Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Badak merupakan wisata yang tidak pernah sepi karena menawarkan daya tarik yang unik. Pesona alam tidak pernah mengecewakan karena setiap spot memiliki tanaman yang bercorak hijau. Bahkan angin semilir yang ada di destinasi mampu membuat siapapun nyaman. Anda tentu bisa memilih tempat duduk di kursi atau hammock yang tersedia.

Pelancong tidak perlu khawatir karena banyak spot yang cocok dipakai background. Anda dapat bermain air sekaligus mengabadikan momen seru yang terlihat unik. Kejernihan air yang ada di Curug juga menjadi daya tarik traveller. Siapapun bisa merasakan air sambil bersantai di sekitar.

Curug Badak membuat para tamu lebih rileks saat bermain di Tasikmalaya. Bahkan Anda boleh menikmati kuliner dengan merasakan kesejukan alam. Sehingga liburan ke Curug cantik ini tidak merugikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Badak

Daya Tarik Curug Badak
Image Credit: Google Maps Cepi Zaenal75

1. Kebersihan Air

Curug Badak mempunyai ketinggian air tertentu yang mengalir dengan bersih. Para tamu yang berkunjung tentu sangat ingin bermain air disana dengan membawa peralatan sendiri. Selain bersih, air itu juga dingin saat dipakai untuk sekedar bermain. Pengunjung boleh berdiri di sekitar air yang jatuh sambil bersantai atau duduk pada batuan cadas disana.

Selama bermain Anda bisa melihat tumbuhan yang ada di dalam air. Sebagian orang biasanya berfoto ketika berenang sambil memotret keindahan alam. Pelancong tidak akan bosan karena kebersihan air dipercaya mampu membuat badan menjadi lebih segar. Bahkan penyakit linu bisa hilang jika mencoba berendam sejenak di kawasan air Curug tersebut.

2. Spot Foto

Mencari spot untuk mengabadikan momen memang menjadi favorit kalangan muda hingga tua. Anda yang ingin mendapatkan latar bagus dapat melipir ke semua sudut Curug Badak. Wisata menawan itu memang menyimpan tempat berfoto yang selalu menjadi sorotan. Mulai pengunjung lokal hingga luar negeri tidak pernah bosan saat mengoleksi hasil jepretan alam.

Menikmati liburan dengan berburu tempat foto tidak boleh dilewatkan. Anda juga bisa duduk di sekitar hammock karena banyak pohon rimbun yang terlihat. Hal tersebut tentu dapat membuat foto semakin estetik dan bagus saat dilihat. Jadi jangan lupa mampir ke tiap lahan yang tersedia untuk berburu background alam yang bisa digunakan memotret foto.

3. Nuansa Alam

Curug Badak yang indah memang mempunyai nuansa alam dari beberapa jejeran pohon. Langit yang cerah akan membuat suasana semakin cantik apalagi ketika dipotret. Banyak panorama yang bisa Anda lihat dari Curug seperti bukit serta tanaman hijau. Semua itu menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tamu selalu berkunjung ke Curug.

Pegunungan juga menjadi pemandangan yang membuat suasana semakin menakjubkan. Berlibur ke Curug ini memang tidak rugi karena setiap tempat memiliki keindahan masing-masing. Selain itu siapkan kamera yang dapat dipakai menjepret semua panorama. Pastikan pula duduk di tempat yang nyaman agar lebih betah selama melihat pemandangan wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Badak
Image Credit: Google Maps Rifqi RQ

Curug Badak tepat berada di Desa Sukasetia, Tasikmalaya, Jawa Barat. Meskipun dekat dengan pedesaan traveller boleh membawa kendaraan jenis apapun. Rute jalan tidak begitu curam karena cukup mudah dilalui dan sering dipadati kendaraan. Sedangkan angkutan umum yang berlalu lalang tidak sedikit sehingga pengunjung bisa naik untuk menuju wisata.

Berangkat dari Jalan SL Tobing Anda perlu mengarah ke Jalan Ir H Juanda. Lanjutkan sampai ke kawasan Jalan Sukaratu dengan perkiraan sekitar 50 menit perjalanan. Para tamu bisa menuju arah Jalan Cisinga, lurus terus ke Desa Sukasetia. Jalan aspal yang bercampur tanah bertandus tidak sulit dilewati, apalagi pemandangan sekitar tampak indah saat dilihat.

Rute manapun dapat dilalui pelancong karena papan petunjuk sudah melengkapi jalan. Siapapun boleh memilih rute sesuai keinginan dengan membaca google maps. Perjalanan tidak akan membuat Anda tersasar meskipun pertama berkunjung. Nikmati perjalanan seru dengan mengamati panorama berupa bukit, gunung, serta sawah yang melengkapi daerah.

Harga Tiket Masuk Curug Badak

Harga Tiket Masuk Curug Badak
Image Credit: Google Maps Huey

Air terjun Badak menyediakan harga tiket yang sedikit berbeda saat hari biasa dan akhir pekan. Tarif masuk Rp 8.000 untuk hari biasa serta Rp 10.000 khusus sabtu minggu. Perbedaan harga tidak menyurutkan minat traveller yang datang. Bahkan banyak yang menghabiskan liburan bersama orang terdekat karena tarif yang ditawarkan tidak membuat budget habis.

