35 Tempat Wisata di Boyolali Terbaru & Terhits Dikunjungi

18 Tempat Wisata di Boyolali

Ingin Liburan ke Boyolali? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Boyolali, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yakni Boyolali ternyata menyimpan daya tarik tersendiri untuk para pendatang. Dikenal sebagai Kota Susu karena memang menjadi kota produksi susu dan terbesar di Jawa Tengah. Bukan hanya sebatas itu, Boyolali juga menjadi salah satu penghasil sayuran yang berkualitas bagus terutama di kawasan Cempago dan juga Selo.

Ketika berwisata ke Boyolali, pengunjung bisa merasakan dan melihat bagaimana keindahan alam yang ada di sekitarnya. Tempat-tempat wisata yang ada di Boyolali pun juga terbilang sempurna, dan layak Anda kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Kitamuda.id

Objek wisata air terjun memang hampir ada di tiap daerah. Tak terkecuali di Boyolali ini. Yang aling terkenal dan favorit para wisatawan adalah air terjun kedung kayang dengan keindahan dan keasriannya. Air terjun ini juga memiliki keindahan yang luar biasa dimana pemandangan sekitarnya memang masih alami dan begitu asri. Air terjun ini ada diantara dua Gunung yakni Gunung Merbabu dan Merapi. Sempat menjadi rebutan antara kabupaten Magelang dan Boyolali karena lokasi keberadaannya.

Objek wisata tersebut berada diantara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Dari Kabupaten Magelang berjakrak 30 km begitu pula dari Kabupaten Boyolali.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

2. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu

Image Credit: Google Maps (Muhammad Fathi Rizky J.)

Meskipun tergolong wisata baru namun destinasi ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Lokasinya berada di kawasan lembah perbukitan, sehingga panorama alamnya begitu memanjakan mata. Dulunya Lembah Gunung Madu merupakan tempat persembunyian rakyat Indonesia. Tepatnya pada zaman penjajahan Belanda, hingga kini ada sekitar 5 goa di area lembah yang bisa Anda kunjungi.

Bagi wisatawan yang hobi fotografi, lokasi ini sangat cocok untuk tempat hunting foto. Pasalnya ada beberapa background yang mendukung, diantaranya ornament bangunan dan area taman. Disarankan datang waktu sore hari karena Anda bisa menikmati momen sunset yang cantik. Tidak lupa mencicipi berbagai masakan khas Boyolali dan seduhan kopi hangat di bangunan rumah joglo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

3. Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat Wisata di Boyolali berikutnya adalah Taman Air Tlatar. Taman air ini memang dirasa sangat cocok untuk menikmati waktu liburan bersama dengan keluarga apalagi bersama anak-anak. Semua anggota bisa merasa begitu senang karena banyak wahana permainan di tempat ini.

Fasilitas yang disediakan juga berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cinderamata hingga klam renang anak dan dewasa Lokasi Taman Air Tlatar Boyolali ini berada di Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali yang berjarak tempuh 4 km dari kota. Pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapai lokasinya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

4. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

Image Credit: Google Maps (Tata Ta)

Waduk Cengklik sudah dibangun sejak tahun 1926-1928 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda dan Keraton Mangkunegara. Alirannya melewati dua desa yaitu Desa Sobokerto dan Desa Ngragorejo. Anda bisa menemukan lokasi waduk tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto. Setelah melewati Perum TNI Angkatan Udara, Anda berjalan sebentar sekitar 1,5 kilometer.

Hamparan airnya terbentang lebar di atas lahan seluas 300 hektar, dan dikelilingi pohon-pohon hijau. Daya tarik utama wisata ini ialah latar belakang alam berupa jajaran pegunungan. Tak heran jika kawasan Waduk Cengklik selalu menjadi spot untuk hunting foto. Di tanggul ini terdapat beragam jenis ikan tawar yang dimanfaatkan sebagai area pemamcingan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Waduk, Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

5. Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Image Credit: Wikipedia.org

Mereka yang suka mendaki tidak akan asing dengan Gunung Merbabu. Tak hanya didaki seperti mendaki gunung biasa tetapi pengunjung bisa melakukan trekking disini. Banyak pecinta alam yang menjadikan gunung ini sebagai objek pendakian dan trekking. Untuk bisa sampai tempat ini banyak pendaki yang menggunakan jalur Selo karena mengesankan dan memiliki pemandangan yang paling indah.

