10 Wisata Museum di Semarang yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Museum Semarang

Wisata Museum Semarang

Jika Anda berada di Kota Semarang, mengunjungi museum adalah ide yang menarik. Banyak museum bersejarah yang bisa ditemukan di Semarang untuk berlajar sejarah dan budaya.

Selain menjadi salah satu tujuan destinasi yang populer di Indonesia karena wisata alamnya, Semarang juga menyuguhkan beberapa museum yang tidak boleh dilewatkan. Museum memang bisa dijadikan alternatif wisata yang edukatif, dan menjadi tujuan yang tepat untuk menelusuri berbagai macam sejarah. Berikut beberapa museum di Kota Semarang yang wajib anda kunjungi. Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery

Image Credit: Virustraveling.com

Semarang Contemporary Art Gallery ini berdiri sejak tahun 2001. Berada di kawasan kota lama, gedung berlantai 2 ini memiliki arsitektur khas kolonial Belanda. Galeri ini cukup lapang, sehingga dapat membuat anda merasa nyaman mengamati koleksi seni. Koleksi mulai dari patung, lukisan, dan karya seni lainnya yang memenuhi ruangan bisa anda nikmati. Semua karya seni tersebut boleh anda abadikan dengan kamera digital maupun kamera ponsel anda.

Salah satu daya tarik dari Semarang Contemporary Art Gallery ini yaitu koleksi karya seninya yang rutin diperbarui. Jadi anda selalu punya alasan untuk mampir kembali ke galeri tersebut. Apalagi ketika ada pameran yang cukup rutin dilaksanakan. Tak hanya itu, interior bangunannya juga menjadi daya tarik museum tersebut. Memiliki desain yang minimalis dengan warna putih yang mendominasi, dengan berpadu lantai kayu ditambah railing kaca membuatnya semakin indah.

Lokasi: Jl. Taman Srigunting No.5-6, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Image Credit: KSMTour.com

Walaupun jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Semarang, museum satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki banyak koleksi barang langka peninggalan stasiun tempo dulu. Berbagai jenis lokomotif jadul pun terparkir di dalam museum. Anda dapat berpose leluasa dengan lokomotif ini, sembari membayangkan menjadi salah satu penumpang kereta.

Bahkan di akhir pekan pun, terdapat jadwal kereta diesel yang beroperasi dan bisa anda naiki. Rutenya yaitu dari Stasium Ambarawa hingga Stasiun Tuntang. Selama di perjalanan, anda akan disuguhkan pemandangan sawah dan akan melewati Danau Rawa Pening. Selain menjadi salah satu tempat wisata sejarah, museum satu ini juga dapat disewa untuk kegiatan Shooting, Pemotretan, Pameran, Pentas Seni, Workshop, Festizal, Bazar, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

3. Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Image Credit: Tribunnews.com

Museum selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Semarang, yaitu Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Museum satu ini menceritakan tentang perjuangan TNI pada masa kemerdekaan. Anda bisa melihat koleksi yang dimilikinya, yaitu mulai dari pakaian para tentara perang, hingga senjata perang yang digunakan. Di museum Perjuangan Mandala Bhakti, anda bisa mengingat kembali perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Dijamin museum ini tidak akan membuat anda bosan, sebab di dalamnya terdapat beberapa lukisan 3D dan banyak juga lukisan yang estetik. Desain museumnya pun cukup modern, sehingga anda bisa sekalian update foto-foto selfie di media sosial sekaligus belajar mengenai sejarah bangsa. Tidak ketinggalan pula, ruang kostum yang berisi kostum-kostum pahlawan yang dapat anda sewa. Pengunjung bisa berfoto dengan gaya pakaian khas para pejuang nasional.

Lokasi: Jl. Unika Soegijapranata No.1, Barusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

4. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita

Image Credit: Travelspromo.com

Bagi anda yang pecinta sejarah, pasti akan jatuh hati dengan museum satu ini. Museum Ranggawarsita ini memiliki lebih dari 50 ribu koleksi. Memiliki 4 lantai, anda akan disuguhkan dengan beraneka ragam koleksi prasejarah. Salah satunya koleksi mata uang kuno yang sudah tidak mudah ditemui, serta benda-benda kuno lainnya. Tidak heran bila museum satu ini sering menjadi lokasi karya wisata murid sekolah di Semarang.

Lebih serunya lagi, anda dapat menaiki bus wisata bertingkat yang pemberangkatannya dari Museum Ranggawarsita ini. Bus tersebut akan membawa anda mengelilingi Kota Semarang. Karena banyak peminatnya, sebaiknya anda datang di pagi hari untuk mengantre bila ingin berkeliling Kota Semarang dengan bus wisata ini. Anda cukup menunjukkan KTP jika ingin menaiki bus bertingkat 2 tersebut dan tidak ada biaya tambahan.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

5. Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI)

Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI)

