Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Apa yang ada di pikiran anda pada saat pertama kali mendengar kata Kota Surabaya? Selain banyaknya mall dan pusat pabrik, nyatanya Surabaya juga terkenal dengan wisatanya. Terlebih jika tertarik dengan berbagai macam sejarah. Wilayah yang mendapat julukan Kota sejarah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, salah satunya Gedung Internatio atau Internationale Crediten Handelvereeniging.

Tempat wisata berupa gedung ini banyak dikunjungi para wisatawan karena banyak menyimpan sejarah yang berharga, salah satunya terkait meninggalnya Jenderal Mallaby. Diman dengan meninggalnya Mallaby ini memicu meletusnya peperangan yang disebut dengan 10 November 1945. Bagi anda yang penasaran detail akan bangunan ini, jangan lupa untuk terus mengikuti penjelasan di bawah.

Sejarah Internationale Crediten Handelvereeniging

Sejarah Internationale Crediten Handelvereeniging
Image Credit: Google Maps pintu ajaib

Sebelum membahas lebih jauh, maka kini ada kalanya untuk paham terlebih dahulu dengan sejarahnya. Jadi gedung yang di beri naman interbnatio adalah salah satu bangunan yang mulai ada sejka tahun 1850. Bangunan yang megah ini dulunya telah di bangun oleh biro AIA Aristech yang ada di Simatreastreat 59 Soerabaia.

Sedangkan tokoh yang membangun Gedung Internatio ini sendiri adalah seorang insinyur terkenal di Surabaya dan lahir di Tulungagung Jawa Timur. Sosok yang di maksud tersebut adalah Frans Johan Louwrens Ghijsels. Tokoh tersebut berusaha keras untuk pembangunan gedung kaya akan nilai sejarah ini.

Dikatakan sangat bersejarah karena sangat berkaitan erat dengan berbagai peristiwa pertempuran Kota Surabaya pada Bulan oktober tahun 1945. Diman pada masa tersebut Brigjen AWS Mallaby telah mendarat di dermaga dan tanpa izin dari pemimpin Indonesia ia telah membebaskan para tawanan. Hal tersebut yang akhirnya membuat rakyat Surabaya marah hingga membentuk biro perdamaian.

Pada dasarnya usaha yang dilakukan oleh biro yang melakukan perundingan Gedung yang bernama internatio tersebut hampir berhasil, namun sayangnya ada pihak Inggris yang berkhianat di Gedung Internatio dengan menembakkan mortir ke area mobil kontak biro. Dengan adanya kejadian tersebut, telah membuat masyarakat Surabaya marah hingga meninggalnya Jenderal Mallaby hingga tragedi 10 November.

Daya Tarik Gedung Internatio

Daya Tarik Gedung Internatio
Image Credit: Instagram Vidi Hty

1. Bagunan Cagar Budaya

Jika berkunjung ke kawasan wisata Internationale Crediten Handelvereeniging ini, maka anda sekaligus melihat cagar budaya. Hal ini karena gedung yang bernama internatio ini sudah diresmikan sebagai cagar budaya yang sangat bagus dan kaya kana nilai sejarah. Bangunan yang megah ini memiliki bangunan yang sangat mewah, sebab telah di bangun dengan tiga lantai.

2. Bangunan dari Sisi Depan

Bila dilihat dari sisi depan, pada bangunan yang keren ini anda bakal menjumpai batur pendek yang telah di balut dengan berbagai tatanan lempeng batu. Di area depan Gedung Internatio ini, anda bakal dikejutkan dengan adanya lima anak tangga yang sangat berguna untuk jalan naik menuju bagian serambi atau atau selasar. Bahan yang digunakan pada tangganya sendiri yaitu dari balok batu yang sangat kuat.

Area dinding yang ada dalam bangunan ini juga terlihat tampak kokoh, dan terbuat dari plester yang dicat dengan warna putih. Adanya kombinasi cat putih ini, maka kan membuat banguan akan namak lebih kuat memberi kesan klasik. Sehingga akan sangat lekat dengan nilai-nilai sejarah yang ada di dalamnya.

Daya Tarik di Gedung Internatio
Image Credit: Google Maps Afrianto Akhadi

3. Area Pillar dan Jendela yang Estetik

Bangunan nampak mewah dengan adanya pilar, di bagian pilar tersebut, anda bakal menjumpai yang namanya pelipit yang sudah di cat dengan warna merah melingkari bangunan Gedung Internatio. Sehingga pangi menjunjung yang melihat area tersebut akan terlihat nampak mewah dan penuh dengan artsy yang memanjakan mata.

Tidak hanya itu, pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini juga akan disuguhkan dengan jendela yang mewah. Bagaimana tidak? sebab jendela yang ada dalam bangunan estetik tersebut berjumlah sangat banyak. Sedangkan untuk material yang digunakan terbuat dari bahan kaca dan juga besi. Sehingga dari segi kekuatannya jangan diragukan lagi.

4. Bagian Lantai Serambi

Daya tarik lainnya bisa di lihat dari bagian lantai serambi. Dimana bangunan bersejarah Internationale Crediten Handelvereeniging ini terbuat dari tegel teraso dengan warna yang lebih kecoklatan. Ramuan untuk bagian lantai serimpi di bagian atas tap tangga naik Gedung Internatio ini terbuat dari terbuat dari tatanan balok bato.

