Harga Tiket: Rp 17.500, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kamojang KM. 5 Samarang, Sukakarya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda termasuk salah satu pecinta bunga? Jika benar, maka salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu berada di kota Garut. Tempat tersebut bernama Kebun Mawar Situhapa yang mulai berdiri pada tahun 2017 serta masuk dalam salah satu area wisata hits dan populer di wilayah Garut.

Mengunjungi tempat tersebut Anda akan disuguhkan pengalaman seru menyaksikan berbagai macam keindahan bunga-bunga yang begitu mempesona. Di tempat wisata ini, Anda juga akan menemukan area wisata botani, restoran, penginapan dan lain sebagainya.

Letaknya yaitu berada di kawasan dataran tinggi, karena itulah pemandangan yang disuguhkan di tempat tersebut memang benar-benar luar biasa indahnya. Ada ratusan jenis tanaman dan bunga yang akan membuat mata Anda merasa dimanjakan. Kesejukan dari kebun mawar tersebut juga akan membuat Anda merasa betah berada di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Mawar Situhapa

Daya Tarik Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps Muhammad Ariq Naufal

1. Keindahan Wisata Dataran Tinggi

Kebun Mawar ini adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kota Garut. Tempat wisata ini berupa kebun atau taman yang di area dalamnya terdapat banyak sekali bunga, utamanya disini yaitu Bunga Mawar.

Luasan dari taman tersebut mencapai 5 hektar, serta telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang sangat memadai. Perlu untuk Anda ketahui, Kebun Mawar Situhapa terdapat di ketinggian 1.150 m dari permukaan laut. Hal itulah yang akhirnya membuat suasana sekitar taman terasa begitu dingin dan sejuk.

2. Panorama Alam yang Dipenuhi Bunga

Kebun mawar merupakan tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam begitu indah dengan hamparan bunga yang begitu elok dan cantik. Anda pun juga akan disuguhkan hamparan karpet alam berupa rerumputan hijau yang tumbuh segar, terhampar hingga sejauh 5 hektar.

Pemandangan-pemandangan tersebut tentu tidak bisa Anda dapatkan di area perkotaan. Daya tarik inilah yang akhirnya membuat banyak wisatawan, khususnya mereka yang sangat cinta dengan bunga, rela datang jauh-jauh.

3. Terdapat Banyak Spot Foto

Daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan oleh Kebun Mawar Situhapa, yaitu ada banyak spot foto yang begitu menarik dan instagramable bisa Anda temukan. Pemandangan yang tersaji begitu eksotis dengan perkebunan, bunga serta taman yang terhampar luas. Anda pun juga bisa merasakan udara segar yang khas area pegunungan.

Fantasi taman di tempat tersebut dibuat pulau, sehingga ada ruang di antara pulau-pulau yang ada di sana. Setiap Pulau ini akan membentuk zona tanaman tertentu. Karena itulah, saat berada di sana Anda akan menemukan zona tanaman air, zona mawar, zona azalea, zona begonia dan zona-zona lainnya.

Untuk zona yang paling besar dan menjadi favorit banyak pengunjung yaitu Zona Mawar Damacena. Zona ini memang sangatlah dikenal karena keharumannya yang begitu khas dan memancar. Banyak wisatawan yang memadati tempat tersebut untuk sekedar bersantai ataupun berfoto selfie.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps eko Sugiyanto

4. Bungalow Damascena

Di Kebun Mawar Situhapa tidak hanya ditemukan keindahan berupa bunga saja, Anda juga akan menemukan adanya bungalow. Bungalow Damascena merupakan bungalow dengan tipe kamar dan berada di titik lokasi bukit. Pemandangan yang disuguhkan dari bungalow tersebut memang benar-benar begitu indah.

5. Bungalow Geranium

Bungalow selanjutnya yaitu Bungalow Geranium yang berada berdekatan dengan restoran dan juga danau. Keindahan dari tempat ini juga tak kalah indah, karena Anda bisa menyaksikan keindahan taman yang begitu elok dan mampu membuat mata Anda terasa segar menatapnya.

6. Bungalow Magnolia

Untuk Bungalow Magnolia berada di titik utama dari kebun mawar. Pemandangan yang disuguhkan di tempat tersebut berupa hamparan pulau-pulau kebun mawar dengan aneka jenis warna. Jika dibandingkan dengan bungalow yang lain, maka Bungalow Magnolia ini merupakan yang paling besar dan terdiri atas dua lantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps Andjar Firmansjah

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Kebun Mawar Situhapa, maka Anda perlu segera menuju ke Kota Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ini terdapat di Jalan Raja Kamojang. Tepatnya yaitu di Samarang, Sukakarya.

Bagi yang masih merasa bingung untuk menemukan area lokasi wisata, maka bisa mengikuti navigasi dari Google Map yang tersedia di perangkat smartphone Anda.

Untuk Anda yang tertarik melihat keindahan dari perkebunan ini, Anda hanya perlu membayar uang tiket sebesar Rp 17.500 saja untuk Hari Senin hingga Sabtu. Sedangkan untuk Hari Weekend atau Hari Minggu dan hari libur nasional, biaya tiket akan lebih mahal, yaitu sebesar Rp 22.500.

