Harga Tiket: 24 Jam, Jam Operasional: Gratis, Alamat: Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Cirebon adalah salah satu wilayah di Indonesia yang berada di pesisir utara Provinsi Jawa Barat. Wilayah yang berkaitan erat dengan pusat penyebaran agama Islam di masa lampau ini memiliki banyak peninggalan sejarah yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya Gedung British American Tobacco atau yang kerap disebut sebagai Gedung BAT.

Tempat ini bukan sekadar gedung pada umumnya. Gedung yang sudah ditetapkan sebagai aset budaya oleh Pemerintah Kota Cirebon ini mempunyai berbagai cerita unik di dalamnya. Untuk mengetahui hal-hal mengenai Gedung bersejarah ini secara lebih luas, mari simak uraian di bawah ini.

Daya Tarik Gedung British American Tobacco

Daya Tarik Gedung British American Tobacco
Image Credit: Google Maps Muhammad Iqfha Nurhidayat

Menurut sejarahnya, Gedung ini dibangun pada masa kolonialisme, tepatnya pada tahun 1917 oleh Indo Egyptian Cigarettes Company. Pada tahun 1924, gedung ini berpindah kepemilikan ke pihak Bristish American Tobacco. Hal ini kemudian dicantumkan pada salah satu bagian gedung dengan tulisan “Anno 1924” yang merupakan tanda dari berubahnya kepemilikan dan selesainya gedung ini direnovasi oleh Eduard Cuypers dan Hulswit. Tempatnya yang sudah dibangun sejak 90 tahun lebih membuat gedung ini mempunyai keunikan, yakni arsitektur klasiknya yang masih eksis di tengah perkembangan zaman dewasa sekarang.

Gedung yang terkenal dengan nuansa klasiknya ini terdiri dari dua tingkat bangunan dan berukuran kurang lebih satu hektar. Dari awal pembangunannya, gedung ini sudah berfungsi sebagai pabrik rokok. Kendati sudah berhenti beroperasi, Gedung British American Tobacco masih memiliki daya tarik tersendiri bagi anda yang ingin menilik sejarah tentang perkembangan rokok di Indonesia pada masa lampau.

Gedung bersejarah ini memiliki trotoar yang luas sehingga dapat membantu anda untuk menikmati potret gedung bersejarah ini dengan leluasa. Deretan pot tanaman yang ada di depan gedung ini pun menambahkan suasana yang menenangkan bagi anda yang berkunjung ke tempat ini.

Di sekitar gedung yang unik ini, terdapat banyak pedagang kuliner yang menjajakan barang dagangannya. Maka dari itu, tentu anda akan memiliki berbagai pilihan untuk menikmati makanan dan minuman terutama makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan.

Pesona Gedung British American Tobacco nyatanya tidak hanya terpancar pada siang hari saja. Untaian lampu yang bersinar di malam hari membuat keindahan gedung bersejarah ini semakin menarik dinikmati. Apalagi, barisan penjual kuliner yang muncul pada waktu tersebut membuat anda dapat merasakan pengalaman untuk bersantap dengan suasana yang baru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Gadung British American Tobacco
Image Credit: Google Maps komat kamit

Secara astronomis, gedung klasik ini berada pada titik koordinat 108° Bujur Timur dan 06° Lintang Selatan. Lokasi ini berada di ketinggian kurang lebih 6 meter di atas permukaan laut. Sedangkan secara administratif, Gedung British American Tobacco terletak di Kota Cirebon, tepatnya di Jalan Pasuketan Nomor 1 Kampung Kebumen, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Gedung ini berada di ujung perempatan dan berdekatan dengan Bank Mandiri juga Cirebon Mall.

Untuk mengunjungi lokasi ini, anda tidak akan merasakan kesulitan yang berarti sebab lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau. Dari gerbang Tol Palimanan, anda perlu mengarah ke Jalan Dr. Setiabudi yang kemudian dilanjutkan ke jalur Cileunyi-Palimanan. Setelah itu, anda perlu melanjutkan perjalanan ke Jalan Tuparev, Jalan Kartini, dan Jalan Sisingamangaraja. Terakhir, anda perlu mengarah ke Jalan Benteng dan melakukan perputaran jalur di bundaran Taman Simpang Pelabuhan sebelum memasuki Jalan Pasuketan.

Supaya mengetahui rute perjalanan ini dengan lebih jelas, anda tentunya dapat menggunakan fitur peta daring seperti google maps yang ada pada telepon pintar anda. Selain itu, anda juga dapat menanyakan rute secara langsung kepada warga sekitar yang tentunya sudah awam dengan wilayah tersebut.

Jika anda menggunakan transportasi kereta dan turun di Stasiun Cirebon, jarak yang perlu anda tempuh hanya berkisar pada 3 kilometer saja. Terdapat kendaraan konvensional juga angkutan daring yang dapat membantu anda dalam bertandang ke gedung menawan ini.

