Kebun Binatang Surabaya, Kebun Binatang yang Populer di Indonesia

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) salah satu kebun binatang populer di Indonesia dan menjadi tujuan wisata alternatif wisatawan di Kota Pahlawan. Memiliki koleksi satwa lebih dari 981 spesies yang dijamin dapat menambah wawasan Anda seputar dunia binatang.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-15.30 WIB, Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi kebun binatang sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus edukasi. Di Indonesia sendiri ada banyak kebun binatang yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Seperti misalnya mengunjungi Kebun Binatang Surabaya saat Anda sedang berada di kota Pahlawan ini.

Di kebun bintang ini, Anda bisa bertemu dengan beraneka ragam satwa dan wahana permainan yang menarik untuk dijajal. Walaupun sempat ada kabar miring, saat ini KBS terus berbenah.

Sekilas Tentang Kebun Binatang Surabaya

Tentang Kebun Binatang Surabaya

Image Credit: Google Maps (Anindya Azizah Rahma)

Kebun Binatang Surabaya atau yang akrab dikenal dengan KBS ini merupakan salah satu tempat wisata yang favorit di Surabaya. Bahkan sebelumnya, kebun binatang ini menjadi kebun binatang paling besar di Asia tenggara. Hal ini bisa dilihat dari koleksi binatang yang ada di dalamnya. Apalagi lokasi tempat wisata satu ini juga sangat strategis untuk dijangkau.

Selain berada di jalan utama, kebun binatang satu ini juga memiliki bangunan ikonik. Di depan KBS memang ada patung Suroboyo yang terdiri dari Hiu Buaya yang juga jadi lambang dari Kota Surabaya. Seringkali patung ikonik akan menjadi tujuan wisatawan untuk mengabadikan pose pose keren di depan patung ini.

KBS didirikan oleh seorang jurnalis yang bernama H.F.K Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Berdiri di 31 Agustus 1916, KBS pertama kali memiliki nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin yang lokasinya ada di Kaliondo. Hingga akhirnya pindah di Jalan Groedo pada 28 September 1918.

Pada saat itu, kebun binatang ini masih belum dibuka untuk umum. Barulah di sekitaran tahun 1918 sampai 1920 kebun binatang ini dibuka untuk umum dan dikenakan biaya masuk. KBS kembali pindah lokasi di tahun 1920 di Jalan Darmo atas jasa dari maskapai kereta api yang bernama Oost Java Stoomtram atau OJS.

Sampai akhirnya di tahun 2012, turunlah Peraturan Daerah Kota Surabaya no 19 Tahun 2012 tentang PD Kebun Binatang Surabaya. Dimana sejak bulan Juli 2012 KBS akan dikelola secara profesional di bawah Pemerintah Kota Surabaya. Sehingga wajar jika wajah dari kebun binatang ini perlahan namun pasti banyak berbenah.

Dalam proses berdirinya destinasi wisata ini, tentu mengalami halangan yang tidak sedikit. Pada saat pindah ke Darmo, lahan yang dimilikinya sekitar 30 ribuan meter persegi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan di awal pembangunan ada rencana akan dipugar kembali. Alasan tersebut lantaran, biaya untuk makan satwa membutuhkan dana yang tinggi.

BACA JUGA:  Hawai Waterpark, Tempat Rekreasi Air Populer di Malang dengan Wahana Menantang

Biaya operasional tidak akan bisa tertutup jika hanya mengandalkan tiket masuk saja. Pada saat berita penutupan menyebar, banyak pihak yang tidak setuju jika KBS dibubarkan. Apalagi tujuan utama adanya tempat ini adalah untuk memberikan hiburan juga konservasi bagi satwa. Dan berakhirlah pihak pengurus mendekati pemerintah Surabaya agar lebih memperhatikan KBS.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Surabaya

Daya Tarik Kebun Binatang Surabaya

Image Credit: Google Maps (Reni Septiana)

Ketika menginjakkan kaki di Kebun Binatang Surabaya, Anda nantinya bisa bertemu dengan banyak bintang. Setidaknya tercatat ada sekitar 315 spesies serta 2000 hewan yang hidup di KBS. Tentu saja satwa yang ada didapatkan dari berbagai penjuru Indonesia, bahkan beberapa ada yang dari luar negeri.

