Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak, Banten; Map: Cek Lokasi

Provinsi Banten terkenal dengan wisata baharinya yang memanjakan mata. Selain Pantai Anyer, sebenarnya anda masih bisa menemukan pantai lainnya yang pesonanya tidak kalah indah. Pantai Bagedur di Kabupaten Lebak misalnya yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Terutama wisatawan yang berasal dari luar kota, padahal keindahannya tidak kalah.

Berada di pesisir selatan Banten, rasanya tidak lengkap jika ke Banten tidak singgah ke pantai cantik ini. Apalagi bagi anda yang memang senang dengan wisata bahari. Mengajak keluarga atau teman teman akan membuat liburan anda di pantai indah ini semakin menyenangkan. Untuk mengetahui lebih dalam, anda bisa mengintip ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bagedur

Daya Tarik Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Acep Nazmudin

1. Pantai yang Asri dan Alami

Seperti yang disinggung sebelumnya, wisata bahari Pantai Bagedur ini memang belum banyak dikunjungi dan dikenal. Sehingga anda akan menemukan pemandangan pantai yang masih asri juga alami. Apabila anda singgah di hari biasa, suasananya akan sangat sepi. Tetapi hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang ingin liburan dengan tenang.

Banyak juga pengunjung yang sengaja datang untuk bersantai atau menghilangkan penat dari rutinitas harian. Menikmati keindahan pantainya yang masih terjaga dengan suara ombak dari kejauhan, pasti akan menjadi perpaduan yang tidak terlupakan. Apalagi jika dihabiskan dengan orang orang tersayang, pasti akan lebih berkesan.

2. Kawasan Pantai yang Luas dan Landai

Begitu anda tiba di Pantai Bagedur, anda akan langsung disambut dengan lanskap pantai yang begitu luas. Memiliki pasir putih yang lembut, kontur lahannya juga terbilang landai. Hanya saja pantai cantik di Banten ini memiliki ombak yang tinggi. Sehingga para pengunjung tidak diperkenankan untuk terlalu mendekat ke area pinggir pantainya.

Tetapi antara laut dan juga daratannya terbilang cukup luas. Jika ombaknya tidak terlalu tinggi, cukup aman untuk mendekat ke area bibir pantainya. Area berpasirnya yang luas juga sangat memadai jika dijadikan sebagai rekreasi bersama keluarga. Masih aman untuk anda bersama anak anak bermain di area pinggir pantainya.

Daya Tarik di Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Amin Maulana

3. Area Pasirnya Padat

Yang membuat pantai di Banten ini berbeda dari pantai lainnya yakni area pasirnya yang pasar. Banyak wisatawan yang memarkirkan kendaraan dekat dengan area pantainya. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Bagedur. Pengunjung bisa berlarian ataupun bermain di area berpasirnya dengan lebih bebas

4. Memiliki Sejarah Menarik

Perlu anda ketahui jika daerah Malingping di masa penjajahan menjadi kawasan persembunyian Belanda. Kawasannya yang memiliki tanah subur membuat penjajah banyak mempekerjakan warga untuk pekerja paksa. Tidak sedikit yang menjadi nelayan di kawasan pantai cantik ini. Sampai akhirnya pemerintah membukanya sebagai wisata karena keindahannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Dede Sulaeman

Objek wisata bahari kebanggan Banten ini berada di Desa Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak, Banten. Jaraknya sekitar 83 km dari Kab. Pandeglang dan sekitar 115 km jika ditempuh dari Rangkasbitung. Jalur menuju lokasi sudah memadai dan juga mudah untuk dijangkau pengunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa rute menuju Pantai Bagedur ini, anda bisa memilih yang paling mudah dan juga lebih dekat. Rute yang paling banyak digunakan yakni rute Rangkasbitung, melewati Gunung Kencana dengan mengambil arah Malingping. Sementara jika anda berangkat dari Jakarta, anda bisa memanfaatkan jalur Tol Jakarta untuk sampai ke Merak.