Untuk jam operasionalnya sendiri, taman rekreasi tersebut memang beroperasi tiap hari. Taman akan dibuka pada pukul 09.00 dan akan ditutup saat menjelang pukul 17.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Mawar Situhapa

Kegiatan Menarik Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps iwan setiawan

1. Melihat Kecantikan Kebun Mawar

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Kebun Mawar Situhapa merupakan salah satu tempat wisata yang berupa taman, restoran dan juga villa, yang mana tempat wisata tersebut mengusung konsep kebun bunga. Kebun mawar ini adalah salah satu objek wisata yang berada di wilayah dataran tinggi Kamojang, Kota Garut.

Selain bunga mawar, di tempat tersebut juga tersedia ragam bunga dan tanaman-tanaman lain yang tak kalah indah. Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan tentunya yaitu melihat keindahan bunga mawar dengan berbagai macam jenis dan warna.

Ketika Anda melangkah ke area taman, maka nantinya Anda bisa merasakan suasana seperti halnya di kebun bunga yang ada di Negara Inggris. Terdapat banyak semak bunga yang tertata begitu cantik dan rapi, serta berpadu dengan udara sejuk di ketinggian area 1.100 m. Tempat ini memang cocok bagi Anda yang ingin terlepas sementara dari aktivitas.

2. Menyusuri Taman Bunga

Aktivitas selanjutnya yang tentunya tak boleh Anda lewatkan yaitu menyusuri taman bunga. Taman bunga ini dikelilingi oleh area perkebunan, persawahan dan juga pegunungan. Selain itu, Anda akan melihat sejumlah gunung yang mengitari area wisata, salah satunya yaitu Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

Lokasi taman bunga berada di area dataran tinggi, sehingga membuat tempat tersebut begitu cocok untuk dijadikan habitat berbagai macam jenis tanaman dan bunga, utamanya di sini bunga mawar. Namun selain melihat mawar, Anda pun juga akan menemukan jenis-jenis bunga lain, setidaknya terdapat 500 jenis tanaman dan bunga yang ada disini.

Tapi tidak hanya sekedar semak belukar yang tertata rapi saja, tanaman di tempat tersebut juga dibentuk dengan dekorasi yang lebih elegan. Terdapat beberapa bunga yang ditata begitu menarik dan cantik menyerupai terowongan. Tempat tersebut menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen.

Kegiatan Menarik di Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps Hilman Nawawy

3. Menikmati Kuliner

Bagi Anda yang sangat suka mencicipi aneka kuliner dari kota-kota lain, maka di Kebun Mawar Situhapa ini pun Anda juga bisa menemukannya. Terdapat restoran di area tengah taman yang menyuguhkan berbagai macam menu kuliner khas Garut. Restoran tersebut dibangun dengan gaya modern, dengan interiornya yang memadukan material jendela kaca dan kayu.

Nuansa cerah dan juga hangat tentu akan membuat pengalaman Anda menyantap kuliner di tempat tersebut jadi makin mengasyikkan. Ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga. Salah satunya yaitu nasi timbel, sup butut dan lain sebagainya.

Tidak hanya kuliner khas dari Kota Garut saja, Anda pun juga bisa menemukan menu barat seperti pancake dan pasta. Jangan lupa pula untuk mencicipi teh melati, teh mawar dan komamil ketika berada di restoran tersebut. Teh mawar merupakan menu yang paling unik dan jadi favorit para wisatawan.

4. Bermalam di Taman

Di tempat wisata kebun mawar ini juga tersedia banyak pilihan villa sebagai tempat untuk Anda yang ingin bermalam. Anda bisa memilih tiga villa dengan nuansa kayu yang begitu nyaman dan asik. Dan masing-masing dari villa menyuguhkan pemandangan yang tentunya berbeda-beda.

Bagi Anda yang datang bersama dengan 4 orang atau 2 orang, maka cocok jika menginap di villa geranium dan damascena. Sedangkan jika Anda datang dengan rombongan yang lebih besar lagi, maka Anda bisa mencoba untuk menginap di villa hortensia. Selain memiliki ruang yang begitu nyaman, fasilitas di villa tersebut juga cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Google Maps Dewi Moz

Kebun Mawar Situhapa merupakan salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan sangat baik dan profesional. Karena itu ketika Anda mengunjungi tempat ini maka jangan khawatir mengenai masalah fasilitas. Tersedia berbagai macam fasilitas yang lengkap dan memadai untuk menunjang segala aktivitas.

Anda Akan menemukan adanya restoran untuk mencicipi aneka sajian nya yang lezat. Selain itu fasilitas umum seperti area parkir mushola dan toilet juga mudah untuk ditemukan. Bagi para wisatawan yang ingin menginap, maka Anda bisa memilih villa yang sudah disediakan disana.

Fasilitas lain seperti contohnya tempat bermain anak telah dibangun oleh pihak pengelola. Pastikan ketika Anda hendak mengunjungi kebun mawar tersebut untuk memilih hari yang benar-benar cerah, supaya liburan Anda tidak terganggu.

Kebun Mawar Situhapa di Garut memang sangat recommended bagi Anda yang tengah mencari tempat berlibur yang tenang, sejuk, asri dengan pemandangan yang begitu memukau. Karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke Kota Garut dan menikmati segala keseruan di kebun mawar ini.

REKOMENDASI DESTINASI