Nantinya wisatawan bisa melihat beberapa padang savana dan juga bunga edelweis yang banyak. Lokasi Gunung Merbabu berada diantara kabupaten Boyolali, Magelang dan juga kota Salatiga. Untuk mendaki diperlukan kondisi tubuh yang fit dan tak mudah lelah agaar perjalanan bisa lancar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

6. Pemandian Kedung Goro

Pemandian Kedung Goro

Image Credit: Google Maps (Philippe Marland)

Dari Kota Boyolali Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Letak wisata berada di balik hutan dan jauh dari pemukiman penduduk. Kemudian Anda menyusuri jalan setapak dan menyebrang sungai. Begitu tiba Anda dapat melihat pemandian yang berwarna kehijauan. Anda bisa berenang sambil merasakan segarnya air dari pemandian ini.

Kola mini dikelilingi oleh susunan tebing batu yang tampak kokoh, seolah melindungi kelestarian alam sekitarnya. Biasanya pengunjung memanfaatkan tebing tersebut untuk melakukan terjun bebas, lalu jatuh ke dalam pemandian. Bila tidak punya cukup nyali Anda tetap bisa menikmati keindahan alam disini, dengan duduk santai di atas batuan di pinggir kolam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Dusun II, Kauman, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

7. Candi Lawang

Candi Lawang

Image Credit: Situsbudaya.id

Meski namanya adalah Lawang bukan berarti candi ini berada di Lawang Jawa Timur. Tetapi, Candi Lawang ini berada di Boyolali dan menawarkan situs candi tersebut sebagai peninggalan sejarah terutama para wali. Di sekeliling candi tidak ada arca atau relief yang mana hanya ada batu berornamen.

Ada juga bebatuan yang tersebar dan belum disusun di sekitar candi. Ada juga keunikan yang bisa dirasakan para pengunjung mengingat candi inni adalah peninggalan Hindu di abad ke 9. Candi Lawang berada di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Jika dari Jogja menuju kota Boyolali pengunjung bisa menempuh perjalanan 1.5 jam menggunakan motor.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dangean, Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

8. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih

Image Credit: Google Maps (Vella Lila)

Lokasi wisata berada di lereng gunung dan dikelilingi oleh pepohonan rindang dan lahan sayuran. Udara sekitar wisata cukup dingin cocok bagi Anda yang liburan untuk mencari ketenangan. Bukit Kinasih juga menjadi basecamp untuk para pendaki, yang akan mendaki ke Gunung Merbabu atau Merapi. Jadi tak heran jika Anda melihat banyak tenda didirikan di sekitar lahan wisata.

BACA JUGA:  5 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Wajib Anda Bawa Pulang

Perjalanan menuju bukit ini memang melelahkan, Anda harus melewati trek naik turun hingga jalan setapak. Namun semua akan terbayar bila sampai di puncak bukit, karena panorama alamnya sangat memanjakan mata. Ada berbagai spot foto menarik berupa rumah pohon, serta kayu yang disusun berbentuk love.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasah, Dusun I, Senden, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

9. Candi Sari

Candi Sari

Image Credit: Situsbudaya.id

Objek Wisata di Boyolali ini juga tak kalah populer. Candi Sari merupakan satu dari sekian banyak objek wisata yang ada, Candi Sari juga menjadi yang ramai. Candi ini menjadi salah satu bui tempat yang terbuka dan memiliki histori yang kental. Wiatawan yang datang juga bersama si kecil untuk mengenalkannya pada sejarah.

Dulunya pertama kali candi ini ditemukan sekitar tahun 1978. Bukit yang ada menjadi sumber mata air yang menarik para wisatawan. Bukit ini berada di Desa Gedangan, Kecamtan Cepogo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Timur.