Dilanjutkan dengan keluar di Tol Serang Timur, anda bisa mengarahkan kendaraan anda mneuju Pandeglang dan sampai di Malingping. Anda yang ingin ke Pantai indah di Banten dari Bogor, bisa menggunakan rute Cibadak, Pelabuhan Ratu dan sampai ke Malingping. Jika sudah sampai Malingping anda bisa mengarahkan ke Terminal Simpang dan sampai di Binuangeun.

Perjalanan menuju wisata Pantai Bagedur memang cukup panjang, anda akan banyak melalui hutan serta jalanan berkelok. Mungkin akan menemukan beberapa jalan yang berlubang, sehingga pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima. Anda juga bisa menggunakan GPS jika takut tersesat agar lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Akmal Muhamad

Menikmati keindahannya, anda tidak butuh merogoh kocek yang dalam. Karena harga tiket masuk ke Pantai Bagedur masih terbilang terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000. Harga tersebut berlaku di hari biasa maupun di akhir pekan. Tetapi anda harus tetap menyiapkan biaya untuk retribusi parkir.

Sementara untuk jam operasionalnya masih dibuka selama 24 jam. Anda juga bisa datang Setiap Hari, jika ingin lebih sepi tentu datang pada hari biasa. Sekalipun dibuka selama 24 jam, anda harus tetap berhati hati saat berkunjung malam hari. Karena biasanya air pasang dengan ombak yang lebih tinggi, tidak ada salahnya mencari informasi lebih dahulu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bagedur

Kegiatan Menarik Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps a’zabira iyas

1. Bersantai dan Menikmati Keindahannya

Hal pertama yang pasti akan dilakukan oleh wisatawan adalah menikmati keindahannya. Sepanjang mata memandang, anda bisa melihat hamparan laut luas tanpa terhalang oleh batuan karang. Ombak yang saling berkejaran dari jauh akan membuat anda terpesona. Alunan suara ombak dan juga angin yang berhembus siap menghempas semua penat.

Pemandangan laut biru tersebut seakan menyatu langsung dengan langit yang luas. Bersantai menikmati lukisan sang Maha ini tentu akan semakin pas dengan menikmati es kelapa muda. Atau anda bisa berbincang dengan teman atau keluarga. Berpiknik di area pasir pantainya juga bukanlah ide yang buruk saat berada di Pantai Bagedur ini.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Memang anda tidak akan menemukan wahana seperti banana boat atau lainnya karena ombaknya yang tinggi. Tetapi bukan berarti anda tidak bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan. Area pinggir pantainya yang memiliki pasir padat bisa dijadikan lapangan sementara. Anda bisa bermain voli atau sepak bola di pinggir pantai.

Mungkin akan sulit juga bagi anda untuk bermain pasirnya karena cukup padat. Tetapi anda bisa mengelilingi area pinggir pantai dengan menyewa ATV. Kendaraan satu ini mudah untuk dikendarai dan juga akan membuat liburan menjadi menyenangkan. Anda bisa mengajak anak anak ataupun keluarga untuk mencoba menaiki ATV ini.

3. Mengendarai Kendaraan Pribadi

Selain menggunakan ATV, anda juga bisa berkeliling area pantainya dengan kendaraan pribadi. Pantai lainnya mungkin banyak yang melarang mendekati pantai dengan kendaraan pribadi, namun berbeda dengan Pantai Bagedur. Hamparan pasir putih padat ini bisa anda jelajahi dengan kendaraan anda sendiri, baik sepeda motor atau mobil.

Menyusuri area berpasir yang luasnya sekitar 7 km ini tentu akan melelahkan jika berjalan kaki. Berkeliling dengan kendaraan sendiri tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda. Anda juga bisa lebih bebas mengeksplor keindahan pantainya di setiap sudut. Siapkan saja kendaraan anda jika ingin mencoba aktivitas seru ini.