Untuk mengunjungi gedung ini, tidak semua orang diperkenankan untuk masuk ke dalam gedung jika tidak memiliki izin atau berkepentingan khusus. Maka dari itu, anda hanya diperbolehkan untuk menikmati gedung ini dari luarnya saja. Hal ini membuat anda tidak perlu merogoh saku terlalu dalam karena kunjungan ini tidak memerlukan biaya masuk. Namun, anda wajib membayar retribusi parkir mulai dari dua ribu Rupiah sesuai dengan kendaraan yang anda gunakan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gedung BAT

Kegiatan Menarik Gedung BAT
Image Credit: Instagram Nasihatul umah

Gedung British American Tobacco memiliki aksen arsitektur klasik yang masih kental. Hal ini merupakan salah satu opsi yang dapat anda pilih untuk melakukan pemotretan untuk pre-wedding, album tahunan sekolah, atau sekadar untuk memenuhi halaman media sosial anda.

Lahannya yang cukup luas membuat anda dapat membangun aktivitas baru selain berburu jepretan foto, yakni berolahraga. Anda dapat melakukan olahraga kecil seperti jalan santai, lari, dan juga bersepeda di area gedung yang nyaman ini.

Aktivitas lain yang tak kalah menarik adalah berkumpul bersama keluarga, teman, rekan kerja, bahkan pasangan sekali pun. Areanya yang nyaman untuk dikunjungi bersama-sama ini membuatnya sayang untuk dilewatkan. Apalagi hadirnya deretan makanan dan minuman yang beragam membuat kegiatan kumpul anda menjadi lebih lengkap.

Kegiatan kumpul bareng atau nongkrong tidak hanya bisa dilakukan pada saat matahari masih bersinar saja, tetapi kunjungan yang anda lakukan pada malam hari. Menurut sebagian orang, suasana nongkrong pada malam hai terasa lebih hangat. Hal ini membuat banyak anak muda yang menghabiskan waktu malamnya di tempat ini.

Selain aktivitas yang sudah disebutkan, biasanya di area gedung ini terdapat penampilan musik baik dalam skala kecil seperti pengamen atau pemusik jalanan lainnya juga dalam skala yang lebih besar. Biaya yang diperlukan untuk menonton penampilan ini relatif terjangkau bahkan anda tidak perlu membayar sama sekali.

Jika anda ingin merasakan pengalaman baru untuk menaiki transportasi tradisional becak, anda dapat melakukannya di tempat yang unik ini. Anda akan menemukan penyedia jasa becak di sekitar Gedung British American Tobacco dengan mudah.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Gedung

Fasilitas Gedung British American Tobacco
Image Credit: Google Maps Hadi Iyong

Walaupun tidak bisa dimasuki, gedung yang memiliki posisi strategis tetap mempunyai banyak fasilitas penunjang di sekitarnya. Jika anda seorang Muslim yang ingin melakukan ibadah, anda dapat singgah ke Masjid An-Nur yang berada tak jauh dari Gedung British American Tobacco ini. Di Masjid tersebut terdapat tempat penitipan barang dan kondisinya sangat bersih dan nyaman sehingga anda dapat melakukan ibadah dengan lebih tenang.

Apabila anda membutuhkan tempat untuk menginap, Hotel Asri dapat menjadi jawaban bagi hal tersebut. Hotel ini berada di Jalan Karanggetas Nomor 25-27, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon atau yang secara gamblang dapat dikatakan bahwa lokasinya berdampingan dengan supermarket Asia Toserba. Jarak antara dua tempat ini adalah sekitar satu kilometer. JIka anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka anda dapat menggunakan angkutan umum yang berwarna biru dengan tanda “GG” atau “Gunungsari-Gunungjati”.

Hotel Asri ini memiliki berbagai tipe kamar, kolam renang yang ada dalam ruangan, dan juga ruang gym. Dengan mengeluarkan uang sebesar kurang lebih Rp300.000, anda dapat melakukan reservasi di hotel ini. Anda dapat menghubungi pihak hotel melalui nomor 0231-1210900 atau kunjungi akun @asrihotelcirebon di platform Instagram. Anda juga dapat melakukan reservasi secara daring melalui platform penyedia jasa hotel seperti Traveloka.

Saat berkunjung ke tempat ikonik ini, anda tidak perlu khawatir dengan tempat duduk. Otoritas setempat telah menyediakan banyak bangku yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat atau sekadar tempat untuk menyantap makanan dan minuman yang ada.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kawasan ini memiliki fasilitas transportasi yang mumpuni untuk membantu para pelancong dalam bermobilitas. Kendaraan konvensional seperti becak, angkutan umum, juga ojek luring dan kendaraan daring tersedia secara luas sehingga anda dapat mendapatkannya dengan mudah.

Tempat wisata ini mengharuskan Anda untuk beraktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, usahakan untuk memakai pelindung kepala agar tidak tersengat sinar matahari secara langsung. Selain itu, gunakan tabir Surya supaya krim tabir surya supaya kesehatan kulit anda ikut terjaga. Ada baiknya anda untuk berbekal air minum sendiri supaya tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik.

Demikian seputar informasi mengenai salah satu tempat wisata bersejarah yang unik di Kota Cirebon, Gedung British American Tobacco. Tempat ini membebaskan Anda untuk datang kapan saja mengingat waktu operasionalnya yang berlangsung selama 24 jam. Dalam berwisata ke tempat ini, tetaplah untuk menjaga kebersihan dan ketertiban bersama. Dengan demikian, kenyamanan tempat ini akan terus terjaga.