14 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Kota Cirebon perlahan namun pasti menghadirkan beberapa objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Sebagai kota pesisir tentunya Cirebon, menawarkan oleh oleh yang tidak jauh dari hasil baharinya. Jika Kamu sedang bertandang ke kota kesultanan ini, ada oleh oleh yang harus kamu buru. Untuk menjadi referensi kamu yang sedang berlibur atau mudik ke Cirebon, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

Image Credit by Akurat.co

Kerupuk yang biasanya memiliki warna warni ini menjadi andalan untuk jadi oleh oleh. Namanya cukup unik namun bukan berarti kerupuk ini hanya dikonsumsi untuk orang melarat saja. Diberi nama demikian karena kerupuk ini digoreng tidak menggunakan minyak sama sekali. Kerupuk melarat melalui pengolahan atau penggorengan dengan pasir. Kamu tak perlu panik, pasir yang digunakan jelas pasir yang bersih.

Meskipun digoreng dengan pasir, namun rasanya tak bisa diragukan. Perpaduan manis dan gurih akan sangat pas jika dicocolkan dengan sambal asam ciri khas Cirebon. Menariknya, jika kamu ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh harganya juga terjangkau. Untuk mendapatkannya juga mudah, kamu hanya perlu mendatangi pasar pagi Cirebon. Di sepanjang jalan di Cirebon,kamu juga bisa menemui penjual yang menawarkan kerupuk ini.

2. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Image Credit by Bukalapak.com (Itaidan Olstore)

Sirup yang sudah melegenda satu ini juga bisa masuk daftar oleh oleh dari Cirebon yang harus kamu buru. Sudah ada sejak tahun 1936, hingga kini sirup yang bercita rasa manis ini tetap di buru oleh para pengunjung kota Cirebon. Memang kini sirip Tjampolay, dikelola oleh generasi kesekian tapi kamu tak perlu ragu soal rasanya. Buktinya sirup ini tetap  menjadi idola di tengah persaingan yang semakin hari semakin ketat saja.

Selain sudah melegenda, sirup ini juga menawarkan berbagai rasa yang sangat Indonesia sekali. Sebut saja raa jeruk nipis, asam jeruk, kopyor, durian, hingga mangga gedong. Namun dari semua rasa, rasa yang paling favorit adalah varian pisang susu. Jika kamu berniat menjadikan sirup ini sebagai oleh oleh, kamu bisa mengunjungi Jl. Raya Pleret. Di sepanjang jalan ini kamu bisa mendapatkan sirup ini atau ke pusat oleh oleh yang lain.

Kamu juga bisa mengunjungi pabriknya langsung yang berada di Jl. Elang Raya K. 11-12. Selain di tempat tersebut toko oleh oleh Pangestu juga bisa menjadi alternatif. Toko yang berada di Jl. Sukalila Selatan No. 49 ini menyediakan banyak macam buah tangan khas Cirebon. Termasuk sirup buah yang sudah melegenda ini, toko oleh oleh ini juga sudah ada sejak tahun 1992 jadi sudah bisa dipastikan bagaimana citranya bukan?

3. Atom Kocir Bakpia’e Wong Cirebon

Atom Kocir Bakpia’e Wong Cirebon

Image Credit by Tokopilpres.com

Ingin mencoba membawakan oleh oleh kekinian khas Cirebon? Bakpia satu ini bisa menjadi pilihan. Bakpia khas Cirebon ini memiliki isian unik yang penuh dan juga lumer. Karena selain menyediakan isian manis, bakpia atom kocir juga menyediakan asin. Untuk rasa manis kamu bisa membeli ras cokelat, durian, keju, vanilla. Sementara varian asinnya ada yang tuna, udang, ayam dan sosis. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengunjungi Cirebon Super Block Mall.

4. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Tokopedia.com (Np.Rangginan)

Camilan yang bisa kamu jadikan oleh oleh selanjutnya adalah rengginang. Rengginang yang terbuat dari ketan yang di keringkan ini telah dicampurkan dengan terasi khas Cirebon. Sehingga rasanya sudah pasti lezat, varian rasanya juga beragam. Mulai dari cumi, keju hingga pedas. Jika ingin berburu camilan khas Cirebon ini kamu bisa mampir ke pasar pagi Cirebon.

5. Kue Gapit

Kue Gapit

Image Credit by News.detik.com

Kue satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan sangat pas untuk camilan bersama keluarga. Kue gapit memiliki bentuk seperti cone es krim hanya saja bentuknya pipih. Rasanya yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Rasa original hingga rasa kacang bisa kamu buru dan diborong. Kamu bisa membelinya di pasar Kanoman dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Tape Ketan

Tape Ketan

Image Credit by Jalanbareng.com

Mampir ke Pasar Pagi, kamu juga bisa memburu oleh oleh Cirebon satu ini. Tape ketan yang merupakan makanan fermentasi ini memiliki cita rasa yang unik dan enak. Sebenarnya tape ketan banyak diproduksi di Kuningan tapi karena jaraknya dekat banyak juga yang membelinya di Cirebon. Sebelum membeli kamu harus bertanya kapan tape ketannya matang ya.