Tidak ketinggalan, di bagian tepi lantainya anda bisa melihat sekitar 16 pilar yang memiliki bentuk balok dengan berjajar. Tujuannya sendiri adalah untuk menyangga bagian serambi atau selasar lantai dua dan juga tiga. Sehingga jika anda datang ke kawasan wisata Internationale Crediten Handelvereeniging bisa dipastikan bisa menikmati berbagai macam keunikan bangunannya yang bersejarah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gedung Internatio
Image Credit: Google Maps AgusBC Agta

Sebelum berkunjung ke suatu tempat wisata, salah satu hal yang akan anda perhatikan adalah alamatnya. Sama halnya jika ingin mengunjungi Internationale Crediten Handelvereeniging. Dimana lokasi wisata yang keren ini berada di sebelah sudut jaan Heerenstraat dan juga Willemsplein. Jika sekarang ini penyebutan lokasi Gedung Internatio berada di daerah Jayengrono, Surabaya, Jawa Timur.

Untuk sampai ke lokasi yang keren dan penuh sejarah ini, anda hanya perlu untuk mengendarai sepeda motor atau mobil. Karena lokasinya tidak jauh dengan jembatan merah, maka anda yang datang bisa langsung memanfaatkan penunjuk jalan di sekitar area tersebut. namuna jika masih bingung, anda juga dapat menggunakan google map.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Gedung Internatio
Image Credit: Google Maps Afrianto Akhadi

Harga tiket yang di jual belikan untuk mengunjungi kawasan wisata yang keren ini bisa dikatakan tergolong terjangkau. Penawaran yang diberikan yaitu kurang lebih sekitar 20 ribuan saja. Dengan penawaran harga yang terjangkau di area wisata Gedung Internatio tersebut, maka anda sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Sama dengan kawasan wisata pada umumnya, jika anda berkunjung ke Internationale Crediten Handelvereeniging, mak ia juga memiliki aturan jam operasional. Biasanya untuk lokasi wisata ini buka dari hari selasa hingga minggu. Dan untuk jamnya di bukan sekitar pukul 9 pagi hingga 9 malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Gedung Internatio
Image Credit: Google Maps Afrianto Akhadi

1. Menimba Ilmu Sejarah

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan pada saat berkunjung ke salah satu wisata di Kota Surabaya ini, salah satunya yaitu menimba ilmu sejarah. Karena berada di kawasan yang disebut Kota Pahlawan, maka tempat wisata keren dan bersejarah Gedung bersejarah ini sangat identik dengan banyak ilmu yang bisa diambil terkait sejarah nya.

Di sana juga akan dimudahkan adanya pemandu yang akan membantu anda dalam memahami sejarah dari setiap sudut ruangannya. Bahkan orang-orang yang ada dalam bamnguna terebut jufga sudah terjamin kulitasnya, sehingga anda tidak perlu ragu jika harus menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah di wilayah tersebut.

Tidak jarang juga, jika berkunjung ke kawasan wisata ini, anda bakal menemukan banyak muda mudi mulai dari sekolah menengah pertama hingga perguruan tinggi untuk menggali informasi secara detail. Sehingga anda jangan khawatir merasa sendiri untuk menggali ilmu pengetahuan sejarah di kawasan wisata ini.

2. Belajar Ilmu Arsitektur

Anda yang datang ke lokasi wisata Gedung Internatio ini juga bisa mendalami ilmu yang berkaitan dengan arsitektur. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Internationale Crediten Handelvereeniging juga terkanl karena di banguan oleh seorang arsitektur ternama. Sehingga untuk kualitas bagunanya jangan di ragukan lagi.

Karena dirancang oleh arsitektur ternama, maka bangunan yang megah ini banyak dipelajari lebih dalam oleh para ahli, terlebih yang tertarik dalam bidang bangunan. Tidak hanya arsitektur saja, banyak juga para mahasiswa yang menggali ilmu lebih dalam tentang teknik sipil yang ada dalam bangunanya. Sehingga selia untuk berwisata, pengunjung juga bisa menggali ilmu.

3. Mengabadikan Momen Berharga

Sudah menjadi rahasia umum, jika berkunjung untuk darmawisata rasanya kurang lengkap jika belum mengabadikan momen di Gedung Internatio. Karena memiliki spot foto daeri bangunanyang keren, banyak pengunjung memanfaatkan kawasan tersebut untuk mengabadikan momen, baik dengan berfoto ataupun video.

Selain itu, banyak juga anda temukan para fotografer yang menjajakan keahliannya dalam bidang memotret. Sehingga jika anda ingin mendapatkan hasil foto yang jauh lebih bagus, maka alangkah baiknya untuk menggunakan jasa tersebut. selain kualitasnya yang bagus, harga yang ditawarkan juga cenderung bersahabat.

Fasilitas yang Tersedia di Gedung Internatio

Fasilitas Gedung Internatio
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

banyak sekali fasilitas yang disediakan jika anda datang dan mengunjungi kawasan wisata yang stau ini. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah area parkir yang luas dan dijaga dengan ketat. Sehingga pengunjung yang datang bisa dengan leluasa dan tidak perlu khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada Gedung Internatioanda juga bisa menikmati bagunan gedung yang mewah dan biasanya di gunakan sebagai spot foto menarik. Tidak jauh dari lokasi, anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner khas dengan harga yang terjangkau. Bahkan pengunjung yang hadir dari luar kota juga bisa menginap di hotel dengan berbagai macam pilihan harga sesuai fasilitasnya.

Dari penjelasan di atas bisa di ambil kesimpulan. Bahwasannya bangunan Internationale Crediten Handelvereeniging sangat erat kaitannya dengan sejarah meninggalnya Jenderal Mallaby. Bahkan kerennya lagi, kawasan wisata ini juga memiliki daya tarik yang sangat bagus. Mulai dari Bagunan Cagar Budaya, Area Pillar dan Jendela yang Estetik, hingga Bagian Lantai Serambinya yang estetik.