10. Umbul Tirto Marto Pengging

Umbul Tirto Marto Pengging

Image Credit: Google Maps (DeKa Creation)

Konon lokasi ini merupakan pemandian milik Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tidak jauh dari area kolam terdapat Pesanggrahan Ngeksipurna. Dimana menurut cerita warga setempat, Pesanggrahan adalah tempat raja dan keluarganya beristirahat. Masih satu lokasi dengan Pesanggrahan, terdapat makam R. Ng. Yosodipuro I dan Masjid Cipto Mulyo.

Kentalnya peninggalan sejarah di kawasan umbul ini membuat pemerintah merombaknya jadi daerah wisata. Menjelang bulan puasa biasanya ada tradisi padusan, yaitu membersihkan diri agar menjadi suci. Masyarakat sekitar menganggap bahwa mata air disini lebih bersih dibandingkan lainnya. Walaupun bukan bulan puasa objek wisata ini tetap ramai pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulsari, Dukuh, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

11. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Image Credit: Lpplbuanaasri.com

Objek wisata Boyolali yang juga tak boleh dilewatkan begitu saja adalah Wadung Kedung Ombo. Bukan hanya sekadar waduk tetapi ada pemandangan indah di sekitarnya. Rekreasi hutan dan ait yang menyegarkan daan ada pemancingan. Waduk ini ada di tiga kabupaten yaitu di Desa Wonoharjo, Sragen dan Grobogan Kemusu. Selain untuk pengairan sawah, waduk ini juga memiliki daya tarik menjadi objek wisata.

Beberapa fasilitas yang dimilikinya adalah bumi perkemahan, hutan wisata, tempat pemancingan, rumah makan apung hingga wisata air. Waduk Kedung Ombo berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu 50 km ke arah kota Boyolali. Pengunjung bisa bermain air dan juga menikmati kuliner di sekitar waduk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solo – Purwodadi, Rambat, Geyer, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

12. Vihara Veluvana

Vihara Veluvana

Image Credit: Facebook.com @boyolaliwisata

Lokasi wisata berada di kompleks SMK Pembangunan, dari pusat kota tinggal ikuti jalan menuju ke Dukuh Ngelo. Bangunan ini merupakan tempat peribadatan umat agama Budha, serta menjadi aset milik IIAB. Karena termasuk tempeh ibadah yang dimuliakan, maka berkunjung kesini perlu izin terlebih dahulu. Selain itu harus menjaga sopan santun serta tidak memakai pakaian terbuka.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Ngelo, Desa Kaligentong, Kec. Gladagsari, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

13. New Selo Boyolali

New Selo Boyolali

Image Credit: Jufans.wordpress.com

Yang tak kalah unik adalah gardu pandan New Selo. Tempat wisata ini merupakan landmark yang paling mencolong di kawasan koridor Taman Nasional Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Akses jalan menuju tempat wisata ini memang berupa jalan aspal halus tetapi kelerengannya cuku terjal sehingga memang memerlukan nyali tersendiri untuk bisa menempuhnya. Sementara jika tidak ingin menempuh perjalanan demikian maka pengunjung bisa parkir ke kawasan New Selo dan berjalan kaki untuk carter kendaraan.

New Selo berada di batas kawasan hutan dengna lahan masyarakat yang posisinya di ketinggian. Jarak dari komplek ke new selo ini kurang lebih 1 km jika memang ingin mencarter mobil.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samiran, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

14. Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo

Image Credit: Google Maps (Amin Nurrokhman)

Pemerintah Boyolali memperkenalkan kebun raya baru yang bisa menjadi jujugan saat liburan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan umum atau pribadi. Setidaknya ada tujuh ikon yang menjadi ciri khas dari objek wisata ini. Pertama Gerbang Pasingsingan setinggi 12 meter, bentuknya terinspirasi dari monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei.

