10 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Kudus

Daftar rekomendasi Oleh-oleh khas Kudus yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kota Kretek Jawa Tengah.

Membawa oleh-oleh tentunya dalah hal yang selalu ditunggu tunggu oleh keluarga atau kerabat di rumah setelah berjalan jalan. Akan aneh rasanya jika pulang ke kampung halaman tanpa membawa oleh-oleh. Nah jika Anda sedang berkunjung ke Kudus Anda bisa membeli beberapa buah tangan yang cocok untuk disantap bersama dengan keluarga. Yuk simak oleh-oleh khas Kudus yang wajib Anda coba.

1. Keripik Kulit Pisang Tanduk

Keripik Kulit Pisang Tanduk

Image Credit by Alatpresplastik.com

Pisang tanduk adalah salah satu jenis buah tangan khas Kudus yang waib Anda coba. Oleh-oleh ini bisa Anda beli di sekitar lereng Muria. Bentuk oleh-oleh ini berbentuk lebih panjang dibandingkan dengan jenis pisang lainya. Para peziarah akan membeli pisang ini yang masih segar atau sudah direbus, rasa pisang ini sangatlah manis dan membuat Anda ketagihan untuk memakanya.

Tak hanya buah tangan berupa pisang saha yang bisa dijadikan oleh-oleh, kulit pisang juga bisa dijadikan jajanan khas Kudus. Keripik kulit pisang ini memiliki rasayang gurih dan membuat orang ketagihan. Anda bsia membawa pulang oleh-oleh keripik kulit pisang untuk bisa disantap bersama dengan keluarga tercinta.

2. Parijito Chips

Parijito Chips

Image Credit by Shopee.co.id (Smegskudus)

Kreatifitas para UMKM berhasil membuat jajanan Kudus yang berkelas. Parijoto chips adalah salah salah makanan yang berasal dari buah prijito dan diolah menjadi panganan semacam kripik. Parijito sendiri adalah makanan yang berasal dari buah prijito yang biasanya dijadikan olahan sirup. Kripik parijito sendiri memiliki rasa yang unik dan mengena di hati para pembelinya.

3. Getuk Nyimut Kajar

Getuk Nyimut Kajar

Image Credit by Minumkopi.com

Gethuk adalah makanan khas yang berasal dari Jogjakarta. Namun Anda juga bisa membawa oleh-oleh gethuk nyimut yang merupakan makanan asli asal Kudus. Gethuk ini diolah dengan bahan baku singkong yang berbentuk bulat. Isi dari gethuk tersebut adalah gula merah pada bagian tengah yang menjadi favorit pelanggan.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Gethuk nyimut sendiri menjadi favorit makanan bagi para pesepeda yang melewati daerah Muria di Minggu pagi. Belakangan gehtuk ini telah diolah menjadi makanan yang berkelas an lebih kekinian. Anda bisa langsung cek di instagram Kang Singkong yang menjadikan gethuk naik kelas. Gethuk nyimut juga seringkali dijumpai di Desa Kajar,Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

4. Kecap THG

Kecap THG

Image Credit by Baktikudus59311.blogspot.com

Oleh-oleh tidak melulu soal makanan bukan ? Anda bisa membeli kecap THG sebagai salah satu oleh-oleh khas kudu yang bisa Anda bawa pulang. Kecap legendaris asli dari Kudus ini konon akan menghasilkan cita rasa yang gurih pada makanan. Masyarakat Kudus menggunakan kecap ini untuk beragam olahan masakan seperti nasi pindang, soto kudu, atau juga nasi tahu khas Kudus.

5. Jenang Kudus

Jenang Kudus

Image Credit by Commons.wikimedia.org

Siapa yang tidak mengenal oleh-oleh khas Kudus satu ini ? Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Kudus akan membeli oleh-oleh satu ini. Banyak sekali perusahaan rumahan yang mengolah jenang Kudus sebagai ajang bisnis. Ada banyak sekali varian jenang Kudus ini yang membuatnya menggoda selera.

Anda bisa membeli jenang kkhas Kudus ini di pusat oleh-oleh yang ada di Jalan Sunan Muria. Merk yang terkenal adalah Jenang Mubarok yang banyak di beli oleh para wisatawan. Selain itu ada juga jenang sinar 33 yang merupakan jenang Kudus yang melegenda. Karena jenang Kudus adalah jajanan khas bagi di kota tersebut dibangun museum Jenang Mubarok yang terletak di Jalan Sunan Muria.

