Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kartini, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Alun-Alun Kejaksan adalah salah satu tempat wisata terbaik yang wajib untuk Anda masukan ke dalam list tujuan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika pergi ke Kota Cirebon. Tempat wisata hits ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat baik ketika sedang liburan akhir pekan atau bahkan ketika hari biasa sekalipun.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Kejaksan

Daya Tarik Alun-Alun Kejaksan Cirebon
Image Credit: Twitter About Cirebon

1. Pemandangan Indah dan Masih Asri

Tidak salah jika tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan karena Alun-Alun Kejaksan memiliki daya tarik pesona yang indah dan tidak ada duanya. Sehingga, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ketika Anda berada disini, tempat ini memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas yang biasa kita lakukan sehari hari. Jadi, akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Kota Cirebon.

Selain itu, obyek wisata ini sangat ramah kepada para turis lokal maupun turis asing sehingga itu akan membuat Anda merasa nyaman ketika datang kesini. Kebanyakan para wisatawan yang datang dari berbagai pelosok negeri atau bahkan warga sekitar Kota Cirebon menjadikan Alun-Alun Kejaksan sebagai tempat untuk mereka bersantai.

Bukan tanpa alasan, tempat ini memberikan pemadangan yang indah dengan suasana yang masih asri. Masih banyak pepohonan dan taman taman hijau yang subur mengelilingi tempat wisata hits ini.

Tentu, suasana asri disertai pemandangan yang indah bisa menjadi tempat refreshing bagi Anda yang ingin menjauh dari suasana kota.

2. Sebagai Tempat Ngabuburit dan Spot Berfoto

Destinasi ini juga menjadi tempat yang paling banyak dipilih sebagai tempat untuk ngabuburit berbagai kalangan. Selain tempat untuk menghabiskan waktu untuk refreshing dengan pemandangan yang indah dan masih asri, wisata bahari ini juga terdapat banyak sekali shelter UMKM dan ekonomi kreatif.

Kemudian juga ada pameran kesenian dan micro library di bagian barat alun-alun. Selain Anda dapat menghabiskan waktu untuk ngabuburit, wisata hits ini juga terdapat spot berfoto bagi para wisatawan.

Pada pintu utama masuk Alun-Alun, dibangun dua buah gapura besar yang memiliki desain khas bangunan keraton yang memiliki tinggi sekitar 15 meter.

Karakteristik dari bangunan keraton yang memiliki warna merah bata akan nampak menghiasi di berbagai sudut Alun-Alun. Selain itu, Alu Alun Kejaksan terhubung dengan Masjid Raya At Taqwa yang memiliki arsitektur yang modern.

Daya Tarik Dimiliki Alun-Alun Kejaksan Cirebon
Image Credit: Google Maps Rahmi Yunita

3. Dekat Dengan Sejarah Nilai Islam di Kota Cirebon

Selain menawarkan keindahan yang tidak ada duanya, salah satu hal yang menarik adalah karena memiliki sejarah yang terkait dengan berdirinya nilai-nilai Islam di Kota Cirebon. Dalam tutur kata bahasa Cirebon, “Ke” memiliki sebuah arti sebagai “Kiai”. Sementara “Jaksan” merupakan arti dari kebijaksanaan. Kata “Kejaksan” memiliki makna sebagai “kiai yang bijaksana”.

Tokoh yang dimaksud sebagai “kiai yang bijaksana” adalah Syarifuddin Abdurahim. Konon, nama tersebut adalah nama yang diberikan oleh Syekh Dzatul Kahfi (atau Syekh Datuk Kahfi). Syarifuddin Abdurahim merupakan Pangeran Kejaksan yang mempelajari dan menekuni tentang Ilmu Islam dan Hukum Islam sehingga membuat banyak orang yang mempercayai kebijakan dan nasehat yang diberikan oleh Syarifuddin Abdurahim.

Hampir setiap hari banyak orang yang mendatangi rumah beliau untuk berkeluh kesah tentang permasalahan hidup yang sedang di hadapi lalu meminta sebuah nasihat. Letak rumah dari Syarifuddin Abdurahim berada tak jauh dari Alun-Alun Kejaksan yaitu tak kurang dari 500 meter.

4. Terdapat Tugu Proklamasi

Pada sudut alun-alun yang berada di perempatan antara Jalan RA Kartini dan Jalan Siliwangi, ada sebuah Tugu yang berdiri, yaitu Tugu Proklamasi. Tugu ini dibangun untuk menjadi pengingat kepada masyarakat atas terjadinya pertempuran besar dari arah rel kereta stasiun Kejaksan.

Saat pertempuran itu terjadi, ada ribuan pejuang revolusi naik kereta api dari Stasiun Jatinegara ke Yogyakarta. Bukti dari pertempuran ini masih terlihat jelas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Kejaksan Cirebon
Image Credit: Google Maps ari wibowo

Alun-Alun Kejaksan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kejaksan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Alamatnya ada di Jl. RA. Kartini di depan Masjid Raya At Taqwa Cirebon. Tetapi, jika Anda masih bingung dengan rute dan letak pasti dari tempat wisata populer ini, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi google maps karena lokasi taman ini sudah terdaftar sehingga Anda hanya perlu mengetik nama dari obyek wisata favorit ini.