Selanjutnya ada Patung Sosro Birowo yang tingginya mencapai 17 meter. Masuk ke dalam area wisata Anda akan menemukan Taman Paku, salah satu taman tematik yang edukatif. Jika ingin bersenang-senang Anda bisa pergi ke Taman Labirin, berupa lorong-lorong berliku yang unik. Ikon lain yang bisa Anda rasakan keseruaannya ialah Air Terjun Niagara, Ecological House, dan Fitur Lukisan Kolam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Butuh, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

15. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Image Credit: Berangkataja.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Boyolali ini merupakan wilayah yang terkenal dengan produk susu berkualitas. Ini dia kawasan agrowisata yang bisa dikunjungi yaitu Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Wilayah disini memang dijadikan sebagai agrowisata penghasil susu sapi terbesar yang ada di Boyolali.

Mereka yang datang cukup banyak dan melihat bagaimana memerah susu sapi dan menikmati susu segar. Agrowisata Sapi Perah Cepogo ini berada di Dusun II Paras, Cepogo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paras, Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

16. Waduk Bade

Waduk Bade

Image Credit: Google Maps (Sang Ridwan)

Selain difungsikan untuk pembangkit listrik wilayah sekitar, Waduk Bade juga dimanfaatkan untuk tempat wisata. Menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pepohon rimbun dan hijau. Udara sekitar cukup sejuk sehingga Anda akan betah berlama-lama berada disini. Anda bisa piknik bersama keluarga atau teman, sambil menyantap bekal dan menikmati syahdunya suasana waduk.

Waduk Bade mempunyai spesies ikan yang cukup melimpah, jadi sering dimanfaatkan masayarakat untuk aktivitas memancing. Di sekitar waduk terdapat beberapa penjual makanan yang masakannya menggugah selera. Anda juga bisa mengambil potret dengan latar belakang hamparan air yang cukup luas. Tidak ketinggalan panorama perbukitan hijau yang menajubkan.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wates Timur, Bade, Kec. Klego, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

17. Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan

Image Credit: Sarofudin.blogspot.com

Nama yang unik untuk tempat wisata terbaik. Ada Kampoeng Air Kragilan yang merupakan desa wisata Boyolali dan tak boleh dilewatkan. Desa wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali yang juga menawarkan pemandangan alam asri, hijau dan alami dengan suara gemericik air yang turun dari bukit. Dengan suasana alam yang sejuk dan tanpa polusi, tempat ini cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga.

Apalagi jika ditambah adanya waterboom, live music hingga saung-saung bambu. Kampoeng Air Kragilan ini berada di Dukuh Watugemuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Pengunjung bisa berenang dan bermain air dengan menikmati udara segar disini.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

18. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Image Credit: Google Maps (Satria Mangkunegara)

Jika Anda bosan berlibur di destinasi alam, cobalah menelusuri situs sejarah sembari napak tilas kisah masa lalunya. Anda bisa mengunjungi Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali, yang letaknya lumayan jauh dari kota. Untuk berkunjung kesini Anda tidak boleh sembarangan, harus izin dulu dengan juru kunci setempat. Selain itu wajib mengenakan pakaian sopan dan tertutup.

Setelah memasuki gapura paduraksa bertuliskan nama lokasi wisata, Anda berjalan kaki sebentar ke arah makam. Ada sebuah bangunan yang di depannya terdapat tembok tegak berisi silsilah Ki Ageng Kebo. Anda bisa bertanya-tanya seputar kisah hidup beliau kepada juru kunci, dan akan dijawab secara lengkap beserta kisah sejarah di baliknya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solo – Jogja, RT.09/RW.02, Gedong, Jembungan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

19. Arjuna Wijaya Boyolali

Arjuna Wijaya Boyolali

Image Credit: Karyabesa.com

Legenda Arjuna menjadi salah satu cerita yang cukup populer di tengah masyarakat. Dulu di masa kejayaannya memang dinobatkan menjadi Raja di kahyangan Raindra. Arjuna juga mendapatkan anugerah pusaka-pusaka sakti mandraguna yang berwujud gendhawa dari Bathara Indra, Panah, Ardadhadali hingga Bathara Kuwera.