6. Keciput

Keciput

Image Credit by Youtube.com (Rendi Septian)

Keciput adalah salah satu jenis onde onde yang berukuran kecil. Beda kerciput dengan onde onde lainya adalah jajanan yang termasuk dalam jajanan kue kering. Pada umumnya keciput berbentuk bulat dan juga lonjong yang dibalut denga wijen. Bahan yang digunakan untuk membuat keciput adalah tepung terigu, telur, margarin, dan adonan perasa.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Setelah adonan telah dicampur, akan diaduk dengan merata, dan dibiarkan adonan mengembang. Setelah adonan mengembang dan sedikit mengeras adonan kemudian dipotong berbentuk bulat atau lonjong. Adonan yang sudah berbentuk kemudian ditaburi dengan wijen. Kemudian bulatan adonan ini digoreng hingga kering. Rasa dari keciput pun manis dan gurih ditambah rasa renyah dari biji wijen.

7. Madumongso

Madumongso

Image Credit by Wikipedia.org

Dilihat secara sekilas madumongso mirip dengan jajanan jenang. Namun kedua oleh-oleh khas Kudus ini memiliki cita rasa yang berbeda. Madumongso adalah salah satu olahan makanan yang menggunakan bahan utama ketan hitam. Rasanya pun manis bercampur asam. Rasa asam yang dihasilkan ini adalah hasil dari fermentasi tapai sebelum diolah menjadi madumongso.

Setelah menjadi sebuah tapai, ketan hitam akan diolah lagi dengan menambahkan ebberapa camuran seperti gula an juga santan. Beberapa penjual juga menambhakan buah nanas untuk menambah citarasa dari madumongso. Masumongso sendiri sering dibungkus dengan kertas minyak warna warni. Jajanan khas Kudus ini bisa dijumpai di seluruh daerah Kudus atau bisa juga berkunjung ke Jln. Sunan Muria No.33 yang merupakan pusat oleh-oleh.

8. Keripik Pakis

Keripik Pakis

Image Credit by Shopee.co.id (Smegskudus)

Daun pakis sudah lama dikenal sebagi salah satu menu kuliner khas yang ada di Lereng Muria. Di kaki gunung muria, ,terdapat sebuah warung makan dengan menu utama pecel pakis yang melegenda. Dengan sedikit olahan kreatif, anak muda di Lereng muria ini mengolah pakis menjadi keripik yang lezat. Ide dari kripik pakis ini berasal dari kripik bayam, atau kripik sayur yang lainya.

Anda bisa membawa oleh-oleh keripik pakis sebagai teman bersantap saat berkumpul bersama keluarga. Karena keripik ini ringan dibawa dan mudah untuk ditemukan. Anda bisa menemukan keripik pakis di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Jajanan keripik pakis sendiri bisa ditemui d berbagai wilayah di Kudus dan pusat oleh-oleh khas Kudus Safalia yang ada di Jln Sosrokartono, Kudus.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar yang Paling Hits

9. Sirup Parijoto

Sirup Parijoto

Image Credit by Tokopedia.com (Dimas 96 store)

Sirop parajito adalah salah satu buah yang kerap diburu oleh para pasangan yang baru saja menikah. Konon buah ini memiliki mitos untuk bisa menyuburkan kandungan. Mengkonsumsi buah ini saat hamil juga bisa menjadikan anak menjadi lebih tampan dan cantik. Anda bisa menemui buah parijito di sepanjang makam Sunan Muria yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dewe, Kabupaten Kudus.

10. Kopi Muria

Kopi Muria

Image Credit by tokopedia.com (Muria Jaya Mart)

Bagi Anda pencinta kipi, tidak ada salahanya untuk mecoba kopi muria yang sedang populer. Popularitas dari kopi ini terus menanjak karena peran penting dari para komunitas pecinta kopi. Kopi muria adalah salah satu jenis kop yang sering dipanen di wilayah lereng muria. Anda bisa menemukan kopi muria di beberapa kedai kedai kopi yang ternama di Kudus. Kopi Tjompok Lereng Muria adalah salah satu kedai warung yang menyediakan kopi muria tersebut.

Masih banyak lagi oleh-oleh khas Kudus yang bisa disiantap bersama dengan keluarga. Tentunya Anda harus selalu memastikan jika makanan yang Anda beli tidak cepat basi dan tahan lama sehingga Anda tidak rugi untuk memakanya. Yang terpenting untuk diperhatikan, Anda harus bijak dalam menentukan jumlah uang belanja yang sudah Anda rencanakan.