Termasuk di dalam KBS, Anda juga bisa menemukan hewan hewan langka, mulai dari spesies reptil, unggas hingga mamalia. Pengunjung bisa melihat satwa yang ada dalam berbagai kategori. Memang penempatannya sudah dikategorikan tersendiri agar lebih mudah penataannya. Pengunjung juga bisa melihat satwa sesuai kategori untuk menambah wawasan.

Seperti misalnya berbagai burung dan unggas yang masuk dalam kategori Aves. Pengunjung bisa bertemu dengan jenis pelikan yang berasal dari Australia dan juga burung merak yang cantik. Burung dari Bali yakni Jalak Bali juga bisa Anda temukan di kebun binatang ini. Tidak ketinggalan Burung Unta yang juga menghuni rumah satwa ini.

Koleksi burung di kebun binatang satu ini memang terbilang lengkap. Selain burung, Anda juga bisa menemukan beberapa mamalia yang dibagi dalam beberapa sektor. Sektor mamalia untuk kelas harimau, Anda bisa bertemu dengan macan tutul, singa, harimau putih dan juga harimau sumatera. Hewan buas lainnya juga berupa beruang yang bisa ditemukan di KBS.

Daya Tarik Kebun Binatang

Image Credit: Instagram.com @paparafa99

Daya tarik utama dari Kebun Binatang Surabaya memang terletak pada satwanya yang terbilang lengkap. Anda juga bisa menemukan kandang primata, disana ada beberapa primata seperti babon, simpanse, bekantan dan juga orangutan. Tidak ketinggalan koleksi hewan langka dilindungi seperti anoa, babi rusa, tapir dan Komodo.

KBS juga memiliki koleksi berupa satwa air laut juga air tawar yang dimasukkan dalam aquarium. Aquarium yang berjejer akan memudahkan pengunjung untuk mengamati setiap satwa air yang ada. Anda bisa berjumpa dengan Arapaima Giga yang menjadi ikan air tawar paling besar di dunia. dimana ikan ini berasal dari Amerika Serikat tepatnya di hutan Amazon.

Berjalan jalan di KBS akan membuat pengunjung betah berlama lama. selain karena memiliki koleksi yang lengkap, kebun binatang ini memiliki desain yang unik untuk setiap kategorinya. Di dukung dengan pepohonan rindang yang membuat kebun binatang ini begitu asri dan sejuk. Menjadikan pengunjung tidak merasa lelah saat menyusuri setiap sudutnya.

BACA JUGA:  55 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Paling Terkenal

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata KBS

Alamat Wisata KBS

Image Credit: Instagram.com @ratnaayu05

Seperti yang disinggung sebelumnya, destinasi satu ini memiliki tempat yang strategis. Alamat lengkapnya berada di Jl. Setail No 1, Darmo. Kec. Wonokromo, Surabaya. Pengunjung yang datang dari luar kota juga bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan umum. Karena KBS sangat dekat dengan terminal Joyoboyo.

Anda bisa menggunakan bus untuk turun di Terminal Joyoboyo, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 6 menitan. Ada juga beberapa bus atau angkutan yang bisa menurunkan Anda langsung di depan KBS. Anda juga bisa mengandalkan kendaraan pribadi Anda. baik kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa menjangkau wisata satu ini.

Ambil saja arah menuju Terminal Joyoboyo ataupun Taman Bungkul. Taman Bungkul dan KBS memang memiliki lokasi yang berdekatan. Petunjuk jalan sudah terpasang jelas, sehingga Anda tak perlu khawatir akan sulit menemukannya. Atau bisa juga mengandalkan GPS untuk sampai di KBS dengan mudah dan praktis.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional KBS

Harga Tiket KBS

Image Credit: Google Maps (Kebun Binatang Surabaya)

Saat musim liburan, KBS tak pernah sepi pengunjung. Apalagi harga tiket yang ditawarkan juga tidaklah mahal. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 15 ribu untuk masuk ke kawasan KBS. Pada tahun 2021 ini, KBS menerapkan beberapa peraturan untuk pembelian tiket. Dimana pembelian tiket bisa dilakukan di website resmi milik KBS.

Pengunjung bisa membelinya h-1 sebelum kedatangan di tiket.surabayazoo.co.id. pada saat masa pandemi, anak yang memiliki tinggi kurang 85 cm, lansia dan juga ibu hamil tidak diperbolehkan untuk berkunjung. Selain membeli secara online, Anda juga masih bisa membelinya langsung di depan loket. Dan tentunya harga tiket bisa berubah sewaktu waktu.