Sementara Panah Cunda manik merupakan pemberian dari Bathara Narada. Sampai sekarang sosok Arjuna tentu masih dikenal sebagai tokoh heroik yang bisa mengalahkan Raja Raksasa, Prabu Niwata Kacwaca. Arjuna Wijaya Boyolali ini berada di Jalan Semarang Surakarta Kabupaten Boyolali.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Semarang – Surakarta No. 171, Bayanan, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

20. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Image Credit: Instagram.com @badarulcham

Tidak ada salahnya pergi berwisata religi di tempat ini, sehingga liburan Anda tidak hanya bersenang-senang tetapi mendapat suntikan religi. Anda bisa berziarah ke makam Ki Ageng Singoprono, yang jaraknya sekitar 12 kilometer dari pusat kota. Lokasinya tepat berada di kaki gunung, sehingga hawa area makam sangat sejuk. Cocok untuk berziarah sekaligus berlibur disini.

Meskipun pengunjung yang datang tidak sedikit, namun ada aturan tidak boleh berisiki di sekitar makam. Selain itu saat berkunjung harus memakai baju tertutup, serta menjaga tata krama. Nantinya ada pemandu yang akan mengarahkan apa saja yang perlu Anda lakukan saat ziarah. Selanjutnya pengunjung bisa mempelajari terkait Ki Ageng Singoprono kepada petugas setempat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangak-Simo, Dusun II, Tempursari, Kec. Sambi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

21. Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar

Image Credit: Catatanalam.wordpress.com

Air terjun di Boyolali ini memang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya agak tersembunyi tetapi sangat bagus untuk dieksplor. Objek wisata ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan juga pegiat alam Desa Candisari yang mana biaya masuknya hanya Rp. 5000 saja. Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini. Pertama melintasi area perkebunan warga sekitar, kedua adalah melewati jalur Sungai Cipendok yang cukup terjal.

Air Terjun Semuncar ini berada di timur lereng Gunung berbabu atau di Desa Candisari, Kecamatan Ampel Boyolali. Jaraknya sekitar 10 km dari kota Ampel jika ingin mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candisari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

22. Masjid Cipto Mulyo

Masjid Cipto Mulyo

Image Credit: Google Maps (Miku dan paman)

Keunikan masjid terletak pada usianya yang mencapai lebih dari satu abad. Diperkirakan bangunan ini dibangun oleh Raja Keraton Surakarta, Paku Buwono X. Bisa dibilang Masjid Cipto Mulyo merupakan masjid tertua di Boyolali. Di bagian belakang masjid terdapat kompleks makam milik pujangga Keraton Surakartam Yosodipuro.

Masjid ini mempunyai kisah sejarah berupa jejak peninggalan dalam penyebaran Islam. Uniknya lagi kiblat di dalam cenderung serong ke kiri, beda dari biasanya yang kiblat menghadap serong ke kanan. Bentuk bangunan masjid menampilkan arsitektur Jawa Kuno, dengan ornamen ukiran yang terpasang di ventilasi pintu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngaliyan, Banyudono, Dukuh Ireng, Bendan, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

23. Brown Canyon

Brown Canyon

Image Credit: Tfanews.com

Destinasi ini memang tidak terlalu terkenal tetapi jika sudah ada di Kragilan maka sebaiknya menyempatkan diri untuk mampir. Brown Canyon ini cocok untuk mereka yang suka hunting foto. Awalnya tempat tersebut merupakan area atau bukit tempat penambangan batuan material golongan C. Tetapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu berubah menjadi objek wisata yang mirip dengan Green Canyon yang ada di Amerika.

Mereka yang datang bisa menikmati pesona keindahan dari tiap wilayah yang ada. Brown Canyon berada di sebelah utara wisata Kampoeng Air, Kragilan, Mojongso. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik agar bisa puas dalam mengambil foto di Brown Canyon.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

24. Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk

Image Credit: Google Maps (Intas Ratri)

Pemberian nama tempat wisata ini berasal dari tikungan jalan yang cukup tajam, bentuknya sepert hidung Petruk. Lokasinya tidak sulit dicari sebab persis di sampung jalan Irung Petruk. Berkat letak strategis inilah pengunjung luar kota terus berdatangan. Tikungan Irung Petruk cocok untuk menjadi tempat nongkrong, sambil melepas penat karena sumpek dengan ibukota.