Walaupun Alun-Alun Kejaksan telah menjadi salah satu destinasi tempat wisata favorit yang ada di Kota Cirebon, untuk menikmati dan menghabiskan waktu di tempat ini Anda tidak akan dikenakan biaya untuk masuk.

Wisata bahari ini merupakan ruang publik yang terbuka untuk umum. Jadi, siapa saja bisa menghabiskan waktunya disini tanpa perlu khawatir dengan harga tiket untuk masuk. Tidak ada tiket, Anda bisa datang ke tempat ini secara gratis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Kejaksan

Aktivitas Alun-Alun Kejaksan Cirebon
Image Credit: Twitter ProTecDi

Alun-alun ini merupakan tempat yang terbuka untuk digunakan secara umum, sehingga masyarakat atau wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik disini.

  1. Salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan disini adalah bisa digunakan sebagai tempat untuk olahraga. Pada akhir pekan biasanya Anda dapat melihat orang orang melakukan jogging di sekitar Alun-Alun Kejaksan. Baik pagi maupun sore. Karena disini disediakan jogging track.
  2. Tempat ini juga ramah untuk para keluarga yang membawa anak mereka karena disini disediakan Taman Bermain. Sehingga, anak anak tidak akan merasa bosan ketika datang kesini. Taman bermain tidak hanya untuk para anak kecil tetapi ada juga yang bisa di gunakan oleh orang dewasa.
  3. Cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu atau tempat untuk ngabuburit karena terdapat berbagai macam jajanan yang dijual disini. Mulai dari yang berat sampai jajanan ringan.
  4. Disini juga disediakan micro library. Untuk Anda yang lebih tertarik membaca buku dan ingin menghabiskan waktu dengan membaca, jangan khawatir karena disini juga disediakan sebuah perpustakaan. Anda bersama teman anda pun juga bisa menghabiskan waktu sembari mengerjakan tugas disini. Dengan mengunjungi tempat wisata ini membuat Anda dapat refreshing tetapi juga masih tetap produktif. Tidak salah jika alun-alun ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Kota Cirebon.
  5. Saat Idul Fitri tiba, biasanya Alun-Alun Kejaksan di jadikan sebagai tempat untuk menunaikan ibadah sholat hari raya, selain itu juga kerap digunakan untuk sholat jum’at. Hal ini karena alun-alun memiliki area atau halaman yang luas terlebih lagi tempat ini juga berdampingan dengan Masjid Raya At Taqwa. Selain itu, salah satu hal unik dan yang menarik dan mungkin Anda belum tahu dari alun-alun ini adalah terletak dari rumput yang dijejerkan lurus mengikuti arah kiblat.
  6. Untuk Anda yang suka berfoto, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki spot menarik untuk Anda berfoto. Berbeda dari sebelumnya, setelah alun-alun di renovasi, kini telah terdapat obyek tambahan seperti air mancur yang membuat tempat ini semakin menarik serta menambah spot untuk pengunjung melakukan foto.
  7. Adanya sentra UMKM yang telah diresmikan setelah renovasi taman ini menjadi pelengkap dari destinasi wisata di tempat wisata favorit ini. Para pengunjung yang melakukan wisata religi di Masjid Raya At Taqwa sekaligus menyempatkan waktu untuk berkunjung di Alun-Alun Kejaksan yang letaknya saling berhadapan. Dengan diresmikannya sentra UMKM, kini para pengunjung yang datang bisa sekaligus membeli cindera mata khas sebagai kenang-kenangan dan untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat tercinta. Selain menjual berbagai cendera mata, sentra UMKM yang ada juga menjual beragam makanan untuk para pengunjung. Sehingga pengunjung juga bisa berwisata kuliner disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Alun-Alun

Fasilitas Alun-Alun Kejaksan Cirebon
Image Credit: Google Maps Vit3’Y

Untuk membuat para wisatawan yang berkunjung merasa lebih nyaman dan tertarik untuk datang tentu saja dibutuhkan fasilitas yang menunjang. Di Alun-Alun Kejaksan terdapat fasilitas yang disediakan sebagai berikut:

  1. Terdapat Toilet. Adanya keberadaan kamar mandi tentu saja merupakan hal yang sangat penting bagi para pengunjung. Jika fasilitas ini tidak disediakan tentu akan sangat merepotkan.
  2. Lapangan Utama dan Paviliun Upacara. Dengan adanya lapangan utama dan paviliun upacara, sehingga obyek wisata favorit ini juga dapat dipakai sebagai tempat olahraga dan untuk mengadakan upacara hari besar nasional.
  3. Shelter Pedagang Kaki Lima (PKL). Untuk membuat Alun-Alun tetap tertata dengan rapi, pemerintah membangun shelter bagi para Pedagang Kaki Lima.
  4. Area Parkir yang Luas. Menjadi tempat destinasi wisata favorit tentu membuat banyak wisatawan yang ingin datang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obyek wisata ini menyediakan tempat parker yang dapat memuat mobil dan motor yang banyak.
  5. Terdapat mushola bagi para pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat.

Itulah beberapa hal menarik seputar Alun-Alun Kejaksan di Kota Cirebon. Dengan berbagai daya tarik dan aktifitas yang menarik dilakukan, maka alun-alun ini harus menjadi tujuan untuk bersantai melepas penat.