4. Menikmati Sunset

Pantai dan Sunset memang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Di Pantai indah Banten ini, anda juga bisa berburu keindahan matahari tenggelam. Pemandangan sunsetnya tidak akan membuat kecewa, terutama karena anda tidak akan menemukan penghalang. Cahaya keemasan yang perlahan berubah menjadi orange dan gelap ini memiliki magis tersendiri.

Suasananya menjadi lebih romantis saat matahari mulai tenggelam. Sepoi angin yang lebih menenangkan dan juga suara deburan ombak sebagai latar belakang. Anda bisa sembari menikmati bekal ataupun membeli kuliner yang ada. Sunset menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Bagedur yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Kegiatan Menarik di Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Pantai Bagedur

5. Camping

Merasakan bermalam di tepi pantai tentu akan memberikan pengalaman berbeda. Dan anda bisa melakukan aktivitas seru ini saat singgah di pantai cantik Banten ini. Apalagi jika dengan teman teman, malam hari bisa di habiskan dengan berkumpul di api unggun setelah sunset lewat. Dan pagi harinya anda juga berkesempatan melihat sunrisenya yang tidak kalah indah.

6. Belanja Oleh-Oleh

Rasanya tidak lengkap jika sehabis liburan anda tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Di area Pantai Bagedur, anda bisa menemukan masyarakat sekitar yang menjual hasil laut. Ikan segar atau cinderamata khas pantai bisa anda jadikan buah tangan. Apalagi hasil lautnya segar dan juga ditawarkan dengan harga yang ramah kantong.

7. Berburu Foto

Liburan tanpa mengabadikan momen pasti akan ada yang berbeda. Di pantai menawan ini, anda bisa mengambil beberapa foto kekinian. Mengingat latar belakang pantai birunya begitu luas tanpa penghalang. Banyak wisatawan yang mengambil foto dengan pantai sebagai background. Anda juga bisa mengambil foto saat mencoba ATV atau di kendaraan pribadi anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Bagedur
Image Credit: Google Maps Aulia Dmynt

Kendati masih termasuk pantai yang belum banyak dikunjungi, anda tetap akan menemukan fasilitas yang memadai. Fasilitas umum mulai dari toilet sudah bisa anda temukan. Tidak ketinggalan area parkir yang cukup luas juga memadai. Beberapa pengunjung juga memilih untuk memarkirkan kendaraan dekat dengan area pantainya, agar lebih mudah.

Anda yang tidak sempat membawa bekal juga bisa memanfaatkan warung warung yang ada di Pantai Bagedur. Warung warung makan ini menawarkan banyak menu juga jajanan yang bisa anda pilih. Bahkan anda bisa menemukan penjual es kelapa muda untuk menemani waktu bersantai anda. Urusan perut tentu bukan menjadi masalah jika liburan ke pantai cantik ini.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahannya lebih lama, anda bisa mencoba untuk berkemah. Mendirikan tenda di area pantainya tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan. Namun jika anda ingin fasilitas akomodasi yang lebih nyaman, anda juga bisa menemukan beberapa penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh.

Ada penginapan juga villa yang bisa anda temukan di kawasan Pantai Bagedur ini. Salah satunya yang banyak dipilih yakni Pondok Bagedur Cottage. Jaraknya sekitar 1 km dari pantai dengan tarif yang cukup terjangkau. Anda bisa bermalam dengan menyiapkan budget mulai Rp 170 an saja. Tentu saja anda juga bisa memilih penginapan lainnya yang sesuai kebutuhan.

Jika sedang ke Banten, tidak ada salahnya bagi anda untuk singgah di Pantai Bagedur. Pantai yang menawarkan pemandangan indah ini juga memiliki fasilitas lengkap. Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang juga menarik. Agar liburan semakin seru, tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau keluarga. Bermalam juga akan lebih menyenangkan dan berkesan.