Jika beruntung Anda dapat melihat sunrise yang sangat cantik, dan udara pegunungan yang sejuk. Anda juga bisa memilih opsi berkunjung saat malam hari, pemandangannya pasti tak kalah menajubkan. Biaya tiket masuk sangat terjangkau dan Anda bisa langsung memainkan berbagai wahana. Untuk urusan perut tak perlu khawatir, ada berjejer kantin yang menyediakan makanan.

BACA JUGA:  Pantai Kartini Jepara, Wisata Bahari Dengan Beragam Wahana Menarik
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magelang – Boyolali, Dusun II, Genting, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

25. Kampung Lele

Kampung Lele

Image Credit: Detik.com

Tempat wisata berikutnya yang ada di Boyolali adalah Kampung Lele. Termasuk dalam jenis agrowisata yang mana kampung lele ini juga mudah dikenal oleh orang-orang sekitar. Tentu hal ini akan memudahkan pengunjung yang datang. Kampung lele dicanagkan oleh Maridyanto. Kemudian di tahun2007 dikunjungi oleh Presiden Bambang Yudhoyono.

Pengunjung bisa mengetahui bagaimana budi daya ikan lele dan juga melihat pengolahan ikan lele menjadi berbagai masakan leza. Agrowisata ini berada di Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit. Selain agrowisata, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi untuk anak-anak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Lele, Mangkubumen, Tegalrejo, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

26. Restu Wijaya Waterboom

Restu Wijaya Waterboom

Image Credit: Google Maps (riyadi wahyu tri marsono)

Kolam renang ini menekan rekreasi wisata air semacam waterpark. Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati selain area kolam renang, yaitu perosotan hingga ember tumpah. Kolamnya sendiri terbagi menjadi kolam untuk dewasa dan kolam anak-anak. Masing-masing kolam mempunyai kedalaman berbeda, dan ukurannya cukup luas jadi tidak berdesak-desakkan.

Karena dirancang sebagai objek wisata andalan Kota Boyolali, maka fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir luas, kamar mandi, mushola, hingga kantin untuk mengisi perut. Untuk mendapatkan liburan yang berkesan ini, Anda perlu menuju ke daerah Simo Bangak. Dari arah pusat kota pilih akses menuju ke perempatan Tegal Rayang, lalu masuk wilayah Pelem.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangak – Simo, Kebayanan 3, Pelem, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

27. Alun-alun Boyolali

Alun-alun Boyolali

Image Credit: C.mi.com

Jika ingin sekadar jalan-jalan di Boyolali, alun-alun merupakan tempat yang tepat. Alun-alun ini jugaa menjadi tempat rekreasi keluarga sekaligus menjadi tempat untuk nongkrong anak muda di sore hari. Diresmikan di tahun 2014 kemarin, ada 5 tempat ibadah yang berdampingan dan menandakan adanya kerukunan serta toleransi.

Di sekitar alun-alun ini ada juga berbagai kuliner lezat serta area permainan anak dan mobil ontel. Alun-alun ini berada di Komplek Perkantoran Terpadu Kabupaten Boyolali. Alun-alun yang cocok sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

28. Museum R. Hamong Wardoyo

Museum R. Hamong Wardoyo

Image Credit: Google Maps (Hape Kece)

Bagi Anda yang mempunyai anak usia pertumbuhan, pilihan berwisata kesini sangatlah tepat. Walaupun museum belum lama diresmikan, namun pengunjung terus berdatangan. Ada berbagai koleksi yang sarat akan sejarah di dalamnya, sehingga bisa menjadi pengetahuan untuk si kecil. Selama tour museum pengunjung akan ditemani oleh pemandu yang berpengelaman.

Tampak dari depan bangunan museum condong bertema futuristik, dan berbentuk segi enam. Atapnya dilapisi panel kaca yang tembus pandang, serta bangunan bentuk piramida di lantai dua. Di bagian dalam tidak hanya berisi etalase koleksi, tetapi dua ruangan utama yang cukup luas. Sedangkan seluruh interior museum di domoniasi ornamen kayu yang serasi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

29. Bukit Gancik

Bukit Gancik

Image Credit: Datawisata.com

Tempat wisata Bukit Gancik merupakan tempat wisata yang dikelilingi keindahan. Pengunjung bisa datang dan menikmati pemandangan yang ada. Terutama bagi mereka yang ingin melihat kondisi sekitar dari ketinggian, bukit gancik adalah jawabannya.