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Bila anda ingin melihat prestasi dan rekor apa saja yang pernah diukir oleh orang-orang dari Indonesia, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Museum Rekor Dunia Indonesia. Museum yang berada di Kawasan Industri Jamu Jago ini, pada awalnya bernama Museum Rekor Indonesia. Namun setelah peresmian galeri Muri di kawasan wisata Candi Borobudur pada tahun 2005, maka museum di Semarang ini berubah menjadi Museum Rekor Dunia Indonesia.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi foto prestasi dan rekor yang pernah dipecahkan oleh orang-orang Indonesia. Bahkan hingga tahun 2010, Muri sudah mencatat dan mengoleksi lebih dari 1.300 rekor. Selain menyimpan rekor nasional maupun dunia dari orang-orang Indonesia, Muri juga menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan PT. Jamu Jago. Museum satu ini menjadi museum yang tidak boleh anda lewatkan.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

6. Museum Lawang Sewu

Museum Lawang Sewu

Image Credit: Heritage.kai.id

Museum Lawang Sewu termasuk salah satu destinasi wisata di Semarang yang menjadi favorit wisatawan. Indahnya sejarah dan arsitektur dari bangunan Lawang Sewu akan memikat hati anda. Di dalam beberapa ruangannya tersimpan benda-benda dan sejarah yang dipajang rapi layaknya museum pada umumnya. Tidak hanya mendapatkan momen untuk berfoto saja, anda juga dapat mengetahui sejarah panjang dari museum di sini.

Tak hanya dikunjungi pelancong nusantara, museum satu ini juga menjadi favorit turis mancanegara. Para traveler biasanya mengincar spot fotonya yang memang sangat estetik. Tak jarang, museum Lawang Sewu juga digunakan sebagai lokasi shooting film dan sesi pemotretan foto pre-wedding. Pelancong yang memiliki hobi fotografi, ngevlog, dan sejenisnya pasti akan menyukai tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

7. Museum Jamu Nyonya Meneer

Image Credit: Merahputih.com

Museum yang berdiri sejak tahun 84 ini, merupakan museum jamu pertama yang ada di Indonesia. Di museum Jamu Nyonya Meneer ini terdapat beraneka macam jamu, dan sejarah pembuatan jamu. Nyonya Meneer sendiri adalah salah satu sosok terkenal yang menjaga kelestarian jamu. Pada bagian koleksi pribadi Nyonya Meneer, anda pun dapat melihat foto beliau. Selain itu, koleksi alat-alat yang beliau gunakan pada masa lalu untuk membuat jamu juga ada.

Lokasi: Jl. Raden Patah No.191 – 199, Rejomulyo, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang.

8. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Image Credit: SultraKini.com

Jika museum-museum sebelumnya menampilkan benda-benda jaman dahulu, lain halnya dengan museum satu ini. Old City 3D Trick Art Museum ini baru dibuka pada tahun 2016 lalu. Museum tersebut berisi lukisan-lukisan 3D yang akan mengecoh mata, dan terlihat real bila dilihat dari hasil jepretan kamera. Cobalah untuk datang kemari, anda akan menemukan banyak anak muda yang sedang asyik mengabadikan gambar di depan lukisan. Terdapat sekitar 108 lukisan 3D dengan beraneka ragam bentuk yang bisa anda gunakan sebagai spot foto kekinian di sini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.26, Old Town, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

9. Masjid Agung Semarang

Image Credit: Jelajahsemarang.wordpress.com

Masjid satu ini cukup berbeda dengan masjid pada umumnya. Masjid Agung Semarang adalah salah satu bangunan bersejarah di kota Semarang yang juga berperan sebagai museum. Arsitektur bangunan Masjid tersebut merupakan perpaduan antara Islam, Romawi, dan Jawa. Dengan atap berbentuk limas, mencerminkan ciri khas dari bangunan Jawa. Terdapat 25 pilar yang dihiasi dengan kaligrafi yang menyimbolkan 25 nama Nabi dan Rosul.

Pilar ini lah yang menjadi gambaran sentuhan Romawi. Selain dapat digunakan sebagai tempat beribadah, masjid tersebut juga berfungsi sebagai destinasi wisata religi di Kota Semarang. Pada gerbangnya tertulis kalimat syahadat. Di dalam masjid juga terdapat koleksi Al Quran dengan ukuran besar, ada juga koleksi bedug replika dari bedug Pendowo Purworejo. Selain itu, di sana terdapat juga menara Al Husna, anda bisa melihat indahnya Semarang dari ketinggian.

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang.

10. Museum Polri

Museum Polri

Image Credit: Blognyamitra.wordpress.com

Museum terakhir yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di Semarang, yaitu museum Polri. Museum yang diresmikan pada tahun 2004 ini, menjadi museum yang menyimpan beberapa koleksi bersejarah di dalamnya. Koleksi yang dipamerkan yakni foto bersejarah, pakaian yang dikenakan seorang pahlawan yang gugur, hingga peralatan perang berupa senjata. Berletak di Komplek Akpol, Gajahmungkur, museum satu ini dibuka secara cuma-cuma alias gratis.

Lokasi: JL Sultan Agung, Komplek Akpol, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

Itulah beberapa museum yang berada di Kota Semarang, yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota Lumpia ini. Tak hanya berwisata saja, anda pun dapat belajar banyak mengenai sejarah negara Indonesia tercinta. Tempatnya pun banyak yang estetik untuk befoto-foto seru. Jika anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya menjelajahi semua museum tersebut. Jadi berminat mengunjungi salah satu museum di Semarang?