Alun Alun Kidul, Taman Rekreasi Tempat Bersantai Seru di Boyolali

Alun Alun Kidul, Taman Rekreasi Tempat Bersantai Seru di Boyolali

Berkunjung ke Alun Alun Kidul menjadi salah satu kegiatan yang menarik dilakukan saat berada di Boyolali. Anda bisa menemukan berbagai macam aktivitas seru dan menjadi tempat bersantai yang tepat.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Saat sedang berlibur ke Jawa Tengah, pastikan Anda mampir ke Kabupaten Boyolali. Daerah yang terkenal sebagai penghasil susu ini memiliki alun alun yang sangat indah. Bahkan destinasi satu ini kerap kali menjadi lokasi dan tujuan rekreasi bagi warga Boyolali dan sekitarnya. Penasaran seperti apa tempat wisata satu ini? Anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun Alun Boyolali

Daya Tarik Alun Alun Boyolali

Image Credit: Google Maps (Benedictus Harsono)

Ketika Anda sedang berwisata ke Boyolali, sempatkan untuk mampir dan menikmati keindahan dari alun alun yang ada di daerah ini. Pasalnya, destinasi wisata ini kerap kali menjadi incaran bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu ataupun sekedar bersantai.

Alun alun Kidul Boyolali merupakan salah satu ruang publik terbuka, yang mana letaknya dekat dengan pusat pemerintahan daerah Boyolali. Sehingga, disini Anda akan menemukan banyak sekali fasilitas publik serta pemandangan yang menarik. Ditambah lagi, Anda juga akan disuguhkan dengan panorama berupa perbukitan dan juga gunung gunung yang indah.

Adanya pemandangan tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang didapatkan oleh pelancong saat berwisata ke kota satu ini. Dengan mengunjungi lokasi ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah. Sehingga, dapat menjadi lokasi yang pas untuk melepas penat akan aktivitas yang melelahkan.

Selain itu, hal lain yang menjadi daya tarik dari wisata ini adalah destinasi alun alun kidul ini masih menjadi satu kawasan dengan Gedung Sapi Ndhekem atau yang kerap kali disebut dengan Gedung Lembu Sora. Tak hanya itu saja, lokasi wisata ini pun juga satu kawasan dengan Tugu Jagung.

Dimana kedua tempat tersebut mengesankan bahwa kota Boyolali merupakan daerah penghasil susu dan juga penghasil jagung di Jawa Tengah. Dengan memiliki bentuk yang unik tersebut membuat wisata ini kerap kali dikunjungi oleh pengunjung saat berada di kota ini. sebab, berkunjung ke Alun Alun, wisatawan juga bisa sekaligus mengunjungi kedua destinasi lainnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Cilacap yang Hits & Populer

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Alun Alun Kidul

Alamat Alun Alun Kidul

Image Credit: Google Maps (Ika Nur Halimah)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda hanya perlu datang ke daerah Wonosari, Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Alun Alun ini sebenarnya masih di tempat yang sama dengan alun alun yang lama. Akan tetapi, karena berubah fungsi menjadi tempat untuk bisa berekreasi maka tempat ini diberikan nama Alun Alun Kidul.

Lokasinya yang berada di tengah kota membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk menemukannya. Untuk itu, apabila Anda penasaran dengan lokasi satu ini alangkah baiknya jika Anda datang bersama dengan keluarga maupun kerabat. Anda bisa datang di waktu senggang ataupun ketika akhir pekan tiba.

Karena letaknya di tengah kota atau jalan yang besar, maka Anda bisa mengendarai roda empat maupun roda dua untuk menuju ke lokasi satu ini. Selain itu, apabila Anda berasal dari luar kota dan kesulitan untuk menemukan destinasi ini, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa membuka Google Maps ataupun peta digital yang ada di smartphone untuk menemukannya.

Alun Alun Kidul Boyolali merupakan salah satu tempat publik terbuka yang bisa Anda temukan di daerah ini. Oleh karena itu, ketika memasuki daerah wisata ini Anda tidak akan dipungut biaya masuk sepeser pun alis gratis. Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, tempat ini buka selama 24 jam penuh. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu seharian di lokasi ini.

Aktivitas yang Menarik Anda Lakukan di Alun Alun Kidul

Aktivitas di Alun Alun Kidul

Image Credit: Google Maps (Bubble Wrap Solo)

1. Berpiknik Bersama dengan Keluarga

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini, salah satunya adalah berpiknik bersama dengan keluarga atau kerabat bahkan pasangan. Kegiatan satu ini tentu saja sangat menyenangkan, apabila Anda lakukan di akhir pekan dan saat jam makan siang menjelang sore hari.

Alun alun satu ini memiliki lapangan yang sangat luas, sehingga menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang ingin untuk berpiknik. Ketika Anda berpiknik disini, maka Anda pun akan disuguhkan dengan bangunan bangunan yang memiliki nilai historis. Bangunan tersebut memang dibuat dan dirawat oleh pemerintah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Selain memiliki suasana yang pas untuk berpiknik dan bersantai, Anda bisa membawa banyak cemilan ataupun makanan dari rumah sembari menggelar karpet. Namun, bagi Anda yang kelupaan membawa camilan, tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan Anda bisa membelinya di sekitar alun alun.

Di sini, Anda akan banyak mendapati berbagai pedagang yang menjual banyak cemilan atau jajanan. Anda hanya tinggal memilih makanan apa yang ingin untuk Anda nikmati. Sehingga Anda pun bisa ngemil bersama dengan keluarga. Selain itu, disini Anda juga bisa bercengkrama menikmati senja disertai angin sepoi sepoi yang syahdu.

2. Berolahraga

Bagi Anda yang mencari tempat untuk olahraga maupun sekedar berjogging, maka Alun alun Kidul adalah lokasi yang tepat. Disini, Anda akan bisa menemukan area jalanan dan juga rerumputan yang sangat luas. Sehingga lokasi tersebut akan sangat cocok dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan olahraga.

Selain itu, Anda pun bisa melakukannya sesuka hati, baik pagi maupun malam hari. Hal ini dikarenakan alun alun yang ada di Boyolali tersebut buka selama 24 jam penuh. Bahkan apabila beruntung, Anda bisa menyaksikan kompetisi olahraga yang kerap kali diadakan di lokasi satu ini.

Ada banyak kompetisi yang biasanya diadakan, seperti drum band dan juga bersepeda. Terlebih lagi, kadang kadang Anda juga bisa melihat aktivitas atlet atlet yang sedang melakukan latihan di sekitar area ini. untuk itu, apabila Anda mencari tempat untuk berolahraga dengan suasana yang asri, maka Alun Alun Kidul adalah tempat yang pas.

3. Berfoto

Berselfie atau swafoto menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh ketinggalan saat Anda sedang berada di lokasi satu ini. pasalnya, banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan saat berada di sini. Ada beberapa spot yang menjadi favorit dari pengunjung, diantaranya adalah tulisan Alun alun Kidul.

Landmark yang ada di lokasi ini biasanya kerap kali dijadikan lokasi untuk jogging track bagi pengunjung. Tak hanya untuk jogging saja, tulisan satu ini pun sangat instagramable, pastinya akan membuat feed di Instagram Anda akan menjadi lebih menarik. Hal tersebut lantaran warnanya yang mencolok dan ukurannya yang besar.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Wonosari Gunung Kidul yang Hits & Populer

Tak hanya landmark bertuliskan nama alun-alun saja, patung sapi dengan ukuran yang sangat besar juga menjadi salah satu spot yang banyak digunakan oleh wisatawan untuk berfoto. Patung sapi ang memiliki Lembu Sora atau Sapi Ndhekem ini merupakan salah satu lokasi yang paling banyak diminati oleh pengunjung.

4. Wahana untuk Bermain

Untuk Anda yang membawa si kecil untuk berlibur ke tempat satu ini, tak perlu khawatir akan bosan. Sebab, di lokasi ini banyak sekali wahana permainan untuk si kecil. Akan tetapi, sebagai orang tua Anda pun tetap harus memberikan pengawasan pada sang buah hati saat sedang bermain di lokasi satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Alun Alun Kidul Boyolali

Fasilitas Alun Alun Kidul Boyolali

Image Credit: Instagram.com @ayazaki234

Karena lokasinya yang berada di pusat kota, Anda pun bisa menemukan banyak fasilitas publik tersedia di lokasi satu ini. ada beberapa fasilitas standar yang bisa Anda temukan, salah satunya yakni seperti lokasi parkir. Tak hanya itu saja, di alun alun ini Anda juga bisa menemukan toilet meskipun keberadaannya masih kurang terawat.

Selain itu, disini, Anda juga akan menemukan fasilitas berupa pendopo gede Alun alun kidul. Dimana lokasi ini kerap kali digunakan sebagai pengunjung untuk berfoto karena modelnya yang terlihat cukup vintage. Pendopo ini sendiri memiliki lokasi yakni di sebelah barat alun alun.

Di sekitar sini, Anda juga bisa menemukan Kantor Bupati Boyolali. Hal ini dikarenakan tempat rekreasi ini tak hanya berfungsi sebagai ruang publik saja, melainkan juga menjadi halaman utama dari kantor pemerintahan yakni Kabupaten Boyolali. Sehingga, disini Anda bisa melihat bangunan berupa kantor bupati yang memiliki desain layaknya Istana Merdeka yang ada di Jakarta.

Bahkan Gedung DPRD dari Boyolali juga bisa Anda lihat ketika mengunjungi alun Alun Kidul. Uniknya lagi, DPRD dari Kabupaten Boyolali ini memiliki desain yang hampir mirip dengan Gedung MPR/DPR yang ada di Senayan, Jakarta. Sehingga, Anda bisa melihat bersi Gedung MPR/DPR yang lebih kecil saat sedang berjalan jalan di lokasi satu ini.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke Alun Alun Kidul yang ada di daerah Boyolali ini. oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang murah saat sedang berada disini, maka alun alun ini dapat menjadi salah satu rekomendasi atau alternatif yang bisa untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga.