Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pernahkah Anda mengira bahwa di Cirebon banyak sekali destinasi wisata yang menarik? Nyatanya, tempat wisata yang ada di kota ini tidak kalah seru dengan yang berada di kota lain seperti Jakarta, Bandung, ataupun Jogja. Tiap tahunnya, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Cirebon untuk berlibur. Wisatawan berdatangan dari berbagai kota untuk turut menikmati keseruan yang tersaji di kota ini.

Apalagi sejak Tol Cipali resmi dibuka dan dapat dilalui kendaraan, semakin banyak wisatawan dari berbagai daerah mampir ke Kota Cirebon untuk berwisata. Karena semakin banyaknya wisatawan, maka bermunculan berbagai penginapan agar pengunjung bisa menikmati panorama daerah ini lebih lama dengan nyaman. Dengan demikian, perjalanan wisata anda akan semakin berkesan dan menyenangkan.

Banyak sekali objek wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali daya tarik, fasilitas, serta banyak kegiatan seru yang dapat anda lakukan, terlebih lagi jika dilakukan bersama keluarga dan teman-teman, pastinya akan semakin ramai dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Cirebon Waterland

Daya Tarik Cirebon Waterland
Image Credit: Google Maps maleakhi wahyu

Dimulai dari sejarah singkat yang ada, pada awalnya tempat rekreasi yang saat ini seru tidak semenarik saat ini, karena dahulu hanya terdapat taman untuk rekreasi yang bernama Taman Traffic Garden Cirebon. Namun kemudian nama tersebut diganti dengan nama Taman Ade Irma Suryani. Menjadi taman bermain satu-satunya di daerah Cirebon, lama-kelamaan taman ini semakin sepi pengunjung. Akhirnya, taman ini berhasil direvitalisasi dan diubah menjadi Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Setelah diubah menjadi tempat rekreasi yang sangat menarik, maka semakin banyak pengunjung yang datang. Terlebih lagi saat musim liburan tiba, tidak jarang diramaikan oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Bahkan saat akhir pekan pun tempat wisata hits ini juga ramai pengunjung untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman sekedar untuk bersantai dan melepas penat. Karena nyatanya banyak sekali area yang menjadi daya tarik di Cirebon Waterland, yakni sebagai berikut:

1. Kolam Renang yang Luas

Kolam renang dengan kedalaman 1,5 meter ini merupakan salah satu daya tarik yang paling digemari oleh banyak orang, khususnya anak-anak. Karena banyak sekali wahana yang terdapat di kolam renang, seperti seluncuran atau perosotan yang berukuran besar, air mancur, kolam arus, serta ember tumpah yang membuat suasana kolam semakin meriah. Apalagi saat detik-detik ember akan menumpahkan airnya, banyak orang yang langsung mendekat agar dapat merasakan sensasi guyuran sangat menyegarkan. Seluncuran yang ada di sana juga sangat seru karena bentuknya spiral sehingga banyak orang turut mengantri untuk merasakan keseruan berseluncur.

2. Restoran Kapal Cheng Ho

Saat anda memasuki daerah wisata Cirebon Wonderland, anda akan langsung melihat kapal besar bertuliskan Cheng Ho. Nama itu sendiri dinamakan berdasarkan nama pelaut dari China. Suasana yang disuguhkan pada restoran ini adalah tempo dulu yang khas dan kental. Berbagai jenis makanan ditawarkan di restoran Cheng Ho, anda tentu bisa menikmati makanan yang sangat lezat sembari menikmati udara laut yang menyejukkan.

Daya Tarik Dimiliki Cirebon Waterland
Image Credit: Google Maps Cindy Fuji Karina

3. Miniatur Perahu Kayu yang Unik

Jika anda sedang tidak ingin berenang, jangan khawatir, karena ada berbagai tempat selain kolam renang yang tidak kalah seru. Salah satunya adalah miniatur perahu kayu yang sangat unik. Ukurannya yang cukup besar, serta terdapat ayunan di bawahnya. Tentunya anda bisa bermain ayunan sambil berfoto.

4. Suasana Laut

Setelah menikmati keseruan wahana yang ada, anda juga bisa menyusuri pinggiran pantai. Tempat rekreasi seru ini langsung menghadap ke arah pantai dan laut, sehingga anda juga bisa menikmati suara deburan ombak serta angin yang sangat sejuk. Tidak ada salahnya untuk berfoto atau sekedar merekam video bersama keluarga atau teman-teman karena pemandangannya sangat indah. Anda juga bisa menikmati keindahan laut tersebut sambil menikmati makanan yang dijual di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Frinda Jeane

Lokasi Cirebon Waterland Ade Irma Suryani sangat mudah dijangkau. Letaknya yang sangat dekat dengan pintu tol Palimanan Cirebon yaitu hanya berjarak 19 km. Serta tidak jauh dari Polres Kota Cirebon. Anda hanya perlu berjalan lurus dari posisi lokasi Polres.