Objek wisata Kebun Binatang Surabaya bisa Anda kunjungi kapan saja. Pasalnya, kebun binatang ini memang buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari 08.00 pagi hingga 15.30 sore. Memang tidak terlalu panjang, sehingga ada baiknya Anda datang pagi agar bisa puas menikmati setiap sudut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang

Aktivitas di Kebun Binatang

Image Credit: Instagram.com @lubnaghalin

1. Mengambil Foto di Ikon Surabaya

Begitu tiba di KBS, Anda memang akan disambut dengan ikon yang berupa Suro dan Boyo. Dimana bangunan ini terletak di pintu gerabang KBS dan sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mengambil beberapa foto di depan bangunan ini. Walaupun memang ada beberapa titik di Surabaya yang memiliki patung Suroboyo yang merupakan hewan hiu dan buaya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

2. Mengenal dan Melihat Satwa Beragam Spesies

Tidak hanya berjalan jalan dan melepas penat, pengunjung juga bisa mengenal serta melihat penat. Mulai dari binatang yang bisa dipelihara hingga binatang yang tidak bisa ditemukan jika tidak di kebun binatang. Hal ini tentu saja akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika berkunjung bersama si kecil atau keluarga untuk habiskan liburan.

Anda bisa melihat mereka secara langsung, walaupun beberapa harus berbatasan dengan kandang. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menikmati perjalanan ini. Anda juga bisa mengabadikan tingkah beberapa hewan yang menggemaskan. Beberapa tambahin informasi juga disematkan, membuat pengunjung bisa sekalian menambah wawasan.

3. Memberi Makan Hewan

Kegiatan yang seru dan menyenangkan selanjutnya adalah memberi makan hewan. Di KBS memang ada wahana memberi makan hewan yang biasanya dilakukan di akhir pekan. Beberapa hewan yang bisa diberi makan antara lain jerapah, monyet, beruang madu, komodo hingga buaya. Harga tiket feeding animals ini mulai Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu.

Aktivitas Kebun Binatang

Image Credit: Instagram.com @clara_paramita

4. Mencoba Wahana Permainan

Selain memiliki koleksi satwa yang lengkap, pengunjung juga akan dimanjakan dengan wahana yang dimiliki. Wahana tersebut mulai dari tunggang gajah, tunggang onta hingga Kereta Unta. Pengunjung juga bisa menjajal wisata perahu ataupun kegiatan lainnya seperti flying fox atau Bungee Trampoline. Dijamin si kecil akan happy jika menjajal wahananya yang melimpah.

5. Menikmati Animal Edutainment

Fasilitas terbaru yang juga bisa dinikmati pengunjung adalah Animal Edutainment. Nantinya Anda bisa menikmati perilaku satwa yang ada di KBS dengan atraksi yang berbeda beda. Tentu saja satwa satwa ini akan dilatih terlebih dahulu. Atraksi ini meliputi beruang madu, pelikan, pecuk padi hitam dan berang berang. Untuk menikmatinya perlu biaya tambahan mulai Rp 10 ribu.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Binatang Surabaya

Fasilitas Kebun Binatang

Image Credit: Instagram.com @salmanlf

Fasilitas yang tersedia di dalam KBS terbilang lengkap dan akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Seperti lahan parkir yang luas untuk kendaraan para pengunjung. Para pengunjung juga bisa berjalan jalan tanpa khawatir melewatkan ibadah, sebab sudah ada mushola yang bisa difungsikan dengan baik.

Kebersihan dari KBS juga sangat terjaga, mengingat di beberapa tempat akan disediakan tempat sampah. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan toilet yang bersih dan memadai. Bangku bangku duduk juga tersedia di beberapa sudut, membuat pengunjung bisa beristirahat dengan mudah. Ada juga restoran yang akan membantu penuhi kebutuhan perut Anda.

Mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, Anda bisa menemukan koleksi satwa yang lengkap. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa yang ada dengan cara memberi makan satwa. Berjalan jalan di area kebun binatang ini dengan si kecil akan menjadi petualangan yang menyenangkan. Jadi, tertarik untuk menjelajah KBS ini?