Harga Tiket: Rp 12.500, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Curahsawo, Kec. Gending, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Bentar di Probolinggo memiliki pesona yang sangat kuat. Tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk menghabiskan liburanku di sana. Anda bisa berkunjung bersama dengan keluarga dan teman agar perjalanan terasa lebih menyenangkan. Di pantai ini, anda dapat melakukan banyak hal termasuk mengambil beberapa foto sebagai kenangan.

Sejatinya ada banyak wisata pantai di Probolinggo. Namun memang pantai inilah yang paling populer dibandingkan dengan yang lain. hamparan pasir yang luas dan beberapa tanaman bakau membuat pemandangan pantai ini semakin special. Pepohonan yang menjulang tinggi terlihat rapi mengelilingi bibir pantai. Anda pun bisa melakukan banyak aktivitas di Pantai Bentar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bentar

Daya Tarik Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Abu Rasyid

1. Kawasan Dermaga yang Indah

Daya tarik utama yang membuat wisata pantai ini terlihat cantik yaitu adanya jembatan panjang yang dibangun menjorok kearah laut. Dermaga kayu ini dibuat agar wisatawan memiliki akses untuk melihat kawasan hutan bakau dengan lebih mudah. Meskipun kawasan ini difungsikan untuk hutan bakau, namun nuansa mangrove nya belum terlalu berhasil ditonjolkan.

Tanaman bakau yang ada di sana belum terlalu rimbun untuk disebut sebagai hutan. Namun memang pohonya yang subur serta tumbuh menggerombol membuat kawasan pantai terlihat lebih sejuk. Anda bisa menggunakan papan kayu dermaga untuk selangkah lebih dekat dengan kawasan bakau. Gunakan kesempatan itu untuk mendapatkan banyak foto sebagai kenang kenangan.

2. Hiu Tutul

Alasan kedua yang membuat Pantai Bentar sangat layak dijadikan tempat wisata adalah keberadaan hiu tutul yang sering lewat menyapa wisatawan. Hewan langka yang satu ini memang tinggal tersebar di perairan Probolinggo, termasuk kawasan pantai ini. Agar bisa melihat mereka, anda perlu pergi ke wilayah tengah perairan dengan menggunakan perahu.

Di sana sudah ada penyedia jasa sewa perahu yang siap mengantarkan anda ke tempat hiu tutul berkumpul. Harga sewa perahu bisa dibilang tidak terlalu mahal, karena satu orangnya hanya sekitar 15 ribu rupiah. Informasi terkait dengan harga sewa perahu bisa saja berubah tergantung panjangnya rute dan jumlah pengunjungnya.

3. Spot untuk Menikmati Sunrise dan Sunset

Menghabiskan waktu di pantai saat momen matahari terbit dan tenggelam merupakan saat yang menyenangkan. Apalagi jika anda datang bersama dengan kekasih, mengingat suasananya sangat romantis. Pantai Bentar yang menghadap ke utara membuat anda dapat menikmati hangatnya sinar matahari saat terbit dan tenggelam.

Sorotan cahayanya pun terlihat spesial karena datang dari arah kanan dan kiri pantai. Tidak heran jika banyak fotografer yang hendak mengabadikan momen tersebut mengingat arah hadap pantai yang sangat tepat. Adapun spot terbaik untuk mengambil foto adalah dari ujung dermaga. Ambil sudut gambar yang pas, maka hasil jepretan tidak akan mengecewakan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Bentar
Image Credit: Image Credit: Google Maps Deliar Mahardika Candra

4. Terdapat Playground

Memilih destinasi liburan bersama dengan anak bukan termasuk perkara yang mudah. Lokasi wisata berupa waterpark pun sering menjadi pilihan karena disana banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh si kecil. namun sayangnya datang ke waterpark tidak terlalu disukai oleh orang dewasa, terlebih mereka yang suka jalan jalan melihat pemandangan alam.

Keistimewaan Pantai Bentar adalah bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk anak namun juga pas untuk orang dewasa. Disana sudah disediakan spot khusus untuk anak yaitu berupa playground. Dengan bermain di sana, anda dan anak bisa sekaligus melihat pemandangan alam yang eksotis dan menawan. Beberapa permainan yang menjadi favorit adalah perosotan dan kereta keliling.

5. Banyak Spot Foto yang Indah

Daya tarik berikutnya adalah spot fotonya yang banyak dengan background yang bermacam macam. Anda bisa menggunakan berbagai sudut tanpa perlu khawatir jika hasilnya jelek. Pada dasarnya pemandangan di wisata pantai ini sudah sangat memukau, sehingga akan membuat setiap frame terlihat special.

6. Dekat dengan Kawasan Perbukitan

Perpaduan antara landscape laut dan perbukitan akan menghasilkan perpaduan yang cantik dan menawan. Kedua macam landscape ini bisa anda temukan di Pantai Bentar. Bagian sisi belakang oantai membenatng sbeiah bukt yang megah bernama bukit bentar. Kawasannya yang hijau dan rimbun terlihat indah bersanding dengan kawasan pantai yang didonimasi warna biru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Kang Setyawan

Lokasi dari wisata Pantai Bentar berada di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Probolinggo, Jawa Timur, lebih tepatnya di dekat area jalur Pantura Mayangan. Perkiraan jarak antara pantai dengan Kraksaan hanya sekitar 17 km saja. Jika anda posisinya ada di sana, maka arahkan kendaraan untuk melewati Jl. Panglima Sudirman. Ambil jalan lurus hingga anda sampai ke Jalan Raya Pantura Mayangan.