Beralamat di Jalan Yos Sudarso, Lemahwunguk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Berada persis di pinggir pantai dan berlokasi dekat dengan teluk Pantai Cirebon dan Pelabuhan Cirebon. Adapun sebagai patokan, anda bisa berpatokan pada lokasi Bank Indonesia cabang Cirebon, karena tidak jauh dari sana. Dan anda tinggal belok ke kanan dari Bank Indonesia untuk menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Warjy Ortega

Untuk dapat menikmati keindahan alam berupa pantai dan laut, serta dapat menikmati segala wahana yang ada, kini Cirebon Waterland menawarkannya dengan harga di bawah Rp 100.000. Anda hanya perlu membeli tiket masuk kawasan wisata seharga Rp 50.000 per orang yang berupa tiket masuk Rp 20.000 sekaligus tiket kolam renang seharga Rp 30.000.

Harga ini tentunya bisa anda dapatkan saat hari biasa, Tiket untuk yang berkunjung pada hari libur dan akhir pekan, yaitu sebesar Rp 65.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Cirebon Waterland

Kegiatan Cirebon Waterland
Image Credit: Twitter jack brigif

Berbagai kegiatan tentu dapat anda lakukan di sini. Karena banyak sekali jenis wahana. Atau jika anda hanya ingin menikmati udara segar pantai pun bisa. Ajak keluarga, teman-teman, saudara, serta anak-anak anda untuk menikmati Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, karena wahananya yang seru, pemandangan lautnya yang juga indah.

1. Berenang di Wahana Air

Berenang di wahana air yaitu kolam renang yang berkedalaman 1,5 meter dan sangat luas. Wahana ini tentunya menjadi salah satu daya tarik yang menarik. Bagaimana tidak, wahana ini menjadi favorit bagi anak-anak. Dengan adanya berbagai wahana di dalamnya seperti ember tumpah dan seluncuran yang sangat seru untuk dilakukan, terlebih lagi jika anda melakukannya bersama dengan keluarga, teman-teman, atau anak-anak.

2. Kuliner di Restoran Kapal Cheng Ho

Setelah puas bermain berbagai wahana yang ada, anda bisa memanjakan perut anda dengan makanan khas Cirebon dan berbagai varian menu lainnya di Restoran Kapal Cheng Ho. Anda bisa memilih berbagai macam makanan yang ada dan minuman yang segar sangat cocok di suasana pantai. Setelah berkuliner, anda juga bisa berfoto di sini. Serta bisa sambil menikmati angin laut yang berembus.

3. Bermain di Miniatur Perahu Kayu

Anda bisa bermain di miniatur perahu kayu yang berukuran cukup besar. Jika anda tidak ingin berenang, anda bisa bermain ayunan yang letaknya di bawah perahu kayu ini. Karena tempatnya yang unik, anda juga bisa berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Ajak anak anda untuk bermain ayunan bersama.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Sahwan Suhendar

Di samping daya tariknya yang sangat bagus, berbagai fasilitas yang terdapat di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani juga sangat lengkap. Bahkan terdapat beberapa fasilitas yang menyenangkan, yaitu taman. Di artikel ini akan dijelaskan berbagai macam fasilitas yang ada. Maka simak lebih lanjut:

1. Area Parkir

Anda tidak perlu takut kehabisan area parkir. Karena area parkir di sini cukup luas dan tidak perlu khawatir karena area parkir di sini juga dijaga oleh penjaga sehingga aman.

2. Toilet

Toilet juga tersebar di berbagai sudut area wahana. Anda tidak perlu khawatir karena toilet yang ada di sini juga cukup bersih.

3. Mushala

Bagi anda yang beragama muslim, anda tidak perlu khawatir jika telah tiba waktunya sholat. Karena terdapat fasilitas mushala yang bersih dan nyaman untuk anda melakukan ibadah sholat.

4. Taman

Terdapat fasilitas taman untuk anak-anak bermain. Tamannya pun cukup unik karena beralaskan pasir putih.

5. Food Court

Anda juga bisa berkuliner di bagian foodcourt. Berbagai macam makanan dan minuman dijajakan di foodcourt. Anda bisa jajan dan menikmati wahana lainnya.

6. Penginapan

Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari penginapan di luar area wisata. Karena di sini juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin bermalam. Penginapan yang terletak tepat di atas pantai dan view-nya yang langsung menghadap ke laut memberikan kesan unik.

Itulah serba-serbi terkait Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Fasilitas yang sangat lengkap dan wahana yang seru dan bervariasi membuat liburan anda kan keluarga anda semakin menyenangkan. Dengan harga tiket yang cukup murah, yaitu di bawah 100 ribu, anda bisa menikmati berbagai jenis wahana serta dapat menikmati keindahan alam yang ada di sana. Ajak keluarga, teman-teman, saudara, atau bahkan anak anda untuk turut menikmati wisata di sini.