15 Minuman & Makanan Khas Wonosobo yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Wonosobo

Minuman dan makanan khas Wonosobo memang memiliki banyak variasi, mulai dari makanan ringan hingga sajian berat. Beberapa jenis yang sudah terkenal sejak dulu dan rasanya dijamin lezat.

Objek wisata di Wonosobo memang terkenal di kalangan wisatawan, utamanya yang berasal dari Indonesia. Tak sedikit orang yang mengunjungi tempat wisata di sini sekaligus memburu untuk menikmati kuliner khas dari Wonosobo.

Pasalnya, kota satu ini dikenal memiliki deretan minuman serta makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Berikut daftar hidangan khas Wonosobo yang tidak boleh Anda  lewatkan.

1. Kacang Dieng

Kacang Dieng

Image Credit: Carica.id

Makanan khas Wonosobo yang pertama yaitu Kacang Dieng. Makanan ringan satu ini juga sering menjadi oleh-oleh yang dibawa wisatawan ketika berkunjung ke Wonosobo. Masyarakat sekitar sering menyebutnya juga dengan nama kacang babi, karena kacang ini memiliki bentuk yang berbeda dari kacang biasanya. Kacang Dieng memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan dengan kacang biasa, dan biasanya digoreng dengan tambahan bumbu di atasnya.

Kacang Dieng ini memiliki rasa yang gurih dan enak, sehingga cocok untuk menjadi camilan. Anda  pun dapat membelinya dalam keadaan mentah dan bisa menggorengnya sendiri di rumah, jadi Anda  bisa menikmatinya dalam keadaan hangat. Satu tempat yang sangat populer Kacang Diengnya berada di kawasan Candi Dieng, harga yang dibandrol untuk sebungkus makanan ringan ini pun sangat terjangkau.

2. Kue Pepe

Kue Pepe

Image Credit: Satrianesia.com

Kue Pepe Legit khas Wonosobo ini sering ditemui saat moment Ramadhan. Pada saat Hari Raya Idul Fitri, Anda  dapat dengan mudah menemukan kue ini di rumah-rumah penduduk Wonosobo. Tak hanya saat Idul Fitri saja, Anda  juga dapat memperolehnya di berbagai tempat yang menjual jajanan pasar di kota ini. Tekstur kenyal dan rasa manis dari Kue Pepe akan memanjakan lidah Anda . Jika Anda  berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mencicipi kue satu ini.

3. Sagon Wonosobo

Sego Megono

Image Credit: Medium.com

Sagon ini merupakan salah satu makanan khas Wonosobo yang termasuk dalam makanan tradisional. Kue ini terbuat dari tepung sagu, gula, serta parutan kelapa yang dimasak menggunakan arang atau kayu bakar. Jajanan yang memiliki cita rasa legit ini sering dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota satu ini. Anda  dapat dengan mudah menemukan kue ini di pasar Induk Wonosobo, di sana terdapat satu komplek yang semuanya menjual kue Sagon.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

4. Keripik Jamur

Keripik Jamur

Image Credit: Omiyago.com

Kota Wonosobo pernah menjadi penghasil jamur terbesar di Indonesia, banyak berdiri perusahaan dan industri rumahanan yang memproduksi jamur. Sehingga Wonosobo memiliki makanan khas berupa keripik jamur, yang juga sering dijadikan oleh-oleh dari kota satu ini. Setelah Anda  mencicipi jamur tersebut, Anda  akan merasakan rasa yang khas dan berbeda dari keripik jamur yang terdapat di daerah lain.

5. Geblek

Geblek

Image Credit: Cookpad.com

Mungkin Anda  belum pernah mendengar nama makanan satu ini, atau ketika mendengarnya Anda  merasa kue ini memiliki nama yang aneh. Tapi jangan salah, Geblek ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Salah satu kuliner tradisional ini masih banyak diburu oleh para wisatawan. Dengan tekstur yang cenderung alot di lidah seperti kue aci, namun dapat membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya lagi.

6. Opak Singkong

Opak Singkong

Image Credit: Shopee.co.id

Opak Singkong merupakan kuliner khas Wonosobo yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas daerah Wonosobo. Opak ini terbuat dari singkong yang sudah dihaluskan, kemudian dikeringkan dan digoreng. Biasanya akan ditambahkan kucai di atasnya sebagai taburan. Makanan ringan ini banyak sekali diproduksi di berbagai daerah di Wonosobo, seperti daerah Kalibeber, Krakal, dan sebagainya.

7. Cenil

Cenil

Image Credit: Topijelajah.com

Kuliner tradisional ini bisa juga Anda  jadikan sebagai buah tangan dari Wonosobo. Walaupun Anda  dapat menemukan cenil di daerah lain, Anda  akan merasa ada rasa yang berbeda ketika mencicipi Cenil Wonosobo. Jajanan ini tergolong makanan yang merakyat dengan harga yang relatif murah. Dengan cita rasa yang manis legit ditambah taburan kelapa parut, akan membuat Anda  ketagihan mencobanya lagi.

8. Tempe Kemul

Tempe Kemul

Image Credit: Idntimes.com

Mungkin jika Anda  melihat kuliner satu ini, Anda  akan familiar dengan wujudnya. Di tempat lain misalnya di Purwokerto, makanan ini disebut dengan nama Mendoan. Namun Tempe Kemul yang ada di Wonosobo ini memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya hidangan ini akan disajikan dalam bentuk renyah, serta terdapat taburan kucai di atasnya. Rasanya nikmat dan sangat cocok dijadikan camilan maupun pendamping makanan berat.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Pati yang Wajib Anda Coba

9. Mie Ongklok

Image Credit: WowKeren.com

Mie Ongklok adalah makanan khas Wonosobo yang merupakan ikon utama dari kota ini. Mie ini terdiri dari mie, kol, kubis, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang sering disebut dengan nama loh. Hidangan ini termasuk dalam masakan tradisional, dimana untuk merebus mienya pun masih menggunakan keranjang bambu. Biasanya mie ini disajikan dengan Sate Kambing dan Tempe Kemul khas Wonosobo.

10. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk

Image Credit: Inibaru.id

Salah satu kuliner lain yang wajib Anda  cicipi saat berkunjung ke Wonosobo yakni Dendeng Gepuk. Sajian ini merupakan salah satu makanan tradisional yang bahan utamanya terbuat dari olahan daging sapi. Walaupun Anda  bisa menemukannya di daerah lain, namun terdapat keunikan sendiri dari Dendeng Gepuk Wonosobo ini. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih, yang siap menggoyang lidah Anda .

Salah satu tempat terkenal di Wonosobo yang menjual Dendeng Gepuk, yaitu Dendeng Tivi yang terletak di Jalan Bismo. Usaha kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1933, dengan harga yang memang tidak murah namun sangat sesuai dengan rasa dari Dendeng tersebut. Sajian ini bisa Anda  nikmati dengan ditambah nasi putih hangat yang dilengkapi dengan sambal bajak. Terbayang kan betapa nikmatnya.

11. Sego Megono

Jika Anda  berkunjung ke Wonosobo, maka jangan lewatkan untuk mencicipi Sego Megono. Olahan kuliner yang juga sering disebut dengan sego reged atau nasi kotor ini terdiri dari nasi, ikan teri, dan sayuran. Makanan ini sangat terkenal di Wonosobo, dan biasanya dinikmati bersama camilan pelengkap seperti Tempe Kemul, Kerupuk, serta teh hangat. Sego Megono bisa mudah Anda  temukan di restoran, maupun di warung-warung pinggir jalan.

12. Carica

Carica

Image Credit: Shopee.co.id

Carica adalah buah khas Wonosobo, dan hanya tumbuh di daerah Dieng. Hal ini mungkin terdengar aneh, namun memang hal tersebut benar adanya. Beberapa orang telah mencoba menanam kembali buah Carica di tempat lain, namun yang tumbuh adalah buah Pepaya biasa. Carica memang merupakan buah dalam keluarga Pepaya, namun memiliki bentuk buah yang berbeda. Buah ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan bergelombang.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Blora yang Wajib Anda Coba

Di Wonosobo, buah Carica ini biasanya dijual dalam bentuk manisan yang sudah dikemas dalam berbagai kemasan, mulai dari botol hingga cup. Dengan rasa yang manis dan nikmat, produsen buah Carica di Wonosobo menjadi cukup banyak. Salah satunya yang terkenal yaitu CV Oafindo yang sudah memproduksi buah tersebut, dan dipasarkan dengan agen di berbagai kota.

13. Terong Belanda

Terong Belanda

Image Credit: Mytrip123.com

Dataran tinggi Dieng yang berada di Wonosobo, sangat cocok digunakan untuk menanam aneka buah-buahan. Salah satu buah yang yang ditanam di daerah ini yaitu Terong BelAnda , masyarakat sekitar pun mengolahnya menjadi beragam produk seperti sirup dan manisan. Manisan maupun sirup ini sering kali dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Anda  pun dapat membawa pulang Terong BelAnda  ini dalam keadaan mentah, dan mengolahnya sendiri di rumah.

14. Purwaceng Wonosobo

Purwaceng Wonosobo

Image Credit: Oleholehwonosobo.com

Masih di kawasan tinggi Dieng, daerah ini juga menghasilkan budidaya tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal yang berhasil dibudidayakan yaitu Purwaceng atau Purwoceng. Oleh penduduk setempat, tanaman ini kemudian diolah menjadi teh. Teh Purwaceng dapat Anda  bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Wonosobo, yang memiliki berbagai khasiat baik untuk kesehatan.

15. Teh Tambi Wonosobo

Image Credit: Olehkhaswnsb.blogspot.com

Salah satu produk dari dataran tinggi Dieng lainnya yaitu Teh Tambi. Teh ini ditanam pada ketinggian sekitar 4500 kaki di atas permukaan laut, dan memiliki rasa yang khas dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan. Mengonsumsi teh ini akan membuat Anda  selalu teringat dengan Wonosobo. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk satu bungkus teh pun cukup terjangkau dan sangat ramah di kantong.

Itulah beberapa minuman dan makanan khas dari Wonosobo yang terkenal enak. Hidangan khas dari kota ini memiliki banyak varian, mulai dari jajanan, buah, makanan berat, serta minuman yang memiliki rasa nikmat serta lezat. Selain itu, harga yang dibandrol untuk setiap sajiannya pun cukup murah dan ramah dikantong. Jadi Anda  tertarik untuk mencicipi kuliner yang mana di Wonosobo?