamnya muncul tiba tiba dan membuat pengunjung kaget.

Sebelum memasuki wahana ini, pengunjung diwajibkan membayarkan tiket dengan biaya berkisar 10 ribuan saja. Setelah itu, pengunjung akan diarahkan untuk menuju ke gerbang masuk utamanya. Suasana mencekam sudah mulai terlihat dari luar Puri Hantu karena ini berbagai aksesoris yang seram. Terdapat tirai kain yang berwarna putih dan hiasan lampu api.

Di bagian atas gerbang rumah hantu ini terdapat ornamen yang membuat suasana menjadi lebih mencekam. Sebab, ada hiasan yang menyerupai mayat korban bunuh diri dengan cara digantung. Lebih seram lagi wujud yang digantung tersebut merupakan sosok hantu kuntilanak. Sedangkan di sisi kanan dan kiri gerbang terdapat boneka menyerupai hantu pocong.

Ketika memasuki wahana ini, Anda akan diberi kejutan peti yang berisikan mayat. Teror hantu akan semakin menjadi jadi saat Anda melewati area pepohonan. Hantu hantu yang ada di wahana ini sering kali muncul secara tiba tiba, sehingga cukup mengejutkan para pengunjung. Sosok hantu menyeramkan yang muncul yaitu kuntilanak, mumi, pocong, genderuwo dan lainnya.

Hantu hantu tersebut dapat muncul dari arah mana saja, bisa dari samping, depan, belakang, dan dari atas pohon. Tentu suasana sangat mencekam ketika hantu hantu tersebut mulai menampakkan wujudnya dan mendekati para pengunjung. Tak heran jika banyak pengunjung yang histeris karena terkejut dan ketakutan.

Setelah beberapa saat mendapat teror dari hantu hantu tersebut, maka ada hal menarik lainnya ketika menjelang pintu keluar. Ternyata ada bonus yang cukup menyita perhatian bagi pengunjung wahana Puri Hantu. Pasalnya, pengunjung akan diberikan servis untuk berfoto atau mengabadikan momen bersama secara gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Pelangi Jogja

Fasilitas Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Inro Pasaribu)

Dari segi fasilitas, Taman Pelangi terbilang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Tersedia area parkir di sekitar kawasan taman yang dapat menampung puluhan kendaraan bermotor. Selain itu, ada juga penjaga parkir resmi yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menjaga keamanan kendaraan terparkir.

Fasilitas lainnya yang dapat Anda gunakan yaitu toilet dengan jumlah yang cukup memadai. Selain itu, ada juga fasilitas food-court dengan ragam pilihan kuliner khas Jogja pada salah satu sudut taman. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir jika berada seharian di kawasan wisata warna-warni ini karena fasilitasnya yang cukup lengkap.

Liburan tentunya kurang berkesan berkunjung di waktu yang salah. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal saat berkunjung ke Taman Pelangi Jogja, seperti datang di hari biasa dan mengetahui jam buka. Jangan lupa juga untuk datang pada saat cuaca mendukung atau tidak sedang musim hujan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati liburan seru atau sekedar menghabiskan waktu akhir pekan yang mengasyikkan.