Ikuti terus jalannya sehingga anda menemukan sebuah pintu masuk wisata yang memuat tulisan Pantai Bentar. Jika jalan nya lancar, maka perjalanan tersebut tidak akan memakan waktu hingga setengah jam. Namun kembali lagi, itu semua tergantung kepadatan lalu lintas dan kecepatan kendaraan yang anda gunakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bentar

Harga Tiket Masuk Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Aulia Anggraini

Wisata alam merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan liburan dengan budget yang rendah, termasuk Pantai Bentar. Anda bisa masuk ke dalam kawasan wisata dengan membayar tiket mulai dari 12.500 rupiah. Biaya tersebut dikhususkan untuk dewasa, sedangkan untuk anak anak adalah 6.000 rupiah.

Selian informasi terkait dengan harga, anda pun perlu tahu jam operasional pantai agar bisa datang di jam yang tepat. Adapun jam operasional objek wisata adalah mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore menjelang malam. Anda tidak bisa masuk ke dalam kawasan pantai jika tidak berada di rentang waktu yang telah disebutkan tadi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bentar

Kegiatan Menarik Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Magnes Agni

1. Menyewa Perahu

Anda bisa berlayar di perairan Pantai Bentar dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh nelayan. Anda bisa meminta mereka untuk mengantarkan anda sampai ke spot hiu tutul dan lumba lumba. Aktivitas semacam ini akan terasa menyenangkan dan layak untuk diabadikan dalam video maupun foto.

2. Berenang

Saat berbicara tentang pantai, maka erat kaitannya dengan aktivitas mengolah fisik yang dikenal dengan nama berenang. Anda tidak perlu khawatir karena ombak di Pantai Bentar tidak terlalu ganas. Namun jika anda tidak memiliki kemampuan untuk berenang, maka lengkapi peralatan keselamatan diri seperti pelampung agar lebih aman.

Selain itu, anda juga tidak boleh meninggalkan anak tanpa pengawasan yang ketat. Meskipun ombaknya kecil dan posisinya di tepi pantai, bukan berarti anda bisa meninggalkan mereka begitu saja. Takutnya si anak pergi ke tengah dan terbawa arus tanpa mereka sadari. Kondisi semacam itu sangat berbahaya dan wajib untuk dihindari.

3. Melihat Sunrise dan Sunset

Perjalanan anda di Pantai eksotis ini tidak akan lengkap jika tidak melihat indahnya sunset dan sunrise. Untuk mendapat momen sunrise, anda perlu datang lebih awal bahkan sebelum subuh. Salah satu cara yang sering digunakan muda mudi adalah dengan membangun tenda camping dan menunggu hingga matahari terbit. Namun jika anda datang di sore hari, maka jangan lewatkan waktu sunset.

Kegiatan Menarik di Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Sondag Stefanus

4. Kulineran

Aktivitas keempat yang sebenarnya sangat penting di setiap tempat wisata adalah kuliner. Di tepi pantai banyak pemilik warung yang menyajikan berbagai menu seafood, mulai dari kepiting, ikan, dan kerang. Selain makanan, pilihan minumannya juga tidak kalah bervariasi. Jenis minuman dingin lah yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

5. Bermain Wahana

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa di Pantai Bentar terdapat spot khusus anak anak yang dikenal dengan nama playground. Anda sebagai orang tua bisa menemani anak bermain dan mencoba wahana special yaitu kereta keliling. Anda bisa melihat setiap sisi pantai tanpa perlu merasa lelah karena berjalan kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Bentar
Image Credit: Google Maps Mas Amin

1. Gazebo Santai

Menikmati pemandangan pantai dengan duduk di gazebo merupakan aktivitas healing yang menyenangkan. Jumlah gazebo nya cukup banyak sehingga anda bisa memilih sendiri dimana spot yang paling cocok. Gazebo ini juga kerap kali dijadikan tempat untuk membuka bekal piknik yang telah dibawa dari rumah.

2. Rumah Makan

Ternyata di sekitar Pantai Bentar terdapat beberapa rumah makan yang menawarkan menu lezat dan beragam. Kebanyakan dari mereka menjadikan menu seafood sebagai hidangan utamanya. Kendari demikian, anda masih bisa memesan menu lain seperti ayam maupun bakso.

3. Mushola

Keberadaan mushola di destinasi wisata sudah menjadi keharusan. Fasilitas itu akan memudahkan wisatawan untuk sholat saat posisinya masih berada di tempat wisata. Meskipun musholanya tidak besar, namun isinya cukup nyaman sehingga anda bisa beribadah dengan tenang bersama dengan keluarga maupun pengujung yang lain.

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan Pantai Bentar di Probolinggo yang perlu anda ketahui. Dilihat dari penjabaran sebelumnya, ditemukan fakta bahwa banyak sekali daya tarik yang bisa membuat pantai ini terlihat istimewa. Pengalaman anda berkunjung ke sana akan lebih berkesan jika anda datang bersama dengan keluarga.