Kios makanan menjual beragam menu dengan harga ramah di kantong. Sebagian orang sangat suka berkunjung ke warung makan karena rasa dan harga sesuai. Spot lain tidak dikenai tarif oleh pengelola meskipun digunakan bersantai dalam waktu lama oleh pengunjung. Anda tentu bisa mencari tempat berfoto karena tidak ada harga tambahan.

Wisatawan yang mengendarai sepeda motor atau mobil bisa parkir pada lahan yang telah tersedia. Harga mulai Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 khusus roda empat. Tarif harga sudah disesuaikan sehingga dijamin tidak mahal meskipun parkir sampai sore. Bahkan setiap lahan telah dilengkapi sekat agar semua kendaraan tidak bercampur dan lebih rapi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Badak

Kegiatan Menarik Curug Badak
Image Credit: Google Maps Steven Gerrard

1. Camping

Curug Badak yang menyediakan tempat cukup luas sering kali dimanfaatkan sebagai spot kemah. Pengunjung boleh mendirikan tenda sambil membawa perlengkapan yang ingin dipakai. Tempat yang bernuansa alam itu mampu membuat siapapun betah. Anda yang mencoba camping akan memperoleh pengalaman berkesan yang tidak akan dilupakan.

2. Berburu Kuliner

Kios kuliner dengan dilengkapi kursi yang berada di alam sering dipadati wisatawan. Banyak makanan yang dijual mulai dari nasi liwet, mie instan, serta minuman hangat. Pohon rimbun yang tampak cantik semakin membuat nyaman saat mencoba kuliner. Apalagi makanan mampu memanjakan perut karena rasa begitu lezat dan dibuat oleh warga sekitar.

3. Bermain Air

Air yang mengalir di Curug Badak memang tampak jernih karena masih jauh dari pencemaran sampah. Air ini begitu sejuk ketika dipakai untuk bermain oleh pelancong. Namun belum ada tempat sewa ban karena air tidak terlalu dalam. Sehingga pengunjung yang ingin bermain hanya perlu menyiapkan baju ganti serta kamera anti air untuk merekam video.

4. Menjepret Foto

Pesona alam yang menakjubkan cocok dijepret menjadi hasil gambar estetik. Foto dijamin seperti lukisan karena background alam tampak mengelilingi wisata hits ini. Traveller sering menyiapkan aksesoris untuk menjepret foto selama berlibur. Bahkan banyak pula yang mencari spot di beberapa sudut agar mendapat koleksi foto yang menarik perhatian.

5. Duduk Santai

Curug Badak menawarkan beberapa hammock yang bisa dipakai duduk santai. Angin semilir serta panorama akan menemani kegiatan Anda selama berkumpul bersama kerabat. Bahkan sebagian orang betah karena suasana Curug membuat tubuh lebih rileks. Jadi bersantai di gazebo menjadi aktivitas pilihan yang wajib dilakukan untuk beristirahat sejenak.

6. Berkeliling

Setiap sudut Curug menyediakan pesona alam yang memikat mata. Para tamu harus berkeliling untuk menjelajah ke setiap tempat untuk mendapat panorama cantik. Jangan lupa memotret keindahan tempat supaya mempunyai kenangan tersendiri. Ajak pula keluarga selama berkeliling sambil bercengkrama di sepanjang sudut yang Anda lewati.

7. Piknik

Pelancong banyak yang ingin merasakan piknik di wisata terbuka ini. Makanan matang dan tikar sering dibawa karena Curug menawarkan tempat yang cukup luas untuk berpiknik. Udara yang sejuk dijamin membuat Anda tidak ingin pulang saat piknik. Apalagi kegiatan menarik ini bisa dilakukan bersama kerabat sambil memilih spot khusus untuk makan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Badak
Image Credit: Google Maps M Komarudin

Curug Badak menyediakan fasilitas yang lengkap karena tempat sudah mengalami perbaikan. Warung kuliner bisa dikunjungi di dekat pintu masuk dengan pilihan tempat duduk di tengah pohon. Tempat parkir untuk kendaraan tamu boleh dipakai. Anda bisa menitipkan mobil atau sepeda disana karena lahan tampak luas yang disediakan khusus.

Kamar mandi dan tempat ganti ada di dekat Curug untuk pelancong yang ingin membasuh diri. Apalagi toilet sudah bersih dan wangi karena dijaga petugas setempat. Kursi dan sebagian hammock mudah ditemui untuk tempat merilekskan pikiran. Selain itu Anda bisa menikmati kecantikan pohon dan Curug dari arah tempat duduk agar lebih terasa nyaman.

Setiap sudut memiliki spot selfie yang begitu unik ketika difoto. Tempat untuk camping terlihat ada di bagian lain untuk menginap lebih lama di sekitar Curug. Fasilitas memang cukup memadai untuk membuat tamu merasa betah. Maka dari itu gunakan fasilitas sesuai kebutuhan saja tanpa merusak agar masih bisa dipakai oleh tamu lain yang berkunjung.

Itulah beberapa penjelasan Curug Badak yang selalu memancarkan keindahan saat dikunjungi. Setiap spot menarik untuk difoto karena keindahan sangat memukau. Anda boleh membawa peralatan lengkap dan datang bersama kerabat. Siapkan pula kendaraan yang akan digunakan selama berlibur ke curug agar lebih mudah sampai ke wisata hits itu.

REKOMENDASI DESTINASI