Bukit Gancik ini berada di kawasan lereng gunung Meerbabu. Tepatnya berada di Dusun Selo Nduwur, Desa Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali dengan harga tiket masuk adalah Rp. 5.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Dusun I, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

30. Pura Bahawanatata

Pura Bahawanatata

Image Credit: Google Maps (WiyonoWeye [Intheair])

Ukuran pura ini tidak terlalu luas tetapi masih aktif digunakan untuk tempat beribadah. Sejak diresmikan tahun 2015, pengunjung silih berganti datang ke salah objek wisata Boyolali ini. Saat berkunjung Anda wajib menggunakan pakaian tertutup dan menjaga sopan santun. Selain itu ada larangan bersuara keras di sekitar pura, karena takutnya mengganggu khidmatnya doa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

31. Wisata Alam Sutra

Wisata Alam Sutra

Image Credit: Pegipegi.com

Objek Wisata Alam Sutra memiliki udara sejuk daan juga penuh dengan pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Ada banyak pepohonan serta area yang begitu hijau dipandang mata. Siapa saja bisa menikmati kesegaran suasana alam di tempat ini.

Wisata Alam Sutra ini berada di kawasan punggung gunung Merapi. Tepatnya berada di Dusun Pojok, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebokanigoro, Dusun II, Samiran, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

32. Umbul Langse

Umbul Langse

Image Credit: Google Maps (Danang Bagus)

Letak umbul berada di daerah Lebak Nepan, jaraknya lumayan jauh dari pusat kota. Aliran air umbul sering digunakan untuk mandi dan irigasi sawah sekitar. Anda bisa menikmati kesegaran airnya dengan berenang disini. Paling seru menikmati suasana sekitar umbul saat sore hari. Karena biasanya banyak penjual jajanan yang berjajar di luar umbul.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nepen, Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

33. Oemah Bamboo

Oemah Bamboo

Image Credit: Agungmumpuni.blogspot.com

Bisa dibilang bahwa tempat wisata ini terbaru yang ada di Boyolali. Menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung merapi dan juga pemandangan yang hijau di sekitar lokasi. Objek ini juga disebut sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan hawa segar dan pemandangan yang indah bebas polusi.

Lokasi Oemah Bamboo berada di kawasan jalur pendakian merapi via New Selo. Tepatnya berada di Dusun Plalangan, Desa Lencoh Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Wisatawan bisa datang bersama pasangan atau keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plalangan, Dusun III, Lencoh, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

34. Kedung Cinta

Kedung Cinta

Image Credit: Instagram.com @ahmadhafidz.a.c

Anda bisa berpetualang menggunakan perahu motor dan menyusuri keindahan alam Kedung Cinta. Sebagian besar pengunjung yang datang dari kalangan muda-mudi, yang ingin menghabiskan waktu sore hari. Sesuai dengan namanya, terdapat spot foto berupa patung berbentuk love yang cukup besar. Ditambah suasana kedung yang semakin romantis saat senja datang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blawong, Wonoharjo, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

35. Watu Blerek

Watu Blerek

Image Credit: Datawisata.com

Ketika berlibur dan ingin ke tempat wisata yang unik, Boyolali memilki objek wisata Watu Blerek. Banyak yang datang untuk hunting foto. Sebab, lokasinya memang penuh dengan keindahan terutama pemandangan yang masih hijau.

Lokasinya berada di Dusun Tegalsruni, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk Rp. 2000/ motor. Pastikan bahwa wisatawan tak meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tegalseruni, Samiran, Selo, Dusun 1, Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Temukan Destinasi Wisata di Boyolali terbaik. Dapatkan pengalaman seru dan menyenangkan selama liburan disini. Karena tiap daerah tentu memiliki tempat wisata yang unik dan ciri khas masing-masing. Saatnya memotret keindahan Boyolali dengan keragaman yang dimiliki.