7. Terasi Udang

Terasi Cirebon

Image Credit by Informasicirebonjeh.blogspot.com

Oleh oleh yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah, terasi udang. Sebagai kota udang, produk dari baharinya yang terkenal lezat yaitu terasi udang. Kamu bisa membeli oleh oleh ini di Toko Daud yang ada di Jl. Sukalila Utara No. 4D. Harga di toko ini cukup terjangkau dan toko ini juga jadi langganan dari Sultan Cirebon untuk membeli oleh oleh.

8. Jeniper atau Jeruk Nipis Peras

Jeniper (jeruk Nipis Peras)

Image Credit by Ketaketik.com

Selain sirup, di Cirebon juga ada minuman jeruk nipis yang layak untuk jadi oleh oleh ketika kamu datang ke Cirebon. Jeniper ini dikemas dalam botol sirup sehingga siap minum. Cita rasanya yang segar dan alami membuat minuman ini selalu diburu. Membawa beberapa untuk dibagikan ke keluarga atau sahabat sangat pas, apalagi jika hobi minum jeruk nipis.

9. Jambal Roti

Jambal Roti

Image Credit by Tokopedia.com (Oleh – Oleh Khas Cirebon)

Kota Cirebon memang kaya akan hasil lautnya yang selalu diburu para pelancong. Selain udang, kamu juga bisa menjadikan salah satu jenis ikan asin ini untuk jadi oleh oleh khas kota Cirebon. Jambal Roti merupakan ikan asin yang berbahan baku ikan Manyung. Meskipun harganya relatif tinggi, namun untuk rasa kamu tak bisa menolaknya. Apalagi untuk keluarga yang memang gemar makan ikan asin, olahan ikan ini tentunya bisa beraneka ragam.

10. Batik Cirebon

Batik Cirebon

Image Credit by Republika.co.id

Tak hanya bisa membawa oleh oleh hanya dalam bentuk makanan, kamu juga bisa membawa batik khas Cirebon sebagai oleh oleh. Untuk memilih jenis batik yang kamu inginkan, kamu bisa langsung menuju Kampung Batik Trusmi. Di kampung ini kamu juga bisa menemukan motif mega mendung yang sangat populer tersebut. Aneka macam batik bisa kamu temui dan bisa diaplikasikan dalam bentuk aksesoris juga.

11. Emping Cirebon

Emping Cirebon

Image Credit by Empingmelinjomanis.blogspot.com

Jika biasanya kamu menikmati emping hanya digoreng biasa, di Cirebon kamu bisa mencoba emping dengan rasa yang berbeda. Jajanan ini sangat cocok untuk kamu jadikan oleh oleh karena makanan ini terbilang awet. Emping khas Cirebon juga memiliki varian rasa yang banyak seperti rumput laut hingga emping rasa udang. Kamu bisa mendapatkannya di beberapa pusat oleh oleh seperti pasar pagi, pasar kanoman atau daerah sekitarnya.

12. Cirebon Sultana

Cirebon Sultana

Image Credit by Daftarhargadelivery.blogspot.com

Satu lagi oleh oleh kekinian yang bisa jadi alternatif ketika ke Cirebon. Brand kue milik Indra Bekti ini merupakan kue yang jadi oleh oleh Cirebon. Kue ini memiliki varian rasa yang cukup banyak yakni mulai dari choco manggo, blueberry, hingga Chocobanana. Untuk mendapatkan kue artis ini kamu bisa mengunjungi gerainya di Jl. Kartini 5, Kejaksan. Pastinya kue artis kekinian ini bisa membuat oleh olehmu semakin beragam.

13. Serabi Cirebon

Serabi

Image Credit by Aryanirahmadita.blogspot.com

Olahan tradisional yang tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Cirebon adalah Serabi. Serabi khas Cirebon ini memiliki rasa yang khas dan bisa jadi alternatif oleh oleh. Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman, topping yang ditawarkan pada makanan ini juga semakin bervariasi. Tekturnya yang lembut sangat pas untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat. Tak heran jika makanan ini juga menjadi buruan para pelancong.

14. Kerupuk Lambak

Kerupuk Lambak

Image Credit by Cirebonmedia.com

Kerupuk satu ini juga tak boleh ketinggalan untuk masuk dalam keranjang belanja kamu. Kerupuk lambak ini merupakan kerupuk yang berbahan kulit sapi. Cita rasanya yang gurih membuat camilan ini disandingkan sebagai pelengkap makan. Untuk berbelanja oleh oleh aneka kerupuk kamu bisa mengunjungi pasar Kanoman. Apalagi pasar ini lokasinya dekat dengan keraton, setelah berwisata kamu sudah bisa langsung berbelanja oleh oleh.

Beberapa buah tangan khas Cirebon ini tentunya bisa menjadi alternatif untuk kamu bawa pulang ketika singgah ke Cirebon. Apalagi banyak tempat berbelanja oleh oleh yang strategis. Mulai dari pasar pagi, pasar kanoman, Jl. Raya Plered hingga pusat oleh oleh yang terkenal. Ada beberapa pusat oleh oleh yang bisa kamu tuju selain yang telah disebutkan yakni Cirebon Kelana dan EB